Pembelajaran 3
Materi pembelajaran bahasa Indonesia KD 3.2 dan 4.2
Bacalah paragraf berikut!
Pengaruh roda bagi kehidupan manusia
Dari catatan sejarah, penemuan-penemuan ahli arkeologi maupun mitologi mitologi yang ada tidak ada satupun yang bisa menyimpulkan Siapa sesungguhnya penemu roda. Bisa jadi setiap bangsa pada masa prasejarah mengenal roda secara bertahap dan alami sesuai dengan aktivitas dan peradaban yang makin berkembang.
Sedangkan roda yang biasa dipergunakan pada alat transportasi terlihat di satu mozaik Mesopotamia (wilayah Irak modern) yang ditenggarai sekitar tahun 3000 200 SM. Hal ini terlihat dari patung-patung peninggalan bangsa ini yang merupakan penggambaran tertua dari sebuah benda berbentuk roda.
Penggunaan roda sebagai alat angkut memungkinkan berawal dari potongan-potongan kayu yang berbentuk rol sehingga bisa menggelinding. Rol kayu di atasnya ditaruh papan sehingga bisa untuk mengangkut beban titik pada perkembangannya, dibuatlah poros yang kemudian dihubungkan antara roda yang satu dengan lainnya. Dan kemudian bisa dirakit dengan rangka utama chromebook asasi sebelum tutup sehingga tidak mudah lepas. Dengan teknologi awal yang sederhana inilah kemudian manusia mengembangkan kendaraan beroda.
Pada tahap lebih lanjut, roda digunakan pada kereta kereta kuda ketika jalan-jalan telah dibuat lebih lebar dan rata. Teknologi kereta perang menjadi sangat penting bagi 1 negeri pada masa lampau.
Sedangkan roda yang menggunakan karet ban seperti kita kenal sekarang adalah sebagai penggabungan antara teknologi roda sebelumnya. Dengan penemuan teknologi vulkanisasi karet oleh Charles goodyear pada tahun 1839. Vulkanisasi berasal dari kata vulkanik yang merupakan nama dewa api dalam kepercayaan bangsa Romawi. Karena itu temuan gudir ini dinamakan karet tahan api. Dengan ditemukannya karet tahan panas inilah kemudian berkembang pembuatan ban kendaraan yang lebih tahan panas yang dihasilkan akibat gesekan dengan jalan raya. Untuk menghargai temuan Charles goodyear, sebuah perusahaan yang didirikan oleh Frank Seiberling pada tahun 1898 diberi nama tire and rubber company. Perusahaan ini bergerak dibidang industri karet dan pembuatan ban kendaraan komandan menjadi perusahaan yang terkenal hingga dewasa ini.
Sebelum cyberlink mendirikan perusahaan gudir, pada tahun 1845 Thomson dan Dunlop telah menemukan ban yang berisi udara yang pada waktu itu disebut beban hidup titik Karena itulah kemudian Thomson dan Dunlop disebut bapak ban titik ketika teknologi terus berkembang, roda kendaraan terdiri dari ban dalam dan bantuan titik ban dalam ditemukan oleh Charles Kingston weich, sedangkan ban luarnya dibuat pertama oleh William erskine bartlett.
Pada pembelajaran yang lalu kalian sudah membaca cerita tentang listrik serta menjawab pertanyaan yang diberikan titik apakah jawabanmu sudah benar?
Periksalah dan tuliskan kembali secara berurutan pada diagram berikut.
Pertanyaan berikut untuk memastikan isi tulisanmu pada diagram kelas sesuai dengan isi bacaan!
Sudahkah tulisanmu di paragraf pertama memenuhi kriteria berikut?
Topik masalah yang akan disampaikan oleh penulis yaitu tentang pentingnya listrik pada kehidupan warga dunia
Sudahkah tulisanmu di paragraf kedua dan ketiga telah memenuhi kriteria berikut?
Mendukung topik utama yang disampaikan pada paragraf pertama dengan menuliskan data data yang berurutan singkat dan jelas sehingga mudah untuk dimengerti titik data tersebut harus berisi tentang:
Urutan perjalanan arus listrik dari pembangkit hingga ke rumah warga
Pemanfaatan listrik di rumah warga
Apakah tulisanmu di paragraf ke-4 telah memenuhi kriteria berikut?
Kesimpulan isi teks bacaan yaitu tentang peran penting listrik bagi kehidupan manusia
Pesan gas miring ide sendiri pendapat pribadi penulis mengenai topik masalah, yaitu tanpa listrik, manusia akan mengalami kesulitan dalam kesehariannya.
Teks Eksplanasi Ilmiah
Teks Eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial. Pada teks eksplanasi, sebuah peristiwa timbul karena ada peristiwa lain sebelumnya dan peristiwa tersebut mengakibatkan peristiwa yang lain lagi sesudahnya.
Teks eksplanasi ilmiah bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang proses terjadinya sesuatu berdasarkan prinsip sebab akibat.
Teks eksplanasi ilmiah mempunyai 3 struktur yang membangun agar menjadi satu kesatuan yang utuh, yaiu:
1. Pernyataan Umum:berisi tentang penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya. Dalam contoh teks diatas titik penjelasan umum yang dituliskan dalam teks ini berupa gambaran secara umum. Dan berisi pernyataan umum mengenai topik yang akan dijelaskan, proses-proses terjadinya/proses keberadaan.
2. Deret Penjelas: berisi tentang penjelasan proses menghasilkan energi listrik. Dan berisi mengenai detail penjelasan proses terjadinya yang disajikan secara urut atau bertahap dari yang paling awal hingga yang paling akhir.
3. Interpretasi (Opsional) . Teks Penutup yang bersifat pilihan, dan bukan keharusan titik teks penutup yang dimaksud adalah teks yang merupakan intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas. Opsional nya dapat berupa tanggapan maupun mengambil kesimpulan atau pernyataan yang ada dalam teks tersebut. Teks penutup upts berisi tentang kesimpulan atau pendapat (interpretasi) penulis mengenai topik yang telah dijelaskan.
Materi pembelajaran IPA KD 3.4 dan 4.4
Ayo berlatih 1
Membuat rangkaian seri
Baca kembali daftar alat dan bahan yang telah kamu buat pada pembelajaran sebelumnya. Pada pertemuan sebelumnya kalian telah membuat lampu senter sedrhana. Siapkan alat dan bahan terlebih dahulu untuk percobaan membuat rangkaian lampu seri sederhana.
Amati kembali gambar rangkaian seri pada lampu titik kamu bisa membuat rancangan gambar sendiri sesuai kreativitasmu.
Gambarlah rencana rangkaian lampu seri yang akan kamu buat titik sesuaikan rancanganmu dengan bahan-bahan yang kamu miliki.
Tuliskan alat dan bahan untuk percobaan membuat rangkaian lampu seri dan pararel sederhana pada tabel berikut. Tugas membuat rangkaian seri dapat kamu kerjakan secara berkelompok atau individu. Video kan ketika kalian membuat rangkaian seri sederhana serta tunjukkan bahan Dan alat-alatnya.
Ayo berlatih 2
Ayo berlatih 2
Cermati pertanyaan berikut!
1. Apakah lampu pada rangkaian menyala dengan baik?
2. Jika ia bandingkan terangnya lampu pada rangkaian mu dengan lampu milik teman yang lain! Analisalah penyebab perbedaan tersebut!
3. Jika lampu tidak menyala coba bandingkan rangkaian lampu mu dengan rangkaian milik teman yang menyala! Temukan kesalahannya Dan perbaiki!
4. Jika lampu mudah putus coba amati jumlah baterai yang digunakan! Temukan permasalahannya!
Ayo berlatih 3
Buatlah laporan percobaan yang telah kamu lakukan.
Contoh laporan percobaan dapat kamu lihat di LKS tema 3 halaman 12.
Tugas pada pembelajaran selanjutnya adalah membuat rangkaian paralel. Diskusikan bersama teman kelompokmu mengenai alat dan bahan yang dibutuhkan titik buatlah daftar nama alat yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian paralel sederhana serta membuat lampu lalu lintas.
Bagilah tugas kepada kelompok secara adil bekerjasamalah dengan baik supaya percobaan yang kamu lakukan dapat berhasil dengan baik pula.
Percobaan membuat rangkaian seri dan paralel sederhana. Silakan kalian pilih salah satu rangkaian percobaan yang akan kalian buat.
Tabel Rangkaian Seri
Tabel Rangkaian Paralel
persiapan alat dan bahan pada tabel diatas untuk kegiatan praktek di tengah semester 1 sebagai nilai ujian praktek.
Gambarlah rencana rangkaian lampu seri dan pararel yang akan kamu buat.
Sesuaikan rancanganmu dengan bahan-bahan yang kamu miliki.
Tabel Rangkaian Paralel
persiapan alat dan bahan pada tabel diatas untuk kegiatan praktek di tengah semester 1 sebagai nilai ujian praktek.
Gambarlah rencana rangkaian lampu seri dan pararel yang akan kamu buat.
Sesuaikan rancanganmu dengan bahan-bahan yang kamu miliki.
Kamu dapat menambah jumlah lampu atau baterai, sehingga rangkaian lampu yang dibuat teman-teman sekelas nanti akan menghasilkan kualitas cahaya yang berbeda.
Ayo berlatih 4
Kamu bisa membuat rancangan gambar rangkaian seri dan pararel pada lampu dengan kreativitasmu sendiri.
Setelah selesai menggambar kalian fhoto dan kirim kepada gurumu!
Berikan rancanganmu kepada gurumu untuk diperiksa.
Jika telah disetujui guru, nanti kamu dapat membuat rangkaian seri dan paralel lampu sederhana berdasarkan rancangan tersebut.
Jika telah disetujui guru, nanti kamu dapat membuat rangkaian seri dan paralel lampu sederhana berdasarkan rancangan tersebut.
Sekarang kalian kerjakan soal evaluasi berikut ini!
0 komentar:
Posting Komentar