Sabtu, 14 Agustus 2021

PEMBELAJARAN TEMA 2 SUBTEMA 3 PB 5 KELAS 6


Materi Tema 2 Kelas 6 Subtema 3 Pembelajaran 5

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Berikut postingan tugas hari ini. silahkan kalian kerjakan dan pahami dengan cermat!

Untuk pembelajaran 5 pada subtema 3 ini terdiri dari 2 muatan pelajaran, yaitu: IPS dan SBdP. Tujuan pembelajaran 5 ini antara lain:
  • Siswa dapat menyebutkan keadaan ekonomi dalam menuju masyarakat sejahtera.
  • Siswa dapat mengenal pola lantai suatu tarian

Muatan IPS Subtema 3

Pada awal berdirinya Republik Indonesia, keadaan ekonomi Indonesia sangat buruk. Hari ini disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya harga barang-barang mahal akibat inflasi dan adanya blokade ekonomi oleh belanda (NICA) terhadap perekonomian Indonesia. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah beserta rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan. Pada awal kemerdekaan , pemerintah dan rakyat Indonesia belum sempat melakukan perbaikan ekonomi secara baik. Baru buan Februari 1946, pemerintah mulai memprakarsai usaha untuk memecahkan masalah-masalah ekonomi yang mendesak.

Beberapa upaya bangsa Indonesia dalam untuk meningkatkan kesejahteraan di awal kemerdekaan, antara lain:

1. Melakukan Pinjaman Nasional

Program Pinjaman Nasional ini merupakan sebuah kebijakan dari Menteri Keuangan. lr. Surachman. Dan pinjaman Nasional ini akan dibayarkan selama jangka waktu 40 tahun.

2. Mengadakan Konferensi Ekonomi

Konferensi ekonomi ini dihadiri oleh para cendekiawan, para gubernur, dan juga para pejabat lainnya yang bertanggung jawab langsung mengenai masalah ekonomi di daerah Jawa. Konferensi Ekonomi ini dipimpin oleh Menteri Kemakmuran, yaitu Ir. Darmawan Mangunkusumo. Konferensi Ekonomi ini bertujuan untuk memperoleh kesepakatan yang bulat dalam mengatasi beberapa permasalahan ekonomi yang mendesak, antara lain:
a. masalah produksi dan distribusi makanan, sandang,
b. masalah status dan administrasi perkebunan.

3. Pembentukan Badan Perancang Ekonomi

Gagasan Pembentukan Badan ini merupakan inisiatif dari Menteri Kemakmuran, yaitu dr. A.K. Gani.
Badan Perancang Ekonomi ini adalah badan tetap yang bertugas membuat rencana pembangunan ekonomi untuk jangka waktu 2 sampai 3 tahun.

4. Rencana Kasimo (Kasimo Plan)

Rencana Kasimi merupakan sebuah program yang disusun oleh Menteri Urusan Bahan Makanan I.J. Kasimo. Program ini berupa Rencana Produksi Tiga Tahun, yaitu untuk tahun 1948 sampai 1950. Salah satu usaha dalam program kasimo ini yaitu usaha swasembada pangan dengan memperhatikan beberapa petunjuk pelaksanaan yang praktis.

Untuk meningkatkan produksi bahan pangan pada program Kasimo ini, dilakukan:
a. menanami tanah-tanah kosong di daerah Sumatra Timur.
b. melakukan intensifikasi dengan cara menanam bibit unggul di daerah Jawa.
c. mencegah penyembelihan hewan-hewan yang berperan penting bagi produksi pangan.
d. membentuk kebun-kebun bibit di setiap desa.
e. melakukan transmigrasi.

5. Mendirikan Organisasi Persatuan Tenaga Ekonomi

Organisasi ini dipimpin B.R. Motik. Organisasi Persatuan Tenaga Ekonomi ini mempunyai tujuan untuk menggiatkan kembali partisipasi pengusaha swasta. Selain itu untuk menghilangkan individualisasi di kalangan organisasi pedagang sehingga bisa memperkokoh ketahanan ekonomi bangsa.

Ayo berlatih 1

Setelah membaca teks di atas sekarang cobalah untuk menyimpulkan teks pada bagan berikut!

Muatan Pembelajaran SBdP KD 3.3 dan 4.3

Pada pembelajaran yang lalu kalian sudah mempelajari gerakan dan pola lantai tari Indang. Sekarang cobalah untuk menampilkan seluruh gerakan dan pola lantai tari Indang bersama teman kelompokmu.

Tarian daerah bisa menjadi pemersatu sekaligus identitas setiap suku di Indonesia. Berdasarkan jumlah penarinya, tarian dikelompokan menjadi 3 macam, antara lain:

1. Tari tunggal atau solo

Tari tunggal adalah tarian yang dibawakan hanya satu orang penari.
Contoh tari tunggal antara lain:
  • Tari Gatotkaca dari Jawa Tengah.
  • Tari Gambir Anom berasal dari Jawa Tengah.
  • Tari Panji Semirang berasal dr Bali.
  • Tari Gambyong berasal dr Surakarta, Jawa Tengah.
  • Tari Topeng Kelana berasal dari Jawa Barat.
2. Tari berpasangan atau duet

Tari berpasangan adalah tarian yang dibawakan oleh dua orang penari. Tari berpasangan ini biasanya terdiri dari 2 sampai 4 pasangan.
Contoh tari berpasangan antara lain:
  • Tari Kethuk Tilu dari Jawa Barat
  • Tari Jaipong dari Jawa Barat
  • Tari Zapin.
  • Tari Saman dari Aceh.
  • Tari Piring dari Sumatra Barat
  • Tari Serampang Dua Belas dari Sumatra Utara
  • Tari Payung dari Sumatra Barat
  • Tari Legong dari Bali.
3. Tari kelompok

Tari kelompok adalah tarian yang dibawakan oleh lebih dari dua orang penari. Tarian kelompok biasanya dibawakan oleh 5 sampai 7 orang di dalamnya.
Contoh tari kelompok antara lain:
  • Tari Saman dari Aceh.
  • Bali = Tari Kecak.
  • Sulawesi Selatan = Tari Kipas Pakarena,
  • Yogyakarta = Tari Bedhaya Ketawang.
  • Jawa Tengah = Tari Serimpi.
  • Kalimantan Timur = Tari Gantar.
  • Sulawesi Utara = Tari Maengket.
  • Maluku = Tari Cakalele
Materi Pembelajaran 6 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6

Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia KD 3.4 dan 4.4

Pada pembelajaran 4 kamu telah menyelesaiakn buku mini yang menceritakan tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan rakyat beserta contohnya.

Ayo berlatih 2

Baca buku mini tersebut dalam hati. kemudian, lengkapi peta pikiran berikut berdasarkan cerita dalam buku mini kalian!

Sekarang lengkapi peta pikiran di bawah berdasarkan cerita dalam buku mini!



Ayo berdiskusi

Setelah membuat buku mini tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan masyarakat, sekarang saatnya kamu membacakan dan mempresentasikan buku minimu tersebut dalam bentuk video!

Materi Pembelajaran PPKn KD 3.4 dan 4.4

Masih ingatkah kamu ungkapan "bersatu kita teguh bercerai kita runtuh"? Ungkapan ini dapat diartikan bahwa segala sesuatu akan berhasil apabila dikerjakan secara bersama-sama (bergotong royong). Ungkapan ini sangat tepat dijadikan pedoman bangsa Indonesia yang terdiri dari banyak perbedaan. Jika bangsa Indonesia bersatu maka akan lebih kuat dlam menghadapi berbagai ancaman atau gangguan. Mengingat begitu banyaknya manfaat persatuan dan kesatuan maka dalam kehidupan sehari-hari kita juga harus menjaga persatuan dan kesatuan.

Ayo Berlatih 3

Amatilah lingkungan sekitarmu yang menunjukkan contoh persatuan dan kesatuan. Diskusikan dengan teman kelompokmu manfaat yang diperoleh dengan adanya persatuan dan kesatuan tersebut!

Selanjutnya kalian kerjakan soal Evaluasi tema 2 subtema 3 pembelajaran 5 dan 6. Silahkan kalian klik Disini.
Kalian bisa juga langsung mengerjakan di google formulir berikut ini!





Selamat mengerjakan.

0 komentar:

Posting Komentar