Minggu, 27 September 2020

PEMBELAJARAN TEMA 3 SUBTEMA 2 PB 4

Assalamualaikum wr,wb.

Semangat pagi semuanya.

Bagaimana kabar kalian hari ini?

Semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah SWT Aamiin.

Pertemuan kali ini tentang PPKn, bahasa Indonesia.

Pada pertemuan sebelumnya kamu telah belajar tentang penemu jam. salah satu manfaat dari penemuan jam adalah membantu kita disiplin terhadap waktu titik Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah disiplin waktu?

Ayo menulis

pernahkah kamu datang terlambat ke sekolah? Jika tidak pernah kamu dapat menceritakan pengalaman datang terlambat pada saat bertemu teman dan lain-lain titik tulislah pengalamanmu datang terlambat ke sekolah minimal 4 paragraf.

Nah sekarang jawab pertanyaan berikut!

1. Kapan kamu terlambat datang ke sekolah?

2. Mengapa kamu terlambat?

3. Siapa saja yang kamu rugikan saat kamu terlambat?

4. Ketika kamu terlambat adakah dampaknya bagi kamu?

5. apakah ketika kamu terlambat kamu sudah mengambil hak temanmu untuk belajar dengan nyaman?

6. apakah ketika kamu terlambat karena kamu sudah mengambil hak gurumu untuk mengajar dengan nyaman?

7. apakah ketika kamu terlambat kamu belum melaksanakan kewajiban untuk menjadi pelajar yang disiplin?

8. Apa rencanamu supaya kamu tidak terlambat lagi?

9. Bagaimana perasaanmu saat itu?

10. Apa alasanmu terlambat datang ke sekolah?


datang tepat waktu ke sekolah adalah salah satu kewajiban kita sebagai pelajar. Ketika kita tidak melaksanakan kewajiban itu akan membuat orang di sekitar kita menjadi tidak nyaman. Ayo ke melaksanakan kewajibanmu dengan tanggung jawab ya.

amatilah gambar-gambar berikut. apakah mereka sudah melaksanakan kewajibannya dengan tanggung jawab?

Apa dampak dari yang mereka lakukan?

 

sekarang, tuliskan kewajibanmu yang lain sebagai pelajar! Apa dampaknya jika kamu tidak melaksanakan dengan tanggung jawab? Jelaskan jawabanmu!

melaksanakan kewajiban sebagai pelajar akan membantu kita mengikuti kegiatan belajar dengan baik.

Ayo berlatih

pada pembelajaran 1 kamu telah membaca teks tentang si kotak ajaib. Kamu telah menemukan kalimat tidak efektif pada teks tersebut.

Apa itu kalimat efektif?

kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mengungkapkan maksud penutur atau penulis secara tepat sehingga maksud itu dapat dipahami oleh pendengar atau pembaca secara tepat pula (finoza 2008: 172 ).

Kalimat yang efektif mengungkapkan gagasan sehingga mudah dipahami.

Kalimat efektif memiliki ciri-ciri, salah satunya adalah kehematan.

kehematan adalah upaya menghindari pemakaian kata yang tidak perlu. Hemat disini berarti tidak memakai kata kata mubazir, tidak mengulang subjek tidak menjamakkan kata yang sudah berbentuk jamak titik dengan hemat kata, kalimat akan menjadi padat berisi. 

Hemat, tidak menuliskan kata yang bermakna sama.

Contohnya adalah:

Para tamu-tamu sudah datang.

Kata para menunjukkan jamak ( banyak). Tamu-tamu berarti banyak tamu, sehingga kalimat tersebut memiliki kejamakan ganda. kalimat tersebut bila diubah menjadi kalimat efektif menjadi:

1. Para tamu sudah datang.

2. Tamu-tamu sudah datang.

Contoh lainnya adalah:

Para tamu tamu duduk di kursi.

Perhatikan kata "para". Apa makna dari kata "para"?

Perhatikan kata "tamu-tamu". Apa makna dari kata "tamu-tamu"?

kata "para" menunjukkan banyak dan "tamu-tamu" juga menunjukkan tamu yang banyak titik kita dapat menghilangkan salah satu.

Efektif: Tamu-tamu duduk di kursi.

Efektif: Para tamu duduk di kursi.

ayo, temukan kalimat tidak efektif pada teks "si kotak ajaib" terdapat teks dan Sekarang ubahlah kalimat tidak efektif yang kamu temukan pada teks si kotak ajaib menjadi kalimat efektif. lihat kembali teks bacaan "si kotak Ajaib" pada link berikut ini! 

 http://santiyulianiteachersd.igiku.my.id/2020/09/materi-pjj-kelas-6-tema-3-penemuan.html

carilah kalimat tidak efektif lainnya! Kemudian ubahlah menjadi kalimat efektif!Lihat lah kembali tulisan-tulisanmu dan identifikasi lagi semua tulisanmu pada pertemuan ini. 



0 komentar:

Posting Komentar