Selamat Datang

Selamat Datang di Blog Santi Yuliani.

Seminar Offline dan Online IGI

Kegiatan Workshop Sagusablog, Menuju Sekolah Cerdas 4.0.

Gerakan LIterasi Membaca

Meningkatkan kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui Gerakan Literasi Membaca.

Sabtu, 28 Agustus 2021

SOAL TEMATIK KELAS 6 TEMA 2 SUBTEMA 3 BERSATU KITA TEGUH DAN KUNCI JAWABAN


Soal Tematik Kelas 6 SD Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh dan Kunci Jawaban

SOAL TEMATIK KELAS 6 SD KURIKULUM 2013 ( K13 )
Tema : 2 – Persatuan Dalam Perbedaan
Subtema : 3 – Bersatu Kita Teguh

Keterangan soal :
Jumlah soal pilihan ganda : 25
Jumlah soal isian singkat : 10
Jumlah soal uraian : 5

A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!

1. Negara Indonesia merupakan negara yang terdiri dari suku bangsa yang ….
a. Homogen
b. Universal
c. Beraneka ragam
d. Tunggal

2. Negara Indonesia dapat mencapai kemerdekaan karena ….
a. Rakyatnya yang bersatu padu
b. Rakyatnya pandai melakukan silat
c. Rakyatnya gagah dan berani
d. Rakyatnya yang pintar persenjataan

3. Naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia diketik oleh ….
a. Achmad Soebarjo
b. Soekarno
c. Moh. Hatta
d. Sayuti Melik

4. Atlit itu membeli obat di apotik sesuai jadual
Perbaikan kalimat di atas dengan menggunakan kata baku yang benar adalah ….
a. Atlit itu membeli obat di apotek sesuai jadwal
b. Atlet itu membeli obat di apotik sesuai jadwal
c. Atlet itu membeli obat di apotek sesuai jadwal
d. Atlit itu membeli obat di apotik sesuai jadwal

5. Kalimat di bawah ini yang menggunakan kata baku adalah ….
a. Andi membeli obat di apotik
b. Santi adalah seorang atlit bulutangkis
c. Bu Rani sedang memberi nasihat kepada anaknya
d. Sandi membawa kuwitansi belanja ibunya

6. Kata-kata di bawah ini yang tidak termasuk kata baku adalah ….
a. Antri
b. Adjad
c. Atsmosfer
d. Cendekiawan

7. Ulat sutera adalah contoh hewan yang dimanfaatkan manusia sebagai bahan ….
a. Pangan
b. Tenaga
c. Sandang
d. Bangunan

8. Contoh hewan yang dimanfaatkan manusia sebagai bahan pangan adalah ….
a. Anjing dan kucing
b. Ayam dan kelinci
c. Ayam dan Elang
d. Sapi dan Kucing

9. Hewan sangat bermanfaat bagi manusia, contohnya adalah hewan sapi yang dagingnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan dan kulitnya sebagai ….
a. Bahan obat-obatan
b. Bahan peledak
c. Bahan Kerajinan
d. Bahan elektronik

10. Akar alang-alang adalah bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai obat ….
a. Kangker
b. Panas dalam
c. Diare
d. Flu

11. Tumbuhan yang dimanfaatkan manusia untuk membuat kain katun adalah …..
a. Kapas
b. Sutera
c. Daun Kelapa
d. Serat Pandan

12. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan manusia sebagai bahan bangunan adalah ….
a. Pisang, kelapa dan jati
b. Jati, tebu dan kumis kucing
c. Pinus, rotan dan sagu
d. Jati, mahoni dan meranti

13. Dibawah ini yang tidak termasuk manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia adalah ….
a. Sebagai bahan obat
b. Sebagai bahan makanan
c. Sebagai bahan kerajinan
d. Sabagai bahan tambang

14. Kayu pinus digunakan manusia sebagai bahan baku industri ….
a. Kabel
b. Kaca
c. Kertas
d. Karet

15. Salah satu bentuk manfaat yang kita rasakan dari kemerdekaan yang diperoleh bangsa Indonesia sebagai murid adalah …
a. Kita bebas masuk ke negara lain
b. Kita bisa belajar dengan tenang di sekolah
c. Kita bisa menanam padi di sawah
d. Kita bisa bermain dengan gembira

16. Indonesia akan bisa tetap kuat jika seluruh rakyat mampu ….
a. Menguasai teknolgi paling baru
b. Menjunjung sikap kapitalisme
c. Menjajah bangsa lain
d. Menjaga persatuan dan kesatuan

17. Pak Dani membeli kambing Pak Rahmat untuk dijual kembali. Pak Dani membelinya seharga Rp1.500.000,- lalu menjualnya di pasar seharga Rp1.800.000,- . Berapa persenkah keuntungan yang diperoleh Pak Dani?
a. 50 %
b. 40 %
c. 30 %
c. 20 %

18. Siswa di kelas berjumlah 30 anak. Siswa laki-laki berjumlah 12 anak dan siswa perempuan berjumlah 18 anak. Persentase jumlah anak laki-laki terhadap jumlah seluruh siswa adalah ….
a. 10 %
b. 25 %
c. 40 %
c. 12 %

19. Di perpustakaan terdapat 200 koleksi buku yang terdiri dari 60 buku cerita anak, 90 buku perlajaran dan sisanya adalah buku motivasi. Berapakah persentase jumlah buku motivasi dari seluruh buku yang ada di perpustakaan?
a. 25 %
b. 45 %
c. 50 %
d. 75 %

20. 20 % dari pekerjaan orang tua murid kelas 6 SD Brilian Jaya adalah para wirausaha. Jika jumlah siswa kelas 6 adalah 60 anak, maka jumlah orang tua siswa yang pekerjaannya wirausaha adalah ….
a. 12 orang
b. 15 orang
c. 25 orang
d. 20 orang

21. Bayu ingin membeli tas di Toko Sejahtera. Harga tas tersebut adalah Rp125.000,00. Pada hari itu bayu mendapat diskon 10 %, jadi uang yang harus dibayarkan bayu untuk membeli tas tersebut sebesar ….
a. Rp120.000,-
b. Rp112.500,00
c. Rp100.000,00
d. Rp115.500,00

22. Harga sebuah jaket di Toko Sandang Baru adalah Rp120.000,00 , Karina ingin membeli jaket tersebut lalu ia mendapat diskon sebesar Rp18.000,00 . Jadi berapa persenkah Karina mendapatkan diskon dari jaket tersebut?
a. 10 %
b. 20 %
c. 15 %
d. 25 %

23. Pada tahun 2018 perbandingan umur Andika dan ayahnya adalah 3 : 8. Jika umur ayah Andika adalah 40 tahun maka umur Andika adalah ….
a. 10 tahun
b. 12 tahun
c. 18 tahun
d. 15 tahun

24. Perbandingan jumlah buah apel, mangga dan jeruk di sebuah toko adalah 3 : 5 : 4 . Jika jumlah buah mangga di toko tersebut adalah 30 buah. Maka jumlah ketiga buah tersebut adalah ….
a. 72 buah
b. 80 buah
c. 120 buah
d. 75 buah

25. Sepeda motor Pak Dedi dengan 4 liter bensin mampu menempuh jarak 60 km. Jiika di motor Pak Dedi terisi 7,5 liter maka sepeda motor Pak Dedi mampu menempuh jarak sejauh ….
a. 120 Km
b. 115 Km
c. 112,5 Km
d. 125,5 Km

B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!

1. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia merupakan kewajiban dari …..

2. Naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia yang tulisan tangan ditulis oleh ….

3. Pak Rahmad suka mengutamakan membeli barang yang punya kwalitas
Kata kwalitas dalam kalimat buntuk bakunya adalah ….

4. Daun Jambu biji dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit ….

5. Kuda dan Kerbau banyak dimanfaatkan manusia untuk digunakan ….

6. Kelapa Sawit dimanfaatkan manusia sebagai bahan baku industi ….

7. Indonesia merupakan negara yang terdiri dari banyak suku bangsa, maka persatuan itu adalah hal yang sangat ….

8. Harga sebuah sepatu adalah Rp80.000,00 jika pada akhir bulan ada diskon sebesar 25 %. Maka harga yang harus dibayar untuk membeli sepatu tersebut adalah ….

9. 60 % dari jumlah siswa SD Suka Makmur adalah laki-laki. Jika jumlah siswa SD Suka Makmur adalah 240 anak. Maka jumlah siswa perempuan adalah ….

10. Andi mempunyai 10 kelereng, Budi mempunyai 20 kelereng dan Diki mempunyai 25 kelereng. Perbandingan mereka bertiga adalah …..

C. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!

1. Mengapa kita perlu menjaga persatuan dan kesatuan dalam mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia?
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

2. Ubahlah kata-kata di bawah ini menjadi kata yang baku sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia!
a. Adzan
b. Ijasah
c. Jadual
d. Kreatifitas
e. Karir
f. Pebruari
g. Negri
h. Nafas
i. Propinsi
j. Kadaluwarsa
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

3. Sebutkan manfaat hewan bagi kehidupan manusia!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

4. Sebtukan 5 tumbuhan yang dimanfaatkan manusia sebagai bahan obat-obatan!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

5. Kebun buah milik Pak Santoso memiliki beragam jenih buah. Total semua pohon buah di dalamnya adalah 200 pohon. Terdiri dari 40 pohon mangga, 30 pohon jeruk, 45 pohon apel, 25 pohon durian, dan 60 pohon rambutan. Dari keterangan tersebut, hitunglah masing-masing persentase masing-masing pohon terhadap total seluruh pohon di kebun Pak Santoso!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

KUNCI JAWABAN SOAL ULANGAN TEMATIK
KELAS 6 SD TEMA 2 SUBTEMA 3 BERSATU KITA TEGUH

A. JAWABAN

1. c. Beraneka ragam
2. a. Rakyatnya yang bersatu padu
3. d. Sayuti Melik
4. c. Atlet itu membeli obat di apotek sesuai jadwal
5. c. Bu Rani sedang memberi nasihat kepada anaknya
6. a. Antri
7. c. Sandang
8. b. Ayam dan kelinci
9. c. Bahan Kerajinan
10. b. Panas dalam
11. a. Kapas
12. d. Jati, mahoni dan meranti
13. d. Sabagai bahan tambang
14. c. Kertas
15. b. Kita bisa belajar dengan tenang di sekolah
16. d. Menjaga persatuan dan kesatuan
17. c. 20 %
18. c. 40 %
19. a. 25 %
20. a. 12 orang
21. b. Rp. 112.500,00
22. c. 15 %
23. d. 15 tahun
24. a. 72 buah
25. c. 112,5 Km

B. JAWABAN

1. Seluruh rakyat Indonesia
2. Ir. Soekarno
3. Kualitas
4. Diare
5. Tenaganya
6. Minyak Goreng
7. Penting / Perlu Dijaga
8. Rp80.000,00 – ( Rp80.000,00 x 25 % ) = Rp80.000,00 – Rp20.000,00 = Rp60.000,00
9. 40 % x 240 anak = 96 anak
10. 10 : 20 : 25 = 2 : 4 : 5

C. JAWABAN

1. Kita perlu menjaga persatuan dan kesatuan dalam mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia karena dengan menjaga persatuan kesatuan maka bangsa Indonesia bisa tetap kuat, aman dan tenteram. Sehingga seluruh rakyat bisa bahu membahu untuk membuat Indonesia menjadi negara yang sejahtera dan semakin maju.

2. Mengubah kata-kata di bawah ini menjadi kata yang baku sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia :
a. Adzan = Azan
b. Ijasah = Ijazah
c. Jadual = Jadwal
d. Kreatifitas = Kreativitas
e. Karir = Karier
f. Pebruari = Februari
g. Negri = Negeri
h. Nafas = Napas
i. Propinsi = Propinsi
j. Kadaluwarsa = Kedaluwarsa

3. Manfaat hewan bagi kehidupan manusia antara lain sebagai berikut :
– Sebagai sumber bahan makanan
– Sebagai sumber bahan minuman
– Penghasil barang kerajinan
– Sebagai sumber bahan sandang
– Sebagai bahan obat-obatan
– Dimanfaatkan tenagannya

4. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan manusia sebagai bahan obat-obatan :
– Jahe untuk mengobati batuk
– Daun kumis kucing untuk mengobati ginjal
– Daun jambu biji untuk mengobati diare
– Belimbing wuluh bermanfaat untuk mengobati gusi berdarah dan sariawan
– Temulawak untuk melancarkan pencernaan
– Lidah buaya untuk mengobati diabetes dan radang tenggorokan
– Daun Jarak untuk mengobati gatal-gatal
– Daun beluntas untuk mengatasi bau badan dan bau mulut

5. Diketahui ;
Jumlah pohon buah di kebun Pak Santoso = 200 pohon
Jumlah pohon mangga = 40 pohon
Jumlah pohon jeruk = 30 pohon
Jumlah pohon apel = 45 pohon
Jumlah poho durian = 25 pohon
Jumlah pohon rambutan = 60 pohon

Presentasi masing-masing pohon terhadap total seluruh pohon di kebun Pak Santoso :
Jumlah pohon mangga = 40 pohon : 200 pohon x 100 % = 1/5 x 100 % = 20 %
Jumlah pohon jeruk = 30 pohon : 200 pohon x 100 % = 3/20 x 100 % = 15 %
Jumlah pohon apel = 45 pohon : 200 pohon x 100 % = 9/40 x 100 % = 22,5 %
Jumlah poho durian = 25 pohon : 200 pohon x 100 % = 1/8 x 100 % = 12,5 %
Jumlah pohon rambutan = 60 pohon : 200 pohon x 100 % = 3/10 x 100 % = 30 %

Kamis, 26 Agustus 2021

SOAL PILIHAN GANDA MATEMATIKA MENGUBAH PECAHAN BIASA MENJADI KE BENTUK PERSEN DAN SEBALIKNYA SERTA KUNCI JAWABAN

 

Latihan Soal Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Ke Bentuk Persen Dan Kunci Jawaban

A. Berilah Tanda Silang Pada Jawaban Yang Benar

1. Bentuk persen dari 1adalah ….
a. 50 %
b. 21 %
c. 15 %
d. 20 %

2. Pecahan persen dari 1adalah ….
a. 20 %
b. 25 %
c. 30 %
d. 28 %

3. Pecahan persen dari 1adalah ….
a. 33,33 %
b. 34,35 %
c.  44.44 %
d.  33,44 %

4. Pecahan persen dari 1adalah ….
a. 20 %
b. 30 %
c.  40 %
d.  50 %

5. Pecahan persen dari 2adalah ….
a. 68,88 %
b. 65,55 %
c. 66,67 %
d. 77,78 %

6. Pecahan persen dari 3adalah ….
a. 12,5 %
b. 37,5 %
c. 38,5 %
d. 33,5 %

7. Pecahan persen dari 6adalah ….
a. 75 %
b. 65 %
c. 55 %
d. 45 %

8. Pecahan persen dari 1550 adalah ….
a. 45 %
b. 15 %
c. 30 %
d. 60 %

9. Pecahan persen dari 21100 adalah ….
a. 20 %
b. 21 %
c. 40 %
d. 50 %

10. Pecahan persen dari 111125 adalah ….
a. 111 %
b. 88,8 %
c.  11,1 %
d.  12,5 %

B. Ubahlah Pecahan Biasa Di Bawah Ini Menjadi Persen

1. 18

2. 26

3. 410

4. 525

5. 728

6. 1020

7. 3045

8. 2050

9. 2540

10. 4550

11. 24100

12. 25125

13. 40160

14. 5200

15. 230250

Kunci Jawaban Latihan Soal Merubah Pecahan Biasa Menjadi Pecahan Desimal Dan Kunci Jawaban

A. Kunci Jawaban

1. d. 20 %
Cara mengerjakan :

1x 100 % = 100% = 20 %

2. b. 25 %

Cara mengerjakan :

1x 100 % = 100% = 25 %

3. a. 33,33 %

Cara mengerjakan :

1x 100 % = 100% = 33,33 %

4. d.  50 %

Cara mengerjakan :

1x 100 % = 100% = 50 %

5. c. 66,67 %

Cara mengerjakan :

2x 100 % = 200% = 66,666 % ( Dibulatkan menjadi 66,67 % )

6. b. 37,5 %

Cara mengerjakan :

3x 100 % = 300% = 37,5 %

7. a. 75 %

Cara mengerjakan :

6x 100 % = 600% = 75 %

8. c. 30 %

Cara mengerjakan :

1550 x 100 % = 150050 % = 30 %

9. b. 21 %

Cara mengerjakan :

21100 x 100 % = 2100100 % = 21 %


10. b. 88,8 %   Cara mengerjakan :

111125 x 100 % = 11100125 % = 88,8 %

atau

Cara mengerjakan :

111125 x 100 % = 111x 4 % = 88,8 %


B. KUNCI JAWABAN

1. 1= 12,5 %

Cara mengerjakan :

1x 100 % = 1008 % = 12,5 %
2. 2= 33,33 %

Cara mengerjakan :

2x 100 % = 2006 % = 33,33 %

3. 410= 40 %

Cara mengerjakan :

410 x 100 % = 40010 % = 40 %

4. 525 = 20 %

Cara mengerjakan :

525 x 100 % = 50025 % = 20 %

5. 728 = 25 %

Cara mengerjakan :

728 x 100 % = 70028 % = 25 %

6. 1020 = 50 %

Cara mengerjakan :

1020 x 100 % = 100020 % = 50 %

7. 3045 = 66,67 %

Cara mengerjakan :

3045 x 100 % = 300045 % = 66,67 %

8. 2050 = 40 %

Cara mengerjakan :

2050 x 100 % = 20050 % = 40 %

9. 2540 = 62,5 %

Cara mengerjakan :

2540 x 100 % = 250040 % = 62,5 %

10. 4550 = 90 %

Cara mengerjakan :

4550 x 100 % = 450050 % = 90 %

11. 24100 = 24 %

Cara mengerjakan :

24100 x 100 % = 2400100 % = 24 %

12. 25125 = 20 %

Cara mengerjakan :

25125 x 100 % = 2500125 % = 20 %

13. 40160 = 25 %

Cara mengerjakan :

40160 x 100 % = 4000160 % = 25 %

14. 5200 = 2,5 %

Cara mengerjakan :

5200 x 100 % = 500200% = 2,5 %

15. 230250 = 92 %

Cara mengerjakan :

230250 x 100 % = 23000250 % = 92 %

Jumat, 20 Agustus 2021

PEMBELAJARAN TEMA 2 SUBTEMA 2 PB 5 KELAS 6

 

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Berikut postingan tugas hari ini. silahkan kalian kerjakan dan pahami dengan cermat!

Materi Pembelajaran IPS KD 3.4 dan 4.4

Setelah peristiwa pembacaan proklamasi kemerdekaan Negara Indonesia, bukan berarti penjajahan di Indonesia telah berakhir. Namun, penjajahan tetap ingin menguasai Indonesia. Oleh karena itu berbagai perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan terus dilakukan oleh rakyat Indonesia di berbagai darah.  Perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dilakukan dengan dua cara yaitu perjuangan fisik dan perjuangan diplomasi. Perjuangan fisik yaitu perjuangan rakyat yang dilakukan dengan cara bertempur dengan penjajah. Contohnya pertempuran di Surabaya, pertempuran di Ambarawa, pertempuran di Semarang, Pertempuran di Bandung, dan sebagainya.

Pada pertemuan sebelumnya kamu telah dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mencari informasi dan membuat peta pikiran mengenai upaya-upaya pemerintah Indonesia mempertahankan kemerdekaan di beberapa wilayah Indonesia.

Ayo berlatih 1

Sekarang coba sampaikan peta pikiran yang telah kalian buat ke dalam video.

Materi Pembelajaran SBDP KD 3.3 dan 4.3

Ayo berkreasi

Pada pembelajaran lalu kalian sudah mempelajari beberapa gerakan tari Indang. Berlatihlah kembali supaya gerakanmu menjadi lancar dan luwes! Dengan berlatih terus-menerus, kamu pasti akan bisa melakukannya.

Ayo berlatih 2

Ayo lakukan

Setelah mengamati dan mempelajari gerakan tari Indang, Praktikkan setiap gerakan bersama temanmu atau sendiri. 

Ayo berlatih 3

Setelah membaca teks, cobalah untuk menjawab pertanyaan berikut dengan benar!

  1. Sudahkah kamu menguasai seluruh gerakan tari Indang?
  2. Adakah bagian yang sulit ketika kalian mepraktekannya?
  3. Jelaskan bagian mana gerakan tari Indang yang sudah bisa kamu kuasai!
  4. Jelaskan pula bagian mana yang belum kamu kuasai!
  5. Apa rencanamu untuk mendapatkan gerakan yang lebih baik lagi?
Setelah kalian mengerjakan tugas diatas selanjutnya kalian kerjakan soal Evaluasi berikut ini!
Silahkan kalian klik Disini
Atau bisa langsung mengerjakan soal pada google formulir berikut ini!

Sabtu, 14 Agustus 2021

PEMBELAJARAN TEMA 2 SUBTEMA 3 PB 5 KELAS 6


Materi Tema 2 Kelas 6 Subtema 3 Pembelajaran 5

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Berikut postingan tugas hari ini. silahkan kalian kerjakan dan pahami dengan cermat!

Untuk pembelajaran 5 pada subtema 3 ini terdiri dari 2 muatan pelajaran, yaitu: IPS dan SBdP. Tujuan pembelajaran 5 ini antara lain:
  • Siswa dapat menyebutkan keadaan ekonomi dalam menuju masyarakat sejahtera.
  • Siswa dapat mengenal pola lantai suatu tarian

Muatan IPS Subtema 3

Pada awal berdirinya Republik Indonesia, keadaan ekonomi Indonesia sangat buruk. Hari ini disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya harga barang-barang mahal akibat inflasi dan adanya blokade ekonomi oleh belanda (NICA) terhadap perekonomian Indonesia. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah beserta rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan. Pada awal kemerdekaan , pemerintah dan rakyat Indonesia belum sempat melakukan perbaikan ekonomi secara baik. Baru buan Februari 1946, pemerintah mulai memprakarsai usaha untuk memecahkan masalah-masalah ekonomi yang mendesak.

Beberapa upaya bangsa Indonesia dalam untuk meningkatkan kesejahteraan di awal kemerdekaan, antara lain:

1. Melakukan Pinjaman Nasional

Program Pinjaman Nasional ini merupakan sebuah kebijakan dari Menteri Keuangan. lr. Surachman. Dan pinjaman Nasional ini akan dibayarkan selama jangka waktu 40 tahun.

2. Mengadakan Konferensi Ekonomi

Konferensi ekonomi ini dihadiri oleh para cendekiawan, para gubernur, dan juga para pejabat lainnya yang bertanggung jawab langsung mengenai masalah ekonomi di daerah Jawa. Konferensi Ekonomi ini dipimpin oleh Menteri Kemakmuran, yaitu Ir. Darmawan Mangunkusumo. Konferensi Ekonomi ini bertujuan untuk memperoleh kesepakatan yang bulat dalam mengatasi beberapa permasalahan ekonomi yang mendesak, antara lain:
a. masalah produksi dan distribusi makanan, sandang,
b. masalah status dan administrasi perkebunan.

3. Pembentukan Badan Perancang Ekonomi

Gagasan Pembentukan Badan ini merupakan inisiatif dari Menteri Kemakmuran, yaitu dr. A.K. Gani.
Badan Perancang Ekonomi ini adalah badan tetap yang bertugas membuat rencana pembangunan ekonomi untuk jangka waktu 2 sampai 3 tahun.

4. Rencana Kasimo (Kasimo Plan)

Rencana Kasimi merupakan sebuah program yang disusun oleh Menteri Urusan Bahan Makanan I.J. Kasimo. Program ini berupa Rencana Produksi Tiga Tahun, yaitu untuk tahun 1948 sampai 1950. Salah satu usaha dalam program kasimo ini yaitu usaha swasembada pangan dengan memperhatikan beberapa petunjuk pelaksanaan yang praktis.

Untuk meningkatkan produksi bahan pangan pada program Kasimo ini, dilakukan:
a. menanami tanah-tanah kosong di daerah Sumatra Timur.
b. melakukan intensifikasi dengan cara menanam bibit unggul di daerah Jawa.
c. mencegah penyembelihan hewan-hewan yang berperan penting bagi produksi pangan.
d. membentuk kebun-kebun bibit di setiap desa.
e. melakukan transmigrasi.

5. Mendirikan Organisasi Persatuan Tenaga Ekonomi

Organisasi ini dipimpin B.R. Motik. Organisasi Persatuan Tenaga Ekonomi ini mempunyai tujuan untuk menggiatkan kembali partisipasi pengusaha swasta. Selain itu untuk menghilangkan individualisasi di kalangan organisasi pedagang sehingga bisa memperkokoh ketahanan ekonomi bangsa.

Ayo berlatih 1

Setelah membaca teks di atas sekarang cobalah untuk menyimpulkan teks pada bagan berikut!

Muatan Pembelajaran SBdP KD 3.3 dan 4.3

Pada pembelajaran yang lalu kalian sudah mempelajari gerakan dan pola lantai tari Indang. Sekarang cobalah untuk menampilkan seluruh gerakan dan pola lantai tari Indang bersama teman kelompokmu.

Tarian daerah bisa menjadi pemersatu sekaligus identitas setiap suku di Indonesia. Berdasarkan jumlah penarinya, tarian dikelompokan menjadi 3 macam, antara lain:

1. Tari tunggal atau solo

Tari tunggal adalah tarian yang dibawakan hanya satu orang penari.
Contoh tari tunggal antara lain:
  • Tari Gatotkaca dari Jawa Tengah.
  • Tari Gambir Anom berasal dari Jawa Tengah.
  • Tari Panji Semirang berasal dr Bali.
  • Tari Gambyong berasal dr Surakarta, Jawa Tengah.
  • Tari Topeng Kelana berasal dari Jawa Barat.
2. Tari berpasangan atau duet

Tari berpasangan adalah tarian yang dibawakan oleh dua orang penari. Tari berpasangan ini biasanya terdiri dari 2 sampai 4 pasangan.
Contoh tari berpasangan antara lain:
  • Tari Kethuk Tilu dari Jawa Barat
  • Tari Jaipong dari Jawa Barat
  • Tari Zapin.
  • Tari Saman dari Aceh.
  • Tari Piring dari Sumatra Barat
  • Tari Serampang Dua Belas dari Sumatra Utara
  • Tari Payung dari Sumatra Barat
  • Tari Legong dari Bali.
3. Tari kelompok

Tari kelompok adalah tarian yang dibawakan oleh lebih dari dua orang penari. Tarian kelompok biasanya dibawakan oleh 5 sampai 7 orang di dalamnya.
Contoh tari kelompok antara lain:
  • Tari Saman dari Aceh.
  • Bali = Tari Kecak.
  • Sulawesi Selatan = Tari Kipas Pakarena,
  • Yogyakarta = Tari Bedhaya Ketawang.
  • Jawa Tengah = Tari Serimpi.
  • Kalimantan Timur = Tari Gantar.
  • Sulawesi Utara = Tari Maengket.
  • Maluku = Tari Cakalele
Materi Pembelajaran 6 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6

Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia KD 3.4 dan 4.4

Pada pembelajaran 4 kamu telah menyelesaiakn buku mini yang menceritakan tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan rakyat beserta contohnya.

Ayo berlatih 2

Baca buku mini tersebut dalam hati. kemudian, lengkapi peta pikiran berikut berdasarkan cerita dalam buku mini kalian!

Sekarang lengkapi peta pikiran di bawah berdasarkan cerita dalam buku mini!



Ayo berdiskusi

Setelah membuat buku mini tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan masyarakat, sekarang saatnya kamu membacakan dan mempresentasikan buku minimu tersebut dalam bentuk video!

Materi Pembelajaran PPKn KD 3.4 dan 4.4

Masih ingatkah kamu ungkapan "bersatu kita teguh bercerai kita runtuh"? Ungkapan ini dapat diartikan bahwa segala sesuatu akan berhasil apabila dikerjakan secara bersama-sama (bergotong royong). Ungkapan ini sangat tepat dijadikan pedoman bangsa Indonesia yang terdiri dari banyak perbedaan. Jika bangsa Indonesia bersatu maka akan lebih kuat dlam menghadapi berbagai ancaman atau gangguan. Mengingat begitu banyaknya manfaat persatuan dan kesatuan maka dalam kehidupan sehari-hari kita juga harus menjaga persatuan dan kesatuan.

Ayo Berlatih 3

Amatilah lingkungan sekitarmu yang menunjukkan contoh persatuan dan kesatuan. Diskusikan dengan teman kelompokmu manfaat yang diperoleh dengan adanya persatuan dan kesatuan tersebut!

Selanjutnya kalian kerjakan soal Evaluasi tema 2 subtema 3 pembelajaran 5 dan 6. Silahkan kalian klik Disini.
Kalian bisa juga langsung mengerjakan di google formulir berikut ini!





Selamat mengerjakan.

PEMBELAJARAN TEMA 2 SUBTEMA 3 PB 2 KELAS 6


Materi Pembelajaran 2

Pada pembelajaran 2 ini terdiri dari 2 muatan pelajaran saja, yaitu mupel PPKn dan SBdP. Dengan tujuan pembelajaran sebagai berikut:

a. Siswa dapat menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan.

b. Siswa bisa mengenal Tari Indang dan pola lantainya.

Muatan PPKn KD 3.4 dan 4.4

Ayo membaca

Arti Penting Persatuan dan Kesatuan

Persatuan mengandung arti "bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi". Persatuan Indonesia berarti persatuan bangsa yan mendiami wilayah Indonesia.

Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia karena negara kitaa terdiri atas berbagai suku, agama, dan ras. Persaatuan dan kesatuan meupakan hal yang sangat penting. baik dalam rangka merebut, mempertahankan, maupun mengisi kemerdekaan. "bersatu Kita Teguh" mengandung makna menyaatunya berbagi unsur dan perbedaan yang ada menjadi suatu kesatuan yang utuh dan serasi sehingga muncul suatu kekuatan. Bangsa Indonesia telh membuktikan bahwa dengan persatuan dan kesatuan, kita mampu menghadapi penjajah dan akhirnya meraih kemerdekaan.

Menjalin persatuan dan kesatuan dapat dilakukan di berbagai lingkungan yaitu: lingkungan sekolah, rumah dan masyarakat.

Contoh perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan sebagai berikut:
1. Persatuan dilingkungan Sekolah
  • Menjalankan piket kelas
  • Saling membantu teman yang kesulitan
  • Mentaati peraturan sekolah
2. Persatuan di lingkungan sekolah
  • Membantu adik yang kesulitan belajar
  • Membantu pekerjaan Ibu
  • Saling menyayangi anggota keluarga
  • Menghormati ayah dan ibu serta kakak
3. Persatuan di lingkungan masyarakat
  • Saling menghormati orang yang berbeda suku
  • Tidak membeda-bedakan suku
  • Membersihkan lingkungan bersama-sama
  • Menjenguk warga yang sakit
  • Bekerja sama dalam menjaga keamanan lingkungan
  • Bergotong royong membangun lingkungan sekitar
  • Menghormati budaya lain
Beberapa contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:
a. ikut melaksanakan kerja bakti tanpa memandang perbedaan yang ada.
b. menjenguk teman atau tetangga yang sedang sakit.
c. menghargai perbedaan pendapat ketika bermusyawarah.
d. mengedepankan sikap saling menghormati antar sesama.
e. Mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi atau golongan.

Ayo berlatih 1

Setelah membaca teks, cobalah untuk menjawab pertanyan berikut dengan benar!
  1. Apakah arti dari Persatuan?
  2. Apakah makna dari kalimat "Bersatu Kita Teguh".?
  3. Mengapa persatuan dan kesatuaan sangat penting bagi bangsa Indonesia?
  4. Berilah contoh persatuan di lingkungan sekolah!
  5. Berikan 3 contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermsyarakat!

Ayo Berlatih 2

Ayo Menulis
Cobalah kalian untuk menulis suatu cerita tentang manfaat persatuan dan kesatuan berdasarkan pengalamanmu. Cerita yang kamu buat harus memuat kejadian yang kamu alami, manfaat persatuan dan kesatuan, tempat kejadian dan waktu kejadian. Setelah selesai bacakanlah ceritamu  dalam bentuk video!

Ayo membaca

Makna semboyan “Satu Nusa Satu Bangsa Satu Bahasa Indonesia”
Satu Nusa mempunyai makna bahwa setiap orang harus merasa memiliki satu tanah air yang sama, yaitu tanah air Indonesia.
Satu Bangsa mempunyai makna bahwa walaupun kita berasal dari suku bangsa yang berbeda, namun kita sejatinya tetap satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia.
Satu Bahasa mempunyai makna bahwa dalam mewujudkan persatuan bangsa, kita harus menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu antar suku bangsa di Indonesia.

Alasan persatuan dan kesatuan sangat penting dalam mengusir penjajah karena dengan adanya semangat persatuan maka akan timbul perasaan senasib, sebangsa sehingga akan ada keinginan yang kuat untuk bekerja sama dalam mengusir penjajah dari Indonesia.

Apa yang terjadi jika bangsa Indonesia tidak bersatu dan perjuangan hanya bersifat kedaerahan?
Jika perjuangan bersifat kedaerahan maka mudah untuk dipatahkan bahkan mudah untuk diadudomba dengan perjuangan dari daerah yang lain. Sehingga kita akan kesulitan dalam mengusir penjajah.

Makna dari peribahasa Bersatu kita Teguh bercerai kita runtuh antara lain: sesuatu akan berhasil kita raih apabila dikerjakan secara bersama sama atau dengan kerjasama.

Muatan SBdP KD 3.3 dan 4.3

Tari Indang sering disebut tari Dindin Badindin.

Tari Indang merupakan salah satu tarian khas dari daerah Pariaman, Sumatra Barat. Gerakan tari yang tegas serta diiringi dengan tuturan lisan. Dan Tari Indang ini mirip dengan tarian Saman yang berasal dari daerah Aceh. Namun, gerakan tari Indang lebih variatif dan sarat akan dakwah, Indang sebenarnya merujuk pada alat musik menyerupai rebana.

Alat musik pengiring tari Indang adalah rebana dengan ukuran sekitar 18 sampai 25 cm. Ini juga menjadi pembeda antara tari Indang dengan tari saman. Jika tari saman menggunakan pelafalan serta bunyi-bunyian A Capella yang berasal dari tepuk tangan dn anggota badan, tari indang banyak menggunakan indang sebagai pengatur tempo musik. Pola lantai tari Indang adalah hprizontal (lurus). Penari berbaris membentuk garis lurus ke samping.

Tari indang diperkirakan diadaptasi dari kebudayaan Arab. Dengan bukti Indang yang digunakan serta penuturan lisan yang mengiringi tarian sarat akan shalawat dan dakwah. Fungsi dari tarian Indang yaitu awalnya tarian ini sebagai alat untuk berdakwah. Tari Indang dulunya dimainkan oleh pemuda-pemuda selepas mengaji di surau-surau. Nyanyian disesuaikan dengan tujuannya sebagai sarana pendidikan dan dakwah Islam. Pada masa-masa berikutnya barulah kemudian tarian ini berkembang menjadi tari yang sifatnya hiburan, tanpa menghilangkan sisi dakwah tentunya.

Jumlah penari pada tari Indang bervariasi, yaitu antara 9 sampai 25 orang yang penting jumlahnya ganjil. Gerakan dibuat dinamis dan bervariasi. Sesekali para penari memegang dan memukul Indang untuk menghasilkan bunyi-bunyian sekaligus mengatur tempo.  Kadang Indang ditaruh di depan, dan sesekali di jentik dengan jari mereka. Gerakan tari kadang meliuk ke depan dan ke belakang berselang seling. Kadang ke kanan dan kekiri secara bergantian. Namun masih tetap dalam satu shaf (barisan).

Ada dua hal wajib yang harus ada dalam permainan tari ini.
1. Tukang Zikir
Orang ini biasanya berada di belakang di luar barisan penari. Tugasnya adalah untuk menyanyikan nyanyian tari. Tukang Zikir biasanya berjumlah satu orang. Saat tukang zikir menyanyi, nyanyian akan diulang dan diikuti semua penari secara bersama-sama.

2. Tukang Alih
Orang ini berfungsi sebagai pemimpin tarian. serta penentu perubahan setiap gerakan tari. Posisinya tergabung di dalam penari. ia akan memberikan beberapa kode saat momen pergantian gerakan. Selain itu, tukang alih juga berperan dalam mengatur tempo dan dinamika tarian.

Dahulunya musik yang digunakan berasal dari Indang itu sendiri, serta diiringi dengan nyanyian yang dilafalkan tukang zikir. Masa itu tarian ini berfungsi terbatas untuk media dakwah. Lain halnya dengan perkembangan sekarang, dimana taarian juga berfungsi sebagai media hiburan. Zaman sekarang, musik yang lazim dipakai adalah lagu dindin badindin,yang dipopulerkan oleh Elly Kasim dan Tiar Ramon pada tahun 1980-an. Sehingga wajar sajaa kemudian tari Indang juga dikenal sebagai tari Dindin Bandindin.

Ayo berlatih 3 

Setelah membaca teks, cobalah untuk menjawab pertanyaan berikut dengan benar!
  1. Tari indang juga disebut tari......
  2. Tari Indang berasal dari daerah......
  3. Gerakan tari Indang bersifat.....
  4. Gerakan dalam tari Indang sangat membutuhkan.....
  5. Tari indang diiringi oleh.....
  6. Pola lantai yang digunakan dalam tari Indang adalah......
  7. Zaman dahulu tari Indang berfungsi sebagai.....
Selanjutnya kalian kerjakan soal Evaluasi Tema 2 Subtema 3 Pb 2