Rabu, 30 September 2020

PEMBELAJARAN TEMA 3 SUBTEMA 3 PB 1

 Assalamualaikum wr,wb.

Salam sejahtera bagi kita semua. Semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah SWT Aamiin.

Pada pertemuan kali ini kita akan belajar tentang Subtema 3 PB 1 Ayo, Menjadi Penemu.

Kita sudah mempelajari tokoh-tokoh dunia dengan penemuannya. Lalu, sikap sikap seperti apakah yang harus dimiliki untuk menjadi seorang penemu? Ayo kita belajar dari pak Habibie!

Ayo membaca

baca dengan teliti teks biografi tentang perjalanan hidup bapak Habibie berikut ini

Disiplin dan kerja keras awal dari sebuah inovasi yang cemerlang

Prof.DR.ing. Baharuddin Jusuf Habibie adalah presiden ketiga RI yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. beliau dilahirkan di pare-pare Sulawesi Selatan tanggal 25 Juni 1936.

Masa kecil BJ Habibie

Nama lengkapnya adalah Prof. DR (HC). Ing. Dr. SC. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie. Habibie lahir dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A. Tuti marini puspowardojo. ayahnya yang berasal dari Gorontalo dan memiliki daerah Bugis, merupakan seorang yang ahli pertanian. Sementara itu, ibunya berasal dari Yogyakarta adalah seorang spesialis mata. Habibie merupakan anak keempat dari delapan bersaudara. Dalam buku biografinya yang berjudul Rudy, kisah masa muda sang visioner, Habibie menceritakan kalau keluarganya merupakan keluarga yang religius. Masa kecil Habibie dilalui bersama saudara-saudaranya di pare-pare Sulawesi Selatan. sifat tegas berpegang pada prinsip, sikap hidup disiplin serta kerja keras telah ditunjukkan Habibie sejak kanak-kanak. Habibie yang punya kegemaran menunggang kuda dan membaca ini dikenal sangat cerdas ketika masih menduduki sekolah dasar. Ia memiliki semangat tinggi pada ilmu pengetahuan dan teknologi.ia melanjutkan SMA di Bandung dan prestasinya selalu menonjol terutama pada pelajaran IPA dan matematika. 

Masa pendidikan Habibie dan perjuangan keras di perantauan

Didukung oleh kemauan keras untuk belajar selepas SMA dia masuk di ITB. Otak jenius seorang Habibie semakin terasa ketika memasuki bangku sekolah titik hanya saja saat berusia 14 tahun Habibie harus ditinggalkan ayahnya yang meninggal dunia karena serangan jantung. Sebagai gantinya Ibu Habibie berjuang ekstra keras untuk menanggung seluruh biaya hidup anggota keluarga. Ibunya pun kemudian memutuskan untuk menjual rumah dan pindah ke Bandung titik disini, Habibie remaja menempuh pendidikan di SMA Dago.  di tahun 1954 Habibie melanjutkan kuliah ke jurusan teknik mesin di universitas Indonesia Bandung yang kini dikenal dengan nama institut teknologi Bandung (ITB). hanya saja, masa kuliah Habibie di ITB tidak lama. Cukup setahun di ITB, Habibie kemudian memilih untuk kuliah ke Jerman tepatnya di Rhein westfalen Aachen Technische Hochschule (RWTH) dan memilih jurusan teknik penerbangan titik pada waktu itu beliau memperoleh beasiswa dari menteri pendidikan dan kebudayaan.

Habibie menghabiskan waktu cukup lama saat menempuh pendidikan di Jerman titik total sebanyak 10 tahun dijalani oleh seorang Habibie untuk meraih diploma dan doktoral di Jerman. kuliah sambil bekerja menjadi keseharian yang harus dilakukan oleh seorang Habibie. Pada tahun 1960 Habibie lulus dengan predikat cumlaude dan memperoleh gelar diploma ing di Jerman dengan nilai sempurna. iya bekerja di industri kereta api Jerman dan berhasil menemukan cara untuk membuat 1000 wagon kereta api berkekuatan tinggi titik di pagi buta Oma Habibie harus berjalan kaki cepat ke tempat kerja yang jauh untuk menghemat kebutuhan hidup kemudian pulang pada malam hari dan belajar untuk kuliahnya. Tahun 1965 Habibie mendapat gelar doktor teknik (Dr. Ingenieur) dengan predikat Summa cumlaude dengan nilai yang sangat sempurna.setelah menyelesaikan pendidikannya, Habibie memutuskan untuk tetap tinggal di Jerman titik bahkan dia pernah bekerja cukup lama di sebuah perusahaan kedirgantaraan bernama messerschmitt-bolkow-blohm. di sana, beliau pun sampai memperoleh jabatan sebagai wakil presiden.

Buah dari kerja keras

Habibie kemudian bekerja di industri pesawat terbang Jerman. Karena sikap disiplin dan kerja keras awal karirnya terus naik hingga dipercaya menjadi vice president sekaligus direktur dan penasehat senior bidang teknologi. Ia menjadi satu-satunya orang Asia yang berhasil menduduki jabatan bergengsi di perusahaan pesawat terbang Jerman.

Habibie kembali ke Indonesia

meski telah tinggal sangat lama di Jerman, kecintaan seorang Habibie terhadap tanah air tidak pernah pudar titik buktinya, beliau memutuskan untuk kembali ke Indonesia pada tahun 1973. Kepulangannya ke tanah air itu atas permintaan presiden Soeharto. Kedatangannya itu pun disambut dengan harapan yang besar terutama untuk memajukan industri tanah air. Pertama kali, beliau ditugaskan untuk bekerja di Pertamina. selanjutnya pada tahun 1976 Habibie menjadi pimpinan pertama dari PT dirgantara Indonesia titik lalu sejak tahun 1978 Habibie memperoleh jabatan baru yakni sebagai menteri negara riset dan teknologi. jabatan ini pun bertahan sangat lama sekitar 20 tahun. Pada 11 Maret 1998 Habibie mendampingi Soeharto sebagai pasangan presiden dan wakil presiden RI titik jabatan Habibie pun beralih menjadi presiden RI setelah Soeharto mengundurkan diri dan mengakhiri era orde baru pada 21 Mei 1998. hanya saja, jabatan presiden tersebut tidak bertahan lama, cuma 1 tahun dan 5 bulan. Hal ini pun membuat Habibie sebagai pemilik gelar wakil presiden dan presiden RI dengan durasi jabatan terpendek titik meski menjabat dalam waktu yang singkat ada beberapa kebijakan strategis yang telah dilakukan oleh seorang Habibi. Salah satunya adalah langkahnya dalam menekan angka tukar rupiah terhadap dolar Amerika menjadi dibawah rp10 ribu.

Kecintaan pada tanah air

Rasa cinta tanah air dari seorang Habibie tidak dapat diragukan lagi. selain rela kembali ke tanah air meski telah memperoleh jabatan tinggi di Jerman juga pernah menolak gelar profesor dari almamaternya di negara tersebut. alasannya karena karena gelar tersebut bakal bisa mempersulit jalannya kembali ke Indonesia. 

Prestasi cemerlang buah dari disiplin dan kerja keras

Habibie menyumbang berbagai penemuan dan sejumlah teori di bidang konstruksi pesawat terbang seperti "Habibie factor". "Habibie theorem" dan "Habibie method" yang dipakai oleh universitas di seluruh dunia. Ia dijuluki sebagai "Mr. Crak" karena menemukan rumus untuk menghitung cacat badan pesawat terbang. iya juga menerima banyak penghargaan dan prestasinya diakui berbagai lembaga internasional seperti di Jerman Inggris Swedia, Perancis dan Amerika serikat serta menerima penghargaan yang hampir setara dengan hadiah Nobel. Tahun 1968, Habibie mengundang 40 insinyur Indonesia untuk bekerja di Jerman guna mempersiapkan keterampilan dan pengalaman mereka dalam membuat produk industri dirgantara, maritim, dan darat di tanah air. Tahun 1974 Habibie diminta pulang ke tanah air dan menjadi penasehat pemerintah di bidang teknologi pesawat terbang. Ia menjadi menteri negara riset dan teknologi hingga menjadi wakil presiden dan presiden RI ke-3.

Habibie bapak teknologi Indonesia

tahun 1976 Habibie mendirikan industri pesawat terbang pertama di kawasan asia tenggara yaitu PT tonia dan industri strategis lainnya. Industri strategis lainnya. industri binaannya berhasil memproduksi pesawat terbang ,helikopter ,senjata ,amunisi kapal tank ,panser, water cannon, kendaraan RPP-M, kendaraan tempur dan masih banyak lagi baik untuk keperluan sipil maupun militer.

di tingkat dunia, Habibie terlibat dalam berbagai proyek desain dan konstruksi pesawat terbang seperti Fokker, pesawat angkut militer, jet eksekutif, Airbus, pesawat angkut dengan teknologi mendarat dan lepas landas secara vertikal, CN-235, dan CN-250. Selain itu, Habibie secara tidak langsung ikut terlibat dalam proyek perhitungan dan desain helikopter, pesawat tempur multifungsi, beberapa peluru kendali dan satelit di tingkat dunia. Sosok BJ Habibie pun layak untuk menjadi teladan bagi warga Indonesia. Terutama sikap rasa cinta tanah air serta kegigihannya dalam menuntut ilmu

Ayo berlatih

Kalian telah membaca teks biografi tentang perjalanan hidup Bapak Habibie.

Jawablah pertanyaan berikut:

1. Apa topik masalah dari teks tersebut?

2. Apakah teks tersebut adalah jenis teks eksplanasi ilmiah? Jelaskan dan berikan contohnya!

3. Apa pesan yang ingin disampaikan penulis melalui teks tersebut?

Ayo berdiskusi

Apa itu kata baku dan tidak baku?

mungkin kamu sudah sering mendengar istilah kata baku dan tidak baku baik itu di sekolah lingkungan masyarakat dan lain-lain. banyak diantara kita yang belum memahami dengan baik persoalan kata baku dan tidak baku dalam bahasa Indonesia. kenyataan ini diperparah dengan sedikitnya perhatian kita sebagai penutur bahasa akan masalah ini. Kita sering terbuai dengan kebiasaan sehari-hari dengan berbicara bahasa yang tidak baku titik padahal, mempelajari dalam masalah ini merupakan sebuah kebutuhan titik apalagi bagi seorang pelajar mahasiswa akademisi atau profesi lainnya yang bersinggungan dengan ranah formal.

Kata baku adalah kata yang digunakan sudah sesuai dengan pedoman atau kaidah bahasa yang telah ditentukan, atau kata baku merupakan kata yang sudah benar dengan aturan maupun ejaan kaidah bahasa Indonesia dan sumber utama dari bahasa baku yaitu kamus besar bahasa Indonesia (KBBI). kata baku merupakan juga kosakata yang penulisannya telah sesuai dengan pedoman umum ejaan bahasa Indonesia (PUEBI). kata baku umumnya sering digunakan pada kalimat resmi baik itu dalam suatu tulisan maupun dalam pengungkapan kata-kata. sebaliknya kata tidak baku adalah kata yang digunakan tidak sesuai dengan pedoman atau kaidah bahasa yang sudah ditentukan titik biasanya kata tidak baku sering digunakan saat percakapan sehari-hari atau dalam bahasa tutur. Kata non baku merupakan juga kosakata yang penulisannya tidak sesuai dengan pedoman umum ejaan bahasa Indonesia (PUEBI).

kosakata baku wajib digunakan dalam tulisan atau percakapan pada acara-acara formal kosakata non baku boleh digunakan dalam bahasa percakapan pada acara non formal seperti saat berbicara kepada teman dalam kehidupan sehari-hari. 

kata baku digunakan dalam kalimat efektif. Kalimat efektif akan mempermudah penyampaian informasi dalam isi teks kepada pembaca titik kalimat efektif harus memenuhi syarat yakni kalimat harus lengkap, logis, singkat, dan jelas. Lengkap artinya kalimat efektif sekurang-kurangnya harus memiliki subjek, predikat, objek, pelengkap dan keterangan.

tuliskan contoh kosakata tidak baku yang sering kamu dengar dalam percakapan sehari-hari dan temukan kosakata bakunya! Kamu dapat menggunakan kamus besar bahasa Indonesia (KBBI).

Tuliskan arti kata tersebut dan temukan padanan kosakata bakunya.



Buatlah kalimat dengan menggunakan kosakata baku tersebut.

Perhatikan penggunaan kalimat efektif pada kalimat yang kamu buat.

Habibie dengan penemuannya telah memberikan manfaat yang cukup besar terhadap dunia transportasi khususnya pada transportasi udara titik Bagaimana pengaruh alat transportasi terhadap kehidupan ekonomi masyarakat Indonesia?

Ayo amati

Amati proses distribusi dalam kegiatan ekonomi berikut ini!

Ayo Membaca

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Manusia mengenal kegiatan ekonomi sebagai kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.

Tujuan dari kegiatan ekonomi sendiri yaitu sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dan menghasilkan keuntungan bagi umat manusia.

Berikut penjabaran lengkap mengenai kegiatan ekonomi yang meliputi kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi

1. Kegiatan Produksi

Kegiatan produksi adalah kegiatan yang bertujuan menghasilkan dan/atau menambah nilai guna dari barang atau jasa. Tujuan dari kegiatan produksi adalah menghasilkan barang atau jasa yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Pelaku dari kegiatan produksi disebut sebagai produsen.

Contoh dari kegiatan produksi diantaranya adalah penjahit merubah kain menjadi pakaian siap pakai, pengrajin kayu menghasilkan meja, kursi, almari.

Barang dan jasa yang dihasilkan dari kegiatan produksi, nantinya akan didistribusikan untuk bisa menjangkau konsumen, agar konsumen dapat memenuhi kebutuhannya. Pelaku kegiatan produksi disebut dengan produsen, yaitu orang, badan usaha atau perusahaan yang melakukan kegiatan produksi. Oleh karenanya, istilah produsen tidak hanya diberikan kepada pemilik pabrik, namun juga pemilik industri rumah tangga.

Contoh lain kegiatan produksi yaitu pihak penerbit buku, mereka melakukan kegiatan produksi menambah nilai guna kertas dengan mencetak buku. Barang cetak sebagai buku yang berisi pengetahuan termasuk fungsi penambahan nilai guna kertas yang mulanya kosong dapat dimanfaatkan lebih luas jika dicetak dalam bentuk buku.

Dalam kegiatan produksi, dikenal istilah input dan output. Berikut penjelasan lanjut mengenai input dan output dalam kegiatan produksi.

Secara sederhana, proses pada kegiatan produksi dapat ditunjukkan pada diagram berikut ini:

proses kegiatan ekonomi produksi

Seperti yang dapat kita lihat pada diagram di atas, kegiatan produksi membutuhkan input, yaitu:

Input Produksi

Barang mentah

Barang mentah adalah barang yang sama sekali belum melalui proses pengolahan.

Beberapa contoh yang termasuk ke dalam bahan mentah yaitu hasil pertambangan (minyak bumi, emas, alumunium, dan sebagainya), pertanian (jagung, padi, kacang), perkebunan (teh, kopi, tembakau), hasil hutan (kayu, karet, rotan).

Barang setengah jadi

Barang setengah jadi adalah barang yang telah mengalami beberapa proses pengolahan tapi belum bisa dijadikan sebagai produk akhir untuk konsumen.

Oleh sebab itu, barang setengah jadi termasuk dalam pengolahan produksi sehingga dapat menghasilkan barang jadi untuk konsumen.

Contoh barang setengah jadi adalah benang yang dapat diolah menjadi kain, lalu kain diolah menjadi pakaian yang dapat digunakan oleh konsumen.

Output Produksi

Barang setengah jadi

Sebagaimana pengertian barang setengah jadi dalam input produksi, dalam ouput produksi barang setengah jadi dihasilkan untuk selanjutnya diproses pihak produsen lain. Sehingga, barang jadi yang kemudian dihasilkan dapat dimanfaatkan oleh konsumen

Barang jadi

Pada umumnya output produksi termasuk dalam barang jadi yang langsung digunakan oleh konsumen. Contoh barang jadi diantaranya adalah kipas, TV, kasur, karpet, dan lain sebagainya

Faktor Produksi

Sumber daya fisik

Faktor sumber daya fisik meliputi semua kekayaan yang terdapat di alam meliputi barang mentah yang digunakan dalam proses produksi. Didalamnya termasuk tanah, air, dan bahan mentah.

Tenaga kerja

Kegiatan produksi sangat dipengaruhi oleh faktor tenaga kerja secara langsung maupun tidak langsung. Dalam faktor tenaga kerja terdapat unsur fisik, pikiran, serta kemampuan yang dimiliki untuk menopang proses produksi.
Modal

Faktor modal merupakan salah satu faktor penting dalam kegiatan produksi. Modal diartikan sebagai barang atau peralatan yang digunakan dalam proses produksi.
Kewirausahaan

Faktor kewirausahaan merupakan keahlian yang digunakan seseorang dalam mengatur faktor-faktor dari produksi.
Sumber daya informasi

Faktor ini sangat penting demi berjalannya sebuah kegiatan produksi. Sumber daya informasi membutuhkan data kebutuhan pasar, kondisi pasar, dan data ekonomi lainnya.


Bidang Usaha Produksi

kegiatan ekonomi

Ekstraktif

Merupakan bidang usaha produksi yang bergerak di bidang pengambilan dan/atau pemanfaatan langsung sumber daya alam tanpa melalui proses pengolahan lanjut. Contoh dari usaha bidang ekstraktif adalah penangkapan ikan dan hasil laut.
Agraris

Seperti namanya, bidang usaha agraris memanfaatkan hasil dari pengolahan lahan seperti perkebunan maupun pertanian. Contoh dari produksi agraris adalah jagung, padi, gandum, buah-buahan, sayuran.
Industri

Bidang produksi dalam sektor industri mencakup kegiatan pegolahan barang atau jasa. Contoh hasil dari bidang industri diantaranya adalah sabun, shampo, pasta gigi, tepung, motor, mobil.
Perdagangan

Pada sektor perdagangan mencakup kegiatan menambah nilai guna barang atau jasa. Hal ini dilakukan dengan menjadi perantara antara produsen dan konsumen.

Contoh dari bidang usaha indutri adalah industri retail seperti swalayan, supermarket, toko, dan lain sebagainya.
2. Kegiatan Distribusi

4 tips to helps you choose your distribution channels in industry
Distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang dari pihak produsen kepada konsumen. Tujuan dari kegiatan distribusi adalah supaya barang atau jasa yang disalurkan dapat tersebar luas ke konsumen yang membutuhkan. Pelaku dalam kegiatan distribusi disebut sebagai distributor.

Dalam kegiatan ekonomi, peran distribusi sangat penting sehingga tercapai kesesuaian ketersediaan barang dengan kebutuhan konsumen. Pelaku distribusi menyalurkan barang

produksi dari tempat jauh ke berbagai agen atau pengecer di pasar maupun toko-toko. Dengan demikian, barang produksi dapat secara luas tersebar di seluruh wilayah.

Kegiatan distribusi mencakup pengangkutan barang, pengemasan barang, penjualan ke pedagang pasar dalam bentuk grosir, pembelian dari produsen, penyimpanan di gudang, standarisasi mutu barang, dan lain sebagainya.

Dalam menjalankan tugasnya, pelaku distribusi melibatkan banyak rantai penghubung. Oleh karena itu, barang yang dibutuhkan dapat tiba di tempat sehingga dapat dimanfaatkan oleh konsumen.

3. Kegiatan Konsumsi

Konsumsi adalah kegiatan menghabiskan atau mengurangi nilai guna barang untuk memenuhi kebutuhan. Tujuan dari kegiatan konsumsi adalah memenuhi kebutuhan umat manusia. Pelaku dari kegiatan konsumsi adalah konsumen.

Contoh dari kegiatan konsumsi adalah makanan sehari-hari, pakaian, tempat tinggal, dan lain sebagainya..
Pelaku Konsumsi

Rumah tangga

Rumah tangga atau keluarga adalah suatu unit kecil yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak dengan berbagai kebutuhan.

Pola konsumsi tiap anggota keluarga berbeda-beda. Ayah biasa suka baca koran, ibu suka memasak di dapur, dan anak-anak suka bermacam mainan.

Dalam rangka pemenuhan kebutuhan, pola konsumsi keluarga disesuaikan dengan berbagai pertimbangan berikut:

1. Pemenuhan kebutuhan pokok sebelum pemenuhan kebutuhan lainnya
2. Penyesuaian konsumsi dengan jumlah pendapatan yang diperoleh
3. Menghindari kegiatan konsumtif yang tidak perlu

Pemerintah

Dalam kegiatan ekonomi, pemerintah bertindak sebagai pelaku konsumsi dalam memenuhi kebutuhan rakyatnya.

Contoh dari kegiatan konsumsi pemerintah adalah belanja negara di berbagai sektor, pengadaan ekspor dan impor, pengadaan perumahan rumah, pengadaan pegawai sipil, dan masih banyak lagi.

Perusahaan

Pihak perusahaan atau industri harus memenuhi kebutuhan perusahan dalam kegiatan konsumsinya.

Kebutuhan akan bahan pasokan, karyawan, lokasi pabrik, mesin, gudang, serta perawatan dan berbagai keperluan industri perkantoran lainnya.

Ayo Kerjakan

Jawablah pertanyaan berikut:

1. Apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi? Jelaskan!

2. Sebutkan tahapan-tahapan pada kegiatan ekonomi!

3. Bagaimana pengaruh alat transportasi modern terhadap penyebaran barang-barang hasil produksi pertanian perikanan dan industri? Berikan beberapa contohnya!

4. Apa yang akan terjadi pada kehidupan masyarakat jika tidak terdapat beragam alat transportasi modern, seperti pesawat terbang, kapal laut, kereta api, dan truk kargo?

Tuliskan hasil jawabanmu pada diagram berikut!


Amati kehidupan ekonomi dan jenis kegiatan ekonomi di lingkungan sekitarmu.

Buatlah cerita proses perjalanan satu benda yang dijual di lingkungan sekitar rumahmu yaitu dari benda tersebut dihasilkan disebarkan hingga sampai pada dirimu.

ceritamu dapat dalam bentuk tulisan atau gambar titik buatlah dengan jelas rapi dan menarik.

kamu dapat memajang hasil karyamu di kelas sebagai bahan belajar teman yang lain.

Ayo mengamati

amati rangkaian seri dan rangkaian paralel yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya!

Diskusikan bersama teman untuk menemukan persamaan dan perbedaannya!

Tuliskan dalam diagram venn berikut!


Soal Evaluasi Formulir menyusul

Selamat mengerjakan



Minggu, 27 September 2020

PEMBELAJARAN TEMA 3 SUBTEMA 2 PB 6

 Assalamualaikum wr, wb.

Selamat pagi semuanya. Salam sejahtera bagi kita semua. Dan senantiasa kita dalam lindungan Allah SWT Aamiin

Untuk meningkatkan konsentrasi saat belajar, kita harus memelihara kesehatan jasmani. dengan konsentrasi yang baik Banyak hal yang akan kita peroleh. Bahkan mungkin suatu hari nanti kita menjadi ilmuwan yang mampu mengubah dunia.

baca informasi berikut untuk memperkaya pengetahuanmu tentang sejarah penemuan beberapa cabang olahraga.

Sejarah penemuan badminton

Nama badminton berasal dari sebuah rumah/istana di kawasan Gloucester-Shire, sekitar 200 kilometer sebelah barat London Inggris. Badminton house, demikian nama istana tersebut, menjadi saksi sejarah Bagaimana olahraga ini mulai dikembangkan menuju bentuknya sekarang. Di bangunan tersebut sang pemilik, Duke of Beaufort dan keluarganya pada abad ke-17 menjadi aktivis olahraga ini.

Akan tetapi, Duke of Beaufort bukanlah penemu permainan itu titik badminton hanya menjadi nama karena dari situlah permainan ini mulai dikenal di kalangan atas dan kemudian menyebar titik badminton menjadi satu-satunya cabang olahraga yang namanya berasal dari nama tempat.

Ayo membaca

Usai membaca teks tersebut kita akan kembali belajar. pensil adalah benda yang selalu membantu kita saat belajar titik amatilah pensil tersebut. Tahukah kamu asal usul pensil tersebut? Apa manfaat pensil?

Baca teks eksplanasi ilmiah berikut dengan teliti!

Pensil, si kecil hitam runcing yang amat penting

pernahkah terbayang oleh mu gimana sih manusia bikin tanda dan tulisan sebelum ditemukannya pensil? Bagaimana proses penemuan pensil hingga menjadi bentuk pensil seperti sekarang dengan proses pembuatan yang lebih moderen?

Jaman dulu, manusia menggambar dan menulis dengan menggoreskan ujung pisau ke batang pohon. Lalu pada masa Romawi kuno logam tipis dipake untuk membuat goresan pada batu dan lembar daun papirus. Perkembangan pensil dimulai sejak ditemukannya grafit pada tahun 1564 di borrowdale, Inggris. grafit ditemukan sebagai material yang dapat meninggalkan tanda hitam yang cukup pekat, namun terbukti lunak dan gampang patah. Untuk itu, grafit membutuhkan tangkai pemegang titik pada mulanya, grafit hanya dibungkus oleh tali yang terbuat dari kulit domba. Terus, ditemukan cara untuk memasukkan grafit di antara dua bilah kayu yang dilubangi. ketika itulah mulai dikenal alat tulis yang kiri dinamakan pensil.

Pensil mulai dibikin secara massal pada tahun 1662 di nuremberg, Jerman. Selanjutnya, mulai abad 19 faber-castell, lyra, staedler, dan perusahaan-perusahaan lain ngembangkan pensil buat alat tulis secara pesat. Pada jaman modern pensil dibuat dengan hancurkan grafit murni sama tanah liat hingga berbentuk bubuk. Kemudian campuran ini dicetak menjadi bentuk tipis panjang dan dilapisi dengan kayu. Jadilah pensil dengan bentuk yang kita kenal saat ini.

Pensil menjadi benda yang penting banget hingga saat ini. Kalo gak ada pensil, kita bakal kesulitan waktu lagi belajar. Kita juga gak bisa bikin karya tulis, seperti cerita pendek, puisi, dan tulisan lainnya.

Temukan informasi penting pada teks eksplanasi ilmiah tentang penemuan pensil tersebut.

Tuliskan jawabanmu pada diagram berikut sesuai dengan urutan paragrafnya:

Cermati kembali teks tersebut! Temukan kata-kata bercetak miring di dalamnya!

Tuliskan semua kata bercetak miring tersebut, apakah penulisannya sudah benar dan menggunakan kata baku. Jika belum menggunakan kata baku carilah kata bakunya. Dan tulislah ke dalam kolom berikut ini!

Sebagai pelajar tentunya kita perlu memiliki sikap disiplin dan bertanggung jawab terhadap tugas-tugas kita titik Bagaimana akibatnya jika kita tidak memiliki sikap tersebut?

Ayo mengamati

Tahukah kamu apa saja tugasmu sebagai seorang pelajar? sebagai seorang pelajar harus memiliki sikap disiplin dan tanggung jawab terhadap tugas-tugas kita titik Bagaimana jika kita tidak melaksanakannya? Apakah akibatnya ke mari kita pelajari!

Setiap orang bertanggung jawab terhadap kewajiban yang diembannya titik tanggung jawab merupakan sikap terpuji titik Orang yang bertanggung jawab akan menunjukkan sikap keseriusannya dalam melaksanakan kewajiban. Dia tidak akan mengeluh dalam melaksanakan kewajibannya.

1. pelaksanaan kewajiban yang bertanggung jawab

kewajiban adalah sesuatu yang harus dilaksanakan titik seseorang yang melaksanakan kewajiban harus didasari sikap tanggung jawab.

sebagai contoh adalah petugas piket di sekolah titik siswa yang mendapat giliran piket harus datang lebih awal untuk melaksanakan tugasnya sebagai petugas piket.

selaku petugas piket yang harus dikerjakan adalah membersihkan kelas sebelum digunakan untuk belajar titik petugas piket memastikan bahwa sebelum melaksanakan pembelajaran, ruang kelas harus sudah bersih dan rapi titik siswa yang lain pun memiliki kewajiban ikut menjaga kebersihan kelas.

2. akibat melaksanakan kewajiban secara bertanggung jawab dan tidak bertanggung jawab

Perhatikan dua contoh wacana berikut!

Menjaga adik di rumah

paqih mendapat tugas menjaga adik. Ayah dan Ibu paqih sedang menghadiri pesta pernikahan. Faqih mengajak adiknya bermain di taman. faqih membawa bekal makanan untuk adik. Pakai mengambil makanan dan menyuapi adik dengan penuh kasih sayang. Adik ku merasa nyaman bermain bersama faqih.

Mengikuti upacara bendera

Ningrum mengikuti upacara bendera hari Senin. Sebenarnya Ningrum merasa kesal karena harus mengikuti upacara ia tidak tahan berdiri lama dan kepanasan. namun, teman-temannya mengikuti upacara secara khidmat. Akhirnya, Ningrum tetap mengikuti upacara di barisan belakang. Dia tidak mengikuti upacara dengan khidmat.

Jawablah pertanyaan berikut!

1. manakah diantara kedua wacana tersebut yang telah melaksanakan kewajiban dengan penuh tanggung jawab? berilah alasanmu!

2. apakah manfaat melaksanakan kewajiban secara bertanggung jawab bagi kehidupanmu?

3. apakah akibat dari tindakan melaksanakan kewajiban yang tidak dilandasi rasa tanggung jawab?


Ingatkah kamu tentang kisah anikoma hak dan tanggung jawabnya?

Ayo, kita cermati kembali cerita tersebut.

Kewajiban dan tanggung jawab

Ani adalah putri dari Bapak dan Ibu Yakob. Pak Yakob mendaftarkan Ani di sebuah sekolah yang cukup ternama di desanya. Pak Yakob memenuhi semua kebutuhan sekolah Ani, seperti buku-buku, seragam sekolah, serta peralatan lainnya. Bu Yakob juga selalu membekali makanan sehat untuk Ani di sekolah. Ani sangat bersyukur dengan perhatian ayah dan ibunya. Ia selalu mematuhi nasehat ayah dan ibu. Ani juga rajin sekolah, rajin belajar, dan mengerjakan tugas sekolah tanpa perlu diingatkan. Ani kemudian selalu naik kelas dengan nilai yang memuaskan. Bapak dan ibu Yakob sangat bangga dengan Ani.

Tuliskan jawabanmu pada diagram berikut!

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan cerita tersebut!

1. Sebutkan kewajiban Ani dalam cerita tersebut!

2. Apakah Ani telah menjalankan kewajibannya? Jelaskan dan berikan contohnya!

3. Apa manfaat kewajiban tersebut bagi masa depan Ani?

4. apakah Ani telah bertanggung jawab terhadap kewajiban yang telah ia dapatkan? Jelaskan dan berikan contohnya!

5. Apa yang akan terjadi jika Ani tidak bertanggung jawab terhadap kewajibannya? Jelaskan dan berikan contohnya!

Bagaimana dengan dirimu sendiri? apakah kamu telah bertanggung jawab terhadap kewajiban mu? Nah, sekarang saatnya untuk merenung dan memperbaiki diri!

tuliskan pengalaman dirimu dalam menjalankan kewajiban baik dirumah maupun disekolah titik tulislah dalam diagram berikut.

Ayo renungkan

Kita patut berterima kasih kepada para penemu titik mereka diberi akal dan potensi oleh Tuhan sehingga mereka dapat menemukan berbagai benda dan alat yang bermanfaat bagi umat manusia.

merupakan hal yang mulia jika kita dapat menemukan sesuatu yang memberi manfaat bagi banyak orang.

diskusikan tulisan hasil perenungan sikap dirimu tentang bertanggung jawab melaksanakan kewajiban di rumah!

Mintalah saran dari orang tua mengenai sikap dirimu selama ini!

diskusikan manfaatnya Jika kamu selalu bertanggung jawab terhadap kewajiban yang kamu miliki!

diskusikan akibatnya jika kamu tidak bertanggung jawab terhadap kewajiban yang kamu miliki!

SEJARAH PENSIL




Pensil adalah alat tulis dan lukis yang awalnya terbuat dari grafit murni. Penulisan dilakukan dengan menggoreskan grafit tersebut ke atas media. Namun grafit murni cenderung mudah patah, terlalu lembut, memberikan efek kotor saat media bergesekan dengan tangan, dan mengotori tangan saat dipegang. Karena itu kemudian diciptakan campuran grafit dengan tanah liat agar komposisinya lebih keras. Selanjutnya komposisi campuran ini dibalut dengan kertas atau kayu.
Sejarah.

Pensil berwarna

Penggunaan timbal dan grafit sudah dimulai sejak zaman Yunani. Keduanya memberikan efek goresan abu-abu, walaupun grafit sedikit lebih hitam. Grafit sangat jarang dipakai hingga kemudian pada tahun 1564 ditemukan kandungan grafit murni dalam jumlah besar di Borrowdale, sebuah lembah di Lake District, Inggris bagian utara. Meskipun kelihatan seperti batu bara, mineral tersebut tidak dapat terbakar, dan meninggalkan bekas berwarna hitam mengilap, serta mudah dihapus di atas permukaan yang bisa ditulisi. Pada masa ini istilah grafit masih disalahartikan dengan timah, timah hitam, dan plumbago, artinya "seperti timah" mengingat sifatnya yang hampir sama. Karena itu istilah lead pencil (pensil timah) masih digunakan sampai sekarang. Karena teksturnya berminyak, bongkahan dibungkus dengan kulit domba atau potongan kecil timah berbentuktongkat dibebat dengan tali. Tidak seorang pun tahu siapa yang mula-mula mempunyai ide untuk memasukkan timah hitam ke dalam wadah kayu, tetapi pada tahun 1560-an, pensil yang primitif sudah sampai di benua Eropa.

pensil primitif dibuat dari bahan grafit murni. Dengan bahan utama tersebut, pensil akan meninggalkan bekas pada tangan dan membuat media tulis menjadi kotor. Selain itu, ilmuwan pensil ini mudah patah ketika digunakan.

Seorang ilmuwan Nicholas Jacques Conte membuat sebuah penemuan baru. Ia mencampurkan bubuk grafit dengan tanah liat sehingga tidak mudah patah dan juga awet. contoh membentuk campuran tersebut menjadi batangan berdiameter tipis dan memanggangnya di atas tungku perapian.

pencampuran antara bubuk grafit dengan tanah liat menciptakan pensil dengan berbagai gradasi warna seperti abu-abu dan hitam pekat titik pensil dengan warna abu-abu memiliki tingkat kekerasan yang lebih tinggi dikarenakan kandungan tanahnya lebih banyak. Sedangkan, pensil dengan warna hitam pekat memiliki tingkat kekerasan lebih rendah karena kandungan grafiknya lebih banyak.

Tak lama kemudian, timah hitam ditambang dan diekspor untuk memenuhi permintaan para seniman; dan pada abad ke-17, bisa dikatakan timah hitam telah digunakan di mana-mana. Pada waktu yang sama, para pembuat pensil bereksperimen dengan timah hitam untuk menghasilkan alat tulis yang lebih baik. Karena murni serta mudah diekstrak, timah hitam dari Borrowdale menjadi incaran pencuri dan pedagang gelap. Untuk mengatasinya, Parlemen Inggris mengeluarkan undang-undang pada tahun 1752 yang menetapkan bahwa pencuri timah hitam bisa dipenjarakan atau dibuang ke suatu koloni narapidana.


Namun pada tahun 1779, seorang ahli kimia Carl W. Scheele meneliti dan menyimpulkan bahwa grafit memiliki sifat kimiawi yang jauh berbeda dengan timbal. Grafit adalah komposisi molekul karbon murni yang lunak. Akhirnya pada tahun 1789, ahli Geologi Jerman, Abraham G. Werner memberikan nama grafit, yang berasal dari perkataan Yunani graphein, yang berarti menulis. Jadi, isi pensil bukan timah.

Perkembangan Pensil
 

Selama bertahun-tahun, grafit Inggris memonopoli industri pembuatan pensil karena cukup murni untuk digunakan tanpa perlu diproses lagi. Karena grafit Eropa kurang bermutu, pabrik-pabrik pensil di sana bereksperimen dengan berbagai cara untuk memperbaiki isi pensil. Insinyur Prancis Nicolas-Jacques Conté mencampur bubuk grafit dengan tanah liat, membentuk campuran itu menjadi batang-batang, dan membakarnya dalam perapian. Dengan mengubah-ubah perbandingan grafit terhadap tanah liat, ia bisa membuat isi pensil yang menghasilkan berbagai gradasi warna hitam—proses yang digunakan sampai sekarang. sejak saat itu, Nicolas Jacques Conte dianggap sebagai penemu pensil. Dengan penemuan yang ia lakukan, kita dapat menggunakan pensil dengan berbagai tingkat kekerasan.

Pada abad ke-19, pembuatan pensil menjadi bisnis besar. Grafit ditemukan di beberapa tempat, termasuk Siberia, Jerman, dan yang sekarang disebut Republik Ceko. Di Jerman dan kemudian di Amerika Serikat, sejumlah pabrik dibuka. Mekanisasi dan produksi massal menekan harga, dan pada awal abad ke-20, bahkan anak-anak sekolah menggunakan pensil.

Awalnya pensil grafit diberi balutan kertas yang dirobek sesuai keinginan pemakainya. Namun kemudian ditemukan cara lebih praktis dan efisien dengan menyelimuti seluruh batang grafit dengan dua bilah kayu yang ditoreh untuk menyediakan tempat bagi batang grafit dan kemudian disatukan.

Grafit murni mungkin lebih disukai seniman karena karakteristiknya yang lebih lugas. Namun untuk penggunaan sehari-hari, diperlukan grafit yang berkualitas lebih rendah agar lebih fleksibel. Pada tahun 1795, ahli kimia Prancis, Nicolas Jacques Conté, menemukan cara mencampur grafit dengan tanah liat agar dihasilkan pensil yang lebih baik dan praktis. Salah satu produk turunannya adalah pensil Konte.

Pada 30 Maret 1858 Hymen Lipman dari Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat mematenkan pensil dengan ujung penghapus. Namun kemudian paten ini dibatalkan dengan alasan sebanenarnya tidak ada penemuan hal baru dari pensil tersebut. Peraut mekanik ditemukan pada tahun 1880 dan dengan cepat menjadi sangat populer.

Pensil di era modern dibuat dengan menghancurkan grafit murni dan tanah liat menjadi bentuk bubuk. Campuran ini kemudian diberi air, dianginkan, dan kemudian dibakar selama tiga hari. Kemudian isi pensil yang telah dicetak menjadi bentuk yang panjang dan tipis dilapisi dengan kayu halus.

Awalnya pensil lebih banyak dibuat dalam bentuk persegi karena keterbatasan mesin produksi. Namun di era modern, lebih banyak ditemui bentuk bulat yang lebih nyaman digenggam. Meskipun demikian, tetap banyak yang menggemari bentuk pensil bersudut karena memberi pegangan yang lebih kuat dan mudah dikontrol saat menulis.

Berbeda dengan pena, pensil cenderung memberikan kesan abu-abu dan warna yang lemah dan pecah dibandingan dengan pena yang memberikan warna yang padat dan tajam. Pensil juga lebih mudah dihapus dibandingkan pena.

Beberapa pensil disertai dengan penghapus untuk alasan kepraktisan. Pensil seperti ini sangat disukai pelajar. Namun kebanyakan seniman profesional yang mengutamakan mutu akan lebih menyukai pensil tanpa penghapus, mengingat penghapus ini diragukan mutunya dan frekuensi menghapus yang lebih besar akan membuat penghapus yang terlalu kecil akan cepat terbuang sia-sia

Pensil dibedakan menurut komposisi . Huruf B menginformasikan ketebalan (boldness), yang berarti kandungan grafitnya lebih banyak. Sementara huruf H menginformasikan kekerasan komposisi leadnya, yang berarti kandungan tanah liatnya lebih banyak. Pensil dengan tanda F berarti komposisinya sangat tepat untuk diraut hingga keruncingan maksimal. Sementara angka di depan huruf memperlihatkan tingkat ketebalan atau kekerasan komposisi suatu pensil. Misalnya 2H akan lebih keras daripada H, atau 2B akan lebih lembut dan tebal dibandingkan B. HB berarti pensil memiliki kedua sifat keras dan tebal.

Warna pensil memperlihatkan area produksinya. Pabrik-pabrik di Amerika Utara memberi warna kuning, Jerman dan Brasil memberi warna hijau. India dan beberapa wilayah Asia memberi warna hitam dan merah. Swiss memberi warna merah. Sedangkan Inggris memberi warna kuning dan hitam. Kebanyakan standardisasi warna ini diciptakan produsen Faber-Castell[butuh rujukan]. Namun banyak pula produsen yang tidak mengikuti standar ini.

Dikutif dari sumber : Wikipedia.com

PEMBELAJARAN TEMA 3 SUBTEMA 2 PB 5

 Assalamualaikum wr wb.

Selamat pagi semuanya. Bagaimana kabar kalian hari ini? 

Semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah SWT Aamiin.

Pada pertemuan kali ini tentang Penemuan komputer.

Tahukah kamu penemu komputer? Apa manfaat komputer bagi kehidupan masyarakat?

Ayo membaca

Bacalah teks berikut!

Charles babbage, mengubah dunia dengan komputernya.

Charles babbage adalah seorang ahli matematika. Beliaulah penggagas utama dalam penemuan komputer titik mesin penghitung yang ia temukan (1791-1871) adalah kalkulator otomatis pertama. babbage terkenal dengan julukan bapak komputer titik babbage yang lahir pada 26 Desember 1792 mengeluhkan sistem perhitungan yang mengandalkan tabel matematika sehingga kerap terjadi kesalahan titik babbage ingin mengubah sistem perhitungan tersebut melalui sistem mekanik untuk menekan kemungkinan terjadinya kesalahan hitung.

gagasan tersebut dituangkan dalam sebuah catatan yang diberi nama "note on the application of machinery to the computation of astronomical and mathematical tables". catatan yang dibuat pada tanggal 14 Juni 1822 ini berisi tentang semua konsep komputasi yang ada dalam benaknya.

Berdasarkan teks bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut!

1. Apa yang dilakukan Charles Babbage?

2.. Apa dampak perkembangan komputer bagi manusia?

3. Apakah kamu merasakan manfaat komputer saat ini? Manfaat apa yang kamu rasakan?

4. Apakah yang akan terjadi jika komputer tidak ditemukan?

5. Adakah dampak ditemukannya komputer dalam bidang pendidikan? Sebutkan!

6. Bagaimana perkembangan komputer? jelaskan jawabanmu!

7. Mengapa komputer terus berkembang?

8. Apa dampak ditemukannya komputer dalam bidang IPTEK?

Charle Babbage mengubah dunia dengan komputer. Mesin hitung ini bermanfaat untuk mengurangi kesalahan menghitung. Komputer yang ia temukan semakin berkembang dari waktu ke waktu. Tahukah kamu bagaimana perkembangan komputer saat ini?

Charles Babbage melakukan penelitian untuk menemukan komputer. Ia melakukan percobaan terus-menerus. 

Ayo Membaca

Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Pengertian Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah diprogram. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.[1][2]

Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer meliputi: Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).

Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi."

Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Terdapat 5 generasi dalam sejarah komputer.

Generasi Pertama (1940-1956)

Selama periode ini, generasi pertama dari komputer mulai dikembangkan. Komputer generasi pertama menggunakan tabung vakum untuk sirkuit dan drum magnetik untuk penyimpanan memori. Tabung vakum digunakan untuk memeperkuat sinyal dengan mengendalikan gerakan elektron di ruang evakuasi. Komputer generasi pertama sangatlah sulit untuk dioperasikan dan berbiaya sangat mahal.

UNIVAC dan ENIAC adalah contoh komputer generasi pertama yang digunakan badan sensus Amerika Serikat.

Generasi Kedua (1964-1971)



Teknologi tabung vakum mulai tergantikan dengan transistor. Penggunaan transistor pada komputer mulai digunakan di akhir 1950-an. Keunggulan transistor adalah bentuknya yang lebih kecil. Dengan bentuk minimalis dari transistor, komputer menjadi lebih kecil dan hemat energi. Di generasi kedua ini, bahasa pemograman mulai diperkenalkan, seperti contohnya COBOL dan Fortran. Teknologi penyimpanan memori juga berubah dari drum magnetik menjadi teknologi magnetik.

IBM 7000, NCR 304, IBM 650, IBM 1401, ATLAS and Mark III adalah contoh dari generasi kedua komputer.

Generasi Ketiga (1964-1971)

Pengembangan sirkuit terpadu adalah ciri khas dari generasi ketiga komputer. Bentuk transistor semakin diperkecil dan ditempatkan di chip silikon, yang dinamakan semikonduktor. Teknologi ini semakin mempercepat kinerja komputer. Selama periode ini, mouse dan keyboard mulai diperkenalkan, generasi ketiga juga sudah dilengkapi dengan sistem operasi


PDP-8, PDP-11, ICL 2900, IBM 360 and IBM 370 adalah contoh dari komputer generasi ketiga

Generasi Keempat (1971-sekarang)

Di periode ini prosesor mikro mulai diperkenalkan, saat ribuan sirkuit terpadu dimasukan ke dalam sebuah silikon chip yang kecil. Prosesor pertama Intel, 404 chip mulai menjadi otak utama di sebuah komputer. saat periode inilah istilah Personal Computer (pc) mulai digunakan. Dengan teknologi yang lebih maju, generasi keempat menjadi tonggak awal pembangunan internet.

IBM 4341, DEC 10, STAR 1000, PUP 11 and APPLE II adalah contoh komputer generasi keempat.

Generasi kelima (sekarang-masa depan)

Komputer generasi kelima dibangun berdasarkan teknologi kecerdasan buatan, dan masih dalam tahap pengembangan. Contoh teknologi yang sudah sering digunakan adalah teknologi pengenal suara. Penggunaan pemrosesan paralel dan superkonduktor menjadi dasar dari kecerdasan buatan. Tujuan dari komputasi generasi terbaru adalah untuk mengembangkan perangkat yang merespon bahasa manusia.

Ayo Lakukan

Lakukan kegiatan berikut!

Carilah informasi penting mengenai perkembangan komputer. Tulislah dalam tabel berikut!


Ayo Berkreasi

Kamu sudah menyanyikan lagu "Mariam Tomong". Sekarang kalian akan memainkan lagu tersebut dengan menggunakan alat musik.

Kamu dapat menggunakan alat musik bernada do re mi fa sol la si do.

Alat musik yang dapat digunakan adalah pianika, angklung, kolintang atau alat musik lainnya.

Kita akan berlatih memainkan alat musik sesuai dengan interval nada.

Awalnya kita akan berlatih memainkan solmisasi tangga nada berikut.


Nada-nada berikut berjarak 1 nada. Coba berlatihlah membunyikan nada-nada berikut!


Nada-nada berikut berjarak 1/2 nada. Coba berlatihlah membunyikan nada-nada berikut.


Nada-nada berikut berjarak 2 nada. Coba berlatihlah membunyikan nada-nada berikut!


Nada-nada berikut berjarak 1 1/2 nada. Coba berlatihlah membunyikan nada-nada berikut.

Berlatih membunyikan nada-nada berikut.

Berlatihlah berkali-kali ya, supaya nada kamu tepat.
Nah anak-anak untuk melatih solmisasi kalian, Sekarang kalian praktekan memainkan lagu "Mariam Tomong", "Apuse" atau Ampar-ampar pisang. Pilih salah satu lagu berikut dengan menggunakan alat musik pianika. Kemudian rekamlah dalam bentuk video

berikut lagunya

 

Kerjakan Soal Evaluasi berikut!

Selamat mencoba!

Demikian uraian materi pertemuan hari ini. Waassalamu'alaikum Wr,Wb.