Selasa, 25 Agustus 2020

PEMBELAJARAN TEMA 2 ST 1 PB 4 KELAS 6

Assalamualaikum wr,wb.
Selamat Datang di Blog ibu Santi Yuliani. Bagaimana kabar kalian hari ini? semoga kalian senantiasa dalam lindungan Allah SWT Amiin.

Sebelum kita melaksanakan kegiatan pembelajaran hari ini, Apakah kalian sudah mengisi kegiatan harian kalian?

Alhamdulillah jika kalian sudah melaksanakan kegiatan harian.
Kita awali pembelajaran hari ini dengan mengucapkan Basmalah.
Bismillahirrohmanirrohim.


Pembelajaran jarak jauh (PJJ) ini dilakukan selama pandemi covid-19 lebih difokuskan pada pembelajaran berbasis proyek, produk maupun percobaan. Pembelajaran Jarak Jauh memang tidaklah mudah bagi para siswa. Selain kesulitan mengenai teknologi, gairah untuk belajar jarak jauhpun pastinya berbeda dengan pembelajaran secara tatap muka di sekolah. Untuk itu, saya selaku Guru berusaha mencari inovasi dan kreatif yang bisa membangkitkan kembali gairah peserta didik untuk gairah kembali belajar secara optimal. Dan Mudah-mudahan terobosan yang saya lakukan memberikan perubahan pembelajaran yang berbeda, sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kalian maupun bagi peserta didik lainnya,

Pembelajaran Jarak Jauh ini dilakukan untuk menyukseskan pembelajaran jarak jauh dengan inovasi.

Adapun Materi Pembelajaran hari ini adalah Tema 2 Persatuan Dalam Prbedaan SubTema 1 Rukun Dalam Perbedaan tentang Perbedaan Pendapat antara golongan Tua dan Golongan Muda Menjelang Proklamasi

Sebelum pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Ternyata terjadi perdebatan antara golongan pemuda dengan golongan tua. Baik golongan tua maupun golongan muda, sesungguhnya sama-sama menginginkan secepatnya dilakukan proklamasi kemerdekaan dalam suasana kekosongan kekuasaan dari tangan pemerintah jepang. Hanya saja, mengenai cara melaksanakan proklamasi itu terdapat perbedaan pendapat. 

Golongan tua, sesuai dengan perhitungan politiknya, berpendapat bahwa indonesia dapat merdeka tanpa bertumpah darah, jika tetap bekerja sama dengan Jepang. Karena itu, untuk memproklamasikan kemerdekaan, diperlukan suatu revolusi yang terorganisir.

Soekarno dan Hatta, dua tokoh golongan Tua, bermaksud membicarakan pelaksanaan proklamasi kemerdekaan dalam rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Dengan cara itu, pelaksanaan proklamasi kemerdekaan tidak menyimpang dari ketentuan pemerintah jepang.

Sikap golongan tua tersebut tidak disetujui oleh golongan pemuda. Mereka menganggap, bahwa PPKI adalah badan buatan jepang. Sebaliknya, golongan pemuda menghendaki terlaksananya proklamasi kemerdekaan itu, dengan kekuatan sendiri tanpa adanya campur tangan pemerintah Jepang.

Perbedaan pendapat ini, mengakibatkan penekanan-penekanan golongan pemuda kepada golongan tua yang mendorong mereka melakukan "aksi penculikan" terhadap diri Sokarno-Hatta. Sehingga terjadilah peristiwa Rengasdengklok. Namun, pada akhirnya proklamasi berhasil dilaksanakan secepatnya tanpa campur tangan dari pemerintahan jepang.

Ayo berlatih 1

Berdasarkan bacaan tersebut, Tulislah informasi penting pada teks bacaan diatas pada peta pikiran seperti yang tergambar pada contoh peta pikiran berikut! 
Kembangkan informasi pada peta pikiran menggunakan kalimatmu sendiri dalam bentuk Karangan minimal 3 paragraf. Serahkanlah hasil pekerjaanmu kepada gurumu.


Ayo berlatih 2
Setelah membaca teks, cobalah untuk menjawab pertanyaan berikut dengan benar!
  1. Apa yang kamu ketahui tentang golongan muda dan golongan tua?
  2. Perbedaan apasaja yang terdapat pada teks?
  3. Apa yang kamu ketahui tentang peristiwa Rengasdengklok?
  4. Mengapa terjadi peristiwa Rengasdengklok?
Materi  PPKn KD 3.4 dan 4.4

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut dengan cermat!

Hidup Rukun

HidupRukun artinya saling menghormati dan menyayangi antara sesama manusia. Sedangkan Kerukunan adalah sikap menjaga hubungan baik dengan sesama. Hidup rukun dapat dilakukan di rumah, sekolah, dan masyarakat.

Hidup rukun sangat bermanfaat dalam kehidupan.
Manfaat hidup rukun antara lain:
  1. Tidak akan terjadi pertengkaran dan perselisihan
  2. Menciptakan rasa persatuan dan kesatuan
  3. Menciptakan rasa aman dan damai
  4. Memiliki banyak teman
  5. Hidup menjadi aman dan damai
Sebaliknya jika kamu tidak membina hidup rukun maka akan berakibat sebagai berikut.
  1. Selalu merasa takut
  2. Dibenci oleh banyak orang
  3. Hidup tidak nyaman
  4. Tidak punya teman
Ayo berlatih 3

Setelah membaca teks, cobalah untuk menjawab pertanyaanberikut dengan benar!
  1. Apa yang kamu ketahui tentang hidup rukun?
  2. Berilah contoh hidup rukun yang kamu ketahui!
  3. Apa saja manfaat hidup rukun?
  4. Apa yang akan terjadi jika kamu tidak membina hidup rukun?
Ayo Lakukan

Perhatikan gambar berikut, kya.
Sampaikan jawabanmu kepada gurumu!

  1. Jika kamu sedang bermain bersama mereka, apa yang harus kamu perhatikan terkait kerukunan dan persatuan?
  2. Apakah kamu telah menerapkan nilai-nilai kerukunan terkait persatuan dan kesatuan dalam kehidupanmu sehari-hari? Jelaskan dan berilah contohnya!
  3. Tulislah manfaat yang kamu peroleh dari nilai-nilai kerukunan!
Setelah kalian membaca artikel materi maupun tugas yang ibu berikan dan mencatatnya di buku tulis kalian, sekarang saatnya kalian mengerjakan soal evaluasi Tema 2 Subtema 1 Pb 4. Klik Disini

Kalian bisa juga langsung mengerjakan pada formulir berikut!

0 komentar:

Posting Komentar