Soal Tematik Kelas 6 SD Tema 2 Subtema 1 Rukun Dalam Perbedaan dan Kunci Jawaban
SOAL TEMATIK KELAS 6 SD KURIKULUM 2013 ( K13 )
Tema : 2 – Persatuan Dalam Perbedaan
Subtema : 1 – Rukun Dalam Perbedaan
Keterangan soal :
Jumlah soal pilihan ganda : 25
Jumlah soal isian singkat : 10
Jumlah soal uraian : 5
A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!
1. Proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia dikumandangkan pada tanggal ….
a. 8 Oktober 1928
b. 28 Oktober 1945
c. 17 Agustus 1945
d. 20 Nopember 1945
2. Penyusun teks proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah ….
a. Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta dan Mr. Moh Roem
b. Ir. Soekarno, Sayuti Melik dan Drs. Moh. Hatta
c. Ir. Soekarno, Ki Hajar Dewantara dan Sukarni
d. Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta dan Mr. Achmad Soebardjo
3. Teks proklamasi dibacakan di jalan ….
a. Merdeka Selatan No. 45
b. Pegangsaan Timur No. 56
c. Panglima Soedirman No. 46
d. Ahmad Yani No. 27
4. Dua kota di Jepang yang di bom atom oleh sekutu pada tanggal 6 Agustus 1945 adalah kota ….
a. Tokyo dan Hisorhima
b. Hisroshima dan Nagasaki
c. Tokyo dan Kyoto
d. Nagasaki dan Kyoto
5. Pembacaan teks proklamasi oleh Ir. Soekarno disambut rakyat dengan ….
a. Gelisah dan khawatir
b. Gembira dan sukacita
c. Gembira namun takut
d. Sedih dan marah
6. Sikap para pejuang kemerdekaan yang perlu kita teladani diantaranya adalah ….
a. Mengunggulkan daerah masing-masing
b. Berdebat memilih pemimpin Indonesia
c. Mengutamakan pendapat generasi tua
d. Bersatu dalam semua perbedaan
7. Ciri khusus yang dimiliki oleh makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya dinamakan ….
a. Fotosintesis
b. Respirasi
c. Adaptasi
d. Aspirasi
8. Contoh ciri khusus yang dimiliki tumbuhan teratai adalah ….
a. Akar menjulang tinggi
b. Memiliki batang berongga
c. Memiliki daun yang runcing
d. Mempunyai bunga yang berbau busuk
9. Contoh tumbuhan yang memiki ciri khusu berupa batang yang berduri adalah ….
a. Ketela pohon, salak dan mangga
b. Salak, mawar dan kaktus
c. Mawar, melati dan anggrek
d. Kaktus, jati dan bambu
10. Tumbuhan yang hidup di daerah gurun dinamakan tumbuhan ….
a. Higrofit
b. Xerofit
c. Aerofit
d. Hidrofit
11. Contoh penerapan hidup rukun yang baik di lingkungan sekolah adalah ….
a. Kerja bakti membangun jalan desa
b. Gotong royong membangun jembatan
c. Saling membantu dalam kerja piket kelas
d. Kerja sama dalam ujian sekolah
12. Manfaat adanya persatuan di lingkungan sekolah adalah ….
a. Belajar menjadi nyaman
b. Belajar menjadi terganggu
c. Bisa bermain terus di kelas
d. Sekolah menjadi cepat selesai
13. Kerukunan dapat menjadi penguat bangsa, hal itu seperti peribahasa ….
a. Bhineka tunggal ika
b. Tut wuri handayani
c. Berakit-rakit kehulu berenang-renang ketepian
d. Bersatu kita teguh bercerai ktia runtuh
14. Menjaga kerukunan di kelas merupakan contoh sikap yang mencerminkan sila Pancasila yang ….
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat
15. Sikap ketika di sekolah yang mencerminkan menghargai perbedaan adalah ….
a. Berteman dengan semua siswa di kelas
b. Memilih teman yang seagama saja
c. Mencari teman yang kaya-kaya saja
d. Tidak mau bermain dengan yang lain daerah
16. Ahmad mempunyai 1/2 m tali dan Budi mempunyai 1/5 m tali. Hal itu berarti tali yang dipunyai Budi adalah ….
a. Lebih panjang dari tali punya Ahmad
b. Lebih luas dari tali punya Ahmad
c. Sama panjang dengan tali punya Ahmad
d. Lebih pendek dari tali punya Ahmad
17. Deni membeli 1/2 Kg buah apel, Rani membeli 1/4 Kg buah jeruk, Bayu membeli 3/4 Kg buah pir dan Ratna membeli 1 1/2 Kg buah salak. Dari keempat orang tersebut yang membeli buah dengan jumlah paling ringan adalah ….
a. Deni
b. Rani
c. Bayu
d. Ratna
18. 1/2 , 1/3 , 2/5 , 3/4 , 1/10
Pecahan-pecahan di atas jika diurutkan dari yang terkecil menjadi ….
a. 1/10 , 1/3 , 2/5 , 1/2 , 3/4
b. 1/3 , 1/2 , 2/5 , 1/10 , 3/4
c. 1/3 , 1/10 , 2/5 , 1/2 , 3/4
d. 1/10 , 1/3 , 1/2 , 2/5 , 3/4
19. 1 1/2 , 4/8 , 2/3 , 4/2 , 8/10
Pecahan-pecahan di atas jika diurutkan dari yang terbesar menjadi ….
a. 4/8 , 1 1/2 , 8/10 , 2/3 , 4/2
b. 1 1/2 , 4/2 , 8/10 , 2/3 , 4/8
c. 4/2 , 8/10 , 1 1/2 , 2/3 , 4/8
d. 4/2 , 1 1/2 , 8/10 , 2/3 , 4/8
20. Teks proklmasi kemerdekaan Indonesia diketik oleh …..
a. Mr. Achmad Soebardjo
b. Sayuti Melik
c. Sukarni
d. Drs. Moh. Hatta
21. Abdul Latief Hendraningrat adalah salah satu sosok yang berkiprah dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia, ia adalah salah satu orang yang …..
a. Menulis teks proklamasi
b. Mengetik teks proklamasi
c. Memimpin upacara proklamasi
d. Mengibarkan Sang Saka Merah Putih
22. Di dalam lingkungan masyarakat terdapat banyak perbedaan, maka kita harus menjunjung tinggi sikap ….
a. Toleransi
b. Egois
c. Tanggung Jawab
d. Percaya diri
23. Indonesia merdeka adalah karena ….
a. Hadiah dari negara-negara sekutu
b. Pemberian dari pemerintah jepang
c. Perjuangan rakyat Indonesia sendiri
d. Tidak ada yang berani menjajah
24. Negara Indonesia mempunyai banyak sekali perbedaan, antara lain mempunyai perbedaan seni dan budaya. Sikap kita sebaiknya terkait hal tersebut adalah ….
a. Hanya menyukai budaya daerah sendiri
b. Bangga karena merupakan kekayaan bangsa
c. Selalu pamer terhadap negara lain
d. Mengejek budaya yang tidak terkenal
25. Upacara bendera yang dilakukan di sekolah salah satunya bertujuan untuk ….
a. Mengenang jasa para pahlawan
b. Melatih siswa agar kuat di lapangan
c. Melatih siswa untuk baris berbaris
d. Menjadikan semua murid jadi pahlawan
B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Teks proklamasi kemerdekaan Indonesia ditulis di rumah ….
2. Teks proklamasi kemerdekan Indonesia ditandatangi oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh Hatta atas nama ….
3. Tumbuhan yang sebagian tubuhnya ada di permukaan air dinamakan tumbuhan ….
4. Tumbuhan xerofit adalah tumbuhan yang hidupnya di daerah yang ….
5. Teratai dan enceng gondok adalah tumbuhan yang hidupnya di ….
6. Orang yang menjahit bendera sang Saka Merah Putih yang dikibarkan saat proklmasi kemerdekaan adalah ….
7. Arti semboyan Bhineka Tunggal Ika adalah ….
8. Orang yang membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah ….
9. 3/4 …… 3/10
Tanda yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah ….
10. 1/8 , 1/2 , 2/6 , 3/4 , 1/10
Urutan yang tepat dari pecahan-pecahan di atas dari yang paling kecil adalah ….
C. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Sebutkan tugas bagi seorang siswa dalam mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
2. Sebutkan makna penting dari proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
3. Sebutkan manfaat-manfaat dari adanya kerukunan dalam lingkungan masayarakat!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
4. Bu Yani membuat 8 kue coklat untuk perayaan ulang tahun anaknya yang bernama Sinta. Setiap kue coklat tersebut dipotong menjadi 10 bagian. Saat perayaan ulang tahun tersebut ada 36 teman Sinta yang datang. Setiap teman Sinta diberi 2 potong kue. Berapa bagiankah jumlah sisa kue yang dibuat Bu Yani?
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
5. Sebutkan contoh-contoh sikap dalam menjaga persatuan dalam perbedaan yang ada di lingkungan sekolah!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
KUNCI JAWABAN SOAL ULANGAN TEMATIK
KELAS 6 SD TEMA 2 SUBTEMA 2 RUKUN DALAM PERBEDAAN
A. JAWABAN
1. c. 17 Agustus 1945
2. d. Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta dan Mr. Achmad Soebardjo
3. b. Pegangsaan Timur No. 56
4. b. Hisroshima dan Nagasaki
5. b. Gembira dan sukacita
6. d. Bersatu dalam semua perbedaan
7. c. Adaptasi
8. b. Memiliki batang berongga
9. b. Salak, mawar dan kaktus
10. b. Xerofit
11. c. Saling membantu dalam kerja piket kelas
12. a. Belajar menjadi nyaman
13. d. Bersatu kita teguh bercerai ktia runtuh
14. c. Ketiga
15. a. Berteman dengan semua siswa di kelas
16. d. Lebih pendek dari tali punya Ahmad
17. b. Rani
18. a. 1/10 , 1/3 , 2/5 , 1/2 , 3/4
19. d. 4/2 , 1 1/2 , 8/10 , 2/3 , 4/8
20. b. Sayuti Melik
21. d. Mengibarkan Sang Saka Merah Putih
22. a. Toleransi
23. c. Perjuangan rakyat Indonesia sendiri
24. b. Bangga karena merupakan kekayaan bangsa
25. a. Mengenang jasa para pahlawan
B. JAWABAN
1. Laksamana Tadashi Maeda
2. Bangsa Indonesia
3. Hidrofit
4. Kering
5. Air
6. Fatmawati
7. Berbeda-beda namun tetap satu jua
8. Ir. Soekarno
9. >
10. 1/10 , 1/8 , 2/6 , 1/2 , 3/4
C. JAWABAN
1. Tugas bagi seorang siswa dalam mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia antara lain sebagai berikut :
Belajar dengan rajin dan giat
Menjaga persatuan dalam kelas dan sekolah
Berlatih mengembangkan dan bakat yang dimiliki
Berusaha mengukir prestasi untuk membuat harum nama bangsa
Menghindari perkelahian dan tawuran antar siswa dan sekolah
2. Makna-makna penting dari proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia antara lain sebagai berikut :
Sebagai puncak perjuangan bangsa Indonesia
Indonesia terbebas dari belenggu penjajahan
Membuat Indonesia menjadi negara baru yang diakui dunia
Meningkatkan harkat dan martabat bangsa Indonesia
3. Manfaat-manfaat dari adanya kerukunan dalam lingkungan masayarakat antara lain sebagai berikut :
Hidup menjadi nyaman
Hidup menjadi tenang
Antar masyarakat bisa saling membantu dan tolong menolong
Masyarakat menjadi kuat
Keadaan menjadi damai
4. Diketahui :
Jumlah kue yang dibuat Bu Yani = 8 kue coklat
Jumlah potongan setiap kue coklat = 10 bagian
Jumlah teman Sinta yang datang = 36 orang
Jumlah kue yang di dapat setiap teman Sinta = 2 potong kue
Ditanya :
Berapa bagiankah jumlah sisa kue yang dibuat Bu Yani?
Jawab = ( 8 x 10 ) – ( 36 x 2 ) = 80 – 72 = 8 potong bagian
8 potong bagian = 8/10 kue
5. Contoh-contoh sikap dalam menjaga persatuan dalam perbedaan yang ada di lingkungan sekolah antara lain sebagai berikut :
Berteman dengan semua siswa di sekolah walau berbeda agama, daerah maupun hobi
Menjaga toleransi ketika teman sedang beribadah
Saling menghormati perbedaan yang dipunyai antar teman
Tidak mengejek teman yang berbeda daerah atau berbeda agama
Menghargai kekurangan dan kelebihan yang dimiliki teman
Sumber dikutif dari: Bimbelbrilian.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar