Selamat Datang

Selamat Datang di Blog Santi Yuliani.

Seminar Offline dan Online IGI

Kegiatan Workshop Sagusablog, Menuju Sekolah Cerdas 4.0.

Gerakan LIterasi Membaca

Meningkatkan kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui Gerakan Literasi Membaca.

Kamis, 30 September 2021

PEMBELAJARAN TEMA 4 SUBTEMA 1 PB 5

 

Bentuk Kerja Sama ASEAN di Bidang Sosial Budaya

ASEAN adalah sebuah organisasi internasional yang anggotanya berasal dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Negara-negara tersebut bersatu karena adanya persamaan letak geografis dan kemiripan budayanya.

ASEAN berdiri pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Saat itu, tokoh-tokoh dari lima negara turut terlibat dalam diskusi dan menjadi pencetus sekaligus pendiri ASEAN. Lima negara tersebut adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina.

Mengutip laman Kementerian Luar Negeri, ASEAN dibentuk untuk mengatasi berbagai tantangan di segala bidang. Tantangan tersebut dapat teratasi dengan kerja sama di sektor sosial, politik, budaya, pendidikan dan pengembangan. Agar lebih memahaminya, simak penjelasan berikut.

Kerjasama ASEAN di bidang sosial budaya mencakup banyak bidang kehidupan, sebagai contoh seperti dalam bidang pendidikan, kebudayaan, kemiskinan, ketenagakerjaan, perempuan, hingga pembangunan sosial dan lain sebagainya. Selain itu juga sebagai sarana untuk mengatasi masalah kependudukan di Asia Tenggara. Sebagai wujud nyata kerjasama ini terdapat dua kerjasama ASEAN di bidang sosial budaya yaitu adanya masyarakat sosial budaya ASEAN dan cetak biru masyarakat sosial budaya ASEAN.

1. Masyarakat Sosial Budaya ASEAN
Masyarakat Sosial Budaya ASEAN atau ASEAN socio cultural community (ASCC) merupakan kerjasama ASEAN di bidang sosial budaya yang mencakup berbagai sektor kehidupan masyarakat yang beragam, luas dan multisektor. Sebagai satu masyarakat global diharapkan dapat mengatasi berbagai masalah atau tantangan dalam bidang kependudukan, perbedaan kebudayaan kemiskinan ketenagakerjaan hingga mengenai kesejahteraan masyarakat. Inti dari masyarakat sosial budaya ASEAN adalah berfokus pada permasalahan seputar kehidupan sosial dan budaya sebagai contoh seperti masalah ketenagakerjaan di Indonesia dan negara lainnya.

Negara-negara ASEAN perlu meningkatkan kerja sama untuk memperkuat daya saing kawasan dengan cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kualitas lingkungan hidup. ASEAN membuka akses yang seluas-luasnya bagi seluruh penduduk di negara-negara anggotanya dengan memperhatikan kesetaraan gender di berbagai bidang, misalnya di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi, kesehatan, serta lingkungan hidup.

2. Program Masyarakat Sosial Budaya ASEAN.
Sebagai salah satu upaya mewujudkan masyarakat sosial budaya Asean dibentuk program masyarakat sosial budaya ASEAN titik berikut ini beberapa upaya kerjasama yang dilakukan:

a. Kerja sama dalam upaya Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia.
Peningkatan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia menjadi prioritas utama dalam kerjasama ASEAN di berbagai sektor formal hal ini bermaksud untuk menunjang upaya pembentukan kawasan Asia Tenggara yang berdaya saing tinggi.

b. Kerja sama Antarlembaga Kepegawaian ASEAN.
Untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia perlu adanya upaya dalam toko kerjasama antar lembaga kepegawaian ASEAN maupun institusi pemerintah. Oleh karena itu dibentuk ASEAN conference on civil service m atau ACCSM.

c. Kerja sama dalam Pemajuan Perempuan.
Beberapa upaya atau kerja sama telah dilakukan ASEAN dalam rangka pemajuan dan perlindungan hak-hak perempuan dan anak. Pembahasan mengenai permasalahan ini dilangsungkan pada join this question mengenai pembentukan komisi pemajuan dan perlindungan hak-hak perempuan dan anak serta dalam pertemuan ASEAN committee on women mengenai pembentukan working group dalam permisi ASEAN untuk perlindungan hak perempuan dan anak.

d. Kerja sa ma dalam bidang Kepemudaan.
Beberapa contoh kerjasama dalam bidang ini adalah diselenggarakannya ASEAN youth camp, ASEAN youth creativity Expo, the ASEAN youth leadership development programme, dan masih banyak yang lainnya. Kerjasama dalam bidang kepemudaan secara umum bertujuan untuk mengembangkan kualitas dan kemampuan generasi muda dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompetitif.

e. Kerja sama dalam Bidang Penanggulangan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba dan Obat-obatan Terlarang atau P4GN.
Salah satu wujud nyata kerjasama ini adalah adanya program ASEAN bebas dari narkoba pada tahun 2015. Beberapa upaya seperti di perkataannya pengawasan terhadap perdagangan bebas dengan melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat juga dilakukan titik semakin berkembangnya lintas perdagangan di tingkat global menjadi salah satu pemicu maraknya peredaran narkoba dan obat terlarang.

f. Yayasan ASEAN atau The ASEAN Foundation.
The ASEAN foundation dibentuk pada tahun 1997 dengan maksud untuk mendukung berbagai program pemasyarakatan di kawasan ASEAN titik adanya saat ini juga diharapkan dapat mendukung terbentuknya masyarakat ASEAN yang damai kokoh dan kuat serta dapat meningkatkan rasa kepedulian antar sesama.

Beberapa contoh konkrit dari adanya Kerja sama antar negara-negara ASEAN dalam bidang sosial dan budaya. Beberapa bentuk kerja sama ASEAN antara lain:
  • Penanganan narkoba dan solusinya.
  • Penanggulangan dampak bencana alam
  • Perlindungan terhadap difabel
  • Acara-acara yang diadakan untuk mewujudkan kesejahteraan sosial.
  • Pertukaran pelajar antarnegara-negara ASEAN
  • Kegiatan olahraga internasional yang melibatkan seluruh anggota ASEAN (SEA Games)
  • Kerjasama untuk meningkatkan pariwisata
  • Diadakannya kongres pemuda ASEAN
  • Pertukeran acara program televisi ASEAN
  • Misi kebudayaan dan kesenian dengan diadakannya festival lagu ASEAN
  • Bidang pembangunan sosial dengan menekankan kesejahteraan golongan berpendapatan rendah, perluasan kesempatan kerja, serta pembayaran atau upah yang wajar;
  • Membantu kepada kaum wanita dan pemuda dalam usaha-usaha pembangunan;
  • Menanggulangi masalah masalah perkembangan penduduk dengan bekerja sama dengan badan badan internasional yang bersangkutan;
  • Pengembangan sumber daya manusia;
  • Peningkatan kesejahteraan;
  • Program peningkatan kesehatan (makanan dan obat-obatan);
  • Pertukaran budaya dan seni, juga festival film ASEAN;
  • Penandatanganan kesepakatan bersama di bidang pariwisata ASEAN, ASEAN Tourism Agreement (ATA);
  • Penyelenggaraan pesta olahraga dua tahun sekali melalui SEA-Games.
Sebagai masyarakat global kita patut bersyukur dengan adanya organisasi regional seperti ASEAN, gimana dapat dijadikan sebagai sarana dalam menghadapi perubahan global serta pemenuhan kepentingan bersama yang bertujuan demi kesejahteraan masyarakat dan perdamaian dunia.

Materi pembelajaran IPS KD 3.3 dan 4.3
Ayo membaca
Bacalah teks berikut dengan cermat!

Batik seni tradisional Indonesia yang mendunia

Seni batik berawal dari seni tradisional yang dibuat khusus untuk para petinggi Keraton pada zaman kerajaan di nusantara titik seiring dengan perkembangannya kini kain batik telah dipakai oleh berbagai kalangan bahkan telah mendunia titik pada tanggal 2 Oktober 2009 UNESCO memberikan pengakuan dan mengesahkan secara resmi batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.

Dalam sejarahnya pulau Jawa merupakan titik awal perkembangan seni batik di Indonesia. Ragam motif batik dibedakan berdasarkan area pembuatannya batik pedalaman dan batik pesisir. berbagai ragam motif dan simbol yang digambarkan di atas sehelai kain memiliki makna filosofis Yang menjadi pedoman kehidupan kerumitan dalam proses pembuatan pakaian seragam dan makna yang terkandung dalam batik Indonesia menjadi daya tarik bagi warga dunia.

Melalui berbagai pameran seni tradisional yang diadakan di dalam dan di luar negeri Indonesia semakin dikenal dan diminati bahkan beberapa tokoh dunia gemar menggunakan pakaian dengan motif batik Indonesia setelah mengenalnya sebagai tanda mata ketika berkunjung ke Indonesia titik mendiang Nelson Mandela, misalnya. Beliau kerap menggunakan batik Indonesia dalam kesehariannya.

Saat ini batik karya pengrajin tradisional mengalami lonjakan pemesanan dan lancar dari mancanegara untuk pasar dunia. Salah satu strategi yang dilakukan oleh pengrajin batik untuk menembus peta dunia adalah membuat kreasi motif dan warna yang disesuaikan dengan selera calon pembeli di negara tujuan.
Pelestarian batik sebagai seni tradisional harus terus dikembangkan dan dipelihara untuk meningkatkan daya jual dan kesejahteraan pengrajinnya.

Materi pembelajaran sbdp KD 3.1 dan 4.1
Ayo membaca
Bacalah teks berikut dengan cermat!

Membuat poster

Poster adalah suatu desain grafis yang didalamnya terdapat gambar dan kata-kata pada kertas yang berukuran besar. Isinya memuat tentang informasi dan ditempel di tempat-tempat umum agar dapat dilihat atau dibaca banyak orang. Sifat poster adalah untuk mencari perhatian banyak orang. Poster juga bisa menjadi sarana untuk mempromosikan produk Primajasa karena kegiatan tema seputar pendidikan dan lain-lain.

Tujuan poster
Poster bertujuan untuk memberikan informasi kelemahan mengajak komandan menghimbau banyak orang untuk melakukan sesuatu seperti apa yang digambarkan atau tuliskan pada  poster tersebut. Tujuan pada poster harus disampaikan kepada orang banyak dapat kita temukan banyak sekali poster yang ditempelkan di tempat-tempat umum atau tempat tertentu supaya diketahui oleh orang banyak.

Ciri-ciri poster
Poster memiliki beberapa ciri ke rumah di antaranya:
  1. Merupakan karya seni yang memadukan antara unsur gambar dan kata-kata yang dibuat pada kertas berukuran besar sekali lebih mudah dibaca oleh orang banyak.
  2. Biasanya poster mengandung unsur-unsur warna yang mencolok karena tujuannya supaya dapat menarik perhatian.
  3. Berisi kalimat-kalimat yang cukup singkat jelas dan mudah dimengerti pembaca.
  4. Poster biasanya selalu mengandung unsur gambar yang menarik agar membuat banyak orang penasaran untuk melihat dan membaca informasi yang ada di dalamnya.
  5. Biasanya poster dipasang di tempat yang strategis supaya dapat diketahui banyak orang, misalnya tempat yang ramai seperti alun-alun kota, pasar, dan lain-lain.
Jenis-jenis poster
Poster dapat dibagi menjadi dua jenis sebagai berikut.
1. Poster berdasarkan isinya
Berdasarkan dari isinya puasa dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya:
a. Poster layanan masyarakat
Poster berisikan informasi tentang pelayanan pelayanan kepada masyarakat, seperti pelayanan kesehatan agar kesejahteraan masyarakat.

b. Poster niaga
Poster yang berisikan tentang menjual dan mempromosikan sesuatu atau jasa yang dijual oleh perusahaan.

c. Poster kegiatan
Poster yang berisikan tentang informasi pada suatu kegiatan yang akan dilaksanakan karena supaya kegiatan tersebut diketahui oleh banyak orang dengan diharapkan orang orang tersebut dapat menghadiri kegiatan yang akan dilaksanakan.

d. Poster karya seni
Poster yang sifatnya ekspresif dan belum tentu diartikan sama artinya orang satu dengan orang lain nya.

e. Poster pendidikan
Poster yang berisikan tentang informasi yang dapat memberikan pengarahan dan pendidikan kepada masyarakat.

2. Poster berdasarkan tujuannya
Berdasarkan dari tujuannya kekuasaan dibagi menjadi dua jenis sebagai berikut.
a. Poster komersial
poster yang bertujuan mempromosikan produk ataupun jasa yang dijual oleh suatu perusahaan kamu apa saja jenis ini sering disebut sebagai poster niaga.

b. Poster non komersial
Poster yang bertujuan tidak untuk mendapatkan suatu keuntungan.

Syarat-syarat poster
Poster memiliki beberapa syarat diantaranya:
1. Bahasa atau kalimat yang digunakan harus mudah dipahami oleh banyak orang
2. Kalimat pada poster harus singkat jelas dan padat.
3. Mengkombinasikan kan antara gambar yang menarik dengan tulisan.
4. Dibuat semenarik mungkin kalau Mas supaya menarik perhatian banyak orang.
5. Poster harus ditempelkan atau dipajang di tempat-tempat yang ramai.
6. Bahan-bahan untuk membuat poster harus yang memiliki kualitas yang baik supaya tidak cepat rusak.

Cara membuat poster
Harga poster bisa enak dipandang mata karena perhatikan hal-hal berikut ketika akan membuat poster.

Huruf (font)
Font yang digunakan mudah dibaca oleh pembaca. Pilihlah font yang sesuai dengan karakternya sehingga cocok dengan topik yang akan dikomunikasikan titik gunakan font yang tegas serta serius untuk digunakan dalam poster poster formal. Bagi poster anak pun menggunakan font yang menyenangkan, enerjik, dan sebagainya.

Warna
Dalam sebuah poster jangan terlalu banyak menggunakan warna. Cukup gunakan maksimal 5 warna saja.

Tata letak
Arahkan mata pembaca dari area yang paling penting ke arah yang kurang penting. Contohnya: judul dari artikel harus menjadi area yang paling mencolok lama kemudian subjudul berada di urutan kedua, gambar di urutan ketiga dan artikel di urutan terakhir. Gunakan ukuran font yang sangat besar untuk judul artikel ukuran sedang untuk subjudul titik ukuran font yang digunakan untuk artikel harusnya jauh lebih kecil ukuran yang biasa digunakan adalah 9-11 point.

Ilustrasi/sketsa
Gunakan sketsa atau ilustrasi sesuai dengan tema poster yang akan dibuat titik ilustrasinya akan menjadi penguat dalam menyampaikan pesan poster. Selain itu juga jangan terlalu banyak sketsa/ilustrasi. Cukup satu atau dua sajak literasi utama sehingga poster kita lebih komunikatif.
Contoh poster pendidikan

Contoh poster lingkungan

Ayo berkreasi/Ayo berlatih
Setelah memahami teks di atas sekarang buatlah poster pendidikan atau bertemakan lingkungan yang sesuai di tempat tinggalmu. buatlah semenarik mungkin sehingga orang lain ingin tahu jangan lupa perhatikan kriteria poster yang baik yang sudah kamu pelajari sebelumnya.

Kerjakan soal Evaluasi
Soal Evaluasi Tema 4 ST 1 PB 

Soal Evaluasi Budi Pekerti

Selasa, 28 September 2021

PEMBELAJARAN TEMA 4 ST 1 PB 3

 PEMBELAJARAN 3

Materi Pembelajaran BahasaIndonesia  KD 3.2 dan 4.2

Ayo membaca

Bacalah teks berikut dengan cermat!

Pembagian Sistem Penyaluran Tenaga Listrik

Listrik memiliki peran penting di era Globalisasi. Tidak dapat dimungkiri, bahwa globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Listrik dapat dihasilkan dengan memanfaatkan sumber energi yang tersedia di alam seperti aliran air sungai (PLTA), Panas bumi (PLTP). aliran angin (PLTB), dan sebagainya.

Selama ini kita sering menikmati energi listrik dan bahkan kita tidak bisa lepas dengan energi listrik, di rumah, kantor, sekolah, kampus, swalayan, dan lain-lain. Di zaman modern ini hampir semua peralatan di lingkungan kita berhubungan dengan energi listrik.Tapi tahukah kamu dari mana energi listrik berasal dan bagaimana energi listrik bisa sampai hingga ke rumah kita?

Sistem penyaluran energi listrik dalam beberapa bagian yang disebut dengan Sistem Tenaga Listrik (STL). Sistem tenaga listrik adalah rangkaian instalasi penyaluran listrik yang terbagi menjadi 4 (empat) macam yaitu:

1. Pembangkit

2. Transmisi/penyaluran

3. Distribusi

4. Konsumen

Dibawah ini akan dijelaskan bagian-bagian dalam sistem Tenaga Listrik sesuai dengan yang diterapkan di Indonesia.

1. Pembangkit adalah proses dimana listrik dibangkitkan, listrik adalah suatu energi di mana energi hanya bisa di ubah, maka energi listrik berasal dari pengubahan energi, bisa dari energi apapun contohnya adalah PLTA (Pusat Listrik Tenaga Air) dari energi air. PLTU (Pembangkit Tenaga Listrik Uap) dari uap panas. PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) yang memakai bahan bakar minyak, dan masih banyak lagi.

2. Transmisi/penyaluran 

Transmisi adalah proses penyaluran listrik dari pembangkit and format tegangan dari pembangkitan dinaikan menjadi tegangan standar transmisi di Indonesia yaitu ada 70 KV 150 KV yang diklasifikasikan sebagai tegangan tinggi (TT) dan 500 KV, yang diklasifikasikan sebagai tegangan ekstra tinggi (TET). Tujuan tegangan dinaikkan agar mengurangi rugi-rugi daya akibat panjangnya saluran, makin tinggi tegangan Nya maka makin berkurang rugi daya yang terjadi.

3. Distribusi

Distribusi adalah proses penyaluran dan transmisi hingga ke konsumen distribusi terbagi menjadi distribusi primer dan distribusi sekunder titik distribusi primer adalah penyaluran listrik dari transmisi yang telah diturunkan tegangannya oleh trafo step down menjadi 20 KPA yang diklasifikasikan sebagai tegangan menengah (TM) dan disalurkan melalui penyulang penyulang (feeeder), sama seperti transmisi, saluran distribusi primer ada yang berupa saluran udara (SUTM) dan kabel bawah tanah (SKTM), pada SUTM biasanya kita melihat di pinggir jalan ada tiang dengan 3 kawat konduktor di atasnya. Sebelum masuk ke distribusi sekunder listrik akan diturunkan lagi tegangannya oleh trafo step down menjadi tegangan pakai. Distribusi sekunder adalah saluran dari trafo step down distribusi hingga ke KWH pelanggan, tegangan pada distribusi sekunder adalah tegangan pakai yaitu 380/220 v yang diklasifikasikan sebagai tegangan rendah (TR).

4. Konsumen

Konsumen adalah pemakai jasa tenaga listrik. Konsumen terbagi menjadi beberapa bagian tergantung tegangan yang dipakai oleh konsumen tersebut. Konsumen biasa (untuk rumah tinggal atau kantor) biasanya memakai tegangan rendah yang disebut konsumen TR dengan tegangan pakai 380/220 v konsumen TR ini menerima supply listrik dari saluran distribusi sekunder. Pemakaian listrik untuk bisnis seperti mal hotel dan lain-lain maupun industri menengah biasanya menggunakan listrik tegangan menengah yang disebut dengan konsumen TM, konsumen TM ini mendapat suplai listrik langsung dari penyulang distribusi primer. Untuk konsumen industri besar seperti pabrik semen dan lain-lain yang membutuhkan daya listrik besar biasanya berlangganan listrik tegangan tinggi yang disebut konsumen TT, suplai listrik biasanya langsung didapatkan dari saluran transmisi tegangan tinggi.

Materi pembelajaran IPA KD 3.6 dan 4.6

Ayo membaca

Bacalah teks berikut dengan cermat!

Nikola Tesla-ilmuwan listrik terbesar

Bernama lengkap Nikola Tesla lahir di smiljan yang saat itu bagian dari kerajaan austro-hungarian, kini Yugoslavia pada tanggal 9 Juli 1956 beliau adalah ilmuwan listrik terbesar yang pernah hidup di dunia. Pertama kali hijrah ke New York tahun 1884 ia hanya bermodal uang 4 sen dan koper berisi beberapa artikel teknik yang ditulisnya di biografi dan Paris sebuah buku kumpulan puisi karyanya, dan beberapa kalkulasi teknis mesin terbang. Namun, di kepala kini telah tersimpan semua detail tentang generator arus AC yang kemudian menjadi dasar instalasi pembangkit listrik tenaga air di air terjun Niagara tahun 1895 serta sebagai standar mesin industri.

Tesla dianggap sebagai salah satu penemu terpenting dalam sejarah dan merupakan salah seorang teknisi terbesar dalam akhir abad ke-19 dan abad ke-20 titik Tesla merupakan seorang perintis elektronik mekanik tanpa kabel dan daya listrik. Ia keturunan Serbia dan warga negara Amerika serikat pada 1891 selagi bekerja di negara tersebut. Dan kerja teorinya merupakan dasar dari daya listrik atau arus bolak balik pembuka bahasa Inggris: alternating current, AC) modern termasuk distribusi daya polifase dan motor AC yang diumumkan pada revolusi industri kedua.

Setelah pendemonstrasian komunikasi tanpa kabel pada 1893 dan memenangkan perang arus, Tesla dianggap sebagai salah satu teknisi listrik AS terhebat. Di New York Oma Tesla bekerja untuk Edison. Ia merancang 24 jenis dinamo. Namun keduanya tidak pernah cocok. Maka April 1880 Tesla mendirikan laboratorium sendiri titik dalam waktu singkat ia membuktikan sistem arus AC (bolak-balik belum tutup jauh lebih hebat bandingkan dengan sistem DC searah tutup Edison. Hebatnya, kurang dari setahun ia telah mematenkan sekitar 30 karya. Malah 20 tahun berikutnya ia menghasilkan penemuan dibidang teknik listrik dan radio dalam jumlah yang mencengangkan.

Sayang, serangkaian kecelakaan memusnahkan banyak tulisannya. Namanya sebagai penemu pun sering terabaikan. Untung, ada usaha untuk meluruskan titik misalnya Tesla, bukannya Marconi Oma penemu sirkuit pencari gelombang yang menjadi dasar radio. Pahitnya, pakai ini ditentukan pengadilan tinggi as tepat di tahun kematiannya. Sebenarnya masih berjajar kemungkinan gelar lain, seperti peneliti pertama sinar katoda dan sinar x, radiasi UltraViolet dan arus frekuensi tinggi dan efek terapinya terhadap tubuh, ia pula yang merancang nenek moyang tabung lampu fluorescent, serta mengembangkan alat serupa laser. Salah satu penemuan yang mengabadikan namanya adalah kumparan Tesla. Namun karya ini saja tak mampu mencerminkan prestasi ilmiahnya yang merevolusi dunia modern. Ilmuwan masyhur Inggris lord Kelvin berkomentar "konstribusi Tesla di bidang kelistrikan melampaui yang dilakukan orang lain. "

Karena kreativitasnya, tahun 1912 Tesla dinominasikan untuk hadiah Nobel di bidang ilmu fisika titik tapi ia menolak. Ia lebih merasa berhak memperoleh pada tahun 1909 atas Nobel yang dianugerahkan pada Marconi. Alasannya, pada 1898 di Madison square garden New York ia mendemonstrasikan perahu radio control.

Berbeda dengan Marconi, Tesla sangat peduli dengan transmisi energi bukan hanya dalam jumlah kecil berupa sinyal radio, tapi juga energi besar listrik untuk keperluan rumah tangga dan industri. Malah tahun 1899 ia membangun stasiun pengirim tenaga listrik raksasa di Colorado springs di dataran tinggi Rocky. Instalasi itu serupa lumbung berukuran 60 meter² . Tepat di tengah atap ada rangka menara setinggi 60 m. Di puncaknya terpasang bola tembaga berdiameter 90 cm titik di dalam bangunan ada kerangka bulat berdiameter 23 m yang dipagari lalu dililit kawat sebagai kumparan utama pemancar, kumparan kedua berdiameter 3 m menempel langsung di tiang.

Demonstrasi efek kumparan Tesla untuk instalasi raksasa di Colorado springs itu mampu menyalakan 200 lampu pijar karya Edison pada jarak 40 km tanpa kabel. Setelah itu Tesla memulai proyek yang lebih ambisius, y sebuah sistem jaringan dunia titik dengan memanfaatkan getaran listrik alamiah bumi ini akan tersedia energi listrik yang murah dan universal. Didukung dana dari pengusaha kereta api terkemuka j. P. Morgan ia memulai konstruksi kompleks transmisi di lahan seluas 800 ha di wardenclyffe, long island Oma 100 km dari New York. Rangka kayu menara menjulang setinggi 45 m. Di atasnya dipasang elektroda tembaga berdiameter 30 m serupa donat raksasa dengan tabung berdiameter 6 n. Namun tidak ada dana untuk menyelesaikannya titik menara itu sempat berdiri selama 12 tahun sampai akhirnya dirobohkan selama PD 1 demi alasan keamanan.

Tesla berusaha lebih kreatif. Ia tak pernah miskin ide. Saat ilmuwan dan insinyur lain mencoba menerapkan ilmu pada peralatan praktis atas berbagai ide yang dapat diklaim berasal dari ide dasarnya, Tesla malah mengembangkan teori-teori baru. Makin tua makin renggang pula hubungannya dengan masyarakat ilmiah titik tak heran bila ia sering mengeluarkan pernyataan fanatik yang bertentangan dengan pendapat ilmuwan lain. Misalnya Oma ia tidak dapat menerima gambaran modern struktur atom yang berbeda dengannya atau mau memahami ide memecah atom.

Pada ulang tahun ke-82, dalam jamuan makan malam di hotel New York, Tesla ditanya apakah dapat menghasilkan efek di bulan yang cukup besar untuk dilihat oleh astronom melalui teleskop berkekuatan tinggi titik Tesla mengaku bisa mengirim sinar yang akan berpijar bagian gelap bulan sabit. Demikian benderang sinarnya sehingga serupa bintang yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Kemudian timbul isu Oma Tesla menemukan senjata sinar dengan kekuatan dan ketepatan yang belum pernah ada sebelumnya. Apalagi, di akhir hidup Tesla meninggalkan isyarat yang menguatkan dugaan itu.

Soal Evaluasi Tema 4 ST 1 PB 3

Silahkan klik Link DISINI

dan bisa kalian kerjakan langsung di google formulir berikut ini!

PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 4 ST 1 PB 4

 Pembelajaran 4

Materi pembelajaran bahasa Indonesia KD 3.2 dan 4.2

 Ayo membaca 

Bacalah teks berikut dengan cermat!

Globalisasi

Pengertian globalisasi

Secara umum pengertian globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena adanya pertukaran pandangan dunia, pemikiran produk dan berbagai aspek kebudayaan lainnya. Secara etimologi kata globalisasi diambil dari bahasa Inggris yaitu globalization yang berarti universal atau menyeluruh. Penambahan imbuhan pada kata globalization artinya adalah proses mendunia. Sehingga arti globalisasi adalah proses sesuatu pembuka informasi pemikiran gaya hidup dan teknologi) yang mendunia. 

Proses globalisasi dipengaruhi oleh banyak faktor di antaranya teknologi internet infrastruktur telekomunikasi dan transportasi, pertukaran pelajar, dan lain-lain. Pada umumnya globalisasi berhubungan dengan perubahan menyeluruh pada bidang ekonomi industri, gaya hidup dan aspek-aspek kehidupan lainnya.

Faktor penyebab globalisasi

Proses globalisasi terjadi karena beberapa faktor penyebab. Adapun beberapa faktor penyebab globalisasi sebagai berikut.

1. Perkembangan teknologi informasi dan transportasi

Teknologi informasi dan transportasi berperan besar dalam proses globalisasi di dunia titik teknologi yang semakin maju membuat kegiatan transaksi jual beli antar negara menjadi lebih mudah titik salah satu contohnya adalah bisnis e-commerce di mana kita dapat bertransaksi tanpa harus datang ke lokasi penjual.

2. Kerjasama ekonomi internasional

Kerjasama ekonomi antar negara-negara di dunia juga merupakan faktor penyebab globalisasi. Kemudahan dalam membuat kesepakatan perdagangan internasional mengakibatkan proses globalisasi terjadi secara terus-menerus.

3. Kemudahan dalam mengirim barang dan jasa

Masyarakat antar negara dapat saling mengirimkan barang dan jasa satu sama lain. Kemudahan dalam pengiriman barang ini membuat banyak produk asing yang masuk ke dalam negeri dan diadaptasi oleh masyarakat. Misalnya produk fashion asal Korea yang cukup populer di masyarakat Indonesia. Pada saat masyarakat Indonesia memakai produk dari negara lain maka terjadilah proses asimilasi atau penggabungan kebudayaan antar negara.

4. Konflik antar negara semakin berkurang

Semakin tingginya kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya hubungan internasional mengakibatkan berkurangnya konflik antar negara. Ketika antar negara melakukan hubungan internasional maka terjadilah globalisasi.

5. Sumber daya alam berkurang

Ada beberapa sumber daya alam yang pasti akan mengalami pengurangan setiap tahunnya. Misalnya minyak bumi dan logam mulia. Hal ini membuat beberapa negara berinvestasi di negara lain untuk mengeruk sumber daya di negara tersebut. Contohnya lah tambang emas Freeport di Papua, Indonesia.

Dampak globalisasi

Globalisasi bisa berdampak langsung bagi kehidupan masyarakat suatu negara secara universal. Dampak globalisasi tersebut bisa positif dan bisa juga negatif.

1. Dampak positif globalisasi

Secara singkat berikut ini adalah beberapa dampak positif globalisasi:

A. Teknologi informasi berkembang sangat pesat

B. Kemudahan dalam mendapatkan kebutuhan dan keperluan pribadi

C. Kemudahan dalam pengembangan ilmu pengetahuan

D. Penyebaran informasi lebih cepat dan mudah didapat

E. Meningkatkan sikap toleran dan Kosmopolitan masyarakat dunia

F. Kemudahan dalam berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia

G. Hubungan internasional antar negara semakin baik

H. Kemudahan dalam bertransaksi secara online baik dalam negeri maupun ke mancanegara

I. Peningkatan hubungan antar negara di sektor ekonomi

2. Dampak negatif globalisasi

Secara singkat, berikut ini adalah beberapa dampak negatif globalisasi:

A. Potensi terjadinya kriminalitas semakin meningkat karena meniru peristiwa di negara lain

B. Masuknya paham-paham yang tidak sesuai dengan ideologi negara yang menimbulkan konflik di masyarakat

C. Masyarakat lebih konsumtif daripada produktif dan cenderung kehilangan kreativitas di dalam dirinya karena menurut peran di luar negeri

D. Masyarakat terpengaruh budaya negara lain yang tidak sesuai dengan budaya lokal sehingga budaya lokal semakin terkikis

E. Timbulnya berbagai informasi yang tidak akurat bahkan hoax informasi palsu crown tutup yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat

F. Sebagian masyarakat menjadi lebih tertutup dan berpikiran sempit karena tidak ingin terpapar globalisasi

G. Sebagian masyarakat menjadi lebih individual dan egois

H. Berkurangnya peminat di sektor pertanian karena bidang teknologi dan informasi dianggap lebih potensial

I. Timbulnya kesenjangan sosial di masyarakat karena masyarakat berlomba-lomba untuk memperkaya diri sendiri dan tidak peduli sekitarnya

J. Hilangnya rasa nasionalisme masyarakat karena sering membanding-bandingkan dengan negara lain yang dianggap superior atau lebih baik.

Dari penjelasan diatas kita dapat melihat bahwa globalisasi bisa berdampak buruk dan juga berdampak baik bagi masyarakat di suatu negara titik untuk menyikapi terjadinya globalisasi sebaiknya kita harus mempersiapkan diri agar bisa menyerap hal-hal baik dari globalisasi dan membentengi diri agar bisa menolak atau meminimalisir dampak buruknya. Masyarakat Indonesia tidak dapat menghindari kuatnya arus globalisasi. Masuknya bangsa-bangsa asing sejak zaman penjajahan dahulu kala, telah membawa ideologi baru ke negara ini. Seiring perkembangan zaman globalisasi kian berkembang menuju ke arah modernisasi titik tentunya banyak hal yang berubah dengan adanya globalisasi titik terjadinya ekspor dan impor antara 1 negara dengan negara lainnya menjamurnya perusahaan-perusahaan asing di dalam negeri bahkan masuknya mode-mode pakaian luar negeri yang terkadang tidak sesuai dengan budaya Indonesia adalah beberapa dampak dari globalisasi. Masyarakat Indonesia harus dapat bersikap bijak dalam menghadapi era globalisasi ini. Jangan sampai kita larut dalam era globalisasi sehingga budaya Indonesia menjadi semakin pudar.

Materi pembelajaran PPKN KD 3.3 dan 4.3

Ayo membaca

Faktor yang mempengaruhi keragaman ekonomi di Indonesia

Pada pembelajaran yang lalu telah dijelaskan bahwa Indonesia memiliki berbagai macam kegiatan ekonomi seperti pertanian perkebunan pertambangan utama perdagangan, perikanan dan sebagainya. Keragaman ekonomi di Indonesia dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut.

1. Kondisi geografis

Kondisi geografis adalah keadaan alam tempat tinggal. Ada yang berupa dataran rendah dataran tinggi, pesisir laut, pedesaan dan perkotaan titik orang yang tinggal di pesisir laut akan memiliki pekerjaan yang berbeda dengan orang yang tinggal di dataran tinggi titik pekerjaan di pesisir laut kebanyakan adalah nelayan titik pekerjaan di dataran tinggi kebanyakan adalah petani teh.

2. Faktor iklim

Iklim adalah keadaan rata-rata cuaca pada suatu daerah yang luas dan ditentukan berdasarkan perhitungan dalam waktu yang lama (kurang lebih 30 tahun kutub titik di Indonesia ada beberapa iklim seperti tropis subtropis sedang dan dingin titik adanya perbedaan iklim di suatu tempat juga mempengaruhi keragaman ekonomi. 

3. Sumber daya alam

Setiap daerah memiliki sumber daya alam yang berbeda-beda titik hal ini menyebabkan adanya kegiatan ekonomi yang berbeda pula titik misalnya daerah pedesaan memiliki sumber daya alam berupa tanah titik oleh karena itu kegiatan ekonomi di pedesaan kebanyakan adalah petani titik sumber daya alam yang lain seperti udara, mineral air tumbuhan hewan dan sebagainya.

4. Sumber daya manusia

Sumber daya manusia adalah potensi tenaga kerja yang dimiliki titik perbedaan etos kerja dan tingkat pendidikan akan mempengaruhi jenis kegiatan ekonomi. Keterampilan pendidikan dan sikap akan mempengaruhi kondisi perekonomian seseorang.

5. Sumber daya modal

Ada tidaknya suatu modal sangat berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi suatu daerah titik untuk daerah maju tidak perlu diragukan lagi sumber daya modal yang mereka punya sangat mencukupi dalam proses kegiatan ekonomi. Dan sebaliknya daerah berkembang sangat membutuhkan banyak modal untuk proses kegiatan ekonominya.

6. Perkembangan teknologi

Perkembangan suatu teknologi sangat berpengaruh besar terhadap kegiatan ekonomi titik dengan bantuan teknologi maka semua proses produksi dapat terlaksana dengan cepat dan akan memberikan hasil yang mempunyai kualitas yang tinggi titik kita harus .saling menghargai semua orang dengan keberagaman ekonomi yang berbeda titik ketika keluarga kita cukup berada janganlah sombong. Bantulah yang membutuhkan titik jika keluarga kita masih kurang aku jangan malu dan iri dengan mereka yang mampu titik teruslah berusaha dan tingkatkan kemampuan diri.

Ayo kerjakan soal evaluasi berikut ini!

silahkan klik link Soal Evaluasi IPS Tema 4 klik DISINI

Soal Evaluasi Tema 4 Klik DISINI

atau kalian bisa langsung mengerjakan di google formulir berikut!



SOAL TEMA 4 KELAS 6 SUBTEMA 1


Contoh Soal Ulangan Tema 4 : Globalisasi Kelas 6 SD K-13

Berikut adalah pembahasan soal pilihan ganda 1 sampai 25 dengan Subtema : Globalisasi Di rumahku.

Berilah Tanda Silang (X) pada Huruf A, B, C atau D sesuai dengan Jawaban Yang Kalian Anggap Paling Benar!

1. Salah satu dampak yang terjadi akibat Globalisasi membuat batasan geografi dan budaya antar negara menjadi ….
a. Mudah
b. Erat
c. Susah
d. Samar – samar

2. Globalisasi dapat mempengaruhi beberapa hal pada lingkungan yang ada di sekitar kita seperti ….
a. Banyak penjual gorengan di pinggir jalan
b. Mobil yang digunakan guru kita adalah mobil merk luar negeri
c. Memakai sepatu ketika sekolah
d. Berangkat sekolah naik sepeda

3. Dampak Globalisasi membuat seluruh masayarakat di dunia dapat ….
a. Saling mengenal
b. Saling menyembunyikan diri
c. Saling menjauhi
d. Saling berperang

4. Salah satu bentuk kerja sama antara negara Indonesia dengan negara-negara di kawasan ASEAN merupaka contoh kerja sama ….
a. Kelompok
b. Regional
c. Monorateral
d. Individual

5. Suatu kegiatan pertukaran pelajar antara Indonesia dengan pelajar Mesir merupakan salah satu contoh kerja sama dalam bidang ….
a. Budidaya
b. Kebudayaan
c. Pendidikan
d. Kesehatan

6. Sebuah pementasan seni tarian daerah yang berasal dari Indonesia di luar negeri merupakan termasuk kerja sana dalam bidang ….
a. Kesehatan
b. Budaya
c. Pendidikan
d. Pertahanan

7. Di zaman era globalisasi ini kita dapat mendengar kabar berita dari luar negeri misal berita dari Amerika dengan ….
a. Sangat Lambat
b. Sangat cepat
c. Sangat susah
d. Sangat tidak jelas

8. Dalam mesin pembangkit listrik, komponen utamanya yaitu berupa ….
a. Gas dan air
b. Cairan limbah
c. Dinamo dan Turbin
d. Kawat dan dinamo

9. Zaman sekarang listrik menjadi hal yang sangat penting sekali sebab alat – alat yang digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari sekarang banyak yang berupa ….
a. Alat kimia
b. Mesin dan komputer
c. Barang daur ulang
d. Barang elektronik

10. Manakah dibawah ini yang bukan termasuk tujuan dari pembuatan reklame ….
a. Menampilkan sebuah hasil dari ujian kelulusan
b. Menginformasikan sebuah berita atau kabar
c. Mempromosikan kepada orang-orang untuk mau melakukan suatu hal
d. Menawarkan suatu produk keluaran terbaru

11. Apabila ingin membuat reklame, maka hal – hal yang perlu diperhatikan dalam membuat reklame adalah, kecuali ….
a. Gambar yang dicantumkan merupakan ilustrasi yang menarik
b. Tulisannya yang jelas sehingga mudah untuk dimengerti
c. Bahasa yang digunakan adalah bahasa yang baik dan menarik
d. Memberikan hadiah bagi pembaca setia

12. Jenis reklame yang digunakan untuk menawarkan suatu barang dagangan merupakan termasuk kategori reklame ….
a. Agama
b. Ekonomi
c. Komersial
d. Wakaf
BACA JUGA
13. Salah satu produk yang berasal dari Indonesia yang sudah mendunia contohnya adalah ….
a. Martabak
b. Celana Jeans
c. Gorengan
d. Batik

14. Dibawah ini yang termasuk bela diri yang berasal dari Indonesia adalah ….
a. Muathai
b. Aikido
c. Kungfu
d. Pencak silat

15. Bangun kubus memiliki rusuk yang berjumlah sebanyak ….
a. 7
b. 12
c. 11
d. 13

16. Perhatikan gambar kubus dibawah berikut !

Berapakah jumlah titik sudut yang terdapat pada bangun ruang kubus di atas ….
a. 4
b. 8
c. 14
d. 18

17. Bangun ruang kubus memiliki sudut yang merupakan ….
a. Sudut siku – siku
b. Sudut tegak
c. Sudut kuncup
d. Sudut segitiga

18. Berapakah jumlah diagonal bidang yang terdapat pada kubus adalah ….
a. 12
b. 11
c. 10
d. 8

19. Pada era zaman globalisasi sekarang ini, banyak masyarakat dapat membeli berbagai barang yang beraneka ragam yang sesuai dengan tingkatan ekonominya masing – masing.
Tingkat ekonomi masyarakat tersebut antara lain karena dipengaruhi oleh beberapa faktor-faktor berikut ini, kecuali ….
a. Jenis kelamin setiap individu
b. Tingkatan jenjang pendidikan
c. Keterampilan yang dikuasai
d. Sikap dalam melakukan pekerjaan

20. Keberagaman tingkatan ekonomi di masyarakat harus kita sikapi dengan cara ….
a. Saling meremehkan tingkat ekonomi yang rendah
b. Mampu menghargai dalam perbedaan yang ada
c. Mengemis kepada orang yang tingkat ekonominya tinggi
d. Saling bekerja sama menguasai harta orang kaya

21. Bagaiamana cara agar dapat hidup dengan tingkatan ekonomi yang sejahtera ialah ….
a. Cukup berdoa siang dan malam kepada Tuhan dan tanpa melakukan usaha
b. Mendemo pemerintah agar memberikan bantuan sembako untuk setahun
c. Bekerja penuh semangat tanpa istirahat sedikit pun
d. Bekerja keras dan tidak mudah berputus asa

22. Produk batik dari Indonesia sekarang ini sudah mendunia.
Arti kata mendunia pada kalimat yang tercantum di atas adalah ….
a. Berasal dari produk dunia yang kita tinggali
b. Dikenal atau digunakan oleh banyak negara di dunia
c. Diproduksi di banyak berbagai negara di dunia
d. Terbuat dari bahan – bahan yang berasal dari belahan dunia lain

23. Ketika batik telah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia, maka sikap kita terkait hal tersebut adalah ….
a. Turut bangga dan juga melestarikannya serta menjaganya
b. Memprotes pihak yang menyatakannya tersebut
c. Menjual dengan harga yang sangat mahal untuk mengambil kesempatan
d. Menghindari dipakai turis agar tidak dicuri atau di klaim

24. Ketika budaya dari negara lain juga masuk ke Indonesia seiring berkembangnya zaman, maka sikap kita sebaiknya adalah ….
a. Menolaknya dengan tegas
b. Menyaring budaya dari bangsa lain yang masuk dengan bijak
c. Menyatakan diri bahwa budaya kita jauh lebih paling baik
d. Menyukai dan mengikuti semua budaya bangsa lain

25. Saat ini sikap percaya diri sangat diperlukan dalam era globalisasi agar ….
a. Kita dapat mampu bersaing dengan negara lain
b. Kita dapat segera menjajah bangsa lain
c. Kita bisa menjadi lebih kaya dari bangsa lain
d. Kita menerima dan sangat bersedia dipengaruhi bangsa lain
Kunci Jawaban!
  1. d
  2. b
  3. a
  4. b
  5. c
  6. b
  7. b
  8. c
  9. d
  10. a
  11. d
  12. c
  13. d
  14. d
  15. b
  16. b
  17. a
  18. d
  19. a
  20. b
  21. d
  22. b
  23. a
  24. b
Demikianlah pembahasan makalah tentang Soal Tema 4 : Globalisasi Kelas 6. Semoga bermanfaat ya ….

SOAL TEMATIK KELAS 6 TEMA 4 BAHASA INDONESIA


Berikut ini adalah contoh latihan Soal Tematik Kelas 6 Tema 4 Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia untuk Tahun Ajaran 2019/2020 lengkap dengan kunci jawaban. Semoga Soal Tematik Kelas 6 Tema 4 Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia ini dapat dijadikan referensi untuk belajar khususnya adik-adik kelas 6 yang sudah menggunakan Kurikulum 2013.

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial disebut ....
a. teks eksplanasi
b. teks eksposisi
c. teks deskripsi
d. teks narasi

2. Berikut ini bukan ciri-ciri teks eksplanasi adalah ....
a. struktur terdiri atas pernyataan umum, deretan penjelas, dan penutup
b. memuat informasi sesungguhnya/fakta
c. memuat informasi yang bersifat keilmuan
d. berisi langkah-langkah kerja

3. Bagian akhir/penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai ....
a. reorientasi
b. rangkuman
c. konklusi
d. interpretasi

Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal nomor 4 – 5 !
Bioteknologi adalah istilah yang berasal dari bahasa latin yang terdiri atas kata bio yang berarti "hidup" dan teknos yang berarti "teknologi serta logos yang berarti "ilmu. Selanjutnya bioteknologi diartikan sebagai kajian ilmu terapan yang konsen terhadap rangkaian proses biologis dalam rangka menghasilkan barang dan jasa yang menerapkan prinsip sains. Perkembangan bioteknologi tak hanya didasarkan pada cabang keilmuan biologi saja, namun juga pada disiplin ilmu terapan lainnya semisal biologi molekuler, komputer, biokimia, genetika, kimia, mikrobiologis, matematika, dan lain sebagainya.
4. Pernyataan berikut ini yang sesuai dengan teks tersebut ialah ....
a. Bioteknologi adalah cabang dari keilmuan biologi.
b. Bioteknologi bukanlah keilmuan murni.
c. Bioteknologi diciptakan untuk mencari keuntungan.
d. Bioteknologi adalah hasil penerapan teknologi terhadap prosesi biologis.

5. Berikut ini tanggapan yang tepat dan sesuai dengan teks adalah ....
a. Kemajuan ilmu teknologi turut menunjang proses perkembangan bioteknologi
b. Pengembangan ilmu tertentu sangat membutuhkan teknologi,
c. Pada dasarnya bioteknologi hanya dapat dikembangkan pada tumbuhan dan hewan
d. Bioteknologi dikembangkan untuk kepentingan hajat hidup orang banyak

6. Berikut ini merupakan struktur teks eksplanasi yang benar adalah ....
a. definisi umum-deskripsi bagian-deskripsi manfaat
b. pernyataan umum-deretan penjelasan-interpretasi
c. tesis-argumentasi-penegasan ulang
d. pernyataan umum-argumentasi-interpretasi

7. Inti penjelasan tentang apa yang disampakan pada teks eksplanasi terdapat pada bagian ....
a. deretan penjelasan
b. deskripsi
c. definisi umum
d. interpretasi

8. Pandangan atau simpulan penulis pada teks eksplanasi terdapat pada bagian ....
a. definisi umum c. penegasan ulang
b. interpretasi d. deskripsi manfaat

9. Tetanggaku membeli pekarangan dekat ... Rencananya yang separuh akan digunakan untuk klini-
dokter spesial mata. Hal ini bertujuan agar kebun itu lebih bermanfaat.
Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...
a. apotik
b. apotek
c. afotek
d. apotick

10. Berikut ini termasuk contoh kata baku yang benar adalah ....
a. risiko, hanya, jatuh
b. risiko, cuman, jatuh
c. resiko, cuman, jatuh
d. resiko, hanya, jatuh

11. Tujuan dari teks eksplanasi adalah ....
a. melaporkan hasil observasi
b. menggambarkan suatu obyek
c. menjelaskan suatu prosedur
d. menyajikan informasi berupa fakta

12. Syarat dari kalimat efektif adalah ....
a. logis, indah, padu
b. tepat, indah, padu
c. logis, jelas, padu
d. sejajar, pas, indah

13. Tawuran yang paling umum terjadi adalah merupakan tawuran antar pelajar.
Perbaikan kalimat yang di atas adalah ....
a. Tawuran yang paling umum terjadi adalah merupakan tawuran antarpelajar.
b. Tawuran yang paling sering dan umum terjadi adalah tawuran antarpelajar.
c. Tawuran yang paling umum terjadi merupakan tawuran antar pelajar.
d. Tawuran yang paling umum terjadi adalah tawuran antarpelajar.

14. Perhatikan paragraf berikut !
Pada era global, sumber daya manusia (SDM) handal merupakan kebutuhan mendasar. Usaha untuk mendapatkan SDM handal dapat dilakukan melalui berbagai cara misalnya melalui penataran, pelatihan, kursus, lokakarya, seminar, atau kegiatan sejenis. Cara yang paling efektif untuk menghasilkan SDM handal adalah melalui jalur pendidikan.
Informasi tersirat dari paragraf tersebut adalah ....
a. Pada era global, setiap negara membutuhkan SDM yang handal sebagai kebutuhan mendasar.
b. Jalur pendidikan dianggap lebih efektif untuk menghasilkan SDM handal.
c. SDM yang handal dapat diupayakan melalui berbagai cara antara lain cara pendidikan dan pelatihan.
d. SDM yang handal menjadi kebutuhan mendasar bagi setiap negara baik negara maju maupun berkembang.

15. Membaca dengan tidak membaca keseluruhan isi teks, melainkan hanya dicari informasi yang diperlukan disebut membaca ....
a. intensif
b. ekspresif
c. memindai
d. pemahaman

16. Karakteristk atau ciri dari teks eksplanasi ialah ....
a. isinya memuat fakta
b. muatannya didasarkan pada pendapat/opini
c. adanya langkah prosedur
d. memuat unsur kekonyolan

17. Di bawah ini yang tidak termasuk ke dalam Isi dari sebuah teks eksplanasi adalah ....
a. kesimpulan/intisari dari gagasan yang dibahas
b. konflik pada tokoh-tokoh dalam novel
c. pernyataan tantang topik yang sedang dibahas
d. informasi yang didasarkan pada fakta berkaitan dengan topik

18. Perhatikan teks cerita berikut!
Fatin murid kelas VI SD Mutiara. la tergolong anak rajin. Sepulang sekolah, ia membantu ibu membersihkan rumah. Sekalipun banyak pekerjaan di rumah, ia tidak pernah lupa menyelesaikan tugas sekolah. Prestasi Fatin di sekolah juga tetap memuaskan. Itu sebabnya, Fatin sering mendapatkan pujian dari guru dan disukai oleh teman-teman.
Informasi dari cerita tersebut adalah ....
a. Semua pekerjaan berat dapat diselesaikan oleh Fatin.
b. Anak yang suka membantu orang tua akan berprestasi di sekolah.
c. Fatin dipuji karena ia rajin dan berbakti kepada orang tua
d. Anak yang memiliki banyak tugas akan mendapat pujian.

19. Para penduduk semua sangat khawatir akan masa depan mereka sekalian.
Perbaikan kalimat tersebut adalah ....
a. Penduduk semua sangat khawatir akan masa depan mereka sekalian.
b. Penduduk sangat khawatirkan masa depan mereka.
c. Para penduduk sangat khawatir akan masa depan mereka.
d. Para penduduk sangat khawatir akan masa depan mereka sekalian.

20. Perhatikan paragraf berikut ini!
Hari Minggu kemarin, terjadi kebakaran di Kompleks Perumahan Permai. Saat itu, situasi sangat genting. Beberapa orang-orang berteriak-teriak. Banyak pula yang menyelamatkan barang-barangnya.
Perbaikan yang tepat untuk kalimat bergaris bawah adalah ....
a. Orang-orang banyak berteriak.
b. Beberapa orang berteriak-teriak.
c. Beberapa orang sedang berteriak-teriak.
d. Orang-orang banyak sekali berteriak-teriak.

II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar !
1. Teks yang membahas tentang proses terjadinya suatu fenomena alam dan sosial disebut ..............
2. Salah satu struktur teks eksplanasi yang berisi pernyataan suatu topik yang akan dijelaskan dengan gambaran-gambaran permasalahannya yaitu ..........................................
3. Karakteristik atau ciri dari teks eksplanasi ialah isinya memuat ......................................
4. Salah satu kaidah kebahasaan teks eksplanasi adalah menggunakan kalimat .............................
5. Teks eksplanasi termasuk dalam teks ...........................................
6. Kalimat efektif harus sesuai kaidah .........................................................
7. Kata yang tidak sesuai EYD disebut ................................................................
8. Ide utama dari sebuah paragraf disebut ....................................................................
9. Pada setiap paragraf terdapat pikiran utama dan pikiran .......................................................
10. Kata baku dari resiko adalah ...................................................................
11. Fenomena alam yang terjadi karena curah hujan dan tindakan manusia adalah .............................
12. Inti dari teks eksplanasi terdapat pada bagian .............................................................
13. Informasi yang terdapat pada teks eksplanasi berdasarkan .............................................
14. Teks eksplanasi tentang pengangguran adalab contah dari fenomena ........................................
15. Manusia disebut juga sebagai makluk sosial.
Kata baku dari kata yang bergaris bawah pada kalimat tersebut adalah .................................................
16. Informasi inti paragraf terdapat pada .............................................................
17. Kejelasan struktur teks eksplanasi membuat kita lebih mudah menemukan ...................................
18. Paragraf terakhir pada teks eksplanasi merupakan bagian .....................................................
19. Sumber utama yang digunakan dalam pemakaian bahasa baku adalah ..................................
20. Pemerintah Indonesia sebenarnya sudah mengimbau masyarakat agar menghemat energi. Dengan menerapkan sistim 17-22. Namun, sering tidak dihiraukan oleh masyarakat sendiri. Padahal, bila dijalankan oleh satu kampung saja, hal itu akan sangat membantu mengurangi pemakaian listrik.
Kata baku yang tepat untuk kata yang bergaris bawah adalah .............................................

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!
1. Apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi?
Jawab : .....................................................................................................................................................
....................................................................

2. Sebutkan dan jelaskan ciri-ciri teks eksplanasi!
Jawab : .....................................................................................................................................................
....................................................................

3. Apakah yang dimaksud dengan informasi tersurat dan tersirat ?
Jawab : .....................................................................................................................................................
....................................................................

4. Apa isi bagian penjelas pada teks ekplanasi?
Jawab : .....................................................................................................................................................
....................................................................

5. Sebutkan urutan sistematika penulisan teks eksplanasi!
Jawab : .....................................................................................................................................................
....................................................................

6. Bagaimana cara menemukan informasi penting teks eksplanasi?
Jawab : .....................................................................................................................................................
....................................................................

7. Mengapa teks eksplanasi merupakan salah satu jenis tulisan ilmiah ?
Jawab : .....................................................................................................................................................
....................................................................

8. Jelaskan yang dimaksud dengan kalimat efektif!
Jawab : .....................................................................................................................................................
....................................................................

9. Berikan contoh lima kata baku dan tidak baku!
Jawab : .....................................................................................................................................................
....................................................................

10. Apa yang menjadi acuan kebakuan kata?
Jawab : .....................................................................................................................................................
....................................................................

11. Jelaskan tentang struktur teks eksplanasi!
Jawab : .....................................................................................................................................................
....................................................................

12. Sebutkan tiga topik teks eksplanasi mengenai fenomena sosial!
Jawab : .....................................................................................................................................................
....................................................................

13. Sebutkan ciri-ciri ringkasan yang baik pada teks eksplanasi!
Jawab : .....................................................................................................................................................

....................................................................

14. Sebutkan ciri-ciri kalimat efektif?
Jawab : .....................................................................................................................................................
....................................................................

15. Apa yang dimaksud kata baku ?
Jawab : .....................................................................................................................................................
....................................................................

16. Apa yang dimaksud kalimat baku ?
Jawab : .....................................................................................................................................................
....................................................................

17. Tuliskan kosakata baku untuk kosakata berikut!
a. Aktip
b. Konkrit
c. Kwitansi
Jawab : .....................................................................................................................................................
....................................................................

18. Apa isi bagian pernyataan umum pada teks eksplanasi!
Jawab : .....................................................................................................................................................
....................................................................

19. Apa isi bagian interpretasi pada teks eksplanasi!
Jawab : .....................................................................................................................................................
....................................................................

20. Bacalah teks berikut!
Penduduk Desa Bukit Indah beberapa minggu ini tampak sibuk panen. Mereka memotong padi dan mengangkutnya dari sawah ke rumah. Kemudian, mereka menjemurnya sebelum dimasukkan ke dalam karung atau lumbung. Selesai mengolah padi, mereka langsung membabat batang padi. Setelah itu, mereka membakarnya.
Tuliskan penting dari paragraf di atas!
Jawab : .....................................................................................................................................................
....................................................................

Kunci Jawaban Room I

1. a. teks eksplanasi
2. d. berisi langkah-langkah kerja
3. d. interpretasi
4. Bioteknologi adalah cabang dari keilmuan biologi.
5. a. Kemajuan ilmu teknologi turut menunjang proses perkembangan bioteknologi
6. b. pernyataan umum-deretan penjelasan-interpretasi
7. a. deretan penjelasan
8. b. interpretasi
9. b. apotek
10. a. risiko, hanya, jatuh
11. d. menyajikan informasi berupa fakta
12. c. logis, jelas, padu
13. d. Tawuran yang paling umum terjadi adalah tawuran antarpelajar.
14. d. SDM yang handak menjadi kebutuhan mendasar bagi setiap negara baik negara maju maupun berkembang.
15. c. memindai
16. a. isinya memuat fakta
17. b. konflik pada tokoh-tokoh dalam novel
18. c. Fatin dipuji karena ia rajin dan berbakti kepada orang tua
19. a. c. Para penduduk sangat khawatir akan masa depan mereka.
20. b. Beberapa orang berteriak-teriak.


Kunci Jawaban Room II

1. Teks eksplanasi
2. pernyataan umum
3. fenomena alam
4. pasif
5. nonfiksi
6. yang berlaku
7. kata tidak baku
8. ide pokok
9. penjelas
10. risiko
11. banjir, longsor
12. pernyataan umum
13. fakta
14. sosial
15. makhluk
16. kalimat utama
17. informaqsi penting
18. interpretasi
19. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
20. sistem

Kunci Jawaban Room III

1. Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lainnya bisa terjadi.

2. Ciri-ciri teks eksplanasi adalah :
1. Strukturnya terdiri dari pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi.
2. Memuat informasi berdasarkan fakta.
3. Fakta yang disampaikan bersifat keilmuan.

3. Informasi tersurat = Informasi yang memiliki makna langsung (tertulis jelas/terang-terangan) dalam suatu informasi/teks. Informasi tersirat = Informasi yang memiliki makna secara tidak langsung dan biasanya "tersembunyi" dalam suatu informasi/teks.

4. Bagian deretan penjelasan berisi tentang urutan, uraian, atau penjelasan tentang peristiwa yang terjadi.

5. Urutan sistematika penulisan teks eksplanasi :
Menentukan tema atau topik
• Membuat kerangka karangan dengan paragraf pertama tentang hal umum terkait topik; paragraph kedua, ketiga, dan seterusnya membahas tentang penjelasan proses terjadinya sesuatu; dan pada paragraf terakhir membahas tentang interpretasi kalian tentang topik tersebut
• Menyusun tulisan sesuai dengan kerangka karangan
• Menyunting teks eksplanasi yang sudah selesai ditulis
Dalam membuat teks eksplanasi, pilihlah topik yang benar-benar nyata. Misalnya tentang fenomena alam, fenomena sosial, dan sebagainya

6. membaca teks dengan seksama
7. karena teks esplanasi adalah teks yang memaparkan sebuah informasi secara terperinci yang disertai dengan fakta-fakta.
8. Kalimat efektif adalah kalimat yang sesuai dengan kaidah bahasa baik ejaan maupun tanda bacanya sehingga mudah dipahami oleh pembaca atau pendengarnya.
9. Kata Baku-Tidak Baku
Masjid - Mesjid
Asas - Azas
Atlet - Atlit
Aktif - Aktip
Apotek-Apotik

10. Yang menjadi acuan kebakuan kata :
1. dasar keserasian, yaitu bahasa yang digunakan dalam komunikasi resmi, baik tulis maupun lisan.
2. dasar keilmuan, yaitu bahasa yang digunakan dalam tulisan-tulisan ilmiah.
3. dasar kesastraan, yaitu bahasa yang digunakan dalam berbagai karya sastra.

11. Struktur teks eksplanasi adalah :
1. Penyataan Umum
Pernyataan umum berupa gambaran awal tentang apa yang akan disampaikan oleh penulis
2. Deretan penjelas
Deretan penjelas berupa inti penjelasan atas apa yang disampaikan.
3. Interpretasi
Interpretasi berupa pandangan atau simpulan atas fenomena atau permasalahan yang disampaikan.

12. pengangguran, kemiskinan, kenakalan remaja
13. Ciri-ciri ringkasan pada teks eksplanasi :
1. ditulis dengan kata-kata sendiri
2. bahasanya singkat dan padat tetapi jelas
3. mudah dimengerti oleh orang lain
4. memuat hal-hal pokok saja, tetapi yang dapat mewakili (representatif)

14. Ciri-Ciri Kalimat Efektif :
a. Menggunakan atau bahasa yang baik dan benar.
b. Kalimat yang digunakan sepadan, yaitu merupakan keseimbangan antara gagasan dan struktur bahasa yang digunakan.
c. Tidak menggunakan kata yang banyak mempunyai makna.
d. Tidak mengulang kata.
e. Menggunakan kalimat yang logis.

15. Kata baku adalah kata yang digunakan sudah sesuai dengan pedoman atau kaidah bahasa yang telah di tentukan,
16. Kalimat baku adalah kalimat yang sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia, meliputi kaidah dalam ejaan, struktur kalimat, hingga pemilihan kata.
17. kosakata baku untuk kosakata :
a. Aktip = aktif
b. Konkrit = konkret
c. Kwitansi = kuitansi
18. Isi pernyataan umum : penjelasan umum tentang fenomena yang dibahas, bisa berupa pengenalan atau penjelasannya
19. Interpretasi berisii tentang kesimpulan mengenai topik yang telah dijelaskan
20. Penduduk Desa Bukit Indah beberapa minggu ini tampak sibuk panen

Itulah Soal Tematik Kelas 6 Tema 4 Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Dikutip dari Juragan les

Minggu, 26 September 2021

PEMBELAJARAN TEMA 4 SUBTEMA 1 PB 1 GLOBALISASI DI SEKITARKU


Pengertian Globalisasi menurut bahasa adalah Global dan sasi, Global adalah mendunia, dan Sasi adalah Proses, jadi apabila pengertian Globalisasi menurut ahasa ini di gabungkan menjadi "Proses sesuatu yang mendunia". Pengertian Globalisasi secara singkat adalah " Sebuah proses dimana antar individu / kelompok menghasilkan suatu pengaruh terhadap dunia "
Apakah kamu dapat menyebutkan dan menjelaskan fakta tentang globalisasi yang ada di sekitarmu?

Ayo Simak!

Pembelajaran 1 Tema 4 Subtema 1
Materi Pembelajaran IPS KD 3.3 dan 4.3

Ayo membaca
Bacalah teks berikut dengan cermat!

Sejarah Berdirinya ASEAN

Pada tanggal 8 Agustus 1967 bertempat di bangkok, thailand, indonesia, singapura, malaysia, dan Filipina menyetujui terbentuknya ASEAN (Association Of South East Asian Nations). Kerja sama yang dilakukan oleh negara-negara di Asia Tenggara tersebut adalah kerjasama regional karena dilakukan dalam suatu ruang lingkup yang dekat.

Kelima negara yang masing-masing diwakili oleh menteri Luar Negeri yang memperkarsai terbentuknya ASEAN melakukan diskusi tanggal 5-8 Agustus 1967 untuk membicarakan terbentuknya ASEAN dan berakhir dengan kesepakatan penandatanganan deklarasai Bangkok yang menjadi tanda resmi berdiri suatu organisasi regional baru di kawasan Asia Tenggara. Perwakilan Menteri Luar Negeri tersebut yakni:
  1. Adam Malik Perwakilan Menteri Luar Negeri Indonesia
  2. Tun Abdul Razak Perwakilan Menteri Luar Negeri Malaysia
  3. Narciso Ramos Perwakilan Menteri Luar Negeri Filipina
  4. S. Rajaratman Perwakilan Menteri Luar Negeri Singapura
  5. Thanat Khoman Perwakilan Menteri Luar Negeri Thailand
Setelah itu negara di Asia Tenggara lainnya juga bergabung dengan ASEAN, yaitu:
  1. Brunai Darussalam bergabung pada 7 Januari satu minggu setelah mereka dinyatakan merdeka.
  2. Vietnam bergabung pada tanggal 28 Juli 1995
  3. Laos dan Myanmar bergabung bersamaan pada 23 Juli 1997
  4. Kamboja bergabung pada 16 Desember 1998
  5. Timor Leste belum dinyatakan resmi bergabung meski telah mengikuti beberapa kegiatan dari ASEAN.
Peranan Indonesia dalam ASEAN
Berikut adalah peranan Indonesia dalam ASEAN:
  1. Dari kelima negara yang memprakarsai dan mendirikan organisasi ASEAN, Indonesia merupakan salah satunya.
  2. Mendirikan gedung sekretariat ASEAN d Jakarta
  3. Indonesia sebagai tempat berlangsungnya Konferensi Tingkat tinggi ASEAN yakni di Bali
  4. Kepulauan Riau diperbolehkan oleh pemerintah Indonesia untuk dijadikan pusat karantina hewan dan tanaman untuk keperluan ASEAN.
  5. Sepenuhnya mendukung terselenggaranya Masyarakat Ekonomi ASEAN.
  6. Ikut serta dalam menciptakan perdamaian di kawasan Asia Tenggara.
  7. Salah Satu penggagas terbentuknya komunitas Keamanan ASEAN.
Ayo berlatih 1

Setelah membaca teks coba jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
  1. Mengapa sebuah negara memerlukan hubungan kerja sama dengan negara lain?
  2. Tuliskan secara singkat sejarah berdirinya ASEAN!
  3. Tuliskan 5 (lima) menteri luar negeri dan Asal negaranya yang memprakarsai berdirinya ASEAN!
  4. Tuliskan peran Indonesia dalam ASEAN!
  5. Sebutkan 5 anggota negara Asia yang baru bergabung dengan ASEAN!
Ayo membaca!
Kerja sama ASEAN di bidang Sosial Budaya

ASEAN menjalin kerjasama di berbagai bidang yaitu ekonomi, politik, dan sosial budaya. Kerja sama ASEAN dalam bidang sosial budaya bertujuan untuk meningkatkan tarap hidup. Beberapa contoh kerja sama antara negara-negara ASEAN dalam bdang sosial budaya sebagai berikut:
  1. Pertukaran pelajar antarnegara anggota ASEAN
  2. Pesta Olahraga negara anggota ASEAN (SEA Games)
  3. Penanganan narkoba dan solusinya
  4. Penanggulangan dampak bencana alam
  5. Perlindungan terhadap difabel
  6. Kerja sama untuk meningkatkan pariwisata
  7. Diadakannya Kongres pemuda ASEAN
  8. Prtukaran acara program televisi ASEAN
  9. Festival lagu ASEAN
Adapun peran Negara Ndonesia dalam kera sama ASEAN bidang sosial budaya adalah:
  1. Indonesia ikut aktif mengikuti pertukaran pelajar atau mahasiswa dengan negara anggota ASEAN
  2. Indonesia beberapa kali menjadi tuan rumah penyelenggaraan SEA Games
  3. Indonesia juga aktif mengikuti even SEA Games dengan mengirimkan atlet-atlet terbaik
  4. Indonesia aktif dalam melakukan penanganan Narkoba
  5. Indonesia ikut berpartisipasi dalam membantu korban bencana alam
Ayo berlatih 2

Setelah membaca teks, coba tuliskan bentuk kerja sama yang dilakukan oleh Indonesia dengan negara-negara ASEAN dalam bidang sosial budaya dan juga peran Indonesia dalam kerja sama tersebut! Tuliskan dalam diagram di bawah!
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut dengan cermat!

Melu Hillary Clinton Promosikan Angklung ke Dunia

Menjelang akhir pertemuan ke-44 Menteri Luar Negeri ASEAN, tepatnya pada tanggal 22 Juli 2011 malam di Hotel Nusa Dua Bali, diselenggarakan acara makan malam. Acara tersebut dihadiri lebih dari 50 menteri Luar Negeri. Tampak Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton dan menteri luar negeri dari negara-negara ASEAN, Tiongkok, Rusia, Uni Eropa, peninjau, dan tamu dari berbagi negara lain. Tentu saja berbagai makan tradisional dihidangkan, daj berbagai kesenian daerah ditampilkan, seperti tarian-tarian tradisional jakarta, bali, dan Aceh. Sebagai acara puncak adalah penampilan angklung interaktf oleh Saung Mang Udjo. Semua hadirin dibagikan angklung berbagai tangga nada, kemudian meainkannya bersama-sama dengan dipimpin oleh Daeng Udjo. Tampak semua undangan berbahagia. Mereka dihadiahi angklung yang baru saja mereka mainkan sebagai tanda mata dari Indonesia. "It's For You, a souvenir from Indonesia", kata Daeng Udjo sang Komandan.

Malam yang berkesan itu sangat membantu dalam menciptakan Iklim yang kondusif. Malam tersebut membuat pertemuan para menteri Luar Negeri ASEAN dan berbagai pertemuan bilateral lainnya berlangsung sukses. Foto Ibu Hillary Clinton-pun menghiasi berbagai surat kabar di dunia. Berkat angklung, Bu Hillary Clinton-pun menjadi duta Indonesia.

Ayo berlatih 3
Setelah membaca teks coba jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
  1. Bagaimana Peran Indonesia dalam kerja sama tersebut?
  2. Bagaimana peran Angklung dalam acra ersebut?
  3. Siapakan yang mendapat Gelar Duta Indonesia dalam tamu Undangan pagelaran Seni Angklung tersebut?
  4. Jelaskan pengertian dari pertemuan Bilateral!
  5. Siapa Pemimpin Pagelaran Angklung dalam pertemuan Bilateral tersebut?
Materi Pelajaran T Bahasa Indonesia KD 3.2 dan 4.2
Ayo belajar

Pengertian teks Ekplanasi

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan-penjelasan tentang proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam maupun sosial yang terjadi di kehidupan sehari-hari. semua  fenomena tersebut memiliki hubungan sebab akibat dan memiliki proses. 

Teks Eksplanasi merupakan teks yang berisi tentang suatu proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ kejadian-kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya dapat terjadi. Suatu peristiwa yang terjadi disekitar kita, selalu mempunyai hubungan sebab akibat dan sebuah proses. Peristiwa tersebut tidak hanya untuk kita amati dan rasakan. Peristiwa tersebut dapat kita pelajari, misalnya dari segi "mengapa" dan "bagaimana" peristiwa tersebut bisa terjadi.

Lalu, gimana ya caranya kita tahu bahwa sebuah teks itu disebut sebagai teks eksplanasi? Yuk, kenali ciri-ciri dan struktur teks eksplanasi!

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Ada beberapa ciri-ciri teks eksplanasi antara lain:
  1. Informasi yang dimuat berdasarkan fakta (faktual).
  2. Hal yang dibahas yaitu suatu fenomena yang bersifat keilmuan atau berhubungan dengan ilmu pengetahuan.
  3. Sifatnya informatif dan tidak berusaha memengaruhi pembaca untuk percaya terhadap hal yang dibahas.
  4. Menggunakan kata penanda urutan.
  5. Fokus pada hal umum (generik), bukan partisipan manusia. Contoh: tsunami, banjir, gempa bumi, hujan, dan lainnya.

Struktur Teks Eksplanasi

Sebuah teks bisa dikategorikan sebagai teks eksplanasi jika memiliki struktur sebagai berikut ini.

1. Pernyataan Umum

Di bagian pernyataan umum ini, sebuah teks eksplanasi menjelaskan tentang gambaran umum fenomena/peristiwa alam yang akan dibahas. Poinnya bisa mengangkat tentang proses bagaimana fenomena/peristiwa alam tersebut bisa terjadi.

2. Urutan Sebab Akibat

Setelah mengetahui secara umum fenomena yang akan dibahas, pada bagian ini dijelaskan tentang penyebab dan akibat yang ditimbulkan dari fenomena tersebut. Kamu bisa melakukan deskripsi dalam beberapa paragraf terkait sebab dan akibatnya. Bagian ini disebut juga dengan deretan penjelas.

3. Interpretasi

Interpretasi dalam teks eksplanasi dapat dikatakan sebagai penarikan kesimpulan. Kamu bisa memberikan tanggapan atau pernyataan terkait fenomena yang diangkat dalam teks tersebut.

Ayo Mebaca

Bacalah teks berikut dengan cermat!

Menghasilkan Energi listrik

Listrik memiliki peran penting di era Globalsasi. Tidak dapat dimungkiri, bahwa globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi didalamnya. Dengan ditemukannya televisi, komputer, dan telepon genggam, arus informasi kemudian menyebar dengan begitu cepat ke berbagai negara belhan dunia. Kebutuhan akan listrik kemudian menjadi suatu hal yang harus dipenuhi bagi semua negara di era globalisasi saat ini.

Listrik dihasilkan di pusat pembangkit menggunakan beragam sumber energi. Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), air dari waduk/sungai masuk melalui pintu yang diatur oleh katup pengaman. Air kemudian masuk ke tangki pengaman tekanan. Air di didalam pipa pesat mengalirkan dan mengarahkan air ke turbin melalui katup pengatur tekanan untuk mendapatkan tekanan energi yang besar. Energ potensial air kemudian menggerakkan turbin. Energi gerak tersebut kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator. Energi listrik  dari generator kemudian diatur kapasitas tenaganya dan dialirkan oleh transformer. Energi listrik kemudian dibagikan ke konsumen oleh saluran transmisi.

Komponen utama pada semua pembangkit energi listrik adalah turbin dan generator. Turbin tersebut harus bergerak untuk menghasilkan energi gerak yang kemudian diubah menjadi ebergi listrik oleh generator. Energi penggerak turbin, selain dari aliran air, juga bisa di dapat dari angin (PLTB), panas Bumi (PLTP), dan sumber energi lainnya. Adakah sumbr energi di daerahmu yang bisa digunakan sebagai pembangkit energi listrik?


Ayo berlatih 4

Setelah membaca teks coba jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

  1. Apakah teks diatas termasuk teks eksplanasi? Jelaskan alasanmu!
  2. Tuliskan bagianbagian pernyataan umum!
  3. Tuliskan bagian deretan penjelas!
  4. Tuliskan bagian Interpretasi!
Materi Pembelajaran IPA KD 33.6 dan 4.6
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut dengan cermat!

Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH)

Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) adalah teknologi untuk memanfaatkan debit air yang ada di sekitar kita untuk diubah menjadi energi listrik. Caranya dengan memanfaatkan debit air untuk menggerakkan turbin yang akan menghasilkan energi mekanik. Selanjutnya, energi mekanik ini menggerakkan generator dan menghasilkan listrik.

Instalasi PLTMH tidak sulit. Hanya ada beberapa syarat fisik yang diperlukan until membangun PLTMH, yaitu PLTMH harus dibangun di daerah yang memiliki ketersediaan aliran air yang konstan dalam ukuran debit tertentu. Ukuran debit air akan menentukan besarnya energi yang mampu dihasilkan. Lalu, rangkaian PLTMH membutuhkan turbin untuk memutar kumparan dinamo listrik, dinamo untuk mengubah energi yang dihasilkan oleh putaran turbin menjadi listri dan jaringan listrik untuk menyalurkan listrik dari instalais PLTMH ke pengguna.

Dibandingkan dengan sumber-sumber energi lain, pembangkit listrik mikrohidro merupakan sumber energi yang secara ekonomis sangat efisien dan mudah perawatannya. Nilai investasi pembuatan pembangkit listrik tenaga mikrohidro, untuk rata-rata penerangan sebuah desa selama 24 jam, memerlukan biaya sebesar Rp 20 juta sampai Rp 30 juta per 1.000 watt. Biaya ini dikeluarkan hanya sekali dan dapat dikumpulkan secara swadaya oleh masyarakat.

PLTMH tidak menggunakan bahan bakar minyak sama sekali, sehingga tidak ada gas buang yang dihasilkan dari penggunaan teknologi ini. Oleh karena itu penerapan Mikrohidro merupakan upaya positif untuk mengurangi laju perubahan iklim global. Selain itu, PLTMH dapat digunakan selama 24 jam tanpa henti.

Salah satu daerah di Indonesia yang menggunakan PLTMH adalah masyarakat Desa Cibuluh yang teletak di cagar alam Gunung Simpang, Cianjut, Jawa Barat. PLTMH dibangun oleh masyarakat pada tahun 2005 secara swasembada. Pada saat itu masyarakat berhasil mengumpulkan Rp 95 juta untuk membangun PLTMH dengan kapasitas 22KW.

Selain itu, daerah lain yang juga berhasil membangun PLTMH adalah masyarakat Desa Pelakat, Muara Enim, Sumatera Selatan. Pada tahun 2013 Al Azhar Peduli Ummat mendirikan PLTMH bekerjasama dengan PT Bukit Asam. Aliran air yang digunakan untuk menggerakkan turbin adalah aliran irigasi desa. PLTMH tersebut menghasilkan 32 KW untuk 124 KK di Desa tersebut. PLTMH tersebut dikelola secara swadaya oleh masyarakat dalam bentuk koperasi.

Pembangunan PLTMH adalah investasi jangka panjang bagi masyarakat dan lingkungan. instalasi PLTMH terbilang murah, sekalipun untuk membangun instalasinya memakan dana yang banyak, tetapi dengan cara gotong-royong, masyarakat dapat membangun instalasi ini dengan biaya terjangkau. Untuk lingkungan, penggunaan listrik dari PLTMH dapat mereduksi jumlah gas rumah kaca yang terbuang ke atmosfer penyebab pemanasan global. Jadi, dengan kata lain penggunaan PLTMH adalah salah satu cara mengatasi pemanasan global.

Kelebihan PLTMH
Dibandingkan pembangkit listrik yang lain, Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut!
  1. PLTMH cukup murah karenamenggunakan energi alam
  2. Memiliki konstruksi yang sederhana dan dapat dioperasikan di darah terpencil oleh tenaga terampil penduduk daerah setempat denan sedikit latihan
  3. Tidak menimbulkan pencemaran
  4. Dapat dipadukan dengan program lainnya seperti irigasi dan perikanan
  5. Mendorong masyarakat agar dapat menjaga kelestarian hutan sehingga ketersediaan air terjamin.
Potensi sumber daya air yang mlimpah di Indonesiakarena banyk terdapatnya hutan hujan tropis, membuat kita harus bisa mengembangkan potensi ini. Air adalah sebagai sumber energi yang dapat terbarukan dan alami. Ila hal ini dapat terus dieksplorasi, konservasi air menjadi energi listrik sangat menguntungkan bagi negeri ini. Di Indonesia telah terdapat banyak sekali PLTMH dan waduk untuk menampung air, tinggal bagaimana kita dapat mengembangkan PLTMH menjadi lebih baik lagi dan lebih efisien.

Ayo berlatih 5
Setelah membaca teks coba jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
  1. Tuliskan pengertianmu tentang pembangkit tenaga listrik mikro hidro!
  2. Berasal dari manakah energi pembangkit tenaga listrik mkro hidro?
  3. Sebutkan 3 (tiga) komponen utama PLTMH!
  4. Bagaimana cara kerja pembangkit tenaga listrik Mikro hidro?
  5. Sebutkan keuntungan dari PLTMH!
Soal Evaluasi menyusul selamat mengerjakan