Sabtu, 14 Agustus 2021

PEMBELAJARAN TEMA 2 SUBTEMA 3 PB 1 KELAS 6

PEMBELAJARAN 1 TEMA 2 SUBTEMA 3 BERSATU KITA TEGUH KELAS 6

Barikut Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 2 Subtema 3. Dengan harapan anak-anak lebih memahami materi yang ada pada tema 2 kelas 6 ini.

Rangkuman materi pembelajaran 1 tema 2 subtema 3 Bersatu Kita Teguh Kelas 6 SD. Pada topik pelajaran tematik 2 SD kelas VI tentang “Persatuan dalam Perbedaan” dibagi menjadi beberapa subtema, salah satunya Bersatu Kita Teguh. Subtema 3 ini dibagi menjadi 6 pembelajaran. Berikut ini ringkasan isi pembelajaran pertama.

Pembelajaran 1 Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh Kelas 6

Materi Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1

Pada pembelajaran 1 Tema 2 Subtema 3 ini terdiri dari 3 muatan pelajaran, antara lain: Bahasa Indonesia, IPA dan IPS. Untuk tujuan pembelajaran pertama ini antara lain:

a. Siswa dapat menemukan ide pokok dengan bantuan diagram.
b. Siswa Siswa mampu menuliskan kesimpulan dengan terperinci.
c. Dapat menyebutkan cara melestarikan hewan.
d. Siswa mampu menyebutkan kehidupan politik dua negara terkait kondisi geografis dengan benar.

Muatan Bahasa Indonesia KD 3.4 Dan 4.4
  • Menemukan informasi penting dari Teks yang berjudul BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi menggunakan aspek apa, mengapa, siapa, bagaimana, kapan dan di mana.
  • Persatuan akan memperkuat tekad sehingga menghasilkan tujuan yang ingin dicapai. Hari ini kamu akan belajar tentang persatuan yang membuahkan hasil sesuai harapan.

Ayo Membaca!

Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia karena negara kita terdiri dari berbagai suku, agama, dan ras. Sebagai pelajar, kamu dapat bersatu dalam diskusi saat belajar di dalam kelas. Persatuan yang memperteguh tekad dalam mencapai tujuan telah dicontohkan oleh para pejuang.

Proklamasi Indonesia, sebagai tonggak kemerdekaan Indonesia, merupakan wujud dari persatuan bangsa Indonesia. Kemerdekaan Indonesia dicapai setelah melalui perjalanan panjang para pejuang bangsa melawan penjajah. Persatuan yang kuat memperteguh tekad mereka untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil, dan makmur.

Keteguhan hati dalam mewujudkan persatuan dapat dicontoh dari seorang pemuda di masa Proklamasi Kemerdekaan.

Amatilah tulisan berikut!

Materi Pembelajaran 1 Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh Kelas 6

Apa yang kamu ketahui tentang naskah di atas? Diskusikanlah dengan temanmu!

Bacalah teks berikut dalam hati!

BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi

Teks proklamasi awalnya ditulis tangan oleh Soekarno, kemudian diketik oleh Sayuti Melik agar terlihat rapi. Teks asli tersebut kemudian dibuang ke tempat sampah.

Salah seorang pemuda yang ikut hadir pada saat persiapan Proklamasi Kemerdekaan adalah BM Diah. Ia mengambil naskah asli dari tong sampah dan disimpannya. Ia menilai bahwa teks tersebut memiliki sejarah tinggi.

Naskah asli yang disimpan BM Diah selama 46 tahun 9 bulan 19 hari kemudian dikembalikan kepada Bangsa Indonesia. Dia membawa naskah asli Proklamasi Kemerdekaan RI pada Selasa pagi, 19 Mei 1992 pukul 10.30 dan menyerahkannya melalui Presiden Soeharto. Naskah itu kemudian disimpan oleh Arsip Nasional atas anjuran Soeharto.

Keputusan BM Diah untuk menyimpan naskah asli sangat tepat. Seluruh bangsa Indonesia sampai sekarang dapat menikmati naskah asli proklamasi dan belajar banyak dari kejadian saat itu.

Ayo Lakukan

Bacalah teks yang berjudul "B.M. Diah, Saksi dan penyebar teks Proklamasi" sekali lagi Amatilah kata-kata yang terdapat pada bacaan tersebut! Tulislah kata baku dan kata tidak baku yang terdapat pada bacaan. Jelaskan jawabanmu!

Dengan menggunakan buku EYD,  kata-kata yang terdapat pada bacaan adalah kata tidak baku. berikut kata bakunya.

Jawaban :

  1. Selasa pagi (nama hari ditulis dengan huruf kapital)
  2. 46 tahun 9 bulan 19 hari (penulisan angka secara berurutan)
  3. Soekarno, (nama orang menggunakan huruf kapital)
  4. diketik (di digandeng karena bukan kata depan)
  5. disimpan (di digandeng karena bukan kata depan)
  6. pukul 10.30 (tanda titik dipakai untuk memisahkan angka jam, menit,dan detik yang menunjukkan waktu atau jangka waktu)
  7. Sayuti Melik (menggunakan huruf kapital karena nama orang)
  8. ke tempat sampah (penulisan ke dipisah karena kata depan)
  9. Proklamasi Kemerdekaan (menggunakan huruf kapital karena huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama peristiwa sejarah)
  10. Presiden Soeharto (huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama jabatan dan pangkat yang diikuti nama orang)
  11. dari tong (penulisan dipisah karena dari adalah kata depan)
Ayo berlatih 1

Setelah memahami bacaan teks diatas, Jawablah Pertanyaan berikut dengan benar! Lihatlah pada teks LKS Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1 yang berjudul "B.M Diah, Saksi, dan Penyebar Teks Proklamasi".

  1. Apa yang dilakukan BM Diah ketika melihat naskah asli proklamasi dibuang ke tempat sampah?
  2. Mengapa BM Diah mengambil teks asli proklamasi lalu menyimpannya?
  3. Siapa yang mengetik teks proklamasi setelah ditulis tangan oleh Ir. Soekarno?
  4. Bagaiaman keputusan BM Diah untuk menyimpan naskah asli proklamasi?
  5. Kapan BM Diah menyerahkan naskah asli proklamasi kemerdekaan RI kepada pemerintah?
  6. Di mana naskah asli proklamasi sekarang disimpan?
  7. Siapa B.M Diah?
  8. Tuliskan Jasa B.M Diah!
Tahukah kamu tentang kata baku? Bacalah penjelasan singkat berikut!

Pengertian Kata Baku Dan Tidak Baku

Kata baku adalah kata yang digunakan sesuai dengan ejaan atau kaidah berbahasa Indonesia yang sudah ditentukan sebelumnya. Biasanya sudah sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan atau EYD. Sedangkan kata tidak baku adalah kata yang tidak sesuai dengan ejaan kaidah bahasa Indonesia. Kaidah bahasa Indonesia ini lebih dikenal  sebagai pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), Kamus besar bahasa Indonesia juga menjadi salah satu rujukan dlam penentuan baku atau tidaknya suatu kata.
Kata baku sering digunakan pada kalimat resmi ataupun percakapan resmi, misalnya pada pidato, atau ketika berbicara kepada orang yang lebih dihormati. Kata tidak baku lebih sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, misalnya dengan teman atau anggota keluarga.

ciri ciri kata baku antara lain:

1. Tidak dipengaruhi bahasa daerah tertentu.
2. Tidak dipengaruhi bahasa asing.
3. Bukan termasuk dalam bahasa percakapan.
4. Pemakaian imbuhan pada kata bersifat eksplisit.
5. Pemakaian kata sesuai dengan konteks kalimat.
6. Kata baku bukan merupakan kata yang rancu
  • Digunakan dalam situasi resmi
  • Penulisan dan pengucapan sesuai Pedoman Ejaan yang Disempurnakan (EYD)
Dan berikut ini beberapa kata tidak baku dan kata baku nya.
Contoh kata tidak bakuContoh kata baku
NasehatNasihat
ApotikApotek
CumanCuma
GubugGubuk
JadualJadwal
(kata tidak baku) – (kata baku)
  1. Apotik – Apotek.
  2. Antri – Antre.
  3. Analisis – Analisa.
  4. Jadual – Jadwal.
  5. Nasehat – Nasihat.
  6. Praktek – Praktik.
  7. Aktifitas – Aktivitas.
  8. Atlit – Atlet
  9. Bis – Bus
  10. Diagnosa – Diagnosis
  11. Pebruari – Februari
  12. Frekwensi – Frekuensi
  13. Hakekat – Hakikat
  14. Ijasah – Ijazah
  15. Ijin – Izin
  16. Jadual – Jadwal
  17. Kadaluwarsa – Kedaluwarsa
  18. Kwitansi – Kuitansi
  19. Mempengaruhi –  Memengaruhi
  20. Nafas – Napas
  21. Nomer – Nomor
  22. Obyektif – Objektif
  23. Faham – Paham
  24. Propinsi – Provinsi
  25. Rapot – Rapor
  26. Rejeki – Rezeki
  27. Seksama – Saksama
  28. Sekedar – Sekadar
  29. Standarisasi –Standardisasi
  30. Tehnologi – Teknologi
  31. Trima Kasih – Terima Kasih
  32. Transpor – Transport
  33. Hutang – Utang
  34. Walikota – Wali Kota
  35. Jaman – Zaman
Ayo berlatih 2

Setelh membaca teks, cobalah untuk menjawab petanyaan berikut dengn benar!
  1. Apa yang kalian ketahui tentang kata baku?
  2. Apa yang kalian ketahui tetang kata tidak baku?
  3. Dimana kamu dapat menemukan kata baku?
  4. Berilah contoh kata baku dan kata tidak baku yang kamu ketahui?
Ayo berlatih 3

Bacalah teks sekali lagi. Cobalah untuk membuat beberapa kalimat tanya yang sesuai dengan teks. Kemudian Temukan informasi penting dan tulis pada peta pikiran berikut!




Kembangkan informasimu dengan memperhatikan kata baku. Jangan lupa menggunakan kalimat efektif.

Bacakan tulisanmu di depan kelompokmu! Mintalah mereka untuk memperhatikan kata baku dan kalimat efektifnya! Catatlah masukan dari teman dan gurumu! Perbaikilah tulisanmu apabila perlu!

Ayo Mengamati!

Hari libur, Dayu dan teman-temannya berjalan mengelilingi perumahan. Mereka melihat sekelompok orang sedang menanam pohon di lingkungannya. Banyak tanaman yang harus mereka tanam. Dalam waktu singkat, seluruhnya tertanam dengan rapi. Dayu dan teman-temannya kagum dengan warga tersebut. Mereka bersatu menjaga lingkungan dengan menanam pohon.

Tanaman sangat berguna bagi kehidupan manusia, salah satunya adalah untuk membersihkan udara. Banyak penduduk Indonesia memanfaatkan tanaman sebagai pagar. Berikut adalah salah satu contohnya.

Bacalah teks berikut dalam hati!

Beluntas adalah tumbuhan semak. Tumbuhan ini bercabang banyak, berusuk halus, dan berbulu banyak. Beluntas dapat tumbuh di daerah kering, tanah keras, dan berbatu. Tingginya bisa mencapai tiga meter. Dengan habitat dan ciri fisiknya tersebut, beluntas banyak dimanfaatkan sebagai tanaman pagar. Banyak rumah-rumah menggunakan beluntas sebagai pagar hidup.

Selain tumbuhan, hewan juga berguna bagi kehidupan manusia. Bacalah teks berikut! Kamu akan mendapat informasi manfaat suatu hewan terkait habitatnya.

Keong sawah atau tutut hidup di perairan dangkal yang berdasar lumpur. Keong sawah banyak hidup di sawah, rawa-rawa, pinggir danau, dan pinggir sungai kecil. Keong sawah berguna untuk membersihkan lumut di kolam ikan. Keong membersihkan lumut atau rumput yang biasanya tumbuh mengambang di atas air.

Bacalah informasi berikut!

Muatan IPA KD 3.3 Dan 4.3

  • Manfaat hewan bagi manusia dan lingkungan
  • Manfaat tumbuhan bagi manusia dan lingkungan
Beberapa manfaat hewan bagi manusia dan lingkungan antara lain:

1. Sebagai penghasil bahan pangan
– Manusia memanfaatkan hewan salah satunya untuk bahan makanan, seperti daging, telur, dan susu.

2. Sebagai penghasil bahan sandang
– Manusia memanfaatkan hewan sebagai bahan sandang, antara lain: kepompong ulat sutra untuk membuat kain sutra dan bulu biri biri untuk membuat kain wool. Kulit hewan seperti sapi dan kerbau digunakan untuk pembuatan jaket.

3. Sebagai penghasil bahan kerajinan
– Manusia memanfatkan kulit sapi dan kambing untuk bahan pembuatan wayang kulit.
– bulu angsa dimanfaatkan untuk membuat kok dan kulit ular dan buaya untuk kerajinan tas dan dompet.

4. Sebagai penghasil pupuk organik
– Manusia memanfaatkan kotoran hewan, seperti sapi, ayam, bebek dan kambing untuk bahan pembuatan pupuk organik yang menyuburkan dan tidak membahayakan lingkungan.

5. Sebagai penghasil tenaga atau energi
– Manusia memanfaatkan kerbau untuk membajak sawah, sapi untuk menarik pedati dan kuda untuk menarik delman.

6. Sebagai bahan energi alternatif

– manusia memanfaatkan kotoran sapi untuk bahan membuat bahan bakar yang sering disebut biogas.

7. Sebagai bahan untuk obat-obatan
Beberapa jenis ular sering diambil bisanya untuk bahan pengobatan. Ccing tanah sering digunakan untuk obat penyakit tipus. Siput laut atau timun laut sering diambil ekstraknya untuk pengobatan penyakit diabetes. Minyak ikan juga sering digunakan untuk bahan tambahan nutrisi untuk meningkatkan perkembangan otak anak.

Beberapa manfaat tumbuhan bagi manusia dan lingkungan antara lain:

1. Sebagai bahan makanan
Bagian tumbuhan yang dapat digunakan untuk bahan makanan adalah batang, daun, bunga, buah, dan biji. Contoh tumbuhan sebagai bahan pangan adalah sayur-sayuran, buah-buahan, dan umbi-umbian.

2. Sebagai bahan sandang
Serat kapas bisa digunakan untuk membuat kain katun.

3. Sebagai bahan bangunan
Kayu dari pohon jati, pohon kelapa, dan pohon meranti dimanfaatkan sebagai bahan bangunan.

4. Sebagai bahan obat-obatan
Banyak tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk bahan obat-obatan, antara lain:
• Jahe untuk mengobati batuk.
• Daun kumis kucing untuk mengobati ginjal.
• Daun jambu biji untuk mengobati diare.

5. Sebagai bahan baku indsutri
Industri banyak memanfaatkan tanaman untuk kebutuhan bahan baku, contohnya:
• Getah karet digunakan dalam pembuatan ban.
• Getah pinus dimanfaatkan sebagian orang dalam industri cat.
• Kayu pinus digunakan dalam industri kertas.
• Buah kelapa sawit dimanfaatkan sebagai bahan dalam industri minyak goreng.

6. Sebagai bahan perwarna alami
– Tanaman bisa kita manfaatkan sebagai pewarna alami:

a. Hijau, di hasilkan dari daun suji dan daun pandan.

b. Kuning, dihasilkan dari kunyit dan labu kuning.

c. Merah, bisa dihasilkan dari buah bit, bunga rosela maupun buah naga.

d. Biru, dapat dihasilkan dari bunga telang dan kubis

e. Jingga, bisa dihasilkan dari bahan wortel.

f. Cokelat, dihasilkan dari gula kelapa.

g. ungu dari bahan ubi ungu.

7. Untuk menjaga kualitas air
– tanaman bakau bisa dijadikan penyaring alami dari air laut menjadi air tawar.

8. Tumbuhan sebagai pencegah erosi, umumnya pohon yang besar memiliki akar yang banyak dan kuat. Bisa bermanfaat untuk mencegah erosi.

9. Sebagai bahan penyedap makanan

– Saat memasak kita membutuhkan bahan bahan dari tumbuhan agar masakan lebih sedap, antara lain: lada bawang putih bawang merah, jahe, serai.

Ayo berlatih 4

Setelah mmbaca teks, cobalah untuk menjawab pertanyaan berikut dengan benar!
  1. Tuliskan manfaat tumbuhan yang kamu ketahui?
  2. Apa saja manfaat hewan bagi manusia?
  3. Berilah contoh tumbuhan dan hewan yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan!
  4. Tuliskan manfaat tumbuhan bagi lingkungan!
  5. Tuliskan contoh manfaat hewan di bidang kesehatan!
Ayo berlatih 5
Bersama teman kelompokmu, amatilah lingkungan sekitar tempat tinggalmu. Pilihlah tiga jenis tanaman dan tiga jenis hewan! Amatilah dan Tulislah habitat dan manfaat dari hewan dan tumbuhan tersebut bagi kehidupan manusia dalam tabel berikut!
Nama Hewan dan
Tumbuhan
HabitatManfaat Bagi Manusia

Hewan :






Tumbuhan :







Diskusikanlah hasil pengamatanmu dengan teman sebelahmu! Apa yang kamu temukan berbeda dengan hasil pengamatanmu? Tulislah informasi pada tabel dalam bentuk tulisan!

Muatan IPS KD 3.4 Dan 4.4

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut dengan cermat!

Kesejahteraan Rakyat Indonesia Pada Masa Sebelum dan Sesudah Merdeka.

Kehidupan ekonomi rakyat Indonesia pada masa penjajahan sangat sengsara. Selain harus kerja rodi, petani juga kehilangan tanah-tanah suburnya, membayar gagal panen, dan kehilangan sumber daya yang bisa memberinya penghasilan. Pada masa ini kehidupan rakyat diliputi suasana penderitaan dan kesengsaraan. Wabah kelapaan pun menjangkit rakyat.

Begitu juga dalam bidang pendidikan. Dulunya, sekolah hanya untuk kaum bangsawan, tetapi lambat laun berubah menjadi seklah untuk semua. Semangat ini bisa kita lihat dari R.A. Kartini yang suka membaca dan menulis, serta memperjuangkan hak pendidikan untuk wanita. Laluki Hajar Dewantara yang mendirikan sekolah Taman Siswa untuk masyarakat.

Setelah peristiwa proklamasi 17 Agustus 1945 berarti Indonesia telah merdeka. Dengan kemerdekaan, berarti bangsa Indonesia mendapatkan suatu kebebasan. Bebas dari segala bentuk penindasan dan penguasaan bangsa asing. Bebas menentukan nasib bangsa sendiri. Hal ini berarti bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang  berdaulat, bangsa yang bebas menentukkan kesejahteraan. Saat ini bisa dikatakan bahwa Negara Indonesia adalah negara yang sejahtera. Kesejahteraan memiliki makna suatu keadaan dimana kita bisa merasakan sejahtera, aman, dan tenteram. Kesejahteraan sosial adalah kondisi terpenuhnya kenutuhan material, spiritual, dan sosial warga negara agar dapat hidup layak dan mampu mengembangkan diri, sehingga dapat melaksanakan tugas sosialnya. Negara yang besar adalah negara yang rakyatnya sejahtera. Agar sejahtera, kita wajib bahu-membahu melaksanakan kewajban kita agar tujuan tercapai. Negara yang sejahtera dapat terwujud apabila rakyatnya bersatu bekerja keras mencapai tujuan.

Kesejahteraan negara Indonesia tidak terlepas dari peran warga negara Indonesia dalam proses pembangunan. Berikut conoh peran warga Negara Indonesia dalam proses pembangunan.
  1. Taat pada hukum yang berlaku
  2. Memajukan pendidikan
  3. Berpartisipasi di bidang politik
  4. Menciptakan Inovasi
  5. Mendirikan Usaha (Wiraswasta)
  6. Mengawasi jalannya pembangunan nasional
Ayo berlatih 6

Setelah membaca teks, cobalah untuk menjawab pertanyaan berikut dengan benar!
  1. Tulislah perbedaan kesejahteraan rakyat Indonesia sebelum dan sesudah kemerdekaan!
  2. Apa pengaruh kemerdekaan bagi petani Indonesia?
  3. Apa pengaruh kemerdekaan bagi pelajar Indonesia?
  4. Apa yang dapat dilakukan rakyat Indonesia agar kesejahteraan tercapai?
  5. Tulislah peran warga negara Indonesia dalam proses pebangunan!

Amatilah gambar berikut!
Kunci Jawaban Pembelajaran 1 Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh Kelas 6
Gambar tersebut mencerminkan rakyat yang sejahtera. Mereka menikmati kemerdekaan dengan memperoleh kebebasan dalam melakukan pekerjaan dan memperoleh pendidikan.

Tulislah tiga kegiatan yang dapat kamu lakukan agar kamu berhasil sebagai pelajar! Contoh Kegiatan : Belajar, banyak membaca dan berdoa.

Sampaikan hasilnya kepada temanmu!

Nah itulah rangkuman materi pembelajaran 1 tema 2 subtema 3 Bersatu Kita Teguh Kelas 6 SD, semoga bermanfaat. Lihat secara lengkap? Buka buku siswa dan guru tema 2 subtema 3 Bersatu Kita Teguh.

0 komentar:

Posting Komentar