Jumat, 30 Juli 2021

PEMBELAJARAN TEMA 1 SUBTEMA 3 PB 1 DAN 2

 PEMBELAJARAN TEMA 1 SUBTEMA 3 PB 1 DAN 2

Ayo selamatkan hewan dan tumbuhan

Tahukah kamu beberapa jenis tumbuhan dan hewan di Indonesia seperti harimau sumatera badak bercula satu, pohon damar anggrek dan kantong Semar telah mengalami kelangkaan bahkan hampir punah?

Hal ini terjadi karena habitat tumbuhan dan hewan tersebut telah berkurang, rusak, bahkan hilang. Sebagian besar tumbuhan dan hewan hidup di hutan. hutan merupakan habitat asli mereka. mengapa habitat hewan dan tumbuhan menjadi berkurang? Apa penyebabnya? Mari kita pelajari bersama!

Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 1

Materi pembelajaran IPA KD 3.1 dan 41

Ayo Berlatih 1

Amatilah kedua gambar di bawah. Kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan terkait dengan gambar. tersebut.

  1. Apa yang terjadi apabila kawasan hutan dijadikan perkotaan?
  2. Bagaimanakah nasib hewan-hewan yang hidup di hutan tersebut?
  3. Dimanakah hewan-hewan tersebut akan tinggal bila pepohonan hutan ditebang?
  4. Adakah pengaruhnya bagi manusia saat hewan dan hutan dimusnahkan?
  5. Apakah yang akan terjadi jika hutan dan pepohonan ditebang?

Bertambahnya penduduk di dunia memunculkan permasalahan baru sering bertambah pula kebutuhan manusia. Hal ini mengancam kelestarian hutan di dunia yang semakin berkurang. Apa saja yang bisa kita lakukan dalam upaya pelestarian hutan dan hewan yang hidup di dalamnya?

Materi pembelajaran bahasa Indonesia KD 3.1 dan 4.1

Bacalah teks berikut!

Cara melestarikan hewan dan tumbuhan langka

Pelestarian insitu adalah pelestarian yang dilakukan pada tempat asli hewan atau tumbuhan tersebut berada. Contoh pelestarian in situ adalah suaka margasatwa hutan lindung, dan taman nasional. Suaka margasatwa merupakan kawasan yang melindungi hewan. Hutan lindung merupakan kawasan yang melindungi tumbuhan. Adapun taman nasional merupakan kawasan yang melindungi hewan dan tumbuhan.

Pelestarian ex situ adalah pelestarian yang dilakukan diluar tempat tinggal aslinya. Hal itu dilakukan karena hewan dan tumbuhan kehilangan tempat tinggal aslinya. Selain itu, pelestarian ex situ dilakukan sebagai upaya rehabilitasi, penangkaran, dan pembiakan hewan maupun tumbuhan langka. Contoh pelestarian ex situ antara lain kebun botani. seperti taman safari, kebun binatang, dan penangkaran.

Selain pelestarian in situ dan ex situ kita pun dapat menjaga kelestarian dengan usaha-usaha sebagai berikut.

  1. Tidak berburu hewan sembarangan
  2. Melindungi hewan-hewan langka
  3. Hewan langka dibudidayakan
  4. Mencari alternatif pemanfaatan hewan-hewan langka dengan menciptakan pengganti berbahan sintetis.

Sedangkan untuk melestarikan tumbuhan langka dengan cara antara lain:

  1. Tidak menebang pohon sembarangan
  2. Melakukan tebang pilih artinya menebang dengan memilih ukuran dan usia tumbuhan
  3. Penanaman kembali tanaman yang telah dimanfaatkan atau peremajaan tanaman
  4. Pemeliharaan tanaman dengan benar

Usaha yang dilakukan pemerintah untuk menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan langka di antaranya adalah:

  1. Suaka margasatwa yaitu tempat melindungi hewan tertentu terutama hewan langka. Antara lain: suaka margasatwa pulau rambut di teluk Jakarta (melindungi burung), suaka margasatwa Baluran Jawa timur, suaka margasatwa pulau komodo Nusa Tenggara timur, suaka margasatwa Kutai di Kalimantan timur.
  2. Cagar alam sebagai tempat perlindungan dan pelestarian hewan tumbuhan tanah dan air seperti cagar alam pulau dua di Jawa barat, cagar alam gunung gede di Bogor, cagar alam penunjang Pangandaran di Jawa barat, cagar alam Cibodas di Cianjur.
  3. Hutan lindung, sebagai tempat melindungi air b Sembiring daerah resapan air karena di hutan dengan tumbuhan yang menutupinya jika terjadi hujan maka air akan tertahan dan diserap tanah.
  4. Kebun binatang di bangun untuk memperkenalkan kepada masyarakat jenis-jenis hewan yang dilindungi karena keberadaannya sudah hampir punah titik dengan adanya kebun binatang kita dapat mempelajari berbagai jenis binatang yang terdapat di sana.
  5. Inseminasi buatan adalah perkembangbiakan pada hewan dengan menggunakan metode dan alat khusus sehingga memperbesar terjadinya fertilisasi (biasa dilakukan pada hewan mamalia).
  6. Kultur jaringan adalah perkembangbiakan tumbuhan dengan cara memperbanyak sel tumbuhan (jaringan) menjadi tumbuhan baru.

Keberadaan hewan dan tumbuhan sangat penting bagi manusia untuk :

  1. Sumber belajar guna menambah ilmu pengetahuan berharga tentang kehidupan
  2. Dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan yang berasal dari hewan dan tumbuhan
  3. Menjaga keseimbangan lingkungan dan alam sekitar
  4. Dijadikan bahan konsumsi bahan pangan bahkan sumber pendapatan.
  5. Memberikan rasa indah terhadap alam ini.

Ayo berlatih 2

Jawablah pertanyaan berikut!

  1. Mengapa kita perlu melestarikan hewan dan hutan?
  2. Apakah manfaat hewan dan hutan bagi kelangsungan hidup manusia?
  3. Apakah ide pokok dari setiap paragraf bacaan sebelumnya?
  4. Sebutkan 4 cara melestarikan tumbuhan langka!
  5. Bagaimana cara melestarikan hewan dan tumbuhan langka?

Ayo berlatih 3

Carilah informasi tentang satu jenis hewan atau tumbuhan yang menjadi ciri khas di wilayah tempat tinggalmu. Lakukan investigasi untuk mengumpulkan fakta-fakta tentang hewan atau tumbuhan tersebut dan tuliskan dalam bentuk laporan. Tulisanmu harus mencantumkan hal-hal berikut.

  1. Ciri-ciri khusus dan habitat asli
  2. Jumlah populasinya saat ini
  3. Penyebab kelangkaan
  4. Langkah-langkah yang dilakukan pemerintah daerah untuk melindungi kelestariannya
  5. Langkah-langkah yang dilakukan sebagai seorang pelajar untuk melindungi kelestariannya.

Materi pembelajaran IPS KD 3.1 dan 4.1

Berikut kondisi politik negara-negara ASEAN

Indonesia

  • Kepala negara :presiden kepala pemerintahan : presiden 
  • Bahasa nasional: Indonesia 
  • Mata uang : rupiah
  • Luas wilayah: 1.9 04.56 9 km²
  • Hari kemerdekaan: 17 Agustus 1945
  • Lagu kebangsaan: Indonesia Raya 

Indonesia menganut bentuk pemerintahan republik konstitusional merupakan bentuk pemerintahan yang dipimpin oleh seorang presiden. Kekuasaan presiden dibatasi oleh UUD atau konstitusi titik lambang negara Indonesia adalah burung garuda titik dasar negara adalah Pancasila dan setiap silanya mengandung nilai-nilai yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Semboyan negara adalah bhinneka tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu.

Malaysia

  • Kepala negara: sultan yang di-pertuan agung
  • Kepala pemerintahan: perdana menteri
  • Ibukota : Kuala lumpur
  • bahasa nasional : Melayu
  • mata uang: Ringgit
  • Luas wilayah. 23 29. 8 4 7 km²
  • Hari kemerdekaan: 31 Agustus 1957 (dari Inggris)
  • Lagu kebangsaan :negaraku 

Malaysia adalah sebuah federasi dari 13 negara bagian dan tiga wilayah federal. Federasi merupakan bagian dari bentuk-bentuk pemerintahan yang membagi negara-nya menjadi beberapa negara bagian yang saling bekerja sama dan membentuk negara kesatuan. Sistem pemerintahan yang dianut oleh Malaysia adalah sistem parlementer. Setiap negara bagian memiliki majelis dan pemerintah negara bagian dipimpin oleh kepala menteri (chief minister) di mana kepala menteri di tiap negara bagian diangkat oleh majelis negara bagian titik bentuk pemerintahan Malaysia adalah monarki konstitusional yaitu berupa negara kerajaan yang diatur oleh konstitusional. Dimana kepala negaranya merupakan seorang raja yang disebut dengan yang di-pertuan agung (raja Malaysia). Yang di-pertuan agung dipilih dari dan oleh 9 Sultan negara-negara Malaysia untuk menjabat selama 5 tahun secara bergiliran

Thailand 

  • Kepala negara: raja
  • Kepala pemerintahan : perdana menteri Ibukota : bangkok
  • Bahasa nasional : thai 
  • Mata uang: baht (THB)
  • Luas wilayah: 5 13.1 20 km²
  • Lagu kebangsaan: phleng chat thai

Politik Thailand saat ini dilakukan dalam kerangka monarki konstitusional. Anggota dewan perwakilan menjalani masa bakti selama 4 tahun sementara para senator menjalani masa bakti selama 6 tahun. Raja mempunyai sedikit kekuasaan langsung dibawa konstitusi namun merupakan perlindungan buddhisme kerajaan thai dan lambang jati diri dan persatuan bangsa. Raja yang memerintah saat ini dihormati dengan besar dan dianggap sebagai pemimpin dari segi moral suatu hal yang telah dimanfaatkan pada beberapa kesempatan untuk menyelesaikan krisis politik. Kepala pemerintahannya adalah perdana menteri yang dilantik sang raja dari anggota-anggota parlemen.

Filipina

  • Kepala negara : presiden 
  • Kepala pemerintahan: presiden
  • Ibukota : Manila 
  • Bahasa nasional : Tagalog dan Inggris 
  • Mata uang : peso Filipina
  • luas wilayah: 300. 000 km²
  • Hari kemerdekaan : 4 Juli 1946
  • Lagu kebangsaan : lupang hinirang 

Filipina merupakan negara yang menganut sistem pemerintahan republik presidensial yaitu sistem pemerintahan yang kepala negara dan kepala pemerintahannya adalah presiden dan wakil presiden yang dipilih oleh rakyat Filipina untuk masa jabatan 6 tahun. Presiden Filipina juga merupakan panglima tertinggi angkatan bersenjata.

Singapura

  • Kepala negara: presiden
  • Kepala pemerintahan : perdana menteri 
  • Ibu Kota : Singapura 
  • Bahasa nasional: Inggris, Melayu, Mandarin, tamil.
  • Mata uang: dolar Singapura 
  • Luas wilayah: 697 km².
  • Hari kemerdekaan: 9 Agustus 1965
  • Lagu kebangsaan : majulah Singapura 

Singapura memegang peranan penting dalam perdagangan dan keuangan internasional. Negara yang sebelumnya merupakan koloni Inggris ini pernah bergabung ke federasi Malaysia pada tahun 1963 setelah memperoleh kemerdekaan dari Inggris. Namun 2 tahun kemudian yaitu tahun 1965 Singapura berpisah dengan federasi Malaysia dan resmi menjadi negara yang berdaulat titik tanggal 9 Agustus 1965 yaitu tanggal berpisahnya Singapura dengan federasi Malaysia diperingati sebagai hari kemerdekaan Singapura. Sistem pemerintahan yang dianut oleh Singapura adalah sistem pemerintahan republik parlementer yang kepala negaranya adalah seorang presiden. Presiden Singapura dipilih langsung oleh rakyatnya setiap 6 tahun. Sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri yang dipilih oleh setiap lima tahun melalui pemilihan umum parlemen.

Brunei Darussalam

  • Kepala negara: Sultan
  • Kepala pemerintahan: Sultan
  • Ibu kota: bandar seri begawan 
  • Bahasa nasional : Melayu 
  • Mata uang: dolar Brunei 
  • Luas wilayah: 5.76 5 km²
  • Hari kemerdekaan: 1 Januari 1984
  • Lagu kebangsaan: Allah peliharakan Sultan

Brunei Darussalam yang terdiri dari dua wilayah terpisah ini dikelilingi oleh Serawak yang dimiliki oleh Malaysia. Hanya sebelah utara nya adalah laut Cina Selatan sedangkan di sebelah selatan barat dan timur berbatasan dengan Serawak Malaysia. Mayoritas penduduk Brunei Darussalam memeluk agama Islam yaitu sebanyak. bahasa Melayu adalah bahasa resmi negara yang kebanyakan etnis adalah etnis Melayu.

Vietnam

  • Kepala negara: presiden
  • Kepala pemerintahan : perdana menteri 
  • Ibukota : Hanoi 
  • Bahasa nasional : Vietnam 
  • Mata uang: dong
  • Luas wilayah: 233 1.2 10 km²
  • Hari kemerdekaan: 2 September 1945 dari Perancis
  • Lagu kebangsaan: Tien quan Cha (the song of The marching troops)

Vietnam yang berada di paling timur semenanjung indocina Asia Tenggara ini berbatasan dengan China (Tiongkok) di sebelah utaranya dan berbatasan dengan Laos di sebelah barat laut serta Kamboja di sebelah barat dayanya. Sedangkan di timur dan selatan Vietnam adalah laut Cina Selatan. Jumlah penduduk yang mencapai 96 juta jiwa ini menjadikan Vietnam sebagai salah satu negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia yaitu menduduki urutan ke-14 di dunia.

Laos

  • Kepala negara: presiden
  • Kepala pemerintahan: perdana menteri
  • Ibukota : vientiane
  • Bahasa nasional : Laos 
  • Mata uang : kip 
  • Luas wilayah: 236.800km²
  •  Hari kemerdekaan: 9 November 1953 dari Prancis
  • Lagu kebangsaan: pheng xat lao (hymn of the Lao people).

Laos adalah sebuah negara terkurung daratan yang terletak di semenanjung indocina Asia Tenggara titik negara yang bernama lengkap republik demokratik rakyat Laos ini berbatasan dengan Thailand dan Myanmar di sebelah barat sedangkan di sebelah timur Laos berbatasan dengan Vietnam titik di sebelah selatan nya laos berbatasan dengan Kamboja dan di sebelah utaranya berbatasan dengan republik rakyat Cina. Mayoritas penduduk Laos adalah beragama Buddha.

Myanmar (Burma)

  • Kepala negara: presiden
  • Kepala pemerintahan: presiden
  • Ibukota : naypyidaw 
  • Bahasa nasional : Myanmar 
  • Mata uang: kyat 
  • Luas wilayah: 67 6.57 8 km² 
  • Hari kemerdekaan : 4 Januari 1948 dari Inggris. 
  • Lagu kebangsaan: kaba ma kyei (till the end of the world Myanmar). 

Mayoritas penduduk Myanmar adalah etnis Burma atau ba'mar. Pemerintah Myanmar mengakui sebanyak 135 kelompok etnis asli di Myanmar. Kebanyakan penduduk Myanmar menganut agama Buddha.

Kamboja

  • Kepala negara: raja
  • Kepala pemerintahan : raja 
  • Ibukota : Phnom phen 
  • Bahasa nasional : Khmer 
  • Mata uang: Riel Kamboja
  • Luas wilayah: 181.0 35 km²
  • Hari kemerdekaan: 9 November 1953 dari Prancis
  • Lagu kebangsaan: nokoreach (royal kingdom).

Kamboja adalah sebuah negara kerajaan yang terletak di Asia Tenggara. Negara yang pernah dijajah oleh Perancis selama 90 tahun (18 63-1953) ini merdeka pada tanggal 9 November 1953. Mayoritas penduduk Kamboja adalah etnis Khmer yang beragama Budha.

Ayo Berlatih 4

Pada pembelajaran sebelumnya kamu sudah memilih dua negara ASEAN dan membandingkannya dalam hal kegiatan ekonomi. Setelah kamu membaca informasi di atas Hapalkan Negara-negara ASEAN  dari Kepala Negara hinga lagu kebangsaan dalam bentuk Video.

Pembelajaran 2

Materi pembelajaran PPKN KD 3.1 dan 41

Ayo Berlatih 5

Hubungan antara manusia dan lingkungan amatlah besar titik oleh karena itu sudah menjadi kewajiban manusia untuk senantiasa menjaga dan melestarikan alam ini. Hal ini sejalan dengan penerapan perilaku manusia dengan sila-sila dalam Pancasila. Diskusikan sikap-sikap berikut ini dengan cara menghubungkannya dengan anak panah.

Manakah diantara kelima sila tersebut yang sudah kamu terapkan? Sampaikan hasil tersebut kepada gurumu.

Bacalah teks berikut dengan seksama!

Kucing kesayangan

Meong.... Meong.... Sehari saja tanpa suara itu rasanya hidupku begitu sepi. Entah karena apa yang jelas aku sudah terbiasa berteman dengan Kitty. Kucing hitam manisku yang tumbuh besar bersama aku.

Mungkin karena sudah terbiasa jadi kami menjadi sangat dekat saat sakit misalnya aku atau dia bisa merasakan satu sama lain. Ketika ada masalah, Katy biasanya juga tidak tenang bahkan tidak mau makan titik begitupun dengan saat dia sakit, aku pasti selalu khawatir sama dia.

Jika sedang bersama Kitty aku sudah seperti orang gila, berbicara dengan hewan. Tapi aku seperti mengerti dari setiap yang ia ucapkan. Setiap suaranya itu mengandung arti yang berbeda-beda dan anehnya aku tahu apa maksudnya. Aku tahu saat dia lapar aku tahu saat dia ingin dimanja dan diperhatikan.

Waktu itu kondisi rumah belum begitu mendukung Oma Kitty pun belum memiliki rumah sendiri jadi sedikit jorok. Tapi sekarang sudah tidak, semua sudah disiapkan sesehat mungkin. Tapi kalau masalah kesehatan aku tidak khawatir, aku rajin memandikan Kitty. Membersihkan kandang nya setiap hari Minggu adalah kegiatanku titik bila kita sakit, Aku membawa ia ke dokter hewan. Kebetulan tanteku seorang dokter hewan, sehingga aku tidak khawatir lagi akan kesehatan Kitty. Aku sayang Kitty.

Materi pembelajaran SBDP KD 3.4 dan 4.4

Setelah kamu membuat patung dengan berbagai macam bahan yang digunakan akan lebih menarik lagi jika patung tersebut diberi warna. Warna yang akan digunakan juga dapat sesuai keinginan titik warna yang digunakan berasal dari cat seperti cat poster atau cat akrilik.

Cat poster adalah cat yang sifatnya menutupi secara merata titik tekstur warna yang dihasilkan cat poster agar mengkilap karena ada minyak sebagai bahan dasarnya. Biasanya cat poster memiliki warna dasar saja seperti merah biru dan kuning serta warna tambahan yaitu putih.

Cat akrilik adalah cat yang terbuat dari plastik dan akan mengeras saat kering. Karena sifatnya yang mudah kering. Mengaplikasikan cat ini harus cepat karena jika sudah kering cat akan sulit dihapus.

Teknik pewarnaan yang digunakan ada dua yakni teknik aquarel dan plakat. Teknik aquarel yakni teknik pewarnaan dengan sapuan warna yang tipis sehingga hasil pewarnaan hampir transparan titik warna yang tipis didapatkan dengan menambahkan lebih banyak air. Teknik plakat adalah teknik pewarnaan dengan sapuan yang tebal dan komposisi cat yang kental sehingga menghasilkan warna yang pekat. Cat yang digunakan dalam teknik plakat adalah cat poster atau cat akrilik.

SOAL EVALUASI

Silahkan kalian kerjakan soal Evaluasi dengan mengklik link berwarna biru. Klik Disini

Bisa juga kalian langsung mengerjakan di google formulir berikut!


Kamis, 29 Juli 2021

SOAL PENILAIAN HARIAN SUBTEMA 2 TEMA 1 KELAS 6

 SOAL ONLINE ULANGAN HARIAN SUBTEMA 2



Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat pagi semuanya bagaimana kabar kalian hari ini semoga sehat selalu yah.

Pertemuan hari ini kalian akan melaksanakan Penilaian Harian Subtema 2 Tema 1

Kerjakan Soal Online dengan konsentrasi dan cermat. 
Semoga hasilnya memuaskan yah.

Selamat mengerjakan!

Silahkan mengerjakan Ulangan Harian Online. Berikut adalah soal Ulangan Harian Subtema 2 untuk kelas VI.



Waktu Pengerjaan: 60:00 menit!

Rabu, 28 Juli 2021

PEMBELAJARAN TEMA 1 SUBTEMA 2 PB 5 DAN 6


PEMBELAJARAN 5  DAN 6 TEMA 1 SUBTEMA 2 HEWAN SAHABATKU KELAS VI SD

Rangkuman Tema 1 Kelas 6 tumbuhan sahabatku Pembelajaran 5

Pada pembelajaran 5 ini terdiri dari 2 subtema yaitu: IPS dan SBdP. Sedangkan tujuan pembelajaran pada pembelajaran 5 ini antara lain:
  1. Siswa mampu menyebutkan kehidupan sosial budaya dari 2 negara ASEAN terkait kondisi geografisnya.
  2. Siswa mampu menyebutkan persamaan dan perbedaan dari 2 negara ASEAN terkait kondisi sosial budayanya.
  3. Dan siswa mengetahui cara membuat patung yang tepat.

Dan untuk materi selengkapnya bisa dibaca di bawah ini.

Muatan IPS

Meski sama-sama berada di wilayah Asia Tenggara, setiap negara memiliki kekayaan alam yang berbeda-beda. Indonesia memiliki tanah yang sangat luas. Sementara Singapura dan Brunei Darussalam memiliki tanah yang sempit. Brunei Darussalam memiliki kekayaan minyak bumi yang besar tetapi Singapura tidak. Jadi, setiap negara harus bekerja sama dengan negara lain, karena setiap negara membutuhkan barang dari negara lain.

Persamaan dari negara Brunei Darussalam dan Laos.

Persamaan Brunei Darussalam dengan Laos
sama sama memiliki keberagaman agama yang dianut oleh penduduknya.
beriklim tropis.

Perbedaan Brunei Darussalam dengan Laos:

Brunei Darussalam

Kondisi geografisnya, meliputi :
  • letak astronomis Brunei yaitu 4° LU – 5° LU dan 114° BT – 115° BT.
  • Brunei Darussalam memiliki luas wilayah 5.765 km persegi.
Kehidupan sosial budaya, meliputi:
  • Sebagian besar penduduk Brunei Darussalam adalah orang Melayu.
  • Mayoritas agama di Brunei Darussalam adalah Islam.
  • Budaya Brunei Darussalam terpengaruh budaya Melayu, namun terlihat lebih konservatif dibandingkan Malaysia dan Indonesia.
Laos

Kondisi geografisnya, meliputi:
  1. Letak astronomisnya 14°LU – 22°LU dan antara 100°BT – 108°BT.
  2. Secara fisik Laos terkurung daratan dari negara negara di Asia Tenggara.
  3. Luas wilayah negara Laos sekitar 236.800 km persegi.
Kondisi sosial budaya, meliputi:
  1. Mayoritas menganut agama Budha Theravada.
  2. Memiliki kebudaya berupa mencuci patung budha saat perayaan tahun baru Laos.

Persamaan dan Perbedaan Indonesia dan Singapura

Persamaan Indonesia dengan Singapura antara lain:
Kedua negara sama sama beriklim tropis.
Sama sama pernah dijajah oleh negara Penjajah.
Memanfaatkan bunga anggrek sebagai bunga khas.

Perbedaan negara Indonesia dan Singapura

Indonesia
  • Pemanfaatan bunga anggrek sebagai bunga hias.
  • Luas wilayah Indonesia sekitar 1.905.000 km persegi.
  • Bahasa Indonesia menjadi Bahasa resminya.
  • Potensi wisata di Indonesia disebabkan potensi budaya dan alam yang indah.
Singapura
  • Pemanfaatan bunga anggrek sebagai aroma terapi.
  • Luas wilayah singapura sekitar 719,3 km persegi.
  • bahasa resmi Singapura adalah Bahasa Inggris.
  • Potensi wisata negara Singapura karena modernisasi negara tersebut.
  • Muatan SBdP
Negara Indonesia mempunyai sumber daya alam berupa kayu yang melimpah. Selain sebagai bahan baku industri mebel dan kertas, kayu juga bisa dimanfaatkan untuk membuat patung. Di Indonesia setidaknya ada 4 daerah penghasil patung berbahan kayu, antara lain: Daerah penghasil patung kayu, antara lain:
  1. Papua
  2. Bali
  3. Jawa Timur ( Malang ).
  4. Jepara (Jawa Tengah)

Pada rangkuman tema 1 kelas 6 tumbuhan sahabatku pembelajaran 6 ini terdiri dari 2 muatan pelajaran yaitu Bahasa Indonesia dan PPKn. Sedangkan tujuan pembelajaran pada pembelajaran 6 ini, antara lain:

a. siswa mampu menemukan ide pokok pada sebuah teks yang dibaca atau didengarnya.
b. siswa mampu membuat kesimpulan dari sebuah ide pokok.
c. menemukan contoh pelaksanaan sila ketiga Pancasila dalam kehidupan sehari hari.

Bahasa Indonesia

Dalam muatan bahasa Indonesia ini juga membahas tentang ciri ciri makanan yang sehat. Adapun ciri ciri makanan yang sehat antara lain:
  1. mengandung 4 sehat 5 sempurna, Makanan Tinggi Serat.
  2. berupa sayuran hijau, yang tentu saja kaya vitamin dan serat.
  3. mengandung senyawa Omega-3.
  4. makanan tersebut mengandung Antioksidan dan lemak baik.
Selain hal di atas, makanan tersebut bebas dari kotoran atau bakteri serta zat tambahan makanan yang membahayakan tubuh.

Beberapa zat yang dibutuhkan oleh tubuh, antara lain:
  • karbohidrat, sebagai penghasil energi atau tenaga.
  • protein, sebagai zat pembangun dan pengganti sel yang rusak.
  • lemak, sebagai cadangan makanan dan pengangat tubuh.
  • vitamin, berguna mencegah penyakit.
  • air, berguna sebagai pengangkut dan pengatur suhu.
  • dan mineral, sebagai pengatur metabolisme dalam tubuh.

Ide pokok adalah masalah utama yang dibahas di dalam sebuah paragraf. Langkah pertama dalam menentukan ide pokok adalah membaca seksama paragraf tersebut.

Ayo membaca

Bacalah informasi berikut dengan seksama!

Indonesia merupakan negara berkembang yang mata pencahariannya di bidang pertanian. Hasil pertaniannya adalah padi. Selain itu, Indonesia juga memiliki hasil perkebunan seperti teh dan kopi.

Perekonomian Singapura sangat bergantung pada jasa perbankan perdagangan perhubungan, dan perindustrian. Industri Singapura menghasilkan kapal elektronik dan bahan makanan.

Kegiatan ekonomi utama penduduk negara Malaysia adalah di bidang pertanian pertanian menghasilkan karet minyak sawit, kopra, titik, dan padi.

Brunei Darussalam terkenal sebagai negara pengekspor minyak bumi dan gas alam. Brunei Darussalam termasuk negara di Asia Tenggara yang paling tinggi pendapatan per kapita penduduknya. Hasil pertanian di Brunei Darussalam adalah beras gula dan kopra.

Mata pencaharian penduduk Filipina adalah di bidang pertanian pertambangan dan perindustrian. Hasil pertaniannya adalah padi kelapa serat abaka tebu karet nanas dan gula.

Kegiatan ekonomi penduduk Thailand adalah pertanian kehutanan pertambangan dan industri. Hasil pertanian terbesar di Thailand adalah beras. Thailand merupakan lumbung padi di Asia Tenggara. hasil hutan adalah kayu jati.

Hasil utama pertanian di Myanmar adalah padi. Myanmar merupakan penghasil padi terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Thailand. Hasil pertanian lainnya adalah kapas padi dan tembakau.

Mata pencaharian utama penduduk Laos adalah pertanian titik hasil utama pertanian Laos adalah padi dan jagung.

Mata pencaharian penduduk Vietnam sebagian besar adalah di bidang pertanian. Hasil utama pertanian nya adalah padi. Hasil pertanian lainnya adalah jagung, kapas,, ubi jalar, teh buah-buahan dan tembakau.

Mata pencaharian utama penduduk Kamboja adalah di bidang pertanian. di samping tanaman padi Kamboja juga memproduksi karet dalam jumlah yang sangat besar.

Pada pembelajaran 1 kamu sudah memilih dua negara ASEAN dan membandingkannya dalam hal kegiatan ekonomi. Lengkapilah diagram vennmu berdasarkan informasi yang kamu peroleh pada bacaan diatas.

Kamu bisa menambah informasi melalui buku di perpustakaan bertanya kepada guru atau sumber lainnya.

Ayo berlatih 1!



Muatan materi pembelajaran SBDP KD 3.4 dan 4.4

Maskot merupakan sesuatu yang dijadikan ciri khas pada sebuah kota negara titik seperti di negara Singapura yang terkenal dengan patung ikan berkepala singa yang dapat mengeluarkan air dari mulutnya. Bagaimana dengan di Indonesia?

Maskot kota Amuntai Kalimantan Selatan.


Amuntai merupakan ibukota dari kabupaten hulu sungai Utara. salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Selatan. di kota ini terdapat fauna khas yang disebut itik alabio yang menjadi salah satu maskot di kota tersebut.

Orang mengenal itik alabio yang sebenarnya sentral penetasan dan peternakannya terdapat di desa mamar yang mayoritas masyarakatnya berternak itik dan menetaskan telur itik itik

Patung bekantan Banjarmasin.



Hewan ini merupakan binatang endemik di Kalimantan Selatan. oleh karena itu Banjarmasin memilih bekantan sebagai ikon kota mereka hal ini pun direalisasikan dengan patung besar bekantan yang indah dengan tinggi 6,3 meter.

Para seniman memanfaatkan hewan dan makhluk hidup lain sebagai sumber inspirasi mereka.
Nah, pada pembelajaran 2 kamu sudah menentukan model patungmu lanjutkan kreasimu sebagai sampai selesai. Saat mengerjakan patungmu, kamu harus sabar dan bekerja dengan tekun.

Rangkuman Tema 1 Kelas 6 tumbuhan sahabatku Pembelajaran 6

Muatan materi pembelajaran bahasa Indonesia KD 3.1 dan 41

Fakta unik tentang penyu

Penyu merupakan salah satu jenis reptilia yang sebagian besar hidupnya dihabiskan di laut. Hewan itu memiliki cara unik dalam berkembangbiak. Penyu yang siap bertelur biasanya akan berenang menuju tepian pantai. Setibanya di pantai penyu akan menggali pasir hingga cukup dalam untuk menyimpan telurnya. Tujuannya agar telur penyu tidak diburu oleh pemangsa. Penyu biasanya mengeluarkan 30 hingga 150 butir telur setiap masa bertelur. Setelah menetas anak-anak penyu itu bergegas pergi ke laut. Terangnya cahaya bulan di atas samudra serta kemiringan lereng pasir dapat membantu anak-anak penyu mencari arah menuju laut.

Ayo Berlatih 2!

Temukaan ide pokokdan kesimpulan pada teks Fakta unik tentang penyu. Tulislah ide pokok dan kesimpulanmu dengan menggunakan kosakata baku.  Sampaikan lah hasilnya kepada gurumu.

Muatan materi pembelajaran PPKN KD 3.1 dan 41

Makna sila kelima Pancasila.

Lambang sila kelima Pancasila adalah padi dan kapas titik bunyi sila ke-5 ini adalah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sila kelima Pancasila menunjukkan bahwa manusia Indonesia menyadari hak dan kewajiban yang sama untuk menciptakan keadilan sosial dalam masyarakat Indonesia. Keadilan sosial memiliki arti pemerataan dan persamaan. 

Keadilan yang dimaksud adalah semangat keadilan sosial bukan keadilan yang berpusat pada individu. Keadilan harus dapat dirasakan oleh sebagian besar warga masyarakat Indonesia. Hal ini merupakan dasar sekaligus tujuan tercapainya masyarakat Indonesia yang adil dan makmur.

Dalam rangka menciptakan keadilan sosial perlu dikembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan.

Contoh sikap yang mencerminkan sila kelima Pancasila sebagai berikut.
  1. Mengembangkan sikap adil terhadap sesama
  2. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
  3. Menghormati hak orang lain.
  4. Suka memberi pertolongan kepada orang lain.
  5. Suka bekerja keras.
  6. Menghargai hasil karya orang lain.
Ayo berlatih 3!
  1. Carilah 5 contoh perilaku atau sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai sila kelima Pancasila!
  2. Pilihlah dua dari contoh tersebut yang akan kamu terapkan serta jelaskan bagaimana kamu akan menerapkannya.
Sampaikan hasilnya kepada gurumu.

Tahukah kamu pemanfaatan sumber makanan hewani yang sesuai kebutuhan akan membantu orang lain dalam mendapatkan haknya untuk mendapatkan makanan yang bergizi.

Silahkan kalian kerjakan Soal evaluasi google formulir  berikut ini.Klik Disini
Kalian bisa mngerjakan langsung pada google formulir berikut!

selamat mengerjakan!

Selasa, 27 Juli 2021

PEMBELAJARAN TEMA 1 ST 2 PB 4 KELAS 6

PEMBELAJARAN 4 TEMA 1 SUBTEMA 2 HEWAN SAHABATKU KELAS VI SD

Rangkuman materi pembelajaran 4 tema 1 subtema 2 Hewan Sahabatku Kelas 6 SD dan kunci jawabannya. Pada topik pelajaran tematik 1 SD/MI kelas VI tentang “Selamatkan Makhluk Hidup” dibagi menjadi beberapa subtema, salah satunya Hewan Sahabatku. Subtema 2 ini dibagi menjadi 6 pembelajaran. Berikut ini ringkasan isi pembelajaran keempat.

Kamu telah berdiskusi dan merancang naskah drama tentang ‘Hewan Sahabatku’. Hal ini berdasarkan gambar maket peternakan yang telah dibuat. Sekarang, saatnya kamu menampilkannya.

Tahukah Kamu?

Bermain peran merupakan salah satu cara yang menarik dan bermakna dalam menguasai materi pembelajaran. Pada saat bermain peran, kamu harus menyesuaikan diri dengan kebutuhan peran. Selain itu, kamu juga harus mampu bekerja sama dengan temanmu.

Ayo Amati!

Amati gambar beberapa siswa yang sedang bermain peran berikut ini. Temanya adalah peternakan “Hewan Sahabatku”.


Ayo berlatih 1

Setelah mengamati gambar tentang bermain peran, tuliskan pertanyaan berikut di buku tulismu. beserta jawabannya!

1. Apa yang membuat bermain peran menjadi menarik?
2. Apa yang menentukan keberhasilan permainan peran yang dilakukan secara berkelompok?
3. Buatlah teks drama tentang kerja sama!
4. Jelas pengertian dari bermain peran!

Ayo berlatih 2

Banyak sekali hasil olahan dari ikan bandeng ini. mulai dari goreng, dibakar, dibuat steak, dibuat otak-otak, presto bahkan ada juga yang dijadikan bakso bandeng.

Kebetulan Adi dibawakan oleh-oleh ikan bandeng presto oleh ayahnya. Ibu menggoreng 4 potong kemudian diberikan kepada Adi  3 potong untuk bekal makan siangnya.

Saat istirahat siang tiba. Adi mengajak Danu dan Raya untuk makan bersama. 3 potong ikan bandeng telah disiapkan  Adi untuk kedua temannya itu. Tiba-tiba datanglah Bisma dan Emma.
  1. Apa yang harus dilakukan Adi saat melihat Bisma dan Emma?
  2. Apa yang harus dilakukan oleh Bisma dan Emma saat melihat ikan bandeng  yang hanya 3 potong?
  3. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh Adi dan teman-temannya supaya mendapat bagian ikan yang sama?
Sudah kah jawabanmu sesuai dengan sila keempat Pancasila? 

Ayo berlatih 3
  1. Carilah 5 Contoh perilaku sehari-hari di sekolah yang sesuai dengan penerapan sila keempat Pancasila!
  2. Apakah sikap itu bisa kalian terapkan?
  3. Bagaimana cara kalian menerapkan sila keempat tersebut?
Tuliskan pendapatmu dan sampaikan hasilnya kepada guru kalian!

Ayo Menulis!

Bagaimana perasaanmu setelah menyaksikan penampilan drama ‘Hewan Sahabatku’? Sekarang saatnya kamu berdiskusi lebih lanjut tentang peternakan ‘Hewan Sahabatku’. Perhatikan soal cerita berikut.

1. Harga 1 kg telur di peternakan ‘Hewan Sahabatku’ sebesar Rp15.000,00. Berapakah harga 2 kg telur, 3 kg telur, dan seterusnya. Diskusikan dan tuliskan jawabanmu pada tabel berikut.
Banyak Telur (kg)Harga Telur (kg)Keterangan
1 kgRp.15.000Rp.150.000
2 kg3R0.000Baris ke-2
3 kgRp. 30.000Baris ke-3
4 kgRp. 45.000Baris ke 4
5 kgRp. 60.000Baris ke 6
6 kgRp. 60.000
Itulah rangkuman materi pembelajaran 4 tema 1 subtema 2 Hewan Sahabatku Kelas 6 SD. secara singkat, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Selanjutnya kalian kerjakan Soal Evaluasi Tema 1 Subtema 2 Pb 4. Silahkan kalian klik link yang berwarna biru. Klik Disini

Kalian juga bisa mengerjakan soal Evaluasi pada google formulir dibawah ini!

Senin, 26 Juli 2021

PEMBELAJARAN TEMA 1 SUBTEMA 2 PB 3 KELAS 6

Rangkuman materi pembelajaran 3 tema 1 subtema 2 Hewan Sahabatku Kelas 6 SD. Pada topik pelajaran tematik 1 SD/MI kelas VI tentang “Selamatkan Makhluk Hidup”

Kali ini kalian akan mempelajari materi IPA dan Bahasa Indonesia Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 dengan kajian tentang Hewan Sahabatku atau Perkembangbiakan Hewan. Pada modul online interaktif ini kalian akan banyak belajar tentang berbagai macam jenis perkembangbiakan hewan.

Negara-negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia memiliki banyak jenis hewan. Beberapa di antaranya ada yang dijadikan sebagai makanan, simbol negara, atau dijadikan binatang peliharaan.

Indonesia dikaruniai luas wilayah lautan lebih besar dibandingkan luas daratan. Luas lautan Indonesia mencapai 5,8 juta km2. Di dalam lautan Indonesia tersimpan potensi perikanan yang cukup besar Salah satunya ikan tuna.

Ikan tuna adalah salah satu ikan yang paling banyak dicari negara lain, seperti Jepang, Amerika Serikat, dan Uni Eropa. Untuk menjamin kelangsungan hidup hewan-hewan bermanfaat itu, kita harus menjaga perkembangbiakannya.

Perkembangbiakan Hewan

Seperti halnya tumbuhan, perkembangbiakan hewan ada yang tidak kawin dan ada yang kawin.
1. Perkembangbiakan Secara Tidak Kawin pada Hewan:

a. Membelah diri
Perkembangbiakan terjadi pada hewan bersel satu, seperti amoeba, protozoa, paramecium, dan virus. Secara umum perkembangbiakan vegetatif pada hewan bersel satu dengan cara membelah diri.
Hewan bersel satu, seperti amoeba, mempunyai inti sel. Perkembangbiakan amoeba dimulai dengan pembelahan inti sel menjadi dua bagian. Setelah itu dikuti dengan pembelahan cairan sel dan dinding sel. Akhirnya terbentuklah dua sel amoeba baru. Kedua amoeba ini hidup mandiri dan akan membelah diri lagi.

b. Tunas
Calon anak muncul dari bagian samping tubuh. Lama kelamaan calon anak tersebut besar dan memisahkan diri. Contoh hewan yang dapat bertunas adalah anemon laut dan hydra.

2. Perkembangbiakan Generatif (Kawin) pada Hewan

Setiap makhluk hidup mempunyai kemampuan memperbanyak jenisnya, begitu pula hewan. Hewan yang telah dewasa akan membentuk sel-sel kelamin. Hewan jantan akan menghasilkan sel kelamin jantan atau sperma, sedangkan hewan betina akan menghasilkan sel kelamin betina atau sel telur/ovum.

Perkembangbiakan generatif pada hewan diawali dengan perkawinan atau pembuahan. Pembuahan adalah peleburan antara ovum dengan sperma setelah terjadi pembuahan terbentuklah zigot. Zigot adalah sel telur yang telah dibuahi.

Selanjutnya zigot tumbuh menjadi janin, kemudian janin tumbuh menjadi anak atau individu baru. Berdasarkan tempat pertumbuhan janinnya, maka hewan dikelompokkan menjadi hewan melahirkan (vivipar), hewan bertelur (ovipar) dan hewan bertelur-melahirkan (ovovivipar).

a. Hewan Melahirkan atau Vivipar

Vivipar adalah hewan yang melahirkan anaknya. Hewan melahirkan atau vivipar mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.
  1. Janin tumbuh di dalam rahim induk betina (masa kehamilan).
  2. Janin memperoleh makanan dari induknya dengan perantaraan tali pusat atau plasenta.
  3. Pertumbuhan janin relatif lambat.
  4. Bentuk tubuh anak yang lahir sama dengan bentuk tubuh induk.
  5. Mempunyai daun telinga.
  6. Induk betina menyusui anaknya.
Hewan menyusui anaknya disebut mamalia. Contoh hewan melahirkan antara lain kambing, gajah, kucing, singa, tikus, kerbau, kelelewar, sapi, kuda, beruang, paus, lumba-lumba, dan sebagainya.

b. Hewan Bertelur atau Ovipar

Ovipar adalah hewan yang meletakan telur di luar tubuh induk betinanya. Hewan bertelur atau ovipar memiliki ciri-ciri sebagai berikut.:
  1. Janin tumbuh di luar tubuh induk betina tetapi di dalam telur yang bercangkang.
  2. Janin memperoleh makanan dari cadangan makanan yang tersimpan dalam telur.
  3. Janin tumbuh relatif cepat.
  4. Bentuk tubuh anak pada umumnya sama dengan bentuk tubuh induknya.
  5. Tidak mempunyai daun telinga.
  6. Tidak mempunyai kelenjar susu.
  7. Tidak menyusui anaknya.
Contoh hewan bertelur atau ovipar antara lain ayam, burung, ikan, penyu, ular, katak, kupu-kupu, dan sebagainya.

Pada beberapa unggas atau burung, telur dierami sehingga memperoleh panas yang sesuai dari tubuh induknya hingga menetas. Masa mengerami setiap jenis burung berbeda-beda. Misalnya, masa mengerami pada ayam adalah 21 hari. Setelah melalui masa mengerami telur ayam akan menetas, kulit telur akan pecah dan akan keluar anak ayam yang sama dengan induknya.

Beberapa hewan bertelur, seperti katak, kupu-kupu, nyamuk, dan belalang, ketika belum dewasa bentuk tubuh anaknya berbeda dengan bentuk tubuh induknya. Selama pertumbuhan dan perkembangan menuju kedewasaan, hewan-hewan tersebut mengalami beberapa kali perubahan bentuk yang dikenal dengan istilah metamorfosis.

c. Hewan Bertelur – Melahirkan atau Ovovivipar

Kadal sebenarnya merupakan hewan bertelur, tetapi telurnya menetas di dalam tubuh induk betina kemudian anaknya keluar dari tubuh induk betina. Hewan yang demikian disebut hewan bertelur-melahirkan atau ovovivipar. Hewan lainnya yang termasuk ovovivipar, antara lain, beberapa jenis ular dan ikan hiu. Ciri-ciri ovovivipar sama dengan ciri-ciri ovipar.
Video Materi IPA Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 “Hewan Sahabatku”

Ayo berlatih 1

Jelaskan cara perkembangbiakan hewan secara Ovipar, vivipar, dan Ovovivipar. Tuliskan dalam bentuk peta pikiran perkembangbiakan hewan. Tulisanmu harus memuat cara  perkembangbiakan, penjelasan cici-ciri, dan contoh hewannya. 

Supaya lebih menarik, kamu dapat menempelkan gambar hewan pada peta pikiranmu!



Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia KD 3.1 dan 4.1

Ayo Berlatih 2

Carilah laporan atau artikel di berbagai sumber seperti buku, internet, koran atau majalah. Carilah ide pokok laporan tersebut. Catatlah sesuai dengan fakta-fakta yang ada.

Gunakan Tabel berikut untuk mencatat ide pokok.



Laporkan hasilmu kepada guru melalui video.

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Pembeljaran 3 tentang Hewan Sahabatku di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

Latihan Soal Materi IPA Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3 “Hewan Sahabatku”

Soal Latihan Evaluasi Tema 1 Subtema 2 Pb 3
Silahkan kalian klik link berwarna biru. Klik Disini



Demikain rangkuman materi Tema 1 Subtema 2 pembelajaran 3 tentang Hewan sahabatku. Selamat mengerjakan.

SOAL TEMA 1 SUBTEMA 3 KELAS 6


Tema 1 Subtema 3 Kelas 6 - Pada kesempatan ini kami akan membagikan latihan soal dan Kunci Jawaban untuk Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 yang bisa adik-adik pelajari sebagai bahan reperensi Penilaian Tengah Semester (PTS) maupun Penilaian Akhir Semester (PAS).

Soal Latihan ini adalah rangkuman dari beberapa materi yang sudah di sesuaikan berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi terbaru yang bisa saja muncul pada kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS) maupun Penilaian Akhir Semester (PAS) nanti.

Kunci Jawaban Tema 1 Subtema 3 Kelas 6 ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari soal latihan yang sudah tersedia dibawah halaman ini.

Soal Pilihan Ganda Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 dan Kunci Jawaban
Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar!

1. Banyak hewan yang dilindungi di Indonesia seperti ….
a. Ayam dan bebek
b. Kelinci dan kakaktua
c. Orang utan dan Kenari
d. Komodo dan badak bercula satu

2. Salah satu penyebab beberapa jenis hewan dilindungi oleh pemerintah karena ….
a. Harganya murah
b. Jumlahnya yang langka
c. Harganya mahal
d. Membahayakan manusia

3. Komodo adalah salah satu hewan khas Indonesia yang berasal dari kepulauan ….
a. Nusa kambangan
b. Nusa Tenggara Timur
c. Seribu
d. Nusa Tenggara Barat

4. Badak Jawa adalah hewan endemik yang banyak dilindungi di taman nasional ….
a. Way Kambas
b. Ujung Kulon
c. Tanjung puting
d. Bunaken

5. Kelangkaan hewan bisa terjadi diantaranya disebabkan oleh ….
a. Hewan tersebut tidak bisa berenang
b. Jumlah manusia yang memelihara hewan semakin banyak
c. Terjadinya bencana alam
d. Adanya pelestarian hutan oleh manusia

6. Sebagian besar penduduk di negara di kawasan Asia Tenggara mata pencahariaanya adalah ….
a. Tenaga kantor
b. Nelayan
c. Buruh Pabrik
d. Bercocok Tanam

7.Mata uang negara Malaysia adalah ….
a. Kip
b. Ringgit
c. Kyat
d. Dolar Malaysia

8. Negara di Asean yang sistem pemerintahannya berbentuk kerajaan di antaranya adalah ….
a. Thailand
c. Singapura
c. Vietnam
d. Indonesia

9. Ibukota negara Filipina adalah ….
a. Kuala Lumpur
b. Bangkok
c. Hanoi
d. Manila

10. Kepala pemerintahan negara Singapura adalah seorang ….
a. Raja
b. Sultan
c. Presiden
d. Perdana Menteri

11. Saling menghormati agama teman walaupun berbeda-beda termasuk pencerminan nilai dari Pancasila yaitu ….
a. Sila pertama
b. Sila kedua
c. Sila ketiga
d. Sila keempat

12. Berikut ini adalah sikap yang mencerminkan penerapan sila ketiga Pancasila, kecuali ….
a. Beribadah sesuai agama masing-masing
b. Menjaga kerukunan di dalam kelas
c. Berbuat adil terhadap sesama
d. Bermusayawarah memilih ketua kelas

13. Pak Pras ingin mendirikan peternakan kambing di lahan miliknya yang berada di desa Sukamakmur. Pak Pras mengumpulkan warga sekitar lahan miliknya untuk meminta pendapat terkait hal tersebut. Warga ternyata tidak menyetujui adanya peternakan kambing di dalam wilayah dalam desa. Pak Prass pun menerima keputusan warga dengan bijaksana. Sikap Pak Prass tersebut mencerminkan sila keempat pancasila yaitu ….
a. Bermusyawarah dan mementingkan dirinya sendiri
b. Bermusyawarah dan menjaga persatuan warga
c. Bermusyawarah dan tidak memaksakan keinginan pribadi
d. Bermusyawarah dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada

14. Perburuan liar yang dilakukan manusia selain telah mengancam terjadinya kepunahan hewan. Hal itu juga tidak mencerminkan nilai Pancasila yaitu sila ke ….
a. Ketiga
b. Kedua
c. Keempat
d. Kelima

15. Santi membeli 5 bungkus permen. Setiap bungkus berisi 10 permen coklat dan 12 permen kopi. Berarti jumlah seluruh permen yang dibeli Santi adalah ….
a. 100 permen
b. 105 permen
c. 110 permen
d. 120 permen

16. Danu mempunyai 6 kardus roti. Setiap kardus berisi 12 roti coklat dan 13 roti keju. Berapakah Jumlah roti yang dipunyai Danu?
Soal diatas jika ditulis dalam operasi hitung menjadi….
a. 6 x 12 x 13
b. 6 x 12 + 13
c. 6 x ( 12 + 13 )
d. ( 6 x 12 ) + 13

17. Rini membeli 2 buku tulis dengan harga setiap bunya sebesar Rp. 3.000,00 dan membeli 3 buah pensil yang setiap satunya seharga Rp. 2.000,00. Berapakah jumlah uang yang harus dibayar Rini?
Soal tersebut jika ditulis dalam operasi hitung menjadi ….
a. 2 + Rp. 3.000,00 + 3 x Rp. 2.000,00
b. 2 + Rp. 3.000,00 x 3 x Rp. 2.000,00
c. 2 x Rp. 3.000,00 x 3 x Rp. 2.000,00
d. 2 x Rp. 3.000,00 + 3 x Rp. 2.000,00

18. Perkembanganbiakan tumbuhan yang dilakukan melalui perkawinan sel jantan dan sel betina dinamakan perkembangbiakan ….
a. Fotosintesis
b. Generatif
c. Komutatif
d. Vegetatif

19. Contoh perkembangbiakan tumbuhan yang dilakukan secara perkawinan terjadi pada tumbuhan ….
a. Padi
b. Ketela pohon
c. Umbi lapis
d. Bambu

20. Contoh perkembangbiakan vegetatif alami adalah ….
a. Mencangkok
b. Stek
c. Menyambung
d. Akar tinggal

21. Mangga, rambutan dan sawo adalah tumbuhan yang dapat dikembangbiakan dengan cara vegetatif buatan yaitu dengan cara ….
a. Spora
b. Menyetek
c. Mengenten
d. Mencangkok

22. Melestarikan tumbuhan merupakan hal yang sangat bermanfaat, diantaranya karena tumbuhan berperan ….
a. Menghasilkan air dari dalam tanah
b. Menghasilkan mineral tambang
c. Menghasilkan oksigen untuk bernafas
d. Menghasilkan karbondioksida yang melimpah

23. Salah satu bunga langka yang berasal dari Indonesia adalah bunga ….
a. Padma raksasa
b. Tulip
c. Mawar
d. Sakura

24. Gambar di atas adalah bunga yang hidup di Indonesia yang tergolong langka, nama bunga tersebut adalah bunga ….
a. Raflesia Alnoldi
b. Anggrek bulan
c. Puspa pesona
d. Bangkai

25. Kunyit dan jahe banyak dimanfaatkan manusia untuk bahan ….
c. Bangunan
b. Pakaian
c. Perhiasan
d. Obat-obaan

26. Soal Isian Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 dan Kunci Jawaban
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang paling tepat!

  1. Orang utan adalah hewan yang dilindungi pemerintah yang berasal dari pulau ….
  2. Penebangan hutan secara liar dapat menjadi penyebab kelangkaan hewan, karena penebangan liar dapat merusak …. hewan.
  3. Taman Nasional Way Kambas terletak di provinsi ….
  4. Peso adalah nama mata uang dari negara ….
  5. Ibukota negara Laos adalah ….
  6. Perkembangbiakan vegetatif dibagi menjadi dua yaitu ….. dan …..
  7. Tebu, ketela pohon dan bambu bisa ditanam dengan cara yang sama yaitu dengan cara ….
  8. Bunga Raflesia tumbuh di taman Nasional ….
  9. Narsisco Ramos adalah salah satu menteri luar negeri yang berperan dalam berdirinya Asean, beliau berasal dari negara ….
  10. Deklarasi bangkok ditandangani pada tanggal ….
Kuci Jawaban Soal Isian :
  1. Kalimantan
  2. Habitat
  3. Lampung
  4. Filipina
  5. Vientiane
  6. Alami dan Buatan
  7. Stek Batang
  8. Bengkulu
  9. Filipina
  10. 8 Agustus 1967
Demikian Soal Latihan dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat bagi kita semua, Selamat belajar dan berusaha untuk tau wlaupun dengan kondisi yang kurang memungkinkan.

Minggu, 25 Juli 2021

PEMBELAJARAN TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2 KELAS 6


PEMBELAJARAN 2 TEMA 1 SUBTEMA 2 HEWAN SAHABATKU KELAS VI SD




Rangkuman materi pembelajaran 2 tema 1 subtema 2 Hewan Sahabatku Kelas 6 SD dan kunci jawabannya. Pada topik pelajaran tematik 1 SD/MI kelas VI tentang “Selamatkan Makhluk Hidup” dibagi menjadi beberapa subtema, salah satunya Hewan Sahabatku. Subtema 2 ini dibagi menjadi 6 pembelajaran. Berikut ini ringkasan isi pembelajaran kedua.

Subtema Hewan Sahabatku pada kesempatan kali ini, masih akan madukan beberapa muatan pelajaran. Yaitu :
  1. Pkn,
  2. Bahasa Indonesia,
  3. IPA,
  4. IPS dan
  5. SBdP.
Dalam rangkuman subtema 2 Hewan Sabatku ini penulis akan menyajikan KD yang muncul pada subtema 2 Hewan Sahabatku untuk setiap mupel.

  • Pkn : 3.1 Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari.
  • Bahasa Indonesia : 3.1 Menyimpulkan informasi menurut teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
  • IPA : 3.1 Membandingkan cara perkembangbiakan flora dan hewan.
  • IPS : 3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
  • SBdP : Memahami Patung.
Itulah KD yang akan dibelajarkan pada subtema 2 Hewan Sahabatku, yang akan dibelajarkan selama 6 kali pembelajaran.

Rangkuman materi muatan PKn; KD 3.1

Pancasila yakni dasar negara Indonesia yang dijadikan sebagai pandangan dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara yang begitu beragam.

Keberagaman yang dimiliki oleh Indonesia sanggup kita lihat dari adanya perbedaan agama, suku, ras, golongan, pekerjaan, budaya, dan lain sebagainya. Perbedaan tersebut sejatinya bukan sebagai pemecah persatuan, akan tetapi sebagai pemersatu bangsa ini.

Jika terjadi ketidak harmonisan antarumat beragama, maka akan mengakibatkan bangsa ini mengalami perpecahan. Tentunya hal itu sangat tidak kita inginkan. Perbedaan justru mengakibatkan bangsa dan negara kita semakin kuat, dan mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

Pancasila yang terdiri dari lima sila, dimana kelima sila tersebut terkandung nilai-nilai yang adiluhur yang patut kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini beberapa penerapan nilai-nilai dalam setiap sila Pancasila yang patut kita perhatikan dan laksanakan dengan baik dalam kehidupan.

1. Nilai luhur dalam Sila Pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa
  • Memeluk agama sesuai denggan keyakinan.
  • Menjalankan perintah agama yang dianutnya.
  • Tidak memaksakan suatu agama ke pada orang lain.
  • Mengembangkan perilaku toleransi beragama
  • Menjalankan Tri Kerukunanan Beragama.
2. Nilai luhur dalam sila Kedua, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
  • Membantu korban peristiwa alam.
  • Berteman tanpa membeda-bedakan.
  • Menghargai hak-hak orang lain.
  • Membantu sesama tanpa membedakan suku, agama dan ras.
  • Memberikan pinjaman yang layak kepada korban peristiwa alam.
3. Nilai luhur sila ketiga, Persatuan Indonesia
  • Membudayakan saling bergotong royong
  • Mencintai produk buatan dalam negeri.
  • Menggunakan bahasa persatuan dalam berkomunikasi dengan warga negara.
  • Menjaga kelestarian kebudayaan bangsa.
  • Memperingati hari-hari nasional.
4. Nilai luhur sila ke-empat, Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaran/Perwakilan.
  • Melaksanakan musyawarah dalam mengambil keputusan.
  • Menghormati dan menghargai pendapat orang lain.
  • Menjalankan hasil musyawarah dengan penuh tanggung jawab.
  • Tidak memaksanakan pendapat dalam musyawarah.
  • Menyimak penyampaian pendapat orang lain dalam musyawarah.
  • Mrnghargai pendapat anggota keluarga yang lain
  • Tidak memaksakan kehendak anggota keluarga yang lain
  • Memberikan saran/nasehat jika diperlukan
  • Melaksanakan peraturan tata tertib dalam keluarga yang tlah disepakati bersama
  • Menghormati hasil musyawarah dalam keputusan organisasi sekolah
  • Tidak memaksakan pendapat teman
  • Mengikuti jalannya rapat pengurus kelas
  • Mengutamakan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara
  • Ikut berpartisipasi dalam pemilihan umum
  • Menghargai pendapat orang lain.
5. Nilai luhur sila kelima, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
  • Memerlakukan rakyat sama di muka hukum.
  • Memberikan kesempatan yang sama kepada rakyat dalam pemerintahan.
Rangkuman muatan Bahasa Indonesia, KD 3.1

Paragraf 1
Kelelawar merupakan satu-satunya jenis binatang mamalia yang sanggup terbang
dengan memakai sayapnya. Seperti yang kita ketahui, kelelawar mencari makan pada malam hari. Kelelawar mencari makan
ketika malam hari alasannya yakni kelelawar sangat sensitif terhadap kehilangan cairan tubuh (kekurangan air). Oleh alasannya yakni itu habitat atau tempat tinggal kelelawar biasanya di gua-gua, alam terbuka, atau di pepohonan. Jika siang hari
kelelawar akan tidur dengan bergelantung terbalik.

Simpulan dari laporan diatas yakni . . . . .

Paragraf 2
Bunga kantong semar indah. Kantong pada bunga ini berisi nektar (cairan manis materi pembuat madu). Inilah yang menarik serangga sehingga hinggap di atasnya. Bibir kantong ini licin sehingga serangga akan terpeleset dan jatuh ke dalam cairan yang terletak di bawah kantong. Cairan inilah yang menghancurkan badan serangga. Selanjutnya daun akan menyerap zat masakan dari badan serangga tersebut.

Simpulan dari laporan diatas yakni . . . .

Ayo Berlatih 1
KUCING AISYA

Aisyah suka kucing. Di rumahnya ada satu kucing kesayangan yang diberi nama Kuci. Kuci adalah seekor kucing yang lucu. Seluruh tubuhnya berwarna kuning. Kuci merupakan kucing keturunan jenis anggora.

Saat itu kelopok Aisya mendapat tugas. Aisya, Dea, Fadil, dan Arman mengerjakan di rumah Aisya. Namun ada salah satu teman Aisya yang tidak suka kucing, yaitu Dea. Ia sangat ketakutan apabila kuci mendekatinya. Dea takut kalau Kuci mencakar atau menggigitnya. Kuci dimasukkan ke kandangnya. Seluruh anggota kelompok puas dengan keputusan itu.

Kemudian Fadil mengusulkan untuk menjauhkan sementara Kuci dari mereka. Usul Fadil diterima. Mereka pun sepakat untuk memasukan Kuci ke dalam kandangnya untuk sementara, Akhirnya Kuci dimasukkan ke kandangnya. Seluruh anggota kelompok puas dengan keputusan itu.

Jawablah pertanyan berikut dengan mengaitkan penerapan sila keempat Pancasila.
  1. Apa saja sikap yang mencerminkan sila keempat Pancasila?
  2. Apa yang terjadi jika kelompok Aisya bersikeras pada kehendaknya masing-masing?
  3. Bagaimana pendapatmu tentang sikap Adit?
  4. Mengapa kita perlu melakukan musyawarah untuk mencapai mufakat?
  5. Bagaimana sikap kalian jika keputusan musyawarah sudah diambil secara mufakat?
Rangkuman muatan IPA, KD 3.1

Berdasarkan cara perkembangbiakannya, binatang sanggup dibedakan menjadi 3 yaitu ; binatang bertelur, binatang beranak dan binatang bertelur dan beranak.

Hewan berkembangbiak dengan cara bertelur disebut Ovipar.Ciri binatang ini tidak mempunyai daun indera pendengaran dan tidak ada kelenjar susu ditubuhnya.

Beberapa binatang yang berkembangbiak dengan cara bertelur atau Ovipar yakni ; burung, ayam, bebek, ular, cicak, tokek.

Hewan berkembangbiak dengan cara melahirkan disebut Vivipar. Hewan beranak mempunyai ciri ada kelenjar susu dan daun telinga. Beberapa binatang yang disebut viviar menyerupai ; kuda, kambing, sapi, kerbau, babi, anjing.

Hewan yang berkebangbiak dengan cara bertelur dan melahirkan atau disebut ovovivipar. Ovovivipar

Adakah binatang yang berkembang biak dengan cara bertelur sekaligus
melahirkan? Ada, misalnya yakni ular. Berapa jenis ular tidak selamanya
melahirkan anaknya. Kadang-kadang pada ketika mengeluarkan anakanaknya,
masih ada anak ular yang terbungkus cangkang telurnya.

Rangkuman muatan IPS, KD. 3.1

Potensi Ekonomi Negara-Negara Anggota ASEAN Kawasan Asia Tenggara terletak pada jalur perdagangan dunia. Kawasan ini menjadi jembatan antara daerah Eropa dan Asia Timur. Oleh karenaitu, Asia Tenggara menjadi wilayah persaingan bagi pihak-pihak yang
ingin memanfaatkan kedudukan strategis daerah ini. ASEAN berperan sebagai wadah untuk menghindari persengketaan yang mungkin timbul. Dengan posisi yang strategis ini, setiap negara di daerah Asia Tenggara mempunyai kekayaan sumber daya yang menjadi kekuatan negara.

Brunei Darussalam
Negara ini populer dengan kekuatan sumber daya alam berupa minyak bumi
dan gas alam. Brunei menjadi negara di Asia Tenggara yang mempunyai pendapatan per kapita tertinggi alasannya yakni gas alamnya.

Filipina
Filipina yakni sebuah negara kepulauan yang mata pencaharian sebagian besar penduduknya yakni di bidang pertanian. Filipina berhasil menjadi salah satu negara di dunia yang sanggup membangun dan membuatkan pertaniannya dengan baik.

Indonesia
Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di Asia Tenggara. Indonesia mempunyai kekayaan alam yang melimpah, dan juga keberagaman penduduknya yang kaya akan seni dan budaya. Kekayaan tersebut menjadi modal dasar bagi Indonesia untuk menjadi negara yang maju di Asia Tenggara.
Saat ini Indonesia mengekspor minyak dan gas bumi, tekstil, dan produk-produk dari kayu. Pertambangan menjadi salah satu pintu masuk para pengusaha mancanegara ke Indonesia.

Kamboja
Di Kamboja mengalir Sungai Mekong. Daerah di sekitar Sungai Mekong
merupakan daerah yang subur. Mata pencaharian penduduk Kamboja yakni pertanian. Hasil pertanian Kamboja yang besar yakni padi dan karet.

Laos
Laos bertetangga dengan Kamboja. Negara ini dilewati oleh aliran Sungai Mekong. Sama menyerupai di Kamboja, acara pertanian banyak dilakukan di sepanjang aliran sungai ini. Sebagian besar hasil pertanian dinikmati oleh masyarakat Laos.

Malaysia
Kegiatan ekonomi utama penduduk Malaysia yakni di bidang pertanian, pertambangan, dan perindustrian. Perdagangan internasional merupakan salah satu acara ekonomi Malaysia yang mengalami pertumbuhan tercepat. Peralatan elektronik, minyak, dan gas bumi diekspor ke negara lain. Produk dari kayu, minyak sawit, karet, tekstil, sepatu, dan bahan-bahan kimia diperdagangkan di dunia internasional.

Myanmar
Mata pencaharian utama penduduk Myanmar yakni pertanian, perkebunan, dan pertambangan. Padi merupakan hasil utama dari pertanian di sana. Myanmar merupakan salah satu negara penghasil padi terbesar di Asia Tenggara.

Singapura
Singapura merupakan negara paling maju di daerah ASEAN. Letak Singapura sangat strategis. Saat ini Singapura menjadi negara transit teramai di Asia.

Thailand
Thailand sering disebut sebagai lumbung padi di Asia Tenggara. Padi memang merupakan hasil per tanian terbesar dari negara ini. Selain itu, perkebunan, kehutanan, pertambangan, dan industri juga
merupakan acara ekonomi penduduk Thailand. Saat ini, penghasilan utama
Thailand yakni sektor pariwisata. Keunikan bangunan budaya di Thailand menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan mancanegara.

Vietnam
Setelah pulih dari Perang Vietnam, negara ini mulai berkembang di banyak sekali sektor perekonomiannya. Pariwisata dan turisme mendukung perkembangan ekonomi. Bidang pendukung lainnya menyerupai perjuangan jasa di bidang perhotelan, restoran, serta transportasi juga turut berkembang pesat.

Rangkuman muatan SBdP, KD 3.1

Ada beberapa orang yang menuangkan ide-ide cemerlangnya melalui karya seni. Karya seni patung adalah salah satunya. Hewan merupakan salah satu sumber informasi bagi para pencinta seni untuk menuangkan  karyanya.

Contoh karya yang sudah jadi ditunjukkan pada gambar diatas. Kamu juga bisa belajar membuat patung. Pada pertemuan sebelumnya, kamu sudah berlatih membentuk model sederhana dengan bahan yang kamu buat sendiri. 

Ayo berlatih 2

Buatlah model patung yang berbeda dengan menggunakan cetakan buah, hewan.

Fotolah siswa dengan bahan-bahan  yang akan digunakan. Videokan setiap tahapan membuat patung dari menyediakan bahan, proses pembuatan , penjemuran, pewarnaan hingga jadi.Proses Pembuatan Patung.

Demikian Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 "Hewan Sahabatku" K13

Selanjutnya kalian kerjakan soal Evaluasi berikut ini! Silahkan klik link yang berwarna biru. Klik Soal Evaluasi Tema 1 ST 2 PB 2 

Bisa juga kalian langsung mengerjakan pada Google Formulir berikut!