Soal Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 dan Kunci Jawaban
Untuk guru kelas 6, kali ini kami bagikan Soal Kelas 6 Tema 2 Subtema 2. Soal berikut dapat dijadikan referensi dalam membuat soal penilaian harian Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 karena dilengkapi dengan kisi-kisi soal dan jawaban.
Kisi-Kisi Soal Kelas 6 Tema 2 Subtema 2
Kelas : 6
Semester : 1
Tema : 2. Persatuan dalam Perbedaan
Subtema : 2. Bekerjasama Mencapai Tujuan
Kisi-Kisi Soal Pilihan Ganda Kelas 6 Tema 2 Subtema 2
KOMPETENSI DASAR | JUMLAH SOAL | NOMOR SOAL |
PILIHAN GANDA | 15 soal | |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | ||
3.4 Memahami manfaat persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan kesejahteraan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia | 3 soal | 1, 2, 3 |
Bahasa Indonesia | ||
3.4 Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana | 3 soal | 4, 5, 6 |
Ilmu Pengetahuan Alam | ||
3.3 Memahami cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan | 3 soal | 7, 8, 9 |
Ilmu Pengetahuan Sosial | ||
3.4 Memahami arti proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera | 3 soal | 10, 11, 12 |
Seni Budaya dan Prakarya | ||
3.3 Memahami pola lantai tari daerah | 3 soal | 13, 14, 15 |
KOMPETENSI DASAR | JUMLAH SOAL | NOMOR SOAL |
ISIAN | 10 soal | |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | ||
3.4 Memahami manfaat persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan kesejahteraan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia | 2 soal | 1, 2 |
Bahasa Indonesia | ||
3.1 Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca | 1 soal | 3 |
3.4 Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana | 1 soal | 4 |
Ilmu Pengetahuan Alam | ||
3.3 Memahami cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan | 2 soal | 5, 6 |
Ilmu Pengetahuan Sosial | ||
3.4 Memahami arti proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera | 2 soal | 7, 8 |
Seni Budaya dan Prakarya | ||
3.3 Memahami pola lantai tari daerah | 2 soal | 9, 10 |
Soal Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Paket A
Soal Pilihan Ganda Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Paket A
1. Uni memiliki teman dari berbagai daerah. Manfaat yang bisa didapat Uni adalah ….
A. dapat berlibur ke berbagai daerah
B. memiliki banyak sumber contekan
C. mengenal adat dan bahasa daerah lain
D. dapat diajak membolos bersama
2. Persatuan saat bekerja sama dapat dimaknai berikut, kecuali ….
A. Menghargai perbedaan pendapat.
B. Menerima hasil keputusan kelompok.
C. Melaksanakan tugas dengan bertanggung jawab.
D. Menhalalkan segala cara untuk mencapai tujuan
3. … kita teguh, bercerai kita runtuh.
A. bersama
B. bersatu
C. berdua
D. berjuang
4. Teks berikut digunakan untuk menjawab 2 soal di bawahnya.
Perhatikan teks berikut!
Bandung lautan api adalah peristiwa kebakaran yang terjadi di Kota Bandung. Peristiwa ini terjadi pada 23 Maret 1946. Peristiwa tersebut dilatarbelakangi keinginan untuk mencegah tentara Sekutu dan NICA Belanda menjadikan Kota Bandung sebagai markas strategi militer. Dalam waktu tujuh jam, 200 ribu penduduk Bandung membakar rumah dan meninggalkan kota menuju pegunungan di selatan Bandung.
Jawaban yang tepat dari kata tanya mengapa sesuai teks tersebut adalah ….
A. Bandung lautan api adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung.
B. Peristiwa Bandung Lautan Api dilakukan oleh 200 ribu penduduk Bandung.
C. Peristiwa Bandung Lautan Api terjadi pada 23 Maret 1946.
D. Peristiwa Bandung Lautan Api terjadi untuk mencegah tentara Sekutu dan NICA Belanda menjadikan Kota Bandung sebagai markas strategi militer.
5. Pertanyaan berikut yang jawabannya tidak sesuai dengan isi teks adalah ….
A. Kapan peristiwa Bandung Lautan Api terjadi?
B. Siapa yang memimpin peristiwa Bandung Lautan Api?
C. Apa yang melatarbelakangi peristiwa Bandung Lautan Api?
D. Bagaimana terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api?
6. Perhatikan teks sejarah berikut!
Latar belakang para pahlawan kemerdekaan Indonesia berasal dari suku bangsa yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut tidak melemahkan semangat mereka untuk bersatu melawan penjajah. Para pahlawan memiliki keahlian yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kemampuan menggunakan senjata dan bela diri. Ada pula yang memiliki kemampuan negosiasi atau orasi. Perbedaan keahlian tersebut mereka gunakan untuk tujuan menggapai kemerdekaan Indonesia.
Informasi penting paragraf pada teks sejarah tersebut adalah .…
A. perbedaan latar belakang para pahlawan kemerdekaan
B. tujuan para pahlawan kemerdekaan
C. kemampuan setiap pahlawan kemerdekaan
D. upaya mencapai kemerdekaan Indonesia
7. Unta memiliki bulu mata yang panjang berguna untuk ….
A. mengurangi penguapan
B. melindungi mata dari pasir
C. melindungi hidung dari pasir
D. melindungi mata dari musuh
8. Bulu bebek tidak akan basah meskipun berada di air karena ….
A. bulu tipis
B. bulu sangat tebal
C. berlapis air
D. berlapis minyak
9. Ciri khusus yang dimiliki hewan sangat berhubungan dengan ….
A. cara bergerak
B. tempat hidupnya
C. cara mencari makan
D. cara perkembangbiakan
10. Peristiwa Bandung Lautan Api merupakan contoh perlawanan Indonesia menentang segala bentuk penjajahan dalam rangka ….
A. membangun Indonesia merdeka
B. mencapai kemerdekaan Indonesia
C. merebut kemerdekaan republik Indonesia
D. menegakkan dan mempertahankan Indonesia
11. Untuk mengenang Pertempuran Lima Hari di Semarang, maka di Semarang didirikan ….
A. Pasukan Banteng Raiders
B. Ruman Sakit dr. Karyadi
C. Batalyon IV Diponegoro
D. Monumen Tugu Muda
12. Setelah Agresi Militer Belanda I, ibu kota negara Indonesia dipindah ke ….
A. Bandung
B. Semarang
C. Bukittinggi
D. Yogyakarta
13. Asal daerah tari Indang yaitu ….
A. Minangkabau, Sumatra Barat
B. Minahasa, Sulawesi Utara
C. Pontianak, Kalimantan Barat
D. Palu, Sulawesi Tengah
14. Pola lantai tari ada bermacam-macam. Pola lantai horisontal adalah ….
A. Lurus ke depan atau ke belakang
B. Lurus ke kanan atau ke kiri
C. membentuk lingkaran
D. lurus menyilang
15. Gerakan tari Indang yaitu ….
A. lemah gemulai
B. lemah lembut
C. cepat dan monoton
D. rancak dan dinamis
1. Kerja sama merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai … sebuah kelompok.
2. Persatuan dan kerja sama dibuthkan baik saat menyusun naskah drama maupun saat ….
3. Struktur kalimat efektif disusun secara ….
4. Perhatikan kalimat berikut!
Pertanyaan : … pemuda Indonesia bertempur dengan pasukan Inggris?
Jawaban : Pemuda Indonesia bertempur melawan pasukan Inggris di Surabaya.
Kata tanya yang tepat sesuai informasi pada jawaban tersebut adalah ….
5. Hewan yang tidurnya bergantung dengan badan terbalik adalah ….
6. Untuk menangkap mangsanya, cecak memiliki lidah yang … dan ….
7. Pertempuran Lima Hari di Semarang terjadi antara rakyat Indonesia melawan tentara ….
8. Negara yang berperan sebagai mediator/penengah dalam Perjanjian Linggarjati antara Indonesia dan Belanda adalah ….
9. Tari Yapong merupakan tarian dari daerah ….
10. Tari pattudu dan tari Pakarena berasal dari daerah ….
Soal Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Paket B
Soal Pilihan Ganda Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Paket B
1. Uni memiliki teman dari berbagai daerah. Manfaat yang bisa didapat Uni adalah ….
A. dapat berlibur ke berbagai daerah
B. memiliki banyak sumber contekan
C. mengenal adat dan bahasa daerah lain
D. dapat diajak membolos bersama
2. … kita teguh, bercerai kita runtuh.
A. bersama
B. bersatu
C. berdua
D. berjuang
3. Arti penting persatuan dan kesatuan bagi pembangunan Indonesia adalah ….
A. memperkaya keragaman budaya Indonesia
B. mempercepat pembangunan di segala bidang
C. memperkuat bangsa untuk menguasai bangsa lain
D. meningkatkan bantuan dana dari negara lain
Teks berikut digunakan untuk menjawab 2 pertanyaan di bawahnya.
3. Perhatikan teks sejarah berikut!
Perjanjian Renville
Perjanjian Renville merupakan perjanjian antara Indonesia dan Belanda. Perjanjian ini dilaksanakan di atas kapal perang Amerika Serikat (USS Renville) saat berada di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Penjanjian Renville ditandatangani tanggal 17 Januari 1948. Pemimpin delegasi Indonesia adalah Amir Syarifuddin, sedangkan delegasi Belanda dipimpin oleh R. Abdul Kadir Widjojoatmodjo.
Perundingan kedua negara telah dimulai tanggal 8 Desember 1947 dan ditengahi oleh Komisi Tiga Negara, yaitu Amerika Serikat, Australia, dan Belgia. Perjanjian Renville menghasilkan beberapa kesepakatan sebagai berikut.
a. Belanda hanya mengakui Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Sumatra sebagai bagian wilayah Republik Indonesia.
b. Disetujuinya sebuah garis pemisah antara wilayah Indonesia dan daerah kekuasaan Belanda.
c. TNI harus ditarik mundur dari daerah-daerah kantong di wilayah kekuasaan di Jawa Barat dan Jawa Timur.
Gagasan pokok paragraf pertama teks sejarah tersebut adalah ….
A. hasil kesepakatan perjanjian Renville
B. pembagian wilayah pada perjanjian Renville
C. pelaksanaan perjanjian Renville
D. negara yang tergabung Komisi Tiga Negara
5. Pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf kedua teks sejarah tersebut adalah ….
A. Bagaimana hasil kesepakatan perjanjian Renville?
B. Kapan perjanjian Renville ditandatangani?
C. Apa yang melatarbelakangi perjanjian Renville?
D. Siapa pemimpin delegasi Indonesia pada perjanjian Renville?
6. Perhatikan teks sejarah berikut!
Latar belakang para pahlawan kemerdekaan Indonesia berasal dari suku bangsa yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut tidak melemahkan semangat mereka untuk bersatu melawan penjajah. Para pahlawan memiliki keahlian yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kemampuan menggunakan senjata dan bela diri. Ada pula yang memiliki kemampuan negosiasi atau orasi. Perbedaan keahlian tersebut mereka gunakan untuk tujuan menggapai kemerdekaan Indonesia.
Informasi penting paragraf pada teks sejarah tersebut adalah ….
A. perbedaan latar belakang para pahlawan kemerdekaan
B. tujuan para pahlawan kemerdekaan
C. kemampuan setiap pahlawan kemerdekaan
D. upaya mencapai kemerdekaan Indonesia
7. Ekolokasi adalah kemampuan yang dimiliki kelelawar untuk mengetahui arah terbang dengan menggunakan ….
A. mata
B. bunyi
C. hidung
D. cahaya
8. Unta memiliki bulu mata yang panjang berguna untuk ….
A. mengurangi penguapan
B. melindungi mata dari pasir
C. melindungi hidung dari pasir
D. melindungi mata dari musuh
9. Perhatikan tabel berikut!
Pasangan yang benar antara hewan dan ciri khususnya adalah ….
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
10. Salah satu kota yang menjadi sasaran utama pada Agresi Militer Belanda II pada tahun 1948 adalah ….
A. Surabaya
B. Yogyakarta
C. Bukittinggi
D. Bandung
11. Pemimpin rakyat Surabaya yang berhasil membakar semangat rakyat untuk melawan tentara Sekutu adalah ….
A. Bung Tomo
B. Bung Karno
C. Bung Hatta
D. Bung Sjahrir
12. Insiden bendera di puncak Hotel Yamato disebut juga peristiwa Tunjungan karena ….
A. peristiwa itu diprakarsai oleh Tunjungan
B. Hotel Yamato terletak di Jalan Tunjungan
C. Nama Tunjungan lebih dikenal dari pada daerah lain di Surabaya
D. Tunjungan adalah nama sebuah kabupaten tempat peristiwa itu terjadi
13. Tarian berikut yang berasal dari daerah Jawa Barat adalah ….
A. Tari Gambyong
B. Tari Beskalan
C. Tari Jaipong
D. Tari Tanduk Majeng
14. Salah satu tujuan pola lantai karya tari adalah ….
A. memperindah karya tari
B. memudahkan penari berinteraksi
C. mengetahui nama-nama penari
D. mengetahui jumlah penari
15. Gerakan penari membentuk sebuah bulatan, akan membentuk pola lantai ….
A. lingkaran
B. garis vertikal
C. garis horisontal
D. garis diagonal
Soal Isian Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Paket B
1. Bersatu kita …, bercerai kita runtuh.
2. Agar kelompok tetap bersatu, setiap anggota kelompok harus melaksanakan tugas masing-masing dengan ….
3. Struktur kalimat efektif disusun secara ….
4. Perhatikan kalimat berikut!
Proklamasi kemerdekaan Indonesia disiarkan tiga kali berturut-turut oleh Yusuf Ronodipuro, Bachtiar Lubis, dan Suprapto.
. Kata tanya yang tepat untuk jawaban pertanyaan yang tercetak miring adalah ….
5. Cumi-cumi melindungi diri dengan cara ….
6. Bebek dapat berenang dan berjalan di lumpur karena memiliki ….
7. Pertempuran Ambarawa terjadi pada tanggal … sampai tanggal ….
8. Ibu kota RI pada saat Agresi Militer Belanda II terletak di ….
9. Tarian yang dipentaskan secara berkelompok membutuhkan panggung yang ….
10. Penari tari Pakarena bergerak ke depan dan ke belakang berarti membentuk pola lantai ….
Kunci Jawaban Soal Kelas 6 Tema 2 Subtema 2
Kunci Jawaban Soal Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Paket A
Kunci Jawaban Soal Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Paket A
Kunci Jawaban Soal Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Paket B
NO | PILIHAN GANDA | NOMOR SOAL |
1. | C | tujuan |
2. | D | mementaskan drama |
3. | B | berurutan |
4. | D | di mana |
5. | B | kelelawar |
6. | A | panjang dan lengket |
7. | B | Jepang |
8. | D | Inggris |
9. | B | DKI Jakarta |
10. | D | Sulawesi Selatan |
11. | D | |
12. | D | |
13. | A | |
14. | B | |
15. | D |
Kunci Jawaban Soal Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Paket B
Sumber vdikutif dari Osnipa.com
NO | JUMLAH SOAL | NOMOR SOAL |
1. | C | teguh |
2. | B | bertanggung jawab |
3. | B | berurutan |
4. | C | siapa |
5. | A | menyemburkan tinta |
6. | A | selaput kaki |
7. | B | 20 Nopember sampai 15 Desember 1945 |
8. | B | Yogyakarta |
9. | B | luas |
10. | B | gurus lurus vertikal |
11. | A | |
12. | B | |
13. | C | |
14. | A | |
15. | A |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar