Senin, 31 Agustus 2020

PEMBELAJARAN TEMA 2 SUBTEMA 2 PB 2

Assalamu'alaikum wr,wb
Semangat pagi semuanya. Bagaimana kabar kalian hari ini? 
Semoga kalian senantiasa dalam lindungan Allah SWT Aamiin...

Sebelum kita melaksanakan kegiatan pembelajaran hari ini, Apakah kalian sudah mengisi kegiatan harian kalian?

Alhamdulillah jika kalian sudah melaksanakan kegiatan harian.
Kita awali pembelajaran hari ini dengan mengucapkan Basmalah.
Bismillahirrohmanirrohim.

Pertemuan kita hari ini tentang Pembelajaran Tema 2 SubTema 2 Pembelajaran 2.
Anak-anak sebelum pembelajaran dimulai silahkan kalian siapkan Buku dan alat tulis kalian. Bacalah materi tema berikut dan selesaikan tugas kalian hari ini. Mapel hari ini PPkN, SBdp.

Sub Tema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan

Materi Pembelajaran PPKn KD 3.4 dan 4.4

Kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia tidak lepas dari makna yang terkandung dalam sila ketiga, yaitu Persatuan Indonesia.

Mengapa persatuan dan kesatuan penting?
Apa yang akan terjadi jika negara Kesatuan Republik Indonesia tidak bersatu?

Ayo, kita pelajari!

Meskipun Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang membentang dari Sabang Sampai Merauke dengan penduduk yang berasal dari latar belakang dan kebudayaan yang berbeda-beda, namun dengan semangat Persatuan dan kerja sama, bangsa Indonesia mampu mengusir penjajah dari bumi Indonesia.

'Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh' adalah semboyan yang sering didengungkan untuk meningkatkan semangat persatuan pada masa penjajah.

Nah Anak-anak, berikut ini ada permainan yang mencerminkan persatuan, Ayo  kita pelajari!

Ayo membaca
Bacalah teks berikut dengan cermat!

Permainan Tradisional Rangku Alu
Permainan Rangku Alu adalah permainan yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Permainan ini menjadi favorit di semua kalangan. Rangku Alu biasanya dimainkan saat panen tiba. Untuk memainkannya kamu hanya memerlukan 4 batang bambu.
Peraturan dan cara bermain Rangku Alu.
1. Terdapat dua kelompok untuk memainkan ini, masing-masing kelompok beranggotakan empat orang
2. Satu kelompok bertugas menjaga dan satu kelompok lagi bermain
3. Kelompok penjaga bertugas memainkan bambu yang dibentur-benturkan membentuk persegi diiringi nyanyian
4. Kelompok yang bermain harus melompat-lompat untuk menghindari terjepit di sela-sela bambu
5. Jika kelompok yang bermain kakinya terjepit maka, berganti tugas.

Setelah memahami tentang permainan rangku alu sekarang cobalah kalian amati dan baca teks berikut dalam hati!

Ayo membaca

Kami Berbeda, Namun Kami Bekerja Sama

Matahari belum Tinggi ketika Edo, Dayu, dan teman-temannya bermain di halaman sekolah. Ada yang bermain lompat karet, ada yang bermain petak jongkok, ada yang bermain congklak di selasar kelas, dan sebagian lagi ikut dalam permainan Rangku Alu.

Edo, Dayu, Siti, Udin, dan Lani memilih ikut permainan Rangku Alu bersama beberapa teman lain. Mereka memang lebih suka dengan permainan olah tubuh di luar ruangan.

Baru beberapa hari yang lalu, teman baru mereka, Yanes yang memperkenalkan permainan ini. Yanes berasal dari Alor, Nusa Tenggara Timur. Permainan yang menggunakan tongkat bambu ini adalah permainan anak yang digemari di sana. Edo, Dayu, dan teman-teman di SD Nusantara senang sekali mengenal permainan baru ini.

"Seru dan menantang!" kata mereka.

Anak-anak di SD Nusantara justru gembira menyambutnya. Perbedaan warna kulit, adat, kebiasaan, bahasa, atau agama tidak mereka anggap sebagai masalah. Semua akrab bermain bersama. Pernah sekali waktu, ketika Edo bercanda akrab dengan Siti dan Dayu, Hendra berkomentar.

"Ih, Dayu, mau-maunya kamu bermain dengan Edo yang berkulit hitam. Nanti kulitmu yang putih tertular hitam, lho!" ejeknya.

"Ah, Aku tidak pernah pusing dengan warna kulit, teak pernah pusing dengan asal daerah. Aku dan Siti pun berbeda. Aku anak Bali, Siti anak Sumatera, tetapi kami saling memahami. Pertemanan hanya butuh waktu untuk saling menyesuaikan. Aku pun butuh waktu untuk menyesuaikan diri denganmu, Hendra." Balas Dayu tenang. Hendra pun terdiam. Sesungguhnya, ia juga tidak pernah mengalami masalah dengan temannya yang berbeda asal.

Begitulah gambaran keseharian di SD Nusantara. Anak-anaktetap rukun, bekerja sama, dan bersatu, walaupun mereka berbeda-beda. Wawasan mereka semakin kaya karena mengenal adat dan bahasa daerah lain.
Semakin kaya dengan bermain bersama aneka permainan tradisional Rangku Alu, Benthik, Gobak Sodor, atau Cingciripit menjadi perekat yang menyenangkan.

Ayo berlatih 1

Setelah membaca teks di atas cobalah untuk menjawab pertanyaan berikut dengan benar!
1. Apa saja perbedaan yang kamu temukan dalam cerita diatas?
2. Bagaimana sikap Edo dan teman-teman menghadapi perbedaan tersebut?
3. Apakah perbedaan menghalangi mereka dalam melakukan kerja sama? Jelaskan!
4. Pernahkah kamu bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda? Berikan 2 contoh!
5. Apa manfaat yang kita peroleh ketika mampu bekerja sama dan bersatu dengan orang-orang yang berbeda dalam kehidupan sehari-hari!
6. Bagaimana kamu menyikapi perbedaan yang ada? Jelaskan!
7. Jelaskan manfaat kerja sama dan persatuan dalam kehidupan sehari-hari!
8. Bagaimana dengan perbedaan yang ada di sekolahmu?

Pertanyaan diatas kalian kerjakan dan salin dibuku tulis kalian!

Setelah mempelajari bagaimana menjalin kerja sama dan persatuan dalam keseharian, maka sekarang kamu menuangkan manfaat persatuan dan kesatuan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam sebuah drama. 

Ayo berlatih 2

Buatlah naskah drama tentang makna dan manfaat persatuan dan kesatuan!

Sebelum kalian membuat naskah drama simak terlebih dahulu bagaimana cara membuat naskah drama dan langkah-langkahnya, Silahkan kalian Klik Materi tentang Drama, Klik Disini atau bisa klik link berikut ini Materi Drama

Materi Pembelajaran SBDP KD 3.3 dan 4.3

Ayo Lakukan

Tahukah kalian bahwa kerja sama dan persatuan juga penting ketika kalian menampilkan tari secara berkelompok?
Apakah kalian masih ingat tentang pola lantai ketika menari? 
Kamu sudah belajar mengenai bentuk pola lantai dalam menari. Kali ini kamu akan menerapkan pola lantai tersebut pada sebuah tarian yaitu tari Indang yang berasal dari Sumatera Barat.

Amati gambar  Kemudian tirukan gerakannya pola lantainya!
Pola Lantai
Gerakan 1 :   Tangan kiri menumpu tangan kanan (membentuk sudut siku-siku) sembari menggerakkan  ujung-ujung jari agar berbunyi (tuk). Dilakukan bergantian selama tiga kali. Kemudian, tangan kanan diayunkan ke arah kiri sehingga posisi tangan kanan menumpu tangan kiri.

Gerakan 2 :  Tangan kanan ke depan, kemudian memukul lantai (bagian depan badan). Sedangkan tangan kiri ke belakang, Kemudian memukul lanatai (bagian belakang badan). Dilakukan  secara bergantian selama tiga kali. Selanjutnya, tangan kanan dan kiri ditarik ke arah badan membentuk sudut siku-siku (tangan kiri menumpu tangan kanan).

Gerakan 3 : Tangan kiri ke depan, kemudian memukul lantai (bagian depan badan), Sedangkan tangan kanan ke belakang, kemudian memukul lantai (bagian belakang badan). Dilakukan secara bergantian selama tiga kali. Selanjutnya, tangan kiri dan kanan ditarik ke arah badan membentuk sudut siku-siku (tangan kanan menumpu tangan kiri).

Gerakan 4 : Tangan kanan ke depan, kemudian memukul lantai ( bagian depan badan). Sedangkan tangan kiri ke belakang, kemudian memukul lantai (bagian belakang badan). Dilakukan secara bergantian selama tiga kali. Selanjutnya, tangan kanan dan kiri ditarik ke arah badan membentuk sudut siku-siku (tanan kiri menumpu tangan kanan).

Gerakan 5 : Tangan kiri ke depan, kemudian memukul lantai (bagian depan badan). Sedangkan tangan kanan ke belakang, kemudian memukul lantai (bagian belakang badan). Dilakukan secara bergantian selama tiga kali. Selanjutnya, tangan kiri dan kanan ditarik ke arah badan membentuk sudut siku-siku (tangan kanan menumpu tangan kiri).

Gerakan 6 : Posisi badan ke arah kanan. Kedua tangan diletakkan di atas paha kanan. Tangan Kanan di atas tangan kiri. Kemudian pergelangan kedua tangan digerakkan. Digerakkan selama empat hitungan.

Gerakan 7 : Posisi badan ke arah kiri. Kedua tangan diletakkan di atas paha kiri. Tangan kiri di atas tangan kanan. Kemudian pergelangan kedua tangan digerakkan, kaki digerakkan. Digerakkan selama empat hitungan.

Gerakan 8 : Posisi badan ke arah kanan. Kedua tangan diletakkan di atas paha kanan.Tangan kanan di atas tangan kiri. Kemudian pergelangan kedua tangan digerakkan, kaki digerakkan. Digerakkan selama empat hitungan.

Gerakan 9 : Posisi bdan ke arah kiri. Kedua tangan diletakkan di atas paha kiri. Tangan kiri di atas tangan kanan. Kemudian pergelangan kedua tangan digerakkan, kaki digerakkan. Digerakkan selama empat hitungan.

Gerakan 10 : Posisi badan ke arah kanan. Kedua tangan diletakkan di atas paha kanan. Tangan kanan di atas tangan kiri. Kemudian pergelangan kedua tangan digerakkan, kaki digerakkan. Digerakkan selama empat hitungan.

Gerakkan 11 : Posisi badan ke arah kiri. Kedua tangan diletakkan di atas paha kiri. Tangan kiri di atas tangan kanan. Kemudian pergelangan kedua tangan digerakkan, kaki digerakkan. Digerakkan selama empat hitungan.

Sekarang saatnya kamu mempraktikkan pola lantai dan gerakan tari Indang. Perhatikan gerakan gambar maupun penjelasan dan ikuti gerakannya. kemudian kalian videokan gerakan tari indang yang kalian praktikan! Gunakan musik Indang ketika praktek tari indang. kirim melalui group telegram!

Sekarang kalian kerjakan soal Evaluasi Tema 2 SubTema 2 Pembelajaran 2 berikut ini!
Silahkan kalian klik link berwarna biru. Klik Disini
Kalian juga bisa langsung mengerjakan di formulir dibawah ini!
Selamat mengerjakan!

0 komentar:

Posting Komentar