PEMBELAJARAN TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3 DAN 4
Materi pembelajaran IPA KD 3.1 dan 4. 1
Kamu telah belajar mengenai pelestarian hewan dan tumbuhan. Menurutmu adakah cara untuk mempercepat proses perkembangan tumbuhan?
Ayo, analisislah gambar berikut!
Perkembangbiakan generatif
Perkembangbiakan vegetatif buatan
Perkembangbiakan vegetatif alami
Perkembangbiakan generatif yaitu perkembangbiakan tumbuhan melalui peleburan sel kelamin jantan (benang sari) dan sel kelamin betina (putih) proses ini terjadi melalui penyerbukan.
Perkembangbiakan vegetatif yaitu perkembangbiakan tumbuhan tanpa penyerbukan.
Salah satu upaya untuk melestarikan tumbuhan langka adalah dengan memperbanyak bibit tumbuhan titik upaya perbanyakan bibit tersebut dilakukan melalui pengembangbiakan dan pembesaran tumbuhan. Hal ini merupakan wujud rasa syukur kita kepada Tuhan yang maha esa. Sudahkah kamu ikut serta melestarikan tumbuhan di sekitarmu?
Materi pembelajaran bahasa Indonesia KD 3.1 dan 4.1
Salah satu cara bisa kamu lakukan untuk ikut berpartisipasi dalam melestarikan tumbuhan dan hewan adalah dengan mengajak orang lain untuk selalu menjaga kelestarian tumbuhan dan hewan tersebut.
Poster merupakan media yang tepat untuk mengampanyekan pelestarian tumbuhan dan hewan.
Poster adalah karya seni atau desain grafis yang berisi komposisi gambar dan huruf yang menarik diatas kertas berukuran besar dan berisi pesan-pesan.
Ayo berlatih 1
Mari kita meningkatkan kecintaan kita terhadap lingkungan alam. Sebarkan kecintaan kita terhadap lingkungan kepada teman-teman dalam bentuk poster. Silahkan kalian pilih salah satu poster pelestarian tumbuhan dan hewan.
Buatlah poster dengan tema pelestarian tumbuhan dan hewan yang menarik dan mudah dipahami. Gambar lah poster diatas ini di kertas manila, karton atau di buku gambar A3. setelah jadi berilah warna yang sesuai gambar poster. kemudian kalian
Kampanyekan dan publikasikan dengan menempel poster yang telah kalian buat di tembok rumah baik di dalam maupun diluar rumah. Fhoto poster yang telah dibuat bersamaa kalian dengan menyentuh poster. Kirimlah fhoto poster mu kepada teman-temanmu dan gurmu! Jika menemui kesulitan, bertanyalah kepada gurumu!
Keberadaan penyu sudah semakin langka titik mari selamatkan penyu-penyu dengan membuat poster berikut.
Ayo Simak
Kamu sudah belajar mengenai membuat kesimpulan. Bukalah kembali simpulan yang telah kamu tulis.
Masih ingatkah kamu cara menyimpulkan suatu bacaan?
Cara menyimpulkan isi bacaan sebagai berikut:
- Bacalah secara intensif seluruh bacaan dari awal hingga akhir
- Tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf pada teks bacaan
- Simpulkan isi bacaan berdasarkan ide pokok seluruh paragraf
Kesimpulan yang baik harus memuat:
- Pesan yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca
- Hanya berisi hal-hal yang ada pada paragraf
- Menggunakan kosakata baku
Suatu pernyataan yang dibuat berdasarkan ide pokok dan kata kunci dari kalimat penjelas dengan kalimat sendiri.
Pembelajaran 4
Materi pembelajaran PPKN KD 3.1 dan 4.1
Banyak hewan di sekitar kita. Menyayangi hewan hewan tersebut merupakan kewajiban kita. Supaya keberadaannya tetap lestari dengan ikut melestarikan hewan-hewan tersebut kamu sudah menerapkan sila dalam Pancasila. Masih ingatkah mengenai penerapan sila-sila Pancasila?
Apakah kamu penyayang binatang?
Bila sayang dengan hewan peliharaan kamu, maka jangan lupa memberinya makan, supaya tidak kelaparan dan bisa tetap hidup.
Perhatikan komik di bawah ini!
Apa pendapatmu mengenai sikap yang ditunjukkan oleh tokoh pada komik tersebut Penerapan sila Pancasila. Tuliskan pada tempat yang disediakan.
Lihat kembali komik diatas. Kamu bisa menemukan informasi mengenai usaha pelestarian lingkungan sebagai salah satu penerapan nilai-nilai Pancasila melalui komik. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan komik?
Komik adalah cerita bergambar titik isinya berupa gambar-gambar yang disusun berurutan dan saling berhubungan. komik memiliki balon kata kata (dialog).
Ayo berlatih 2
Buatlah sebuah komik yang menceritakan mengenai penerapan nilai sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Buatlah sesuai kemampuanmu titik bertanyalah kepada guru saat menemukan kesulitan.
Materi pembelajaran bahasa Indonesia KD 3.1 dan 4.1
Ayo berlatih 3
Bacalah teks berikut dan buatlah kesimpulannya!
Tanaman anggrek merupakan salah satu tanaman hias yang paling banyak jenisnya. Jenis-jenis tanaman anggrek tersebar di setiap daerah tropis. Keragaman itulah yang membuat tanaman anggrek spesial. Setiap tanaman anggrek memiliki bentuk bunga yang khas sehingga membedakan antara bunga anggrek satu dengan yang lainnya.
Tanaman anggrek juga istimewa karena dapat hidup pada kondisi air yang rendah titik sebagai tanaman hias anggrek dapat bertahan di dalam ruangan titik daun anggrek dapat pula menebal dan berfungsi sebagai penyimpan air. Bunga tanaman anggrek tumbuh dengan cepat sehingga tidak heran banyak orang yang membudidayakan tanaman anggrek. Apalagi nilai jual bunga anggrek cukup tinggi.
Tulislah kesimpulan teks bacaan tersebut di buku tulis kalian. Jika sudah selesai sampaikanlah hasilnya kepada gurumu.
Selanjutnya kalian kerjakan soal Evaluasi berikut! Silahan kalian klik link berwarna biru. Klik Disini
Bisa juga kalian langsung mengerjakan di google formulir berikut ini!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar