Materi Pembelajaran 2
Pada pembelajaran 2 ini terdiri dari 2 muatan pelajaran saja, yaitu mupel PPKn dan SBdP. Dengan tujuan pembelajaran sebagai berikut:
a. Siswa dapat menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan.
b. Siswa bisa mengenal Tari Indang dan pola lantainya.
Muatan PPKn KD 3.4 dan 4.4
Ayo membaca
Arti Penting Persatuan dan Kesatuan
Persatuan mengandung arti "bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi". Persatuan Indonesia berarti persatuan bangsa yan mendiami wilayah Indonesia.
Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia karena negara kitaa terdiri atas berbagai suku, agama, dan ras. Persaatuan dan kesatuan meupakan hal yang sangat penting. baik dalam rangka merebut, mempertahankan, maupun mengisi kemerdekaan. "bersatu Kita Teguh" mengandung makna menyaatunya berbagi unsur dan perbedaan yang ada menjadi suatu kesatuan yang utuh dan serasi sehingga muncul suatu kekuatan. Bangsa Indonesia telh membuktikan bahwa dengan persatuan dan kesatuan, kita mampu menghadapi penjajah dan akhirnya meraih kemerdekaan.
Menjalin persatuan dan kesatuan dapat dilakukan di berbagai lingkungan yaitu: lingkungan sekolah, rumah dan masyarakat.
Contoh perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan sebagai berikut:
1. Persatuan dilingkungan Sekolah
- Menjalankan piket kelas
- Saling membantu teman yang kesulitan
- Mentaati peraturan sekolah
2. Persatuan di lingkungan sekolah
- Membantu adik yang kesulitan belajar
- Membantu pekerjaan Ibu
- Saling menyayangi anggota keluarga
- Menghormati ayah dan ibu serta kakak
3. Persatuan di lingkungan masyarakat
- Saling menghormati orang yang berbeda suku
- Tidak membeda-bedakan suku
- Membersihkan lingkungan bersama-sama
- Menjenguk warga yang sakit
- Bekerja sama dalam menjaga keamanan lingkungan
- Bergotong royong membangun lingkungan sekitar
- Menghormati budaya lain
a. ikut melaksanakan kerja bakti tanpa memandang perbedaan yang ada.
b. menjenguk teman atau tetangga yang sedang sakit.
c. menghargai perbedaan pendapat ketika bermusyawarah.
d. mengedepankan sikap saling menghormati antar sesama.
e. Mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi atau golongan.
Ayo berlatih 1
Setelah membaca teks, cobalah untuk menjawab pertanyan berikut dengan benar!
- Apakah arti dari Persatuan?
- Apakah makna dari kalimat "Bersatu Kita Teguh".?
- Mengapa persatuan dan kesatuaan sangat penting bagi bangsa Indonesia?
- Berilah contoh persatuan di lingkungan sekolah!
- Berikan 3 contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermsyarakat!
Ayo Berlatih 2
Ayo Menulis
Cobalah kalian untuk menulis suatu cerita tentang manfaat persatuan dan kesatuan berdasarkan pengalamanmu. Cerita yang kamu buat harus memuat kejadian yang kamu alami, manfaat persatuan dan kesatuan, tempat kejadian dan waktu kejadian. Setelah selesai bacakanlah ceritamu dalam bentuk video!
Ayo membaca
Makna semboyan “Satu Nusa Satu Bangsa Satu Bahasa Indonesia”
Satu Nusa mempunyai makna bahwa setiap orang harus merasa memiliki satu tanah air yang sama, yaitu tanah air Indonesia.
Satu Bangsa mempunyai makna bahwa walaupun kita berasal dari suku bangsa yang berbeda, namun kita sejatinya tetap satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia.
Satu Bahasa mempunyai makna bahwa dalam mewujudkan persatuan bangsa, kita harus menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu antar suku bangsa di Indonesia.
Alasan persatuan dan kesatuan sangat penting dalam mengusir penjajah karena dengan adanya semangat persatuan maka akan timbul perasaan senasib, sebangsa sehingga akan ada keinginan yang kuat untuk bekerja sama dalam mengusir penjajah dari Indonesia.
Apa yang terjadi jika bangsa Indonesia tidak bersatu dan perjuangan hanya bersifat kedaerahan?
Jika perjuangan bersifat kedaerahan maka mudah untuk dipatahkan bahkan mudah untuk diadudomba dengan perjuangan dari daerah yang lain. Sehingga kita akan kesulitan dalam mengusir penjajah.
Makna dari peribahasa Bersatu kita Teguh bercerai kita runtuh antara lain: sesuatu akan berhasil kita raih apabila dikerjakan secara bersama sama atau dengan kerjasama.
Muatan SBdP KD 3.3 dan 4.3
Tari Indang sering disebut tari Dindin Badindin.
Tari Indang merupakan salah satu tarian khas dari daerah Pariaman, Sumatra Barat. Gerakan tari yang tegas serta diiringi dengan tuturan lisan. Dan Tari Indang ini mirip dengan tarian Saman yang berasal dari daerah Aceh. Namun, gerakan tari Indang lebih variatif dan sarat akan dakwah, Indang sebenarnya merujuk pada alat musik menyerupai rebana.
Alat musik pengiring tari Indang adalah rebana dengan ukuran sekitar 18 sampai 25 cm. Ini juga menjadi pembeda antara tari Indang dengan tari saman. Jika tari saman menggunakan pelafalan serta bunyi-bunyian A Capella yang berasal dari tepuk tangan dn anggota badan, tari indang banyak menggunakan indang sebagai pengatur tempo musik. Pola lantai tari Indang adalah hprizontal (lurus). Penari berbaris membentuk garis lurus ke samping.
Tari indang diperkirakan diadaptasi dari kebudayaan Arab. Dengan bukti Indang yang digunakan serta penuturan lisan yang mengiringi tarian sarat akan shalawat dan dakwah. Fungsi dari tarian Indang yaitu awalnya tarian ini sebagai alat untuk berdakwah. Tari Indang dulunya dimainkan oleh pemuda-pemuda selepas mengaji di surau-surau. Nyanyian disesuaikan dengan tujuannya sebagai sarana pendidikan dan dakwah Islam. Pada masa-masa berikutnya barulah kemudian tarian ini berkembang menjadi tari yang sifatnya hiburan, tanpa menghilangkan sisi dakwah tentunya.
Jumlah penari pada tari Indang bervariasi, yaitu antara 9 sampai 25 orang yang penting jumlahnya ganjil. Gerakan dibuat dinamis dan bervariasi. Sesekali para penari memegang dan memukul Indang untuk menghasilkan bunyi-bunyian sekaligus mengatur tempo. Kadang Indang ditaruh di depan, dan sesekali di jentik dengan jari mereka. Gerakan tari kadang meliuk ke depan dan ke belakang berselang seling. Kadang ke kanan dan kekiri secara bergantian. Namun masih tetap dalam satu shaf (barisan).
Ada dua hal wajib yang harus ada dalam permainan tari ini.
1. Tukang Zikir
Orang ini biasanya berada di belakang di luar barisan penari. Tugasnya adalah untuk menyanyikan nyanyian tari. Tukang Zikir biasanya berjumlah satu orang. Saat tukang zikir menyanyi, nyanyian akan diulang dan diikuti semua penari secara bersama-sama.
2. Tukang Alih
Orang ini berfungsi sebagai pemimpin tarian. serta penentu perubahan setiap gerakan tari. Posisinya tergabung di dalam penari. ia akan memberikan beberapa kode saat momen pergantian gerakan. Selain itu, tukang alih juga berperan dalam mengatur tempo dan dinamika tarian.
Dahulunya musik yang digunakan berasal dari Indang itu sendiri, serta diiringi dengan nyanyian yang dilafalkan tukang zikir. Masa itu tarian ini berfungsi terbatas untuk media dakwah. Lain halnya dengan perkembangan sekarang, dimana taarian juga berfungsi sebagai media hiburan. Zaman sekarang, musik yang lazim dipakai adalah lagu dindin badindin,yang dipopulerkan oleh Elly Kasim dan Tiar Ramon pada tahun 1980-an. Sehingga wajar sajaa kemudian tari Indang juga dikenal sebagai tari Dindin Bandindin.
Ayo berlatih 3
Setelah membaca teks, cobalah untuk menjawab pertanyaan berikut dengan benar!
- Tari indang juga disebut tari......
- Tari Indang berasal dari daerah......
- Gerakan tari Indang bersifat.....
- Gerakan dalam tari Indang sangat membutuhkan.....
- Tari indang diiringi oleh.....
- Pola lantai yang digunakan dalam tari Indang adalah......
- Zaman dahulu tari Indang berfungsi sebagai.....
Selanjutnya kalian kerjakan soal Evaluasi Tema 2 Subtema 3 Pb 2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar