Selasa, 28 Juli 2020

Kegiatan IGI

Ikatan Guru Indonesia adalah organisasi pendidikan yang beranggotakan guru, dosen, dan pemerhati pendidikan di Indonesia. Lembaga ini didirikan pada tanggal 26 November 2009 dan disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM dengan Surat Keputusan Nomor AHU-125.AH.01.06 Tahun 2009.


Ikatan Guru Indonesia merupakan wadah bagi guru, dosen dan pemerhati pendidik diindonesia. Organisasi IGI memberikan banyak kesempatan kepada guru-guru yang hendak meningkatkan kompetensi guru. Dan Organisasi IGI semakin berkembang dengan pesat hingga 34 provinsi..1 wilayah dari luar negeri, dan IGI daerah di 400 kota dan kabupaten di Indonesia.

Ikatan Guru Indonesia merupakan organisasi guru yang diinisiasi tahun 2000 dengan nama Klub Guru Indonesia di bawah kepemimpinan Bapak Ahmad Rizali. Klub Guru Indonesia secara resmi berbadan hukum pada tanggal 26 November 2009 dengan keluarnya Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor AHU-125.AH.01.06 Tahun 2009. Pada Surat Keputusan tersebut, Klub Guru Indonesia berubah nama menjadi Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan dipimpin oleh Ketua Umum Satria Dharma dan Sekretaris Jenderal Muhammad Ihsan dari IGI Wilayah Jawa Timur serta Ketua Dewan Pembina Indra Djati Sidi dari Wilayah Jawa Barat.

Pada tanggal 30-31 Januari 2016, Ikatan Guru Indonesia melaksanakan Kongres II di Makassar. Pada Kongres ini, Muhammad Ramli Rahim dari Sulawesi Selatan dan Mampuono dari Jawa Tengah terpilih sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal IGI periode 2016-2021. Di bawah kepemimpinan Muhammad Ramli Rahim dan Mampuono ini,

Selain mengembangkan IGI wilayah dan daerah, duet Muhammad Ramli Rahim dan Mampuono tetap fokus pada peningkatan kompetensi guru. Terkait peningkatan kompetensi guru ini, IGI menyelenggarakan kegiatan workshop, diklat, seminar, hingga simposium. Pada 2016 silam, IGI pun mengembangkan seratus organisasi guru mata pelajaran tingkat nasional yang disebut IGMP atau Ikatan Guru Mata Pelajaran.

Program kerja IGI
Sagusatab (satu guru satu tablet)
Sagusanov (satu guru satu inovasi)
Sagusadro (satu guru satu aplikasi andorid)
Sagusamik (satu guru satu komik pembelajaran)
Sagusampi (satu guru satu multi media pembelajaran interaktif)
Sagusablog (satu guru satu blog)
Sagusakti (satu guru satu karya tulis ilmiah)
Sagusaku ( satu guru satu buku)
Sagusaegem (satu guru satu edu game)
Sagusanimasi (satu guru satu animasi)
Sagusacpad (satu guru satu casio pad)
Diklat Guru Non IT
DIklat Lectora
Diklat Geogebra
Gerakan Guru Berintegritas
Diklat Guru Ramah Anak.
Menemu Baling.
Gerakan Hemat Energi dan Penciptaan Energi Baru dan Terbarukan.
Gerakan peningkatan kemampuan guru Inklusi dan pendidikan untuk semua
Gerakan Guru Saudara
Gerakan Bayar Balik

Senin, 27 Juli 2020

Materi Kelas V

Organ Gerak Hewan dan Manusia | Tema 1 Subtema 2 Kelas 5 SD Semester 1 Updated: Dec 3, 2019 Materi ajar tema 1 untuk kelas 5 SD semester 1 ini terbagi menjadi 3 subtema. Artikel ini membahas khusus mengenai rangkuman subtema 2, untuk subtema lainnya sila klik link di bawah ini: Tema 1 Subtema 1 Kelas 5 Semester 1Tema 1 Subtema 3 Kelas 5 Semester 1 Selamat belajar!

Organ Gerak Hewan dan Manusia Tema 1 Subtema 2 kelas V



A. Bahasa Indonesia

Ide Pokok: Intisari yang terkandung dalam sebuah paragraf, umumnya diwakili oleh kalimat
utama.

Ringkasan: Kegiatan menceritakan kembali secara ringkas mengenai teks bacaan yang telah
dibaca.

Manfaat Membuat Ringkasan:

1. Menghemat waktu
2. Membantu persiapan tes
3. Mengukur tingkat pemahaman

Langkah-langkah Membuat Ringkasan:

1. Baca teks secara garis besar
2. Baca teks secara cermat
3. Catat pokok pikiran/ide pokok setiap paragraf
4. Tulis ulang secara sistematis dan ringkas

B. IPS

Sumber Daya Alam (SDA): Sesuatu yang bersumber dari alam dan bisa dimanfaatkan sebagai
alat pemenuhan kebutuhan hidup
Jenis Sumber Daya Alam:

1. Hayati: terdiri atas hewan dan tumbuhan
2. Nonhayati: hasil tambang, air, angin, panas bumi
Sumber Daya Alam Indonesia:

1. Hasil Pertanian: padi, jagung, kedelai, dan lain-lain.
2. Hasil Perkebunan: karet, tembakau, minyak sawit, tebu, dan lain-lain.
3. Hasil Produksi Pertambangan:

Avtur: Bahan bakar pesawat terbang
Bensin: Bahan bakar kendaraan bermotor
Minyak tanah: Bahan bakar kompor minyak
Solar: Bahan bakar kendaraan bermesin diesel
LNG (Liquid Natural Gas) dan LPG (Liquid Petroleum Gas)
Oli: Cairan pelumas mesin kendaraan
Vaselin: bahan pelumas dan obat
Parafin: bahan pembuatan lilin
Aspal: bahan pengerasan jalan

Persebaran hasil tambang di Indonesia:

Minyak Bumi: Cepu (Jatim), Sungai Plaju (Sumsel), Dumai (Riau), Tarakan (Kaltara), Balikpapan (Kaltim), Sorong (Papua Barat)

Gas Alam: Arun (NAD), Kepulauan Natuna (Kepri)
Batu Bara: Ombilin, Sawahlunto (Sumbar), Bukit Asam (Sumsel)
Tanah Liat: Dataran rendah P. Sumatra dan P. Jawa
Marmer/Pualam: Trenggalek (Jatim), Bayat (Jateng)
Pasir Kuarsa: Banda Aceh (NAD), Bangka Belitung, Bengkulu
Bauksit: P. Bintan dan Riau, diolah di Sumatra Utara (Proyek Asahan)
Emas dan Perak: Tembagapura (Papua), Batu Hijau (NTB), Tasikmalaya, Jampang (Jabar), Simau (Bengkulu), Logos (Riau), Meulaboh (NAD), Bolaang Mongondow (Sulut)
Timah: P. Bangka, P. Belitung (Babel), P. Singkep (Kepri). Pabrik peleburan timah di Muntok 

C. PPKN

Perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila-sila Pancasila di sekolah:

1. Menaati tata tertib sekolah
2. Tidak membeda-bedakan teman
3. Mendengarkan nasihat guru
4. Aktif dalam organisasi sekolah
5. Mengerjakan tugas dengan baik


D. SBdP

Kliping: kegiatan menggunting bagian-bagian tertentu dari media cetak, seperti: majalah,
buku, koran, tabloid, dan lain-lain.

Langkah-langkah Membuat Kliping:

1. Tentukan tema
2. Cari seluruh informasi terkait tema yang dipilih
3. Gunting gambar-gambar cerita dari media
4. Tempelkan gambar cerita dan susun secara berurutan
5. Hiasi kliping dengan tempelan yang menarik, seperti bunga atau pita
6. Cantumkan nama-nama pembuat kliping

Salah satu jenis gambar cerita dalam kliping: Gambar ilustrasi

Fungsi gambar ilustrasi dalam kliping:

1. Menghidupkan sebuah cerita
2. Membantu pembaca untuk berimajinasi mengenai cerita
3. Memberikan bayangan langkah-langkah kerja
4. Memberikan bayangan bentuk alat yang digunakan dalam tulisan ilmiah
5. Menghubungkan tulisan dengan individualitas dan kreativitas
6. Mengomunikasikan cerita
7. Menerangkan konsep yang disampaikan
8. Memberikan humor-humor untuk menghilangkan rasa bosan

E. IPA

E.1. Sistem Gerak Manusia Secara Umum

Sistem Gerak Manusia: Kerjasama antar organ sistem gerak, seperti: rangka (susunan
tulang), persendian, dan otot

Sistem Gerak Manusia Berdasarkan Aktivitas:
1. Pasif: tulang dan sendi dalam rangka tubuh
2. Aktif: otot-otot yang melekat pada rangka

E.2. Rangka Manusia

Rangka: terdiri atas ± 300 ruas tulang (saat bayi) dan menjadi ± 206 ruas tulang saat dewasa.

Fungsi Rangka:
1. Penegak tubuh
2. Pembentuk tubuh
3. Tempat melekatnya otot
4. Tempat terjadinya proses pembentukan sel darah merah
5. Alat gerak pasif

Bagian-bagian Rangka:

1. Rangka Kepala (Tengkorak): Melindungi otak, mata, hidung, telinga, mulut, lidah, gigi,tulang dahi,tulang baji,tulang tapis, tulang pelipis, tulang ubun-ubun, tulang tengkorak belakang, tulang mata, tulang air mata, tulang hidung, tulang pipi, tulang langit-langit, tulang rahang atas dan bawah
tulang pangkal lidah

2. Rangka Anggota Badan: Melindungi jantung, paru-paru, dan organ pencernaan serta menyangga tengkorak, tulang belakang (leher, punggung, pinggang, kelangkang, ekor), tulang dada, tulang rusuk (rusuk sejati, rusuk palsu, rusuk melayang), tulang gelang bahu (selangka dan belikat), tulang gelang panggul (tulang usus, tulang duduk, tulang kemaluan)

3. Rangka Anggota Gerak Atas: Mengangkat, melempar, memukul, memegang,misalnya: tulang lengan, tulang hasta, tulang pengumpil, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan, tulang jari tangan

4. Rangka Anggota Gerak Bawah: Berjalan, berlari, menendang, menahan beban tubuh, misalnya: tulang paha, tulang kering, tulang betis, tulang pergelangan kaki, tulang telapak kaki, tulang jari kaki 

E.3. Otot dan Persendian sebagai Penunjang Rangka Manusia

Otot: terdiri atas sel-sel otot yang dapat mengerut (kontraksi) dan mengembang (relaksasi).

Ujung otot yang melekat pada tulang disebut tendon.
Sendi: penghubung antar tulang yang memungkinkan adanya gerakan pada tulang.

Jenis Sendi Berdasarkan Sifat Geraknya:

1. Sendi Mati: tidak dapat digerakkan sama sekali, terdapat pada tulang-tulang tengkorak
dan gelang panggul
2. Sendi Gerak: dapat digerakkan secara bebas
3. Sendi Kaku: dapat digerakkan secara minimum (gerakan terbatas), terdapat pada pergelangan tangan dan kaki, tulang rusuk dan dada, serta ruas-ruas tulang belakang

Jenis Sendi Berdasarkan Arah Geraknya:

1. Sendi Engsel: hanya dapat digerakkan ke satu arah (ditekuk), terletak di siku dan lutut
2. Sendi Peluru: dapat digerakkan ke semua arah, terletak di gelang bahu dan paha
3. Sendi Putar: digerakkan dengan cara berputar pada poros, terletak di leher 
4. Sendi Geser: hanya dapat digerakkan dengan cara bergeser, terletak di pergelangan tangan
5. Sendi Pelana: dapat digerakkan ke dua arah (samping dan depan), terletak di ibu jari dan ruas jari tangan paling bawah

MATERI KELAS IV

Rangkuman materi pembelajaran 1 tema 1 subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Kelas 4 SD. Pada topik pelajaran tematik 1 SD/MI kelas IV tentang “Indahnya Kebersamaan” dibagi menjadi beberapa subtema, salah satunya Kebersamaan dalam Keberagaman. Subtema 2 ini dibagi menjadi 6 pembelajaran. Berikut ini ringkasan isi pembelajaran pertama. Sebelumnya kamu sudah banyak belajar tentang indahnya keberagaman budaya Indonesia. Sekarang kamu akan belajar tentang menjalin kebersamaan dalam keberagaman agama.
Ayo Membaca! Suku, budaya, dan agama yang berbeda tidak menghalangi Udin, Siti, Dayu, Beni, Lani, dan Edo menjalani kebersamaan. Mereka berbagi cerita tentang budaya masing-masing dan saling belajar. Hari-hari mereka penuh keceriaan dalam kebersamaan. Hari ini mereka berkumpul bersama untuk bekerja sama. 


Edo dan kelima temannya mendapat tugas untuk melakukan percobaan tentang bunyi. Sepulang sekolah, mereka berkumpul di rumahnya. Setiap orang sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Lani dan Siti membawa beberapa kaleng yang sudah dilubangi. Udin dan Beni membawa benang kasur. Mereka berkumpul di halaman depan rumah. Keenam sekawan siap bekerja sama melakukan percobaan. 

Saat percobaan akan dimulai, tiba-tiba terdengar adzan. Siti dan Udin meminta izin teman-temannya untuk shalat. Teman-temannya mengizinkan mereka untuk melakukan ibadah. Edo meminjamkan ruang makannya untuk digunakan Siti dan Udin Shalat. Meskipun Edo beragama Katolik, ia tidak keberatan rumahnya dipakai untuk shalat. Beni yang beragama Kristen, Dayu yang beragama Hindu, dan Lani yang beragama Buddha menunggu dengan sabar temannya beribadah. Keenam sahabat selalu menghargai satu dengan yang lain. 

Tiba saatnya keenam sekawan melakukan percobaan. Setiap orang menunjukkan tanggung jawabnya dalam bekerja. Tidak ada satu pun di antara mereka yang duduk diam atau memberi perintah saja. Semuanya ikut bagian dalam percobaan. Saat Dayu membutuhkan pertolongan memotong benang, Udin datang membawakan gunting. Saat Edo kesulitan menalikan benang di kaleng, Siti ikut membantu. Keenam sahabat bekerja sama dengan semangat. Mereka hidup rukun, saling membantu meskipun berbeda agama. 

Setelah melakukan percobaan tentang perambatan bunyi, Edo dan sahabatnya juga belajar bersama tentang sumber bunyi. Mereka membaca buku yang menyatakan bahwa telinga bisa mengetahui sumber bunyi. 

Ayo Mencoba! 

Ayo, kita membuktikannya dengan melakukan percobaan 

Laporan Kegiatan Percobaan 
Nama Percobaan: 
Tujuan Percobaan: 
Alat dan Bahan: 
Hasil Percobaan: 
Kesimpulan: 

Indra Pendengar (Telinga) 

Kita wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah menciptakan bentuk tubuh yang paling sempurna. Salah satunya adalah kita diberi indra pendengar (telinga). Dengan menggunakan indra ini, kita bisa mendengar berbagai suara, seperti kicauan burung, suara air mengalir, dan musik. 

Apa saja bagian dan fungsi indera pendengar? Hal apa yang perlu kita lakukan untuk merawatnya? Mari kita pelajari lebih jauh. 

Bagaimana telinga merasakan getaran? 

Semua bunyi membuat udara bergetar. Getaran bunyi mengenai gendang telinga yang berupa selembar kulit tipis. Saat itulah gendang telingamu juga mulai bergetar. Getaran dari gendang telingamu menjadi lebih besar di telinga tengahmu dan diubah menjadi pesan-pesan listrik di telinga dalammu. 

Apakah kamu pernah mengalami gangguan indra pendengar? Ceritakan!

Ayo Berdiskusi! 

Pahamilah teks Belajar dari Cerita dan diskusikan isinya dengan temanmu.

Jawablah pertanyaan berikut! 
1. Apakah perbedaan yang dimiliki oleh enam sekawan menghalangi mereka untuk berteman dan bekerja sama? Jelaskan! 
2. Bagaimana sikapmu jika kamu bermain dengan teman yang berbeda agama? 
3. Ceritakan pengalamanmu memiliki teman yang berbeda agama. Perbedaan apa yang kamu ketahui? Bagaimana sikapmu terhadap perbedaan tersebut?

Kalender Pendidikan TP 2020-2021

Sahabat yang membutuhkan kalender pendidikan tahun 2020-2021 bisa di unduh melalui Link berikut bisa di klik disini Unduh
Bisa juga langsung melalui drive


BLOG SISWA LITERASI MEMBACA

SDN Cibodas 8 Tangerang  membentuk tim literasi yang berang­gotakan guru dan siswa. Tim literasi ini dentuk untuk meningkatkan budaya gerakan literasi sekolah (GLS).

Kepala Sekolah SDN Cibodas 8, Hj Sri Murniati, S.Pd menjelaskan, pembentukan tim ini merupakan salah satu bagian dari upaya penggalakan literasi di sekolah yang kini sedang digalakkan. Literasi harus menjadi satu budaya di lingkungan pendidikan. untuk percepatan target itu, SDN Cibodas 8 Tangerang membentuk  tim literasi dari kalangan guru dan siswa

SDN Cibodas 8 tangerang telah menyusun program literasi dengan 15 menit membaca sebelum pelajaran di kelas di mulai, seluruh siswa wajib membaca buku. Dampaknya positif, Anak-anak kini lebih senang membaca. Dalam membumikan gerakan literasi sekolah SDN Cibodas 8 Tangerang melaksanakan berbagai kegiatan, selain 15 menit membaca bekerjasama dengan perpustakaan arsip Kota Tangerang, juga sedang mempersiapkan pojok literasi, dimana buku-buku disiapkan dan ditata berdasarkan kelas.

Hj. Sri Murniati menjelaskan budaya literasi penting ditanamkan kepada peserta didik, karena membaca dan menulis merupakan pokok salah satu aktivitas yang penting dalam hidup. Sebagian besar proses pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi.

"Budaya literasi yang tertanam dalam diri peserta didik mempengaruhi tingkat keberhasilan mereka, baik di sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Selain untuk meningkatkan budaya membaca, membaca merupakan awal dari ilmu pengetahuan. Jika sering membaca maka kita tahu segala hal. Bagi siswa yang membiasakan  membaca akan trampil dalam berbahasa maupun kosakata" ujarnya.

Menurutnya tujuan kegiatan pembiasaan membaca itu adalah untuk membiasakan dan memotivasi siswa agar mau membaca dan menulis guna menumbuhkan budi pekerti, selain untuk membuka cakrawala dan memperluas wawasan untuk memahami lebih luas tentang dunia. Kegiatan membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai, diartikan sebagai upaya pemahaman literasi bahasa. 

Kegiatan Literasi dengan pembudayaan literasi akan  membentuk generasi bangsa yang berkarakter dan berakhlak mulia, menumbuhkan minta baca, sehingga peserta didik cinta membaca. Dengan banyak membaca, ilmu siswa akan bertambah karena buku adalah jendela dunia. Tidak hanya wajib membaca namun para siswa juga bisa menuangkan ide maupun gagasan terkait apa yang dibacanya.

Tim guru, Osis, tim literasi dan orang tua siswa yg berkomitmen akan saling mendukung dan membantu kegiatan literasi. Khususnya kepada guru tim literasi, karena dengan kebersamaan ini tentunya menjadikan sekolah menjadi wadah dan sahabat bagi keluarga.

Terlaksananya kegiatan literasi tak luput dari dukungan orang tua maupun masyarakat sekitar. Literasi harus menyentuh seluruh lapisan masyarakat karena merupakan hak setiap orang untuk belajar sepanjang hayat. Dengan meningkatkan kemampuan literasi masing-masing individu dapat memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup baik itu secara individu, keluarga maupun dalam masyarakat,


Minggu, 26 Juli 2020

Tas Anyaman dari Tali Kur , Manik-manik dan kemasan Kopi

Tas Kerajinan Anyaman Homemade Santi Yuliani ini. Tas Kerajinan Tangan, yang di Design UNIK & MENARIK, MODERN. Memiliki bermacam model dan bentuk menambah penampilan kalian lebih elegan dan bisa menemani kalian saat beraktivitas dimanapun dan kapanpun. Harga Tas anyaman homemade termurah dan terjangkau, sesuai dengan kebutuhan kalian dan bahkan bisa dipakai dalam segala suasana.

Produk saya ini tas dari bungkus kopi, tali kur dan mote atau manik-manik.untuk mempromosikannya saya memiliki metode atau cara promosi ,diantaranya :
Pertama, Memperkenalkan kepada teman
Kedua, Mempromosi melalui sosial media
Ketiga, Mempromosi melalui web/blog
Keempat, Membagikan brosur/selebaran 

Anyaman homemade saya ini di distribusikan kepada anda dimanapun berada. Jika membutuhkan Kerajinan tas anyaman untuk Tangerang silahkan bisa hubungi saya. pengiriman terbaik untuk tas anyaman plastik ke luar jabotabek adalah melalui ekspedisi Tiki, JNE, silahkan tanyakan kepada kami mengenai jumlah pesanan tas anyam dan ongkirnya. Begitu pula untuk peminat kerajinan tangan anyaman plastik di manapun anda berada, seperti foto dibawah Kerajinan tas anyaman Homemade saya, Kerajinan tas anyaman untuk DKI Jakarta dan sekitarnya Bekasi, Bogor, Depok, Tangerang, silahkan tanyakan ongkir pesanan anda, ada harga yg sangat bersahabat dan terpercaya spesial untuk pengiriman tas anyam ke daerah DKI jakarta dan sekitarnya,

Silahkan tanyakan info melalui Whatsapp atau telfon dan Jangan ragu untuk membeli produk produk berkualitas dan bermanfaat dari kerajinan tangan anyaman saya

.Harga                 Rp. 300.000
Kode Barang    : Ns01
Panjang            : 30 cm
Lebar                : 10 cm
Tinggi               : 40 cm
Lapisan dalam   : Kain Puring
Ada Tali Belakang






Harga              Rp. 200.000
Kode Barang  :Ns02
Panjang          : 24 cm
Lebar              : 8 cm
Tinggi             : 17 cm
Lapisan dalam   : Kain Puring
Tali Panjang berbahan Kalep






Harga                 Rp. 250.000
Kode Barang     : Ns03
Panjang             : 28 cm
Lebar                 : 8 cm
Tinggi                : 18 cm
Lapisan dalam   : Kain Puring
Tali Mote Kristal




Harga                 : 175.000
Kode Barang      : Ns04
Panjang              : 26 Cm
Lebar                   : 8 cm
Tinggi                  : 18 cm
Lapisan dalam   : Kain Puring
Tali Berbahan Mote




Harga                   : 150.000
Kode Barang       : Ns05
Panjang               : 28 cm
Lebar                   : 8 cm
Tinggi                  : 18 cm
Lapisan dalam   : Kain Puring
Tali Berbahan Mote




Harga                  :  250.000
Kode Barang       : Ns06
Panjang               : 30 cm
Lebar                   : 15 cm
Tinggi                  : 30 cm
Lapisan dalam   : Kain Puring
Tali berbahan kalep




Berminat,....
Bisa hubungi kontak saya melalui Whatsap/Telegram : 081383738312

Soal Kelas 6

Assalamualaikum wr.wb.
Berikut contoh soal online IPA KD 3.1 Materi Adaptasi Tumbuhan
Silahkan Kalian bisa Klik Disini

Silahkan kalian kerjakan soal berikut ini!

SILABUS

kesempatan kali ini, saya akan berbagi Silabus Kelas 6. Bagi Bapak dan Ibu yang membutuhkan Silabus Kelas 6, Silahkan klik disini

RPP PJJ Kelas 6


Assalamualaikum wr.wb.

RPP kelas 6 SD/MI semester 1 k13 revisi 2018, tentu sangat dibutuhkan oleh guru kelas 6. Menyikapi hal tersebut, blog Membangun Inspirasi membagikan RPP tersebut agar mudah didownload secara gratis.

RPP kelas 6 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2018, yang dibagikan kali ini sudah Integrasi PPK, 4C, HOTS, sehingga bisa digunakan untuk tahun pelajaran 2018/2019. Selain itu, RPP inidi dalamnya juga memuat PPK, yakni pendidikan berkaraketer yang terdiri dari religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.

RPP kelas V1 edisi revisi 2018 ini sudah Integritas dengan literasi keterampilan abad 21 yang juga dikenal dengan istilah 4C yakni Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative dan jga HOTS yang artinya Higher Order Thinking Skill.


RPP kelas VI K13 revisi 2018 yang ada di tautan ini, di dalamnya juga telah dilengkapi dengan KI1, KI2, KI3 dan KI4, yang bertujuan untuk dapat menumbuhkan sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan para siswa.


Dalam memudahkan pembuatan RPP tahun pelajaran 2018/2019, khususnya RPP kelas 6 revisi terbaru 2018, maka bapak/ibu guru bisa mengunduhnya dengan mengklik tautan yang telah dibagikan. Adapun cara untuk mendownloadnya, silahkan klik tulisan unduh yang ada di akhir judul setiap RPP tersebut. Berikut rinciannya :


kesempatan kali ini, saya akan berbagi RPP Kelas 6 Tema 2. Bagi Bapak dan Ibu yang membutuhkan RPP Kelas 6, Silahkan klik Disini

Berikut RPP Tema 2 Kelas 6

Buku Paket Kelas 6 Edisi Revisi 2018

Assalamualaikum wr.wb.
Bagi bapak dan Ibu yang membutuhkan  buku guru dan buku siswa kelas 6 edisi revisi 2018 dapat mengakses melalui link yang saya bagikan berikut.

Silahkan Klik link dibawah ini

Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 1 Revisi 2018 Download

Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 2 Revisi 2018 Download

Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 3 Revisi 2018 Download

Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 4 Revisi 2018 Download

Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 5 Revisi 2018 Download

Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 6 Revisi 2018 Download

Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 7 Revisi 2018 Download

Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 8 Revisi 2018 Download

Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 9 Revisi 2018 Download

Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 1 Revisi 2018 Download

Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 2 Revisi 2018 Download

Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 3 Revisi 2018 Download

Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 4 Revisi 2018 Download

Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 5 Revisi 2018 Download

Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 6 Revisi 2018 Download

Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 7 Revisi 2018 Download

Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 8 Revisi 2018 Download

Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 9 Revisi 2018 Download

Buku Guru Kelas 6 Matemataika Download

Buku Siswa Kelas 6 Matematika Download

Buku Guru Kelas 6 Kurikulum 2013 PAI Download

Buku Siswa Kelas 6 Kurikulum 2013 PAI Download

Buku Guru Kelas 6 Kurikulum 2013 PJOK Download

Buku Siswa Kelas 6 Kurikulum 2013 PJOK Download

Semoga Bermanfaat
Terima kasih.

Sabtu, 25 Juli 2020

Workshop SAGUSANOV - Membuat Media Berbasis Android


Bismillahirrohmanirrohim


Assalamualaikum wr.wb.

Ikatan Guru Indonesia (IGI) adalah organisai guru yang diinisiasi sejak tahun 2000 dengan nama Klub Guru Indonesia dibawah kepemimpinan Ahmad Rizali Dan secara resmi berbadan hukum pada tanggal 26 November 2009 dan disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM dengan Surat Keputusan Nomor AHU-125.AH.01.06 Tahun 2009 dengan Ketua Umum Satrian Dharma dan Sekjen Muhammad Ihsan dari Jatim serta Indra Djati Sidi dari Jabar sebagai Ketua Dewan Pembina.

Periode Kedua IGI 2006-2021 telah menandakan masuknya IGI ke dalam babak baru organisasi guru.
Dibawah kepemimpian Ketua Umum Muhammad Ramli Rahim dan Sekjen Mampuono, IGI seperi terbang tinggi dalam peningkatan kompetensi guru dan pengembangan organisasi. Kini IGI sudah hadir di 34 Provinsi di Indonesia dengan lebih dari 400 kabupaten/kota.
(Ikatan Guru Indonesia) kini kembali melakukan gebrakan baru,  Hanya dalam setahun IGI berhasil melakukan workshop dan diklat yang melibatkan 156.000 guru dengan 575 pelatih dan 17 kanal pelatihan guru. Dari gerakan-gerakan di atas, diawal tahun 2018 IGI telah melahirkan 67 Kanal Kegiatan IGI yang akan berjuang meningkatkan kompetensi Guru di Indonesia. Khususnya kanal Kegiatan Workshop Online SAGUSANOV (Satu Guru Satu Inovasi) yang tentunya banyak diminati.


SAGUSANOV singkatan dari Satu Guru Satu Inovasi.
Apa yang didapat dari workshop SAGUSANOV?

Peserta akan didampingi membuat aplikasi berbasis android.

Dari yang belum kenal bagaimana cara membuat aplikasi hingga aplikasi tersebut dipasang di android peserta.

Apa yang perlu disiapkan:

1. Laptop

2. Modem dan data internet.

3. Kabel dan stop kontak

4. HP Android

5. Pastikan Android anda sudah terpasang Aplikasi telegram karena kegiatan pembelajaran, diskusi menggunakan aplikasi telegram (download disini)
workshop ini peserta akan memperoleh banyak pengalaman  dalam membuat video pembelajaran dengan teknik animasi. Aplikasi yang digunakan berbasis android.

Workshop ini akan diselenggarakan pada tanggal 24 - 30 Agustus 2020. Bagi bapak dan ibu yang ingin mengikuti kegiatan ini, dapat mengakses ke alamat guru pembelajar igi atau klik di sini.

MATERI SAGUSANOV VIDEO PEMBELAJARAN LIP SYNC sbb:

Membuat Channel Youtube Menggunakan Smartphone Android.
Merekam Layar Smartphone Android.
Membuat Avatar Menggunakan Super Me.
Merekam Layar Desktop.
Menggambar Ulang Karakter di Inkscape.
Merekam Audio Menggunakan Audio Recorder.
Membuat Lip Sync Avatar menggunakan Premiere.
Membuat Materi Pembelajar menggunakan Premiere.
Implementasi Media untuk Pembelajaran.

Jika menginginkan penggunaan aplikasi telegram tanpa harus menginstall aplikasi di android, silahkan baca panduan mengaktifkan telegram di laptop/ PC anda disini.

Bagi anda yang ingin bergabung dalam workshop SAGUSANOV, silahkan daftar melalui SIM GP IGI terlebih dahulu. Berikut saya lampirkan Video panduan cara mendaftar dan mengikuti kegiatan di SIM GP IGI



SAGUSABLOG

Workshop SAGUSABLOG merupakan salah satu pelatihan online yang diselenggarakan IGI (Ikatan Guru Indonesia) yang menghasilkan blog-blog guru yang keren. Pelatihan ini diperuntukkan bagi Guru-guru baik yang anggota IGI maupun bukan Anggota IGI. Kegiatan Pelatihan ini diperuntukan untuk guru yang ingin mengembangkan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. Bagi yang belum menjadi anggota IGI dapat mendaftar menjadi anggota dengan mengunjungi LINK: https://igi.or.id. Jika sudah terdaftar sebagai anggota IGI maka anda dapat mendaftar sebagai peserta workshop SAGUSABLOG ini.

SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) merupakan salah satu kegiatan yang diprakarsai Ikatan Guru Indonesia. SAGUSABLOG pertama kali dilaksanakan di Surabaya dalam rangkaian kegiatan TOT Literasi Produktif Berbasis IT dalam kelas Mobile Blogging dengan trainer Amin Mungamar yang dikenal dengan sebutan (Mr. Mung), dan Dahli Ahmad (Kang Dahli).

SAGUSABLOG saat ini membuka Workshop online menggunakan sarana chating melalui aflikasi telegram, dan dibantu dengan modul dan Video pembelajaran sehingga mudah dipahami oleh peserta workshop online walaupun belajar mandiri dirumah masing-masing.

Materi SAGUSABLOG  dasar yang dipelajari dalam workshop terdiri dari 6 modul:

Modul 1 : membuat blog guru dengan Blogger
Modul 2 : Mengganti dan Mendesain Template bawaan blogger
Modul 3 : Mendesain header blog guru dengan program paint
Modul 4 : Mengelola dan menghias blog guru
Modul 5 : Membuat dan Mengelola dan menu standar blog guru
Modul 6 : Membuat dan mengelola soal online di google drive

Materi SAGUSABLOG Lanjutan yang dipelajari dalam Workshop terdiri dari 8 modul:

Modul 1 : Membuat blog guru dengan engine blogger
Modul 2 : Mengganti template blog guru dengan template dari pihak ketiga
Modul 3 : Mendesain header blog guru dengan Adobe Photoshop
Modul 4 : Mengelola dan menghias blog guru
Modul 5 : Membuat soal Online di Google Drive
Modul 6 : Custom Domain dengan domain premium / domain gratis
Modul 7 : Monetize Blog
Modul 8 : SEO (Search Engine Optimization)

untuk lebih banyak mengetahui tentang workshop SAGUSABLOG anda dapat mengunjungi LINK : https://www.sagusablog.com

Workshop online SAGUSABLOG Satu Guru Satu Blog yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Indonesia.
Menyikapi kebutuhan guru dalam dunia pendidikan untuk selalu memberikan yang terbaik bagi anak-anak didiknya, maka salah satu pelatihan yang dilaksanakan adalah Satu Guru Satu Blog (Sagusablog).
Yaitu gerakan satu guru memiliki satu blog yang dapat digunakan sebagai salah satu penambah media dalam pembelajaran. Begitu pula semakin pesatnya dunia teknologi apalagi pemakaian internet, mau tidak mau, setiap guru diharapkan untuk berinovasi mengikuti perkembangan jaman tersebut. Agar guru tersebut masuk dalam kategori tidak ketinggalan jaman alias gaptek.
Tidak berlebihan sekiranya,
pelatihan seperti ini sebaiknya diikuti oleh semua guru di Indonesia




Jumat, 24 Juli 2020

PEMBELAJARAN TEMA 2 SUBTEMA 1 PB 3 KELAS 6 - PERSATUAN DALAM PERBEDAAN

Assalamualaikum wr,wb.
Selamat Datang di Blog ibu Santi Yuliani. Bagaimana kabar kalian hari ini? semoga kalian senantiasa dalam lindungan Allah SWT Amiin.

Sebelum kita melaksanakan kegiatan pembelajaran hari ini, Apakah kalian sudah mengisi kegiatan harian kalian?

Alhamdulillah jika kalian sudah melaksanakan kegiatan harian.
Kita awali pembelajaran hari ini dengan mengucapkan Basmalah.
Bismillahirrohmanirrohim.

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) ini dilakukan selama pandemi covid-19 lebih difokuskan pada pembelajaran berbasis proyek, produk maupun percobaan. Pembelajaran Jarak Jauh memang tidaklah mudah bagi para siswa. Selain kesulitan mengenai teknologi, gairah untuk belajar jarak jauhpun pastinya berbeda dengan pembelajaran secara tatap muka di sekolah. Untuk itu, saya selaku Guru berusaha mencari terobosan kreatif yang bisa membangkitkan kembali gairah peserta didik untuk gairah kembali belajar secara optimal. Dan Mudah-mudahan terobosan yang saya lakukan memberikan perubahan pembelajaran yang berbeda, sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kalian maupun bagi peserta didik lainnya,

Pembelajaran Jarak Jauh ini dilakukan dengan mengombinasikan power point dan video. Untuk menyukseskan pembelajaran jarak jauh dengan inovasi.


Pada Materi ini kalian akan belajar tentang adaptasi tumbuhan. Apakah kalian tahu , Apa yang disebut dengan adaptasi?

Baiklah Anak-anak Ayo simak!

Di alam ini terdapat beraneka macam tumbuhan. Pernahkah kalian mengamati tumbuhan tertentu? Jika iya pasti anda akan bertanya-tanya dalam hati mengapa tumbuhan ini bisa seperti ini ya dan apa tujuannya. Tahukah kalian, sebenarnya setiap tumbuhan itu memiliki ciri-ciri khusus untuk mempertahankan hidupnya. Untuk lebih jelasnya mari kita bersama-sama mengenal ciri-ciri khusus tumbuhan dan fungsinya untuk menambah pengetahuan kita.

Ciri Khusus Tumbuhan dan Fungsinya

Jenis tumbuhan di dunia ini sangatlah beragam. Tercatat sekitar 375.000 spesies tumbuhan yang telah diidentifikasi. Seperti yang kita ketahui, ciri umum tumbuhan adalah memiliki klorofil atau zat hijau daun. Disamping itu, setiap spesies tumbuhan sebenarnya memiliki ciri khusus dan fungsi yang berbeda-beda tergantung kondisi lingkungan tumbuhan tersebut tumbuh. Ciri khusus pada tumbuhan fungsinya untuk memenuhi kebutuhan sekaligus untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya agar tumbuhan tersebut dapat bertahan hidup. Berikut ini beberapa contoh tumbuhan yang memiliki ciri-ciri khusus.

1. Ciri Khusus Teratai 


Teratai adalah tumbuhan yang hidup di air. Ciri khusus teratai yaitu memiliki daun yang lebar dan tipis, batang dan akarnya berongga-rongga. Bentuk daun yang lebar dan tipis digunakan untuk memperbesar dan mempercepat proses penguapan air. Kandungan air yang terlalu banyak dibuang melalui penguapan agar teratai tidak busuk meskipun hidup di air. Daun teratai yang tipis fungsinya agar tetap terapung di atas air.

Batang dan akarnya berongga-rongga berfungsi untuk membawa oksigen ke batang dan akar sehingga teratai tetap dapat bernapas meskipun batang, daun, dan akarnya selalu terendam air. Bagian teratai yang selalu di atas permukaan air adalah daun dan bunga. Akar teratai terbenam dengan kuat di dalam lumpur di dasar air gunanya untuk menahan teratai dari hempasan arus air.

2. Ciri Khusus Kaktus 



Kaktus termasuk tumbuhan sukulen. Sukulen adalah tumbuhan yang tumbuh di daerah kering. Untuk dapat bertahan hidup di tempat yang kering, kaktus memiliki ciri khusus yaitu memiliki daun berbentuk duri. Duri ini berfungsi untuk mengurangi proses penguapan dari dalam tubuhnya dan sebagai alat perlindungan diri dari pemangsa. Kaktus menyimpan cadangan makanan pada batang yang berlapis lilin.

Akar kaktus umumnya panjang. Akar seperti ini memungkinkan kaktus mencari air sebanyak mungkin kemudian diangkut ke batang untuk disimpan. Fungsi daun digantikan oleh batang yang agak besar dan menggembung. Kaktus memiliki batang berwarna hijau sehingga dapat melakukan fotosintesis. Kaktus mengambil karbon dioksida pada malam hari. Karbon dioksida disimpan di dalam vakuola dan akan digunakan ketika melakukan fotosintesis pada siang hari.

Kaktus juga memiliki bunga yang cukup indah. Bunga kaktus akan mekar di malam hari, namun bunganya tidak akan bertahan lama. Setelah bunga mekar di malam hari, di pagi harinya sudah kembali layu.

3. Ciri Khusus Mawar



Tumbuhan mawar memiliki bunga yang sangat indah, berwarna cerah dan baunya harum. Ciri khusus tumbuhan mawar adalah batangnya memiliki duri tajam yang berfungsi untuk melindungi diri dari berbagai serangan musuh. Sedangkan bunganya yang indah berfungsi untuk menarik perhatian serangga untuk membantu dalam proses penyerbukan.

4. Ciri Khusus Putri Malu


Putri malu memiliki ciri khusus yaitu daunnya dapat mengatup saat disentuh. Dahannya halus, bercabang dan berduri tajam. Duri tersebut digunakan untuk melindungi diri dari hewan herbivora yang ingin memakannya. Warna daun bagian bawah tumbuhan putri malu berwarna lebih pucat. Hal ini bertujuan agar hewan yang tadinya ingin memakannya akan berpikir bahwa tumbuhan tersebut telah layu sehingga tidak berminat lagi untuk memakannya.

Tumbuhan putri malu juga memiliki keunikan yaitu apabila batangnya dipotong, umbinya akan tumbuh akar dan menjadi calon tanaman baru. Selain itu, putri malu juga memiliki bunga berwarna merah muda yang lumayan indah.

5. Ciri Khusus Anggrek



Anggrek dikenal sebagai tumbuhan epifit yaitu tumbuhan yang hidupnya menumpang pada tumbuhan lain untuk mendapatkan sinar matahari tetapi tidak merugikan tanaman yang ditumpanginya. Anggrek tidak menyerap air dan zat makanan dari tumbuhan yang ditumpanginya. Anggrek memiliki akar yang menggantung untuk bernapas. Cara hidup anggrek inilah yang menjadi ciri khususnya. 

6. Ciri Khusus Bunga Matahari


Bunga matahari adalah bunga yang memiliki ukuran besar dan berwarna kuning. Bunga matahari ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kita semua. Salah satu manfaat yang dapat diambil dari bunga matahari adalah bijinya yang bisa diolah menjadi makanan ringan atau camilan. Ciri khusus yang dimiliki oleh bunga matahari adalah bunganya selalu mengikuti ke mana arah matahari.

7. Ciri Khusus Venus Flytrap


Tumbuhan venus flytrap merupakan tumbuhan insektivora atau pemakan serangga. Tumbuhan ini akan memakan hewan-hewan yang kecil, seperti serangga dan laba-laba. Tumbuhan venus ini juga bisa membuat makanannya sendiri dengan melakukan fotosintesis.

Tumbuhan ini memiliki ciri khusus, yaitu daunnya berbentuk dua lempengan seperti engsel dan berbulu. Daun ini akan terbuka untuk menunggu mangsanya. Saat serangga menyentuh bulu-bulu peka pada daun, maka seketika daun akan menutup dan serangga yang terperangkap didalamnya akan dicerna dan diserap sebagai nitrogen.

8. Ciri Khusus Rafflesia Arnoldi


Rafflesia disebut bunga raksasa karena ukurannya yang besar. Tumbuhan ini pertama kali ditemukan oleh Thomas Stamford Raffles di hutan hujan Indonesia pada tahun 1818. Ciri khusus bunga rafflesia adalah memiliki bau yang busuk. Rafflesia termasuk tumbuhan pemakan serangga.

Fungsi dari bau busuk yang dikeluarkan tersebut adalah untuk memikat serangga khususnya lalat agar datang. Dengan demikian, lalat yang masuk bunga rafflesia akan menjadi makanannya. Selain memiliki bau busuk, rafflesia juga memantulkan cahaya. Pantulan cahaya ini dapat mengundang serangga untuk mendatanginya.

9. Ciri Khusus Kantong Semar


Kantong semar termasuk tumbuhan pemakan serangga. Tumbuhan ini memiliki daun yang berbentuk seperti guci. Permukaan bagian dalam daun mengandung nektar yang berfungsi untuk memikat serangga. Serangga yang terpikat oleh nektar akan hinggap pada dinding daun yang licin sehingga tergelincir dan terjatuh ke dalam cairan yang ada di dasar daun. Cairan ini akan menghancurkan serangga sehingga nitrogennya dapat diserap.

10. Ciri Khusus Pohon Jati 


Batang kayu jati dikenal dengan nama tectona Grandis. Ciri umum kayu jati yaitu memiliki batang yang kuat. Kayu jati banyak dimanfaatkan untuk bahan perabot rumah tangga. Umumnya pohon jati tumbuh pada ketinggian 1 sampai 1800 m dari permukaan laut. Tanpa harus memilih tanah yang subur, jati mampu hidup dan berkembang pada tanah yang gersang.

Ciri khusus dari pohon jati yaitu menggugurkan daunnya pada musim kemarau. Kemampuan menggugurkan daunnya sendiri atau meranggas ini fungsinya untuk mengurangi penguapan sehingga persediaan air di dalam batang pohon jati mencukupi walaupun di saat tanah sangat kering sekalipun.

Itulah pembahasan kita kali ini. Dengan Mengenal Ciri-ciri Khuuhan dan Fungsinya, semoga saja bisa menambah wawasan kita semua.

Jawabannya akan kalian temukan dalam tayangan Video yang akan kalian amati.
Sebelum kalian mengamati Video pembelajaran tersebut, siapkan terlebih dahulu Buku dan Alat tulis kalian untuk mencatat informasi penting yang ada dalam video pembelajaran tersebut

Tujuan Pembelajaran      : Siswa dapat mengidentifikasi Adaptasi Tumbuhan

Adaptasi Tumbuhan
Bisa juga Klik Link Video Pembelajaran  Disini




Video Pembelajaran tadi yang telah kalian amati, tentunya kalian sudah mencatat  hal-hal yang penting yang ibu berikan.
Apakah kalian sudah memahami Video Pembelajaran  tadi? Baiklah jika sudah, Ayo Sekarang saatnya kalian mengerjakansoal IPA. Tugas ini kalian salin dibuku tulis kalian yah.

Ayo berlatih 1

Setelah membaca teks, cobalaah untuk menjawab pertanyaan berikut dengan benar!
  1. Apa yang kamu ketahui tentang adaptasi?
  2. Apa saja tujuan dari tumbuhan beradaptasi?
  3. Apakah perbedaan dari Tumbuhan jenis hidrofit, xerofit dan higrofit?
  4. Bagaimana cara adaptasi tumbu7han berikut!
          a. Bambu
          b. Putri malu
          c. Kaktus
          d.Teratai

Ayo berlatih 2

Untuk memperdalam pengetahuanmu tentang adaptasi tumbuhan ayo lakukan kegiatan berikut secara mandiri!
1. Pilihlah satu jenis tumbuhan untuk kamu amati terkait habitat dan cara melindungi diri! Pergunakan informasi yang kamu peroleh untuk menambah pengetahuanmu. Tulis hasil temuanmu pada diagram flayer berikut!


2. Sampaikan hasil kerjamu pada gurumu!

Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia KD 3.4 dan 4.4

Ayo Membaca
Bacalah teks berikut dengan Cermat!

Proklamasi 17 Agustus 1945 merupakan momen penting dalam memperoleh kemerdekaan. Ada sejumlah tokoh proklamasi dalam kemerdekaan Indonesia. Siapa saja?

Peristiwa proklamasi 17 Agustus 1945 dilaksanakan di kediaman presiden pertama Indonesia, yakni Ir Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur nomor 56, Jakarta Pusat. Sebelumnya, proklamasi rencananya akan dilakukan di Lapangan Ikada.


1. Ir Soekarno

Soekarno berperan sebagai pembaca teks proklamasi. Ia lahir pada 6 Juni 1901 di Blitar, Jawa Timur. Ia diketahui aktif berjuang sebelum kemerdekaan dengan menjadi anggota Pusat Tenaga Rakyat (Putera), hingga ketua PPKI.

2. Drs Mohammad Hatta

Mohammad Hatta ikut dalam perumusan teks proklamasi. Ia juga mengajukan usul untuk menandatangani teks proklamasi oleh seluruh tokoh yang hadir di rumah Laksamana Maeda saat itu.

Pria yang lahir di Sumatera Barat, 12 Agustus 1902 ini ikut mendampingi Soekarno saat pembacaan teks proklamasi. Ia pun diangkat menjadi wakil Presiden mendampingi Soekarno sebagai Presidennya.

3. Ahmad Subardjo

Pria yang lahir di Karawang pada 23 Maret 1897 ini merupakan pejuang senior dan anggota PPKI. Ahmad Subarjo juga terlibat sebagai penulis proklamasi di rumah Laksamana Maeda.

Bahkan, pria bernama lengkap Raden Achmad Subardjo ini yang menjemput Soekarno dan Hatta di Rengasdengklok. Ia juga memutuskan bahwa proklamasi kemerdekaan harus dilaksanakan di Jakarta.

4. Fatmawati

Istri proklamator ini terlibat sebagai tokoh proklamasi dalam kemerdekaan Indonesia. Fatmawati diketahui yang menjahitkan bendera pusaka Merah-Putih untuk dikibarkan saat upacara 17 Agustus 1945.

5. Soekarni

Soekarni lahir pada 14 Juli 1916 di Blitar. Selama hidupnya, ia aktif dalam perjuangan kemerdekaan dan pernah bekerja di kantor berita Domei, Sendenbu, dan kantor pusat Seinendan.

Diketahui, ia juga yang mengusulkan agar naskah proklamasi kemerdekaan hanya ditandatangani oleh Soekarno dan Hatta, sebagai perwakilan bangsa Indonesia.

6. Sayuti Melik

Sayuti Melik menjadi salah satu tokoh proklamasi dan berperan sebagai pengetik naskah. Sebelumnya, naskah proklamasi ditulis tangan dengan beberapa perubahan, setelah disetujui diserahkan kepada Sayuti.

7. Latif Hendraningrat

Latif Hendraningrat merupakan pejuang yang tergabung dalam Pembela Tanah Air (Peta). Ia ikut berperan dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan menaikkan bendera pusaka saat upacara 17 Agustus 1945.

8. Laksamana Maeda

Pria berkebangsaan Jepang ini juga menjadi tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia. Ia merupakan seorang perwira dengan jabatan sebagai Wakil Komandan Angkatan Laut Jepang di Jakarta dan ikut bersimpati pada perjuangan kemerdekaan Indonesia. Laksamana Maeda mengizinkan para pejuang menggunakan rumahnya sebagai tempat perumusan naskah proklamasi.


Ayo berlatih 3
Setelah membaca teks, cobalah untuk menjawab pertanyaan berikut dengan benar!
  1. Tuliskan proklamator Kemerdekaan Indonesai!
  2. Apa jasa Abdul Latief Hendraningrat?
  3. Tuliskan tokoh yang menyusun teks proklamasi!
  4. Tuliskan tokoh-tokoh yang berperan dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan indonesia beserta perannya masing-masing dalam sebuah tabel!
Ayo Berlatih 4

1. Setelah kalian membaca teks diatas cobalah untuk membuat beberapa kalimat tanya dengan menggunakan kata tanya yang tepat!
2. Berdasarkan kalimat tanya yang sudah kalian buat tersebut, isilah peta pikiran berikut!


soal Form Silahkan kalian kerjakan Klik Disini
atau bisa kalian kerjakan langsung pada form dibawah ini!
Selamat Mengerjakan!