Sabtu, 28 Agustus 2021
SOAL TEMATIK KELAS 6 TEMA 2 SUBTEMA 3 BERSATU KITA TEGUH DAN KUNCI JAWABAN
Kamis, 26 Agustus 2021
SOAL PILIHAN GANDA MATEMATIKA MENGUBAH PECAHAN BIASA MENJADI KE BENTUK PERSEN DAN SEBALIKNYA SERTA KUNCI JAWABAN
Latihan Soal Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Ke Bentuk Persen Dan Kunci Jawaban
A. Berilah Tanda Silang Pada Jawaban Yang Benar
1. Bentuk persen dari 1⁄5 adalah ….
a. 50 %
b. 21 %
c. 15 %
d. 20 %
2. Pecahan persen dari 1⁄4 adalah ….
a. 20 %
b. 25 %
c. 30 %
d. 28 %
3. Pecahan persen dari 1⁄3 adalah ….
a. 33,33 %
b. 34,35 %
c. 44.44 %
d. 33,44 %
4. Pecahan persen dari 1⁄2 adalah ….
a. 20 %
b. 30 %
c. 40 %
d. 50 %
5. Pecahan persen dari 2⁄3 adalah ….
a. 68,88 %
b. 65,55 %
c. 66,67 %
d. 77,78 %
6. Pecahan persen dari 3⁄8 adalah ….
a. 12,5 %
b. 37,5 %
c. 38,5 %
d. 33,5 %
7. Pecahan persen dari 6⁄8 adalah ….
a. 75 %
b. 65 %
c. 55 %
d. 45 %
8. Pecahan persen dari 15⁄50 adalah ….
a. 45 %
b. 15 %
c. 30 %
d. 60 %
9. Pecahan persen dari 21⁄100 adalah ….
a. 20 %
b. 21 %
c. 40 %
d. 50 %
10. Pecahan persen dari 111⁄125 adalah ….
a. 111 %
b. 88,8 %
c. 11,1 %
d. 12,5 %
B. Ubahlah Pecahan Biasa Di Bawah Ini Menjadi Persen
1. 1⁄8
2. 2⁄6
3. 4⁄10
4. 5⁄25
5. 7⁄28
6. 10⁄20
7. 30⁄45
8. 20⁄50
9. 25⁄40
10. 45⁄50
11. 24⁄100
12. 25⁄125
13. 40⁄160
14. 5⁄200
15. 230⁄250
Kunci Jawaban Latihan Soal Merubah Pecahan Biasa Menjadi Pecahan Desimal Dan Kunci Jawaban
A. Kunci Jawaban
1. d. 20 %
Cara mengerjakan :
1⁄5 x 100 % = 100⁄5 % = 20 %
2. b. 25 %
Cara mengerjakan :
1⁄4 x 100 % = 100⁄4 % = 25 %
3. a. 33,33 %
Cara mengerjakan :
1⁄3 x 100 % = 100⁄3 % = 33,33 %
4. d. 50 %
Cara mengerjakan :
1⁄2 x 100 % = 100⁄2 % = 50 %
5. c. 66,67 %
Cara mengerjakan :
2⁄3 x 100 % = 200⁄3 % = 66,666 % ( Dibulatkan menjadi 66,67 % )
6. b. 37,5 %
Cara mengerjakan :
3⁄8 x 100 % = 300⁄8 % = 37,5 %
7. a. 75 %
Cara mengerjakan :
6⁄8 x 100 % = 600⁄8 % = 75 %
8. c. 30 %
Cara mengerjakan :
15⁄50 x 100 % = 1500⁄50 % = 30 %
9. b. 21 %
Cara mengerjakan :
21⁄100 x 100 % = 2100⁄100 % = 21 %
10. b. 88,8 % Cara mengerjakan :
111⁄125 x 100 % = 11100⁄125 % = 88,8 %
atau
Cara mengerjakan :
111⁄125 x 100 % = 111⁄5 x 4 % = 88,8 %
B. KUNCI JAWABAN
1. 1⁄8 = 12,5 %
Cara mengerjakan :
1⁄8 x 100 % = 100⁄8 % = 12,5 %
2. 2⁄6 = 33,33 %
Cara mengerjakan :
2⁄6 x 100 % = 200⁄6 % = 33,33 %
3. 4⁄10= 40 %
Cara mengerjakan :
4⁄10 x 100 % = 400⁄10 % = 40 %
4. 5⁄25 = 20 %
Cara mengerjakan :
5⁄25 x 100 % = 500⁄25 % = 20 %
5. 7⁄28 = 25 %
Cara mengerjakan :
7⁄28 x 100 % = 700⁄28 % = 25 %
6. 10⁄20 = 50 %
Cara mengerjakan :
10⁄20 x 100 % = 1000⁄20 % = 50 %
7. 30⁄45 = 66,67 %
Cara mengerjakan :
30⁄45 x 100 % = 3000⁄45 % = 66,67 %
8. 20⁄50 = 40 %
Cara mengerjakan :
20⁄50 x 100 % = 200⁄50 % = 40 %
9. 25⁄40 = 62,5 %
Cara mengerjakan :
25⁄40 x 100 % = 2500⁄40 % = 62,5 %
10. 45⁄50 = 90 %
Cara mengerjakan :
45⁄50 x 100 % = 4500⁄50 % = 90 %
11. 24⁄100 = 24 %
Cara mengerjakan :
24⁄100 x 100 % = 2400⁄100 % = 24 %
12. 25⁄125 = 20 %
Cara mengerjakan :
25⁄125 x 100 % = 2500⁄125 % = 20 %
13. 40⁄160 = 25 %
Cara mengerjakan :
40⁄160 x 100 % = 4000⁄160 % = 25 %
14. 5⁄200 = 2,5 %
Cara mengerjakan :
5⁄200 x 100 % = 500⁄200% = 2,5 %
15. 230⁄250 = 92 %
Cara mengerjakan :
230⁄250 x 100 % = 23000⁄250 % = 92 %
Jumat, 20 Agustus 2021
PEMBELAJARAN TEMA 2 SUBTEMA 2 PB 5 KELAS 6
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Berikut postingan tugas hari ini. silahkan kalian kerjakan dan pahami dengan cermat!
Materi Pembelajaran IPS KD 3.4 dan 4.4
Setelah peristiwa pembacaan proklamasi kemerdekaan Negara Indonesia, bukan berarti penjajahan di Indonesia telah berakhir. Namun, penjajahan tetap ingin menguasai Indonesia. Oleh karena itu berbagai perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan terus dilakukan oleh rakyat Indonesia di berbagai darah. Perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dilakukan dengan dua cara yaitu perjuangan fisik dan perjuangan diplomasi. Perjuangan fisik yaitu perjuangan rakyat yang dilakukan dengan cara bertempur dengan penjajah. Contohnya pertempuran di Surabaya, pertempuran di Ambarawa, pertempuran di Semarang, Pertempuran di Bandung, dan sebagainya.
Pada pertemuan sebelumnya kamu telah dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mencari informasi dan membuat peta pikiran mengenai upaya-upaya pemerintah Indonesia mempertahankan kemerdekaan di beberapa wilayah Indonesia.
Ayo berlatih 1
Sekarang coba sampaikan peta pikiran yang telah kalian buat ke dalam video.
Materi Pembelajaran SBDP KD 3.3 dan 4.3
Ayo berkreasi
Pada pembelajaran lalu kalian sudah mempelajari beberapa gerakan tari Indang. Berlatihlah kembali supaya gerakanmu menjadi lancar dan luwes! Dengan berlatih terus-menerus, kamu pasti akan bisa melakukannya.
Ayo berlatih 2
Ayo lakukan
Setelah mengamati dan mempelajari gerakan tari Indang, Praktikkan setiap gerakan bersama temanmu atau sendiri.
Ayo berlatih 3
Setelah membaca teks, cobalah untuk menjawab pertanyaan berikut dengan benar!
- Sudahkah kamu menguasai seluruh gerakan tari Indang?
- Adakah bagian yang sulit ketika kalian mepraktekannya?
- Jelaskan bagian mana gerakan tari Indang yang sudah bisa kamu kuasai!
- Jelaskan pula bagian mana yang belum kamu kuasai!
- Apa rencanamu untuk mendapatkan gerakan yang lebih baik lagi?
Sabtu, 14 Agustus 2021
PEMBELAJARAN TEMA 2 SUBTEMA 3 PB 5 KELAS 6
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Berikut postingan tugas hari ini. silahkan kalian kerjakan dan pahami dengan cermat!
- Siswa dapat menyebutkan keadaan ekonomi dalam menuju masyarakat sejahtera.
- Siswa dapat mengenal pola lantai suatu tarian
- Tari Gatotkaca dari Jawa Tengah.
- Tari Gambir Anom berasal dari Jawa Tengah.
- Tari Panji Semirang berasal dr Bali.
- Tari Gambyong berasal dr Surakarta, Jawa Tengah.
- Tari Topeng Kelana berasal dari Jawa Barat.
- Tari Kethuk Tilu dari Jawa Barat
- Tari Jaipong dari Jawa Barat
- Tari Zapin.
- Tari Saman dari Aceh.
- Tari Piring dari Sumatra Barat
- Tari Serampang Dua Belas dari Sumatra Utara
- Tari Payung dari Sumatra Barat
- Tari Legong dari Bali.
- Tari Saman dari Aceh.
- Bali = Tari Kecak.
- Sulawesi Selatan = Tari Kipas Pakarena,
- Yogyakarta = Tari Bedhaya Ketawang.
- Jawa Tengah = Tari Serimpi.
- Kalimantan Timur = Tari Gantar.
- Sulawesi Utara = Tari Maengket.
- Maluku = Tari Cakalele
Pada pembelajaran 4 kamu telah menyelesaiakn buku mini yang menceritakan tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan rakyat beserta contohnya.
Ayo berlatih 2
Baca buku mini tersebut dalam hati. kemudian, lengkapi peta pikiran berikut berdasarkan cerita dalam buku mini kalian!
PEMBELAJARAN TEMA 2 SUBTEMA 3 PB 2 KELAS 6
- Menjalankan piket kelas
- Saling membantu teman yang kesulitan
- Mentaati peraturan sekolah
- Membantu adik yang kesulitan belajar
- Membantu pekerjaan Ibu
- Saling menyayangi anggota keluarga
- Menghormati ayah dan ibu serta kakak
- Saling menghormati orang yang berbeda suku
- Tidak membeda-bedakan suku
- Membersihkan lingkungan bersama-sama
- Menjenguk warga yang sakit
- Bekerja sama dalam menjaga keamanan lingkungan
- Bergotong royong membangun lingkungan sekitar
- Menghormati budaya lain
a. ikut melaksanakan kerja bakti tanpa memandang perbedaan yang ada.
b. menjenguk teman atau tetangga yang sedang sakit.
c. menghargai perbedaan pendapat ketika bermusyawarah.
d. mengedepankan sikap saling menghormati antar sesama.
e. Mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi atau golongan.
- Apakah arti dari Persatuan?
- Apakah makna dari kalimat "Bersatu Kita Teguh".?
- Mengapa persatuan dan kesatuaan sangat penting bagi bangsa Indonesia?
- Berilah contoh persatuan di lingkungan sekolah!
- Berikan 3 contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermsyarakat!
- Tari indang juga disebut tari......
- Tari Indang berasal dari daerah......
- Gerakan tari Indang bersifat.....
- Gerakan dalam tari Indang sangat membutuhkan.....
- Tari indang diiringi oleh.....
- Pola lantai yang digunakan dalam tari Indang adalah......
- Zaman dahulu tari Indang berfungsi sebagai.....