Kamis, 05 Agustus 2021

PEMBELAJARAN TEMA 2 SUBTEMA 1 PB 2 KELAS 6

 Assalamu'alaikum wr.wb. 

Salam sejahtera bagi kita semua. Bagaimana kabar anak-anak hebat hari ini? ibu berharap kalian senantiasa dalam lindungan Allah SWT Aamiin. Kalian harus tetap semangat yah walaupun pembelajaran saat ini melalui PJJ Online. tidak mengurangi semangat kalian dalam belajar. 

Pada pertemuan kali ini kalian akan belajar tentang Tema 2 subtema 2 pb 2 yang memuat Mapel: PPKn dan SBDP.

Pembelajaran 2

Materi Pelajaran PPKN KD 3.4 dan 4.4

Ayo Membaca

Menceritakan Pengalaman Hidup Rukun

Bacalah teks berikut dengan cermat!

Perbedaan yang menguatkan

Kampung cempaka adalah sebuah kampung transmigran. Warganya berasal dari berbagai daerah padat di pulau jawa. Hal itu menjadikan mereka berbeda suku maupun agama. Di kampung Cempaka, hiduplah lima orang sahabat. Ada Asnah, yang berdarah Sunda, Utami dari Banyuwangi, Toni, seorang anak etnis Tionghoa yang sebelumnya tinggal di Semarang. Wande dari suku Tengger di Jawa Timur, dan Marta, anak seorang pendeta yang dahulu tinggal di Solo.

Di Kampung Cempaka, rumah mereka bersebelahan dan mereka pergi ke Sekolah yang sama. Itu sebabnya mereka sangat akrab. Mereka suka bermain bersama dan sering menghabiskan waktu di rumah satu sama lain. Meskipun berbeda suku, kebersamaan begitu kental terlihat dalam keseharian mereka. Bersama anak-anak lain di kampung Cempaka, mereka setiap akhir minggu berkumpul  di balai utama kampung. Biasanya, selain berolahraga bersama, mereka juga kerap berkeliling ke rumah warga membantu melakukan apa saja yang dibutuhkan warga. Kadang-kadang mereka membantu warga lanjut usia, sekedar membereskan  rumah atau menyiapkan makanan. Sesekali mereka juga membantu orang tua yang sedang bekerja bakti membersihkan lingkungan.

Dari Toni, mereka belajar menari Barongsai. Lalu mereka ajarkan tarian itu kepada anak-anak sekampung. Sementara itu, setiap tiba saat panen Wanda dan keluarganyaakan sibuk memimpin warga membuat Tumpeng Gede, yaitu nasi khas dari daerah Tengger yang dibuat untuk mensyukuri berkah Tuhan dalam wujud panen raya.

Sikap toleransi yang ditunjukkan kelima sahabat itu memang sekadar berupa hal-hal kecil. Hal kecil dalam keseharian itulah yang mencerminkan kehidupan Bhinneka Tunggal Ika di Kampung Cempaka yang kaya akan perbedaan. Mereka hidup damai berdampingan dan tulus saling menjaga.

Ayo berlatih 1

Setelah membaca teks,, cobalah untuk menjawab pertanyaan berikut dengan benar!

  1. Sebutkan perbedaan yang terdapat di kampung Cempaka?
  2. Bagaimana mereka menyikapi perbedaan tersebut?
  3. Apa manfaat hidup rukun?
  4. Bagaimana jika tidak ada kerukunan di antara warga Kampung Cempaka?

Ayo berlatih 2

Ayo buatlah cerita pengalamanmu tentang hidup rukun di lingkungan tempat tinggalmu sebagai penerapan persatuan! Jelaskan tentang perbedaan yang ada, kegiatan yang dilakukan kalian, teman/warga bersama-sama secara rukun, sikapmu atau sikap keluargamu terhadap perbedaan yang ada, dan manfaat yang kam rasakan dari persatuan dalam perbedaan.

Materi Pembelajaran SBDP KD 3.3 dan 4.3

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut dengan cermat!

Tari Lego-lego Tarian Tradisional dari Pulau Alor, NTT

Tari Lego-lego adalah Salah satu tarian tradisional masyarakat di pulau Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tarian ini biasanya dimainkan oleh penari pria dan wanita secara massal. Dalam tarian ini mereka menari dengan saling bergandengan dan membentuk formasi melingkar mengelilingi Mesbah. Mesbah merupakan suatu benda yang disakralkan oleh masyarakat Alor.

Tari Lego-lego merupakan ungkapan rasa syukur dan kebahagiaan masyarakat terhadap tuhan. Selain itu dalam tarian ini juga menggambarkan semangat persatuan dan kebersamaan masyarakat Alor yang terjalin erat melalui sebuah gerak tarian. Hal ini terlihat dari para penari yang saling bergandengan dan berkumpul menjadi satu untuk merayakannya bersama tanpa membedakan status sosial, jenis kelamin, dan lain sebagainya.

Gerakan dalam Tarian Lego-lego ini tergolong sederhana, gerakan tersebut biasanya didominasi oleh gerakan kaki maju-mundur atau ke kanan dan ke kiri. Namun dalam tarian ini sangat membutuhkan kekompakkan dalam menarikannya. Karena apabila tidak kompak maka suara gelang kaki akan terdengar rancu. Selain itu penari juga bisa terjatuh dan kehilangan keseimbangan.

Ayo berlatih 3

Setelah membaca teks, cobalah untuk menjawab pertanyaan berikut dengan benar!

  1. Apa yang kamu ketahui tentang tari Lego-lego?
  2. Mengapa tari Lego-lego disebut sebagai lambang persatuan?
  3. Apa makna yang terkandung dalam tarian tersebut?
  4. Bagaimana gerakan pada tari Lego-lego?

Ayo Membaca

Pola Lantai Pada Seni Tari

Ingat kembali tentang Tari Lego-lego pada teks sebelumnya. Dalam pertunjukkan tari Lego-lego penari berkumpul menjadi satu barisan, saling bergandengan dan membentuk lingkaran. Para penari membentuk posisi tertentu dalam tarian. Ada sebuah tari yang jika diamati, posisi penari membuat bentuk atau formasi tertentu. Bentuk atau formasi tertentu yang dibuat penari dalam sebuah tari dinamakan pola lantai. Pola lantai juga dapat diartikan sebagai garis yang dilalui penari pada saat melakukan gerak tari. Pada dasarnya, ada dua pola garis dasar pada lantai, yaitu garis lurus dan garis lengkung. Garis lurus memberikan kesan sederhana tetapi kuat. Sedangkan garis lengkung memberikan kesan lembut tetapi lemah.

Dalam sebuah tarian (terutama tari kelompok), pola lantai peru diperhaikan. Ada beberapa macam pola lantai pada tarian, antara lain:

Pola Lantai Vertikal

Pada pola lantai vertikal, penari membentuk garis vertikal, yaitu garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya. Pola lantai ini banyak digunakan pada tari klasik. Pola lurus memberi kesan sederhana tetapi kuat.

Pola Lantai Horizontal


Pada pola lantai ini, penari berbaris membentuk garis lurus ke samping.

Pola Lantai Diagonal

Pada pola lantai diagonal, penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri.

Pola Lantai Garis Melengkung

Pada pola lantai garis melengkung, penari membentuk garis lingkaran, pola lantai lengkung ular, dan pola lantai angka delapan.

Untuk lebih lengkapnya kalian bisa Klik link materi Macam-macam Pola Lantai pada Seni Tari

Ayo berlatih 4

Setelah membaca teks, cobalah untuk menjawab pertanyaan berikut dengan benar!

  1. Apa yang kamu ketahui tentang pola lantai?
  2. Tuliskan macam-macam pola lantai!
  3. Berilah 3 contoh nama tarian beserta pola lantainya!
Ayo Lakukan

Untuk menambah pengetahuan tentang pola lantai tari lakukan kegiatan berikut!
  1. Temukan berbagai tari daerahmu!
  2. Sebutkan pola lantai tariannya!
  3. Praktekkan pola lantai satu tarian bersama temanmu dan tuliskan langkah-langkahnya!
  4. Kamu bisa menambah menggambar pola tarian tersebut.
Materi Matematika silahkan kalian baca dan pahami dan kerjakan tugas yang diberikan di link blog berwarna biru. kalian Klik Materi Perkalian dan pembagian bilangan bulat 

Setelah kalian membaca artikel materi Tema 2 Subtema 1 Pb 2 dan Materi Matematika perkalian dan pembagian bilangan bulat sampai selesai. Tentunya kalian sudah mencatat hal-hal yang penting dan pasti sudah mencatat tugas yang ibu berikan. 

Apakah kalian sudah memahami materinya ? Jika sudah. Ayo, kerjakan soal dibawah ini yah .
Tulis namamu dengan lengkap yah dan menggunakan huruf kapital.

Soal Evaluasi Matematika bisakalian klik Link berikut ini! Klik Soal Evaluasi Matematika Perkalian dan pembagian bilangan bulat

Atau bisa langsung kalian kerjakan di lembar formulir berikut!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar