Assalamu'alaikum Wr, Wb.
Semangat Pagi semuanya. Salam sejahtera bagi kita semua. Semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah SWT Aamiin.
Petemuan kita kali ini tentang Pembelajaran tema 3 Sub tema 2 Pb 2.
Sebelum kita memulai pembelajaran, persiapkan buku dan alat tulis kalian. Catatlah informasi yang disampaikan guru didalam materi berikut ini.
Tahukah kalian siapakah penemu jam? Apa manfaat dari temuannya untuk kehidupan sehari-hari?
Ayo Membaca
pernahkah terbayang olehmu Bagaimana orang-orang zaman dahulu mengetahui waktu? Penunjuk waktu atau jam mengalami perkembangan dari masa ke masa, Dari awal ditemukan hingga kini tahukah kamu? Kata jam telah digunakan pada abad ke-14 sekitar 7 tahun 700 tahun yang lalu, yang berasal dari bahasa latin yaitu clocca.
menurut catatan sejarah, sundial atau jam matahari merupakan jam tertua dalam peradaban manusia. Jam ini dibuat oleh seorang ahli astronomi muslim bernama Ibnu al-shatir sekitar 3500 tahun sebelum masehi. Jam ini menunjukkan waktu berdasarkan letak matahari dengan cara memanfaatkan bayangan yang menimpa permukaan datar. Ibnu Katsir membagi waktu dalam sehari dengan 12 jam pada musim dingin waktu pendek sedangkan pada musim panas waktu lebih panjang.
sekitar 5000 sampai 6000 tahun yang lalu, orang Mesir mengukur waktu dan membuat kalender dengan menggunakan obelisk. pada tahun 1400 sebelum masehi orang Mesir juga menggunakan jam air yang diberi nama Clepsydra jam air paling canggih pertama kali ditemukan di zaman kejayaan Islam yang dibuat oleh Al jaziri pada tahun 1136 sampai 1206 yang berbentuk gajah dan bisa menghasilkan suara di tiap jam. Jam astronomi terbesar yang dibuat oleh Al jaziri disebut castle Clock, yang dianggap menjadi analog komputer terprogram pertama. Pada Tahun 1430 masyarakat Eropa mengenal jam yang menggunakan pegas.
untuk jam dengan alat penggerak mekanik tidak pernah diketahui asal mula ditemukannya titik namun, itu diduga pertama kali ditemukan dan digunakan di biara-biara sebagai alat panggil para biarawan atau biarawati untuk berdoa agar dapat dibunyikan tepat pada waktunya.
Tahun 1656 terjadi perkembangan yang pesat dengan ditemukannya jam lonceng. Pada jam ini sudah terdapat jarum petunjuk menit.
Tahun 1920 ditemukan jam saku dan kemudian ditemukan jam tangan. Tahun 1929 mulai diterapkan kristal pada alat pengukur waktu/jam. Jam digital/elektrik pertama kali dibuat oleh perusahaan The Hamilton watch co of lancaster, Pennsylvania sekitar tahun 1950. setelah itu mulailah bermunculan beberapa merek dan model jam tangan hingga saat ini.
manusia terus melakukan inovasi untuk memiliki penunjuk waktu yang semakin tepat dan dapat digunakan sesuai kebutuhan pribadi titik sekarang teknologi jam sudah jauh berkembang titik selain jam mekanik ada pula jam elektronik contohnya jam digital. Manusia kemudian dapat menggunakan berbagai pilihan teknologi penunjuk waktu sebagai pedoman waktu pribadi dalam melakukan kegiatannya dalam sehari-hari..
Ayo kerjakan!
Buatlah peta pikiran dengan menggunakan kata tanya apa Siapa kapan bagaimana mengapa, dimana berdasarkan teks bacaan di atas. Gambar peta pikiran dapat kalian lihat pada pembelajaran sebelumnya titik buatlah peta pikiran sekreatif kalian.
Jam adalah pengukur waktu yang sangat erat dengan kehidupan manusia titik dengan adanya jam, kita dapat menentukan waktu untuk melakukan aktivitas. Dengan mengatur waktu yang baik kita menjadi pribadi yang disiplin waktu titik-titik juga berusaha untuk menjadi pribadi yang disiplin waktu titik ayo kita simak sitasi.
Ayo mengamati
Siti selalu menggunakan jam untuk mengatur kegiatannya sehari-hari titik Siti bangun pagi pukul 05.00. setelah ibadah dan mandi, Siti sarapan pagi titik Siti berangkat sekolah pukul nol 06.00. Siti berangkat sekolah dengan berjalan kaki karena jarak rumahnya yang tidak terlalu jauh. Siti menempuh perjalanan 20 menit titik bel masuk setelah pukul 06.45 titik Siti hampir tidak pernah terlambat untuk datang ke sekolah. Ia berusaha untuk disiplin datang tepat waktu ke sekolah.
Siti pulang sekolah pukul 14. 00 titik ya langsung pulang ke rumah. Sesampainya di rumah kok masih istirahat. Pukul jam 16. 00 mandi titik Setelah ibadah dan makan malam Siti pun belajar. Ia belajar pukul jam 16. 00-20.30 ia mengerjakan PR, belajar untuk materi esok hari atau belajar untuk persiapan tes. Siti juga mengumpulkan tugas-tugasnya tepat waktu titik-titik melakukan kegiatan sehari-harinya dengan teratur. Ia belajar menjadi pribadi yang disiplin terhadap waktu.
Berdasarkan cerita tersebut jawablah pertanyaan berikut!
1. Siapakah tokoh yang diceritakan dalam cerita tersebut?
2. Mengapa disiplin waktu itu penting?
3. Apakah Siti mengatur waktunya dengan teratur?
4. Hal baik apa yang dilakukan tokoh Siti?
5. Apa manfaat yang Siti dapatkan ketika ia mengatur waktunya dengan teratur?
6. Menurutmu apakah Siti adalah pelajar yang baik?
7. Apakah Siti melaksanakan kewajibannya sebagai pelajar? Mengapa?
8. Hal baik apa yang sudah dilakukan Siti?
9. Mengapa Siti mengatur waktunya dengan teratur?
10. Apakah kalian telah melaksanakan kewajiban seperti yang dilakukan Siti? Jelaskan!
datang ke sekolah dan mengumpulkan tugas tepat waktu adalah kewajiban seorang pelajar. mengapa hal tersebut merupakan kewajiban? Apa dampaknya ketika kita tidak melakukannya? Siapa saja yang akan kita rugikan?.carilah contoh lainnya! Tuliskan kewajibanmu di rumah di sekolah dan di masyarakat pada tabel berikut.
kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilaksanakan titik kita harus menyadari kewajiban apa saja yang harus dilaksanakan untuk hidup yang lebih baik.
sekarang, kamu akan berlatih kembali menyanyikan lagu "Mariam tomong" gunakan waktu berlatih dengan baik ya saat berlatih.
Ayo berkreasi.
Nyanyikan lagu Mariam tomong di rekam dalam bentuk Video. Dan kirim ke Guru Kalian!
sampaikan kepada orang tuamu pentingnya mengatur waktu tandaseru mintalah pendapat mereka supaya kamu dapat lebih mengatur waktu!
Soal Evaluasi Formulir
Silahkan kalian kerjakan soal berikut! Isilah biodata dengan huruf kapital
0 komentar:
Posting Komentar